Review Toyota Yaris Cross 2020: Groovy Untuk Segala Medan

29/04/2020

Share this post:

Toyota Yaris 2020

Editor rate:

TBA

Daftar harga mobil Toyota Yaris Terbaru Lihat promo

Toyota Yaris hatchback tahun lalu diluncurkan ke publik dengan mengembalikan desain yang makin funky dan groovy, kini giliran Toyota Yaris Cross 2020 yang siap mengaspal

Review Toyota Yaris Cross 2020: Groovy Untuk Segala Medan
Review Toyota Yaris Cross 2020: Groovy Untuk Segala Medan
0 Gambar

Pengantar Toyota Yaris 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Yaris 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain lebih memukau dari rival

Mesin berteknologi dynamic force engine

Fitur keselamatan lengkap

Akan jadi model global

Kekurangan

Belum tentu masuk dan dijual di Indonesia

Belum ada varian berturbo

Material jok belum full kulit

Interior agak berkesan sempit

Gambar menunjukkan Toyota Yaris Family

Toyota sedang menggempur pasar mobil global dengan Yaris terbarunya

Review Toyota Yaris Cross 2020 Toyota Motor Corporation seakan belum puas menggebrak pasar mobil dunia dengan menghadirkan generasi terbaru Toyota Yaris dan Toyota GR Yaris yang punya performa sensasional. Toyota kembali mengguncang pasar mobil kompak dengan memperkenalkan Toyota Yaris Cross 2020 secara virtual. Model ini dipercaya sebagai salah satu model terpenting Toyota untuk pasar Eropa.

Gambar menunjukkan logo Toyota Yaris Cross

Yaris Cross merupakan persembahan terbaru Toyota untuk pecinta Yaris

Sama seperti Toyota Yaris generasi terbaru lainnya, Yaris Cross ini berdiri di atas rancang bangun Toyota New Global Architecture (TNGA) berkode GA-B yang mana dibuat untuk mobil kompak (B-segment). Namun, Yaris Cross 2020 ini bukan hanya Yaris yang diberi bodi gembung dan memanjangkan wheelbase saja, kehadirannya juga diklaim akan semakin menghembuskan nafas Groovy yang membuatnya asyik digunakan di segala medan.

Gambar menunjukkan tampilan eksterior belakang Toyota Yaris Family 2020

Dengan satu basis, Toyota berhasil membuat tiga Yaris yang berbeda

Seperti yang diketahui, Toyota Yaris generasi kedua yang menjadi generasi pertama di Tanah Air tahun 2006 begitu mengedepankan rasa Groovy sebuah hatchback perkotaan. Kehadiran Yaris langsung menjadi penantang utama Honda Jazz di Indonesia saat itu. Lantas, akankah Yaris Cross 2020 ini akan membawa rasa yang sama? Mari simak ulasan ini sampai selesai.

Eksterior Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris Cross 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Yaris Cross 2020

Grill depan lebih agresif dan cladding body berkesan kokoh

Tampilan depan Toyota Yaris Cross 2020 ini menggunakan desain bumper depan yang agresif serta body cladding yang kokoh. Grill dengan motif kotak-kotak besar di bawah logo Toyota yang berpendar warna biru membuat mobil ini berkesan sporty. Itu juga diperkuat dengan penggunaan air dam di bagian bawah bermotif sarang lebah. Headlamp sudah menganut bohlam full LED (Light Emitting Diode) baik untuk penerangan utama, lampu senja, maupun lampu sein.

Gambar menunjukkan headlamp Toyota Yaris Cross 2020

Headlamp sudah full LED

Review Toyota Yaris Cross 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Yaris Cross 2020

Wheelbase bertambah 10 mm dari Yaris 'standar'

Pada bagian eksterior samping Toyota Yaris Cross 2020 ini Toyota memberikan nuansa desain yang unik namun tidak melunturkan kesan sportynya. Hal tersebut dengan tercermin dari desain pilar C dengan kerebahan yang massif, sehingga menimbulkan kesan atap dilandaikan ke belakang mengejar tampilan mobil SUV coupe. Desain seperti ini terbilang berani dan baru di Toyota Yaris. Belum lagi cladding body yang tebal mengingatkan kita ke Toyota Yaris Heykers di Tanah Air.

Gambar menunjukkan emblem Toyota Yaris Cross 2020

Emblem Yaris Cross disamping memberi kesan unik

Review Toyota Yaris Cross 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Yaris Cross 2020

Desain stoplamp sepintas mirip Lexus UX

Berlanjut ke tampilan belakang Toyota Yaris Cross 2020 ini, terlihat sekali Toyota ingin memberikan kesan dinamis ke mobil kompak ini. Desain stoplamp dibuat memanjang dan melewati pintu bagasi. Desain seperti ini mengingatkan kami ke Lexus UX yang juga menggunakan desain stoplamp seperti itu. Salah satu yang unik adalah desain ‘pinggul’ bumper yang tinggi membuat mobil ini terlihat gagah. Hal tersebut berpadu sempurna dengan cladding hitam besar di bagian belakang yang mencirikan sebuah crossover.

Gambar menunjukkan emblem Yaris Cross Hybrid 2020

Yaris Cross yang kami review ini varian Hybrid E-FOUR

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris Cross 2020: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota Yaris Cross 2020

Konsep clutter free tetap dipertahankan

Bahasa desain clutter free interior digunakan Toyota dalam mendesain interior Yaris Cross 2020 ini. Desain clutter free mengedepankan dua garis utama yakni bagian atas dan bagian bawah dasbor. Konsep seperti ini mengedepankan spacious (kelegaan kabin) dan comfortable (kenyamanan kabin). Semua tata letak tombol juga dipusatkan dekat pengemudi agar semakin terasa driver oriented.

Review Toyota Yaris Cross 2020: Kursi

Gambar menunjukkan kursi Toyota Yaris Cross 2020

Wheelbase lebih panjang 10 mm berdampak pada kelegaan kabin Yaris Cross

Produk andalan Toyota yang nantinya akan menantang compact SUV kenamaan di Eropa ini juga memiliki desain kursi yang posisinya rendah guna memperbaiki pusat titik gravitasi mobil serendah mungkin, sehingga mobil menjadi balans. Plus kursi ini juga memeluk tubuh untuk bagian penumpang depan dan pengemudinya. Desain headrest dibuat seolah menyatu dengan sandaran punggung ala Toyota kekinian yang menggunakan basis TNGA. O ya, wheelbase yang lebih panjang 10 mm dari Yaris ‘standar’ seharusnya berdampak positif kepada kelegaan kabinnya.

Review Toyota Yaris Cross 2020: Setir

Gambar menunjukkan setir Toyota Yaris Cross 2020

Setir model terbaru keren dan berkesan modern

Lingkar kemudi dari Toyota Yaris Cross 2020 ini menggunakan desain setir terbaru Toyota. Bentuknya keren dan modern dengan paduan ornamen brushed aluminium di spoke bawahnya. Diameternya juga pas untuk digenggam tangan, dan tetap memiliki banyak tombol pengaturan baik untuk audio maupun Multi Information Display. Setir ini dilapis kulit sintetis untuk kenyamanan pengemudi, sehingga tidak licin begitu dipegang.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris Cross 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-Car Entertaiment System Toyota Yaris Cross 2020

Audio meski belum JBL tapi sudah support Android Auto dan Apple CarPlay

Bukan hanya layar sentuh di Toyota Yaris Cross 2020 ini saja yang bentuknya istimewa. Tapi serangkaian fitur yang ditawarkan oleh sistem in-car entertainment system ini juga tak kalah istimewa. Pertama ada Display Audio dan Data Communication Module yang dapat benar-benar tersambung dengan ponsel pintar. Anda juga dapat menjalankan fitur-fitur ponsel pintar di head unit mobil ini. Tak hanya itu, sistem audio Toyota Yaris Cross 2020 ini juga dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan juga Android Auto.

Review Toyota Yaris Cross 2020: Toyota New Global Architecture

Gambar menunjukkan Rangka TNGA GA-B Yaris 2020

Konsep TNGA membuat mobil-mobil Toyota kini asyik dikemudikan

Toyota Global sedang giat-giatnya memperkenalkan produk dengan rancang bangun TNGA. Dengan TNGA, mobil-mobil keluaran Toyota kekinian yang sudah mengusung konsep modern ini diklaim lebih fun to drive, lebih menyenangkan dinaiki penumpang karena nyaman, dan juga berdesain menarik. Dengan basis TNGA pilihan sasis dan powertrain yang disematkan ke mobil dapat dibuat jauh lebih sederhana pilihannya karena saling berbagi platform. Ini secara otomatis dapat membuat mobil Toyota Yaris Cross  2020 ini menjadi produk untuk kebutuhan pasar global.

Gambar menunjukkan line up Toyota Yaris 2020

Dengan konsep TNGA pula, satu basis bisa dibuat banyak model

Review Toyota Yaris Cross 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Foto ringkasan fitur keselamatan Toyota Yaris 2020

Toyota Safety Sense membuat Yaris kian aman

Toyota Yaris Cross 2020 ini dilengkapi dengan segudang fitur keselamatan aktif dan pasif. ABS, EBD, BA, bahkan Regenerative Braking (khusus varian Hybrid) sudah jadi standar di mobil ini. Ada banyak sensor canggih yang memantau mobil untuk menjalankan fitur keselamatan kekinian di jajaran Toyota Safety Sense, yang meliputi Radar Cruise Control (RCC) yang berfungsi memantau kendaraan di depan, Lane Tracing Assist (LTA) yang bekerja sama dengan RCC memantau kendaraan di samping, juga ada Automatic high Beam (AHB) yang fungsinya mengontrol lampu depan agar tak menyilaukan pengendara lain.

Gambar menunjukkan Toyota Yaris global press launch 2019

Sistem keamanan berlimpah membuat semua model Yaris kian aman

Masih ada sistem Road Sign Assist (RSA) yang mengandalkan kamera samping kendaraan untuk memantau objek di arah berlawanan kendaraan dan memberikan peringatan bahkan mengintervensi pedal rem ketika objeknya berpotensi tertabrak. Yang paling oke adalah fitur keselamatan Secondary Collision Brake yang berguna untuk mengontrol pedal rem dan lampu rem belakang setelah ECU membaca Airbag telah mengembang dan terjadi kecelakaan. Fitur ini fungsinya untuk mencegah efek benturan kedua yang lebih parah (tabrakan beruntun).

>>> Toyota Ajukan Paten GR Corolla, Hot Hatchback Pelengkap GR Yaris

Operasi Toyota Yaris 2020

Gambar menunjukkan mesin M15A-FXE Toyota Yaris Cross Hybrid 2020

Sama-sama berkode M15A namun beda huruf belakang, untuk hybrid FXE sedangkan petrol FKS

Toyota Yaris Cross 2020 ini terdapat dua pilihan mesin. Meski sama-sama berkode M15A, namun untuk hybrid dan petrol (bahan bakar bensin) berbeda kode huruf di belakangnya. Untuk hybrid kodenya FXE, untuk petrol tanpa sistem baterai kodenya FKS. Tenaga yang dihasilkan juga bervariasi, untuk hybrid misalnya total tenaga 171 ps dan torsi 261 Nm (lengkapnya Anda bisa cek tabel spesifikasi). Sementara untuk Hybrid dengan penggerak empat roda (E-Four) punya figur tenaga 176,3 ps dan torsi 313 Nm. Beda lagi varian non hybrid 120 ps di putaran mesin 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di kitiran 4.800 - 5.200 rpm. Persamaan lainnya, kedua mesin ini sudah menganut teknologi dynamic force engine.

Gambar menunjukkan konstruksi powertrain Toyota Yaris bermesin M15A-FXE

Hybrid membuat mesin bekerja kian efisien

Teknologi dynamic force engine yang digunakan bertugas mempercepat aliran udara dengan mengatur derajat katup lebih rebah dari mesin konvensional. Derajat antar katup di mesin ini adalah 41 derajat, bandingkan dengan mesin konvensional yang berkisar antara 35-37 derajat. Dengan mengatur ulang kemiringan katup, lubang katup, dudukan katup, posisi injektor, dan sebagainya, aliran udara masuk menjadi lebih lancar dan berputar cepat, tujuannya agar saat meledak, udara-bensin yang ada di dalam silinder cepat habis terbakar.

Gambar menunjukkan Direct CVT Toyota Yaris Cross 2020

Transmisi Direct Shift-CVT membuat penyaluran tenaga kian halus dan cepat

Mesin potensial ini dikawinkan dengan sasis terbaru Toyota platform GA-B yang merupakan turunan dari TNGA. Platform GA-B ini adalah platform baru Toyota yang dibuat khusus untuk mobil kompak. Platform GA-B ini lebih kaku hingga 30% dan punya bobot lebih ringan 50 kilogram serta memiliki center of gravity lebih rendah dari mobil sejenis dengan basis konvensional. Ini disinyalir akan menjanjikan kedinamisan berkendara yang lebih baik.

Gambar menunjukkan dinamo listrik E-FOUR Toyota Yaris 2020

Untuk varian Hybrid E-FOUR mendapatkan motor listrik tambahan di roda belakang

>>> Toyota GR Yaris WRC 2021 Resmi Di Uji Coba, Segera Perkuat Skuad Toyota WRC?

Spesifikasi Toyota Yaris 2020

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi Toyota Yaris Cross 2020.

Mesin Toyota Yaris Cross 2020  
 Seri mesin

Hybrid: M15A-FXE, 3 Silinder, Dynamic Force Engine, Direct Injection, VVT-iE

Petrol: M15A-FKS, 3 Silinder, Dynamic Force Engine, Direct Injection, VVT-iE

 Rasio Kompresi

 Hybrid: 13,0:1 (M15A-FXE)

 Petrol: 14,0:1 (M15A-FKS)

 Tenaga Maksimum

 Hybrid: 91 Ps @ 5.500 rpm + Motor Listrik 80 Ps = 171 Ps

 Hybrid E-Four: 176,3 Ps (Mesin + Motor Listrik Depan & Belakang)

 Petrol: 120 Ps @ 6.600 rpm

 Torsi Maksimum

 Hybrid: 120 Nm @ 3.800 - 4.800 rpm + Motor Listrik 141 Nm = 261 Nm

 Hybrid E-Four: 313 Nm (Mesin + Motor Listrik Depan & Belakang)

 Petrol: 145 Nm @ 4.800 - 5.200 rpm

 Kapasitas Silinder

 Hybrid: 1,490 cc (M15-FXE)

 Petrol: 1,490 cc (M15-FKS)

 Bore X Stroke

 Hybrid: 80,5 mm X 97,6 mm (M15-FXE)

 Petrol: 80,5 mm X 97,6 mm (M15-FKS)

 Tipe Transmisi

 Hybrid: TOYOTA Hybrid System II with reduction gear (eCVT)

 Petrol: Direct Shift-CVT & Manual 6 Percepatan

 Penggerak

 Hybrid:Penggerak Roda Depan (FWD) atau E-FOUR

 Petrol: Penggerak Roda Depan (FWD)

  Rangka Toyota Yaris Cross 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi  4.180 mm x 1.765 mm x 1.560 mm
 Jarak Sumbu Roda  2.560 mm
 Jumlah Pintu  5 Pintu
 Kapasitas Penumpang  5 Penumpang
 Kapasitas Tangki

 Hybrid: 36 Liter

 Petrol: 40 Liter

 Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Yaris Cross 2020
 Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut with Coil Spring & Double Wishbone
 Sistem Kemudi  Electronic Power Steering
 Rem Depan & Belakang  Disc & Disc, Regenerative Brake Cooperation Type
 Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, BA, Toyota Safety Sanse, Anti-Collision Braking
 Teknologi Safety Sasis  Toyota New Global Architecture
 Struktur Sasis  Monokok, B-Segment
 Pelek  Alloy, 18 Inch
Jenis Ban  Dunlop Enasave EC300+, 215/50R18

Daftar Harga Toyota Yaris 2020

Gambar menunjukkan tampilan belakang Yaris Cross 2020

Toyota Yaris Cross belum secara resmi dijual

Hingga artikel review Toyota Yaris Cross 2020 ini dipublikasikan, belum ada harga resmi dari mobil ini, sebab ia memang belum dijual. Namun, bocorannya, Yaris Cross ini akan mengincar pasar mobil Eropa sebagai sasaran utama Yaris Cross. Di mana Toyota akan menargetkan lebih dari 150.000 unit Toyota Yaris Cross dirakit per tahun di pabrik Toyota di Valenciennes, dan akan dipasarkan mulai musim panas 2021.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil Toyota lainnya

Kesimpulan Toyota Yaris 2020

Ilustrasi kesimpulan review Toyota Yaris Cross 2020

Yaris Cross layak dibeli?

Lantas, apakah Toyota Yaris Cross 2020 ini layak Anda beli? Apabila Anda mencari sebuah mobil kompak dengan desain macho, pengendalian hebat dan efisiensi bahan bakar tinggi, maka mobil ini bisa saja menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Apalagi dengan ground clearance yang lebih tinggi dari Yaris ‘standar’ membuat mobil ini Groovy (asyik) diajak melewati segala medan tanpa perlu tersangkut permukaan jalan rusak. Namun ingat, PT Toyota Astra Motor kemungkinan kecil memasukkan mobil ini ke Indonesia.

>>> Untuk tahu lebih kelas tentang mobil apa yang akan Anda beli, klik sini untuk simak semua artikel review dari Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Kembar Jaya Motor

Jawa Barat

Review lain

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018

16/08/2018

Editor rate:

Mungkin di Indonesia, pasar sedan tidak begitu tinggi dibanding kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Beda cerita dengan negara maju lainnya yang minat sedan masih dinilai cukup tinggi. Melihat potensi tersebut, Toyota menghadirkan versi baru dari Corolla yakni berbodi Hatchback. Bagaimana tampilannya? Mari kita simak preview Toyota Corolla Hatchback 2018.

Lihat juga

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Hatchback Kencang Untuk Harian

Rp 1,225,000,000

24/04/2020

Editor rate:

Berbasis generasi keempat Mercedes-Benz A-Class, compact hatchback yang tampil sporty Mercedes-AMG A 35 4MATIC diperkenalkan di Tanah Air medio Maret 2020 lalu di Jakarta. Tampil resmi pertama kali di ajang Paris Motor Show 2018, Seperti apa saja detailnya? Simak review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020 berikut.

Lihat juga

Review Toyota Glanza 2019: Hatchback Hybrid ‘Murmer’ Anak Pertama Toyota-Suzuki

12/06/2019

Editor rate:

Toyota akhirnya meluncurkan hatchback terbarunya di India pada 6 Juni lalu. Bermitra dengan Maruti Suzuki India, Toyota Glanza 2019 merupakan versi lain dari Maruti Suzuki Baleno facelift yang diluncurkan pada Januari 2019. Apa saja persamaan dan perbedaan kedua mobil ini?

Lihat juga

Review Mini Cooper 5-Door 2015, Hatchback Klasik 5 Pintu Yang Lebih Praktis

04/08/2018

Editor rate:

Setelah menjadi trendsetter hatchback ikonik dengan Mini Cooper 3 pintu, kali ini Mini menghadirkan Mini Cooper 5 pintu untuk mereka yang lebih mementingkan fungsionalitas dan kepraktisan tanpa mengorbankan nilai utama sebuah mobil MINI. Review Mini Cooper 5-Door 2015 akan dijabarkan di bawah ini.

Lihat juga

Review Honda Civic Hatchback RS 2020: Ubahan Minimalis Nan Memikat

Rp. 499.000.000

13/02/2020

Editor rate:

PT Honda Prospect Motor akhirnya memperbaharui tampilan mobil New Honda Civic Hatchback RS, tentu ini langkah tepat mengingat ia telah beredar sejak 2017.

Lihat juga