Review Toyota Yaris Heykers 2016, Yaris Untuk Berpetualang

18/05/2018

Share this post:

Toyota Yaris 2016

Editor rate:

Lihat promo

Siapa bilang sebuah Toyota Yaris enggak bisa diajak berpetualang ke medan dengan kondisi jalan yang sulit? CintaMobil.com membuktikannya dengan pengetesan yang tidak biasa... Tunggu apa lagi, kita langsung review Toyota Yaris Heykers 2016.

Review Toyota Yaris Heykers 2016, Yaris Untuk Berpetualang
Review Toyota Yaris Heykers 2016, Yaris Untuk Berpetualang
0 Gambar

Pengantar Toyota Yaris 2016

Mari kita simak spesifikasi Toyota Yaris 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Ground clearence tinggi

Kabin luas

Suspensi racikan TRD nyaman

Kekurangan

Radius putar kecil

Torsi mesin kurang

Tidak ada footrest dan triple turn signal

Review Toyota Yaris Heykers 2016 - Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar sebuah mobil bernama Toyota Yaris? Well, CintaMobil.com yakin, sebagian dari Anda akan langsung terpikir ke hatchback yang bergaya, punya ground clearance pendek dan hanya cocok di pakai di jalanan perkotaan. Tapi tidak dengan Toyota Yaris Heykers ini, mobil ini cocok untuk berpetualang. Adapun nama “Heykers” berasal dari ‘hikers’ atau ‘hiking’ yang berarti jalan kaki untuk rekreasi atau berpetualang. Perubahan kata ‘hi’ menjadi ‘hey’ agar berkesan lebih casual dan lebih Fun. Untuk mengetahui lebih lanjut baca terus review Toyota Yaris Heykers 2016 berikut ini…

Gambar mobil Toyota Yaris Heykers 2016 berwarna putih dilihat dari sebelah kiri

Wajah sporty Toyota Yaris Heykers 2016

Eksterior Toyota Yaris 2016

Sebagai biasa, kita mulai review Toyota Yaris Heykers 2016 dari sisi eksterior. Toyota Yaris Heykers 2016 memiliki tampilan luar yang sangat mencerminkan gaya maskulin dan sporty. Hal itu tercermin pada tarikan garis tegas body kitnya. Lekuk-lekuk side skirt, body kit, dan roof rail seakan menegaskan mobil ini mampu diajak berpetualang. Uniknya desain khas urban ini buah tangan desainer Indonesia.

  • Tampak depan

Gambar lampudepan  di mobil Toyota Yaris Heykers 2016

Lampu depan Toyota Yaris Heykers 2016

Secara umum tidak sulit untuk membedakan Yaris “konvensional” dengan Yaris Heykers. Bumper depan didesain lebih agresif, dengan penambahan alis tebal seperti kumis ikan lele dibawah headlamp dan cover foglamp yang desainnya lebih mencolok. Ornament bumper kit berwarna hitam ini juga disematkan daytime running light yang berpadu sempurna dengan kelir putih dari mobil.

  • Tampak samping

sisi samping mobil Toyota Yaris Heykers 2016 berwarna putih

Memiliki aksen crossover kental berkat kehadiran over-fender

Beralih ke samping mobil, kesan bold alias tebal terus berlanjut. Lihat saja desain side protection moulding yang tebal serta desain bodykit pada sepatbor depannya. Tim desainer dari Toyota Yaris Heykers ini mengambil inspirasi dari bentuk batu yang menjadi bagian dari tradisi lompat batu rakyat suku nias. Belum lagi tambahan roof rail yang mempertegas konsep urban adventure dari Yaris Heykers ini. 

  • Tampak belakang

Gambar mobil Toyota Yaris Heykers 2016 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang Toyota Yaris Heykers terlihat lebih jangkung jika dibandingkan Toyota Yaris biasa

Berlanjut ke bagian belakang, aksen tegas kembali diperkuat dengan bumper body kit belakang yang berdesain kokoh dengan dua mata kucing di masing-masing sisinya. Ditambah lagi dengan roof spoiler yang memiliki desain dinamis dan mengalir menambah kesan kuat dan durable di mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Yaris 2016

Secara umum kesan pertama dari Interior Toyota Yaris Heykers 2016 ini cukup menyenangkan. Warna hitam pada dasbor cukup membantu mengurangi silau ketika kondisi matahari sedang terik. Peletakan tombol juga cukup oke dan mudah dijangkau oleh tangan pengemudi.

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Yaris Heykers 2016

Suasana kabin Toyota Yaris Heykers 2016

Audio Entertainment anyar dengan kemampuan DVD dan koneksi HDMI, telefon, Internet + Miracast/Mirroring (Tipe G, TRD & Heykers). Fitur ini dapat menampilkan smartphone secara realtime pada layar touchscreen 7” yang dapat menampilkan navigasi, video, music dan lainnya. 

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Yaris 2016

Tombol audio di setir sangat membantu ketika ingin mengontrol volume, berpindah source radio, mp3 atau aux in. Pengaturan AC juga lengkap, fitur digital cluster climate control juga disematkan. Tentunya ini akan mempermudah Anda jika ingin melakukan pengaturan arah semburan ke badan, dan juga kaki. Khawatir merasa kehausan di perjalanan? Jangan khawatir ada 1 cup holder di masing-masing pintu. Juga terdapat satu buah laci penyimpanan tertutup yang ukurannya cukup luas.

Terdapat audio Entertainment anyar dengan kemampuan DVD dan koneksi HDMI, telefon, Internet + Miracast/Mirroring (Tipe G, TRD & Heykers). Fitur ini dapat menampilkan smartphone secara realtime pada layar touchscreen 7” yang dapat menampilkan navigasi, video, music dan lainnya.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang spesifikasi mobil Toyota lainnya, silahkan klik sini

Operasi Toyota Yaris 2016

Inilah saatnya pembuktian, pertama kali menyalakan mesin melalui sentuhan ringan via engine start/stop button, langsung terasa getaran mesin dari unit anyar berkode 2NR-VE yang terasa lebih halus ketimbang pendahulunya si legendaris 1NZ-FE. Jujur saja, kami dari CintaMobil.com beranggapan bahwa Yaris Haykers ini merupakan sebuah model untuk batu loncatan Toyota. Karena mesin lawas Yaris terkenal begitu bandel, andal di balap, enggak rewel dan cukup bertenaga, apakah mesin ini mampu menyamainya? Utamanya ketika kami ajak berpetualang.

  • Mesin

Menurut kami, ini adalah saat yang sangat tepat untuk mengetes mobil ini dalam kemampuan sebenarnya. Saat mobil kami terima, jarak tempuh kilometer mobil ini sudah diatas 10 ribu. Dimana mobil ini sudah melakukan servis rutin 1 kali, dan tune up. For more you know, kebanyakan test drive dilakukan ketika mobil dalam keadaan baru sekali bahkan kilometer masih dibawah 10. Memang hal ini tidak terlalu bermasalah, namun ketika mobil tes sudah jalan cukup jauh maka impresi akan durabilitas akan lebih valid.

Karakter antara kedua mesin ini berbeda. Diatas kertas, mesin lama mampu menyemburkan tenaga 109 dk pada kitiran mesin 6000 rpm. Sementara mesin terbaru 2NR-VE memiliki output lebih kecil 4 dk yakni 105 dk pada putaran mesin serupa. Meski unit mesin baru kalah secara tenaga, namun mesin lama Yaris 1NZ-FE yang juga menggunakan blok aluminium ini kalah 2 nm secara torsi di putaran mesin 200 rpm lebih rendah dibandingkan yang baru. Torsi mesin naik lebih ideal untuk kebutuhan stop and go di jalan, dibandingkan tenaga.

Gambar bagian mesin mobil Toyota Yaris Heykers 2016

Dilengkapi mesin 2NR-VE dual VVT-i baru

Dan benar saja, perpaduan antara transmisi CVT yang mengandalkan sabuk baja tersebut, mampu berkolaborasi apik dengan mesin barunya. Injak gas sedikit saja, mesin langsung merespons. Seperti khasnya transmisi CVT putaran mesin seolah tertahan pada rpm tertentu, namun kecepatan kendaraan bertambah. Memang tidak ada gejala hentakan perpindahan gigi yang terasa lebih sporty seperti transmisi dengan torque converter konvensional.

Kombinasi tersebut bukannya tanpa kekurangan. Sebagai contoh, ketika CintaMobil.com berjalan dengan kecepatan konstan 120 km/jam di jalan tol, putaran mesin berada di 1800 rpm. Ketika tiba-tiba, kendaraan didepan kami mengurangi kecepatan karena ada hambatan mendadak dan setelah hambatan dilewati dan mobil di depan kami menaikan kecepatan lagi pada kecepatan yang sama. Yaris Haykers ini memerlukan injakan gas agak ekstra, seolah torsinya terasa kurang. Untuk itu kami sangat menyarankan mempergunakan mode tiptroniknya. Tinggal geser ke kiri maka rpm akan naik di 2900 rpm dan torsi untuk melajukan mobil terasa lebih cukup.

Sisi positifnya adalah konsumsi bahan bakar.. Kehematan Toyota Yaris Heykers ini lebih hemat. Di jalan dalam kota dengan kecepatan rata-rata 18 km/jam mobil ini mampu meraih 13,3 km/l. Sementara melaju di tol dengan kecepatan rata-rata 73 km/jam mampu meraih angka 19,2 km/l. Handling mobil ini termasuk baik, meski tidak bisa dibilang tajam. Sayangnya radius putar tetap terlalu lebar untuk mobil seukuran ini. Hal ini disebabkan oleh ukuran sepatbor dalam yang tidak selega Yaris generasi pertama.

  • Ride & handling

Beralih ke sektor kaki-kaki dan suspensi. Ini merupakan hal yang CintaMobil.com sukai dari Yaris Heykers. Ground clearence 184 mm terasa memadai untuk berpetualang. Bahkan ground clearence ini lebih tinggi 4 mm dari Toyota Avanza generasi sebelum All New. Ditambah travel suspensi terasa pas utamanya ketika CintaMobil.com ajak berpetualang melewati jalan tidak rata dengan kecepatan sedang. Begitu juga dengan sokbreker lansiran TRD yang didevelop khusus untuk jalanan di Indonesia yang belum bisa dibilang baik. Compress and rebound sokbreker pas dan tidak mengocok perut baik ketika di isi full penumpang maupun dikendarai sendiri.

>>> Untuk cek harga semua mobil di pasar Indonesia, silahkan klik sini

Spesifikasi Toyota Yaris 2016

Berikut tabel spesifikasi lengkap Toyota Yaris Heykers 2016:

Dimensi/ Ukuran Toyota Yaris Heykers 2016 CVT

P x L x T

4.115 x 1.700 x 1.510

Jarak poros roda

2.550 mm

Berat

1.500 kg

Mesin Toyota Yaris Heykers 2016 CVT

Jenis

2NR-VE 4 silinder segaris  16-valve DOHC with VVT-i

Isi silinder

1.496 cc

Diameter x langkah

72,5 x 90,6 mm

Daya maksimum

107 Ps @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

14,3 Kgm @ 4.200 rpm

Rangka Toyota Yaris Heykers 2016 CVT

Transmisi

CVT

Suspensi depan

MacPherson strut

Suspensi belakang

Torsion Beam

Rem depan

Ventilated disc

Rem belakang

Disc

Ukuran ban

195/55 R16

Daftar Harga Toyota Yaris 2016

Saat diluncurkan tahun 2016, PT Toyota-Astra Motor menjual Toyota Yaris Heykers CVT di angka Rp 277.300.000. Dimana saat ini, harga pasarannya berkisar antara Rp 190 – 215 jutaan.

Kesimpulan Toyota Yaris 2016

Apakah mobil ini pas buat Anda? Kalau Anda kelurga kecil, mencari mobil yang bisa diandalkan untuk ke kantor, mengantar anak sekolah, dan sesekali ingin berpetualang di daerah yang kondisi permukaan jalannya tidak baik. Maka Yaris Heykers ini merupakan pilihan yang pas.

Gambar mobil Toyota Yaris Heykers 2016 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Toyota Yaris Heykers 2016, Yaris Untuk Berpetulang

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018

16/08/2018

Editor rate:

Mungkin di Indonesia, pasar sedan tidak begitu tinggi dibanding kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Beda cerita dengan negara maju lainnya yang minat sedan masih dinilai cukup tinggi. Melihat potensi tersebut, Toyota menghadirkan versi baru dari Corolla yakni berbodi Hatchback. Bagaimana tampilannya? Mari kita simak preview Toyota Corolla Hatchback 2018.

Lihat juga

Review Toyota Sprinter Trueno Hatchback 1983, Legenda Drift Dari Akina

11/04/2019

Editor rate:

Terlihat biasa saja, tapi jago nge-drift. Itulah kesan yang tersemat pada Toyota Sprinter Trueno Hatchback 1983, atau biasa kita kenal dengan kode variannya, AE86. Sebelum membaca lebih lanjut review dari Cintamobil.com, kami sarankan Anda putar lagu-lagu genre Eurobeat untuk menambah semarak suasana saat membaca.

Lihat juga

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Hatchback Kencang Untuk Harian

Rp 1,225,000,000

24/04/2020

Editor rate:

Berbasis generasi keempat Mercedes-Benz A-Class, compact hatchback yang tampil sporty Mercedes-AMG A 35 4MATIC diperkenalkan di Tanah Air medio Maret 2020 lalu di Jakarta. Tampil resmi pertama kali di ajang Paris Motor Show 2018, Seperti apa saja detailnya? Simak review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020 berikut.

Lihat juga

Review Suzuki Swift GS 2016: Hatchback Paling Fun to Drive

Rp 170.000.000

21/12/2019

Editor rate:

Jika berbicara tentang Suzuki Swift, secara pamor mobil ini memang tidak sementereng Toyota Yaris dan Honda Jazz. Namun, mobil ini bisa jadi alternatif jika Anda membutuhkan sebuah hatchback yang memiliki unsur fun-to drive dan fitur melimpah.

Lihat juga

Review Toyota Glanza 2019: Hatchback Hybrid ‘Murmer’ Anak Pertama Toyota-Suzuki

12/06/2019

Editor rate:

Toyota akhirnya meluncurkan hatchback terbarunya di India pada 6 Juni lalu. Bermitra dengan Maruti Suzuki India, Toyota Glanza 2019 merupakan versi lain dari Maruti Suzuki Baleno facelift yang diluncurkan pada Januari 2019. Apa saja persamaan dan perbedaan kedua mobil ini?

Lihat juga
back to top