Review Toyota Yaris 2020: Yaris Kembali Groovy

26/10/2019

Share this post:

Toyota Yaris 2020

Editor rate:

Lihat promo

Akhirnya Toyota Yaris terbaru keluar juga versi terbarunya. Bentuknya kini keren dan funky membuatnya seolah kembali ‘groovy’. Meski saat ini belum dijual, akankah mobil Toyota Yaris 2020 yang akan jadi model global ini juga akan masuk Indonesia?

Review Toyota Yaris 2020: Yaris Kembali Groovy
Review Toyota Yaris 2020: Yaris Kembali Groovy
0 Gambar

Pengantar Toyota Yaris 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Yaris 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain lebih memukau dari rival

Mesin berteknologi dynamic force engine

Fitur keselamatan lengkap

Akan jadi model global

Kekurangan

Belum tentu masuk dan dijual di Indonesia

Tampilan bukan selera semua orang

Material jok belum full kulit

Interior agak berkesan sempit

Gambar menunjukkan Toyota Yaris Concept Design

Inilah versi awal dari konsep dari Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris 2020 - Toyota Yaris adalah salah satu model mobil Toyota yang punya sejarah panjang. Usianya kini sudah 21 tahun sejak pertama kali meluncur tahun 1999. Pasti tidak banyak pihak yang menyangka, setelah 20 tahun kemudian, Yaris menjelma menjadi salah satu model terpopuler di dunia.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Yaris 2020 berwarna biru

Yaris adalah salah satu model terpenting Toyota di berbagai belahan dunia

Bahkan, saat ini Yaris memiliki tiga versi berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing region. Karenanya, Toyota Yaris di Eropa berbeda dengan Yaris di Asia dan berbeda pula dengan Yaris di Amerika Utara. Nama Yaris sendiri diambil dari Charis, yakni salah satu dewi dalam mitologi Yunani.

Gambar menunjukkan perkenalan Toyota Yaris

Akhirnya pada tanggal 11 oktober 2019 selubung mobil ini dibuka pertama kali ke publik

Dan akhirnya, pada awal bulan Oktober 2019 lalu, Yaris terbaru dibuka selubungnya di Eropa. Jujur saja, model terbaru dari mobil kompak Toyota ini terlihat keren sekali. Bahkan hampir mengembalikan nafas groovy (asyik) dari Toyota Yaris generasi ke II yang jadi generasi pertama di Indonesia tahun 2006. Akankah Yaris 2020 yang kembali Groovy ini masuk Indonesia? Mari kita simak dulu ulasan lengkapnya...

Eksterior Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Yaris 2020 berwarna merah

Dari depan, mobil tampak sedang berjalan kencang padahal sedang diam

Bahasa desain yang diusung dari Toyota Yaris 2020 ini adalah B-Dash. Yang memiliki arti berani, lincah, dan cantik. Toyota secara cerdas mendesain tampilan depan Toyota Yaris 2020 ini seperti tampak sedang berjalan kencang meski mobilnya sedang diam. Headlamp juga didesain tajam dan meningkatkan aura atletis dan agresif dari mobil ini.

Review Toyota Yaris 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Yaris 2020

Tarikan garis tegas membuatnya tampil keren

Lanjut ke bagian samping mobil ini, Toyota Yaris 2020 ini seakan benar-benar ingin tampil berani dan cantik dengan cara penggunaan pelek two tone machining alloy dengan baut 5 yang desainnya keren. Aura unik juga ditunjukkan lewat desain jendela belakang yang membulat dan tarikan garisnya terintegrasi dengan atap model floating roof.

Review Toyota Yaris 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Yaris 2020

Stoplamp berbentuk huruf C membuat kesan cantik

Pada bagian buritan Toyota Yaris 2020 ini terlihat stoplamp LED bermodel huruf “C” yang menyuguhkan kesan cantik. Begitu juga dengan desain bumper belakang yang lekuknya senada dengan bentuk lampunya sehingga juga terlihat cantik. Oh ya, karena yang di foto itu adalah Toyota Yaris 2020 varian hybrid, maka pada bagian bawahnya dilabur kelir hitam dan ada logo Toyota berpendar warna biru.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris 2020: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota Yaris 2020

Lega dan nyaman adalah dua kata kunci yang jadi goals untuk mendesain interior mobil ini

Layout dashboard Toyota Yaris 2020 juga menjadi andalan Toyota pada compact car terbarunya ini. Yaris ini menggunakan konsep clutter free interior dengan dua garis utama yakni bagian atas dan bagian bawah dasbor. Konsep ini mengedepankan spacious (kelegaan kabin) dan comfortable (kenyamanan kabin). Semua tata letak tombol juga dipusatkan dekat pengemudi agar semakin driver oriented.

Gambar menunjukkan konsep desain dasbor Toyota Yaris 2020

Bahasa desain clutter free interior digunakan Toyota dalam mendesain interior Yaris 2020 ini

Review Toyota Yaris 2020: Kursi

Gambar menunjukkan kursi depan Toyota Yaris 2020

Kursi tampak sporti tanpa mengesampingkan kenyamanan

Produk andalan Toyota yang sedang melantai di event Tokyo Motor Show 2019 ini juga memiliki desain kursi yang memeluk tubuh untuk bagian penumpang depan dan pengemudinya. Desain headrest dibuat seolah menyatu dengan sandaran punggung ala Toyota kekinian yang menggunakan basis TNGA. Pengalaman kami duduk dan melakukan perjalanan jarak jauh dengan kursi model ini, pengemudi dapat merasa tidak cepat lelah, dan mencegah timbulnya mircosleep yang berbahaya jika terjadi saat mengemudi.

Gambar menunjukkan kursi belakang Toyota Yaris 2020

Sayangnya, terlihat kursi belakang berkesan sempit dan ruang kepalanya terbatas, semoga aktualnya tidak

Tapi, bukan Toyota namanya kalau tidak melakukan inovasi. Kursi pengemudi dan penumpang depan pada Toyota Yaris 2020 ini juga dilengkapi dengan fitur Turn Tilt Seat. Dimana kursi dapat berputar dan miring, hal ini bertujuan untuk memudahkan pengemudi dan penumpang depan masuk serta keluar mobil. Bagi ibu-ibu atau anak gadis yang senang memakai rok atau kain panjang, pasti akan menyukai fitur ini karena mempermudah akses keluar masuk mobil.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Toyota Pre-Collision Safety Toyota Yaris 2020

Sistem dapat mengintervensi pedal rem apabila dibutuhkan

Toyota Yaris 2020 ini dilengkapi dengan segudang fitur keselamatan aktif maupun pasif. ABS, EBD, BA, bahkan Regenerative Braking (khusus varian Hybrid) sudah jadi standar di mobil ini. Ada banyak sensor canggih yang memantau mobil untuk menjalankan fitur keselamatan kekinian di jajaran Toyota Safety Sense, yang meliputi Radar Cruise Control (RCC) yang berfungsi memantau kendaraan di depan, Lane Tracing Assist (LTA) yang bekerja sama dengan RCC memantau kendaraan di samping, juga ada Automatic high Beam (AHB) yang fungsinya mengontrol lampu depan agar tak menyilaukan pengendara lain.

Gambar menunjukkan Toyota Advanced Park Toyota Yaris 2020

Bahkan saat parkir pun Anda tetap akan merasa aman

Masih ada sistem Road Sign Assist (RSA) yang mengandalkan kamera samping kendaraan untuk memantau objek di arah berlawanan kendaraan dan memberikan peringatan bahkan mengintervensi pedal rem ketika objeknya berpotensi tertabrak. Yang paling oke adalah fitur keselamatan Secondary Collision Brake yang berguna untuk mengontrol pedal rem dan lampu rem belakang setelah ECU membaca Airbag telah mengembang dan terjadi kecelakaan. Fitur ini fungsinya untuk mencegah efek benturan kedua yang lebih parah (tabrakan beruntun).

Review Toyota Yaris 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-car Entertaiment System Toyota Yaris 2020

Ingin koneksi Apple CarPlay ataupun Android Auto? Sudah bisa kok

Bukan layar sentuhnya saja yang istimewa bentuknya. Tapi apa yang ditawarkan oleh sistem in-car entertaiment system ini juga tak kalah istimewa. Pertama ada Display Audio dan Data Communication Module yang dapat benar-benar tersambung dengan ponsel pintar. Anda dapat menjalankan fitur-fitur ponsel pintar di head unit mobil ini. Tak hanya itu, sistem audio Toyota Yaris 2020 ini juga dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan juga Android Auto.

Review Toyota Yaris 2020: Toyota New Global Architecture

Gambar menunjukkan TNGA Toyota Yaris 2020

Toyota Yaris 2020 ini dibangun diatas konsep TNGA

Toyota Global sedang giat-giatnya menggaungkan konsep TNGA. Dengan TNGA, mobil-mobil keluaran Toyota kekinian yang sudah mengusung konsep modern ini diklaim lebih fun to drive, lebih menyenangkan dinaiki penumpang karena nyaman, dan juga memiliki desain yang sangat menarik.

Gambar menunjukkan TNGA Concept Toyota Yaris 2020

Konsep TNGA membuat pilihan sasis dan mesin jauh lebih sederhana dan nantinya akan menekan harga jual

Dengan basis TNGA pilihan sasis dan powetrain yang disematkan ke mobil dapat dibuat jauh lebih sederhana pilihannya karena saling berbagi platform. Tentu saja secara otomatis dapat membuat mobil Toyota Yaris 2020 ini menjadi produk untuk kebutuhan pasar global.

>>> Jika Anda sedang berencana untuk membeli mobil Toyota Yaris 2017, simaklah kelebihan serta kekuranganya dulu

Operasi Toyota Yaris 2020

Gambar menunjukkan mesin Toyota Yaris 2020

Ini adalah mesin berkode M15A berkapasitas 1500 cc

Untuk pilihan mesinnya sendiri, Toyota Yaris 2020 ini memberikan dua pilihan mesin. Yakni unit terbaru 3-silinder segaris 1500 cc berkode M15A dengan teknologi dynamic force engine, atau unit 1000 cc 3-silinder dengan kode mesin 1KR yang konstruksinya mirip mesin Toyota Agya 1000 cc namun telah disempurnakan bagian internalnya. Kedua mesin ini dapat dikawinkan dengan tiga pilihan transmisi, yakni Super CVT-i, Direct Shift-CVT, atau manual 6-percepatan dengan layout penggerak depan atau all wheel drive.

Gambar menunjukkan Mesin 1KR Dynamic Force Engine Toyota Yaris 2020

Teknologi dynamic force hybrid memusatkan kecepatan flow udara masuk ke mesin

Teknologi dynamic force engine yang digunakan bertugas mempercepat aliran udara dengan mengatur derajat katup lebih rebah dari mesin konvensional. Derajat antar katup di mesin ini adalah 41 derajat, bandingkan dengan mesin konvensional yang berkisar antara 35-37 derajat. Dengan mengatur ulang kemiringan katup, lubang katup, dudukan katup, posisi injektor, dan sebagainya, aliran udara masuk menjadi lebih lancar dan berputar cepat, tujuannya agar saat meledak, udara-bensin yang ada di dalam silinder cepat habis terbakar.

Gambar menunjukkan Toyota Hybrid System II with Reduction Gear Dan Mesin M15A Dynamic Force Engine Toyota Yaris 2020

Sistem hybrid Toyota seakan jadi jaminan mobil ini akan irit bahan bakar

Mesin potensial ini dikawinkan dengan sasis terbaru Toyota platform GA-B yang merupakan turunan dari TNGA. Platform GA-B ini adalah platform baru Toyota yang dibuat khusus untuk mobil kompak. Platform GA-B ini lebih kaku hingga 30% dan punya bobot lebih ringan 50 kilogram serta memiliki canter of gravity 15 mm lebih rendah dari mobil sejenis dengan basis konvensional. Ini disinyalir akan menjanjikan kedinamisan berkendara yang lebih baik.

>>> Toyota Gunakan Platform TNGA Untuk Yaris Terbaru?

Spesifikasi Toyota Yaris 2020

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi Toyota Yaris 2020.

Mesin Toyota Yaris 2020  
 Seri mesin

 M15A, 3 Silinder, Dynamic Force Engine, Direct Injection, VVT-iE

 Rasio Kompresi  Diatas 13 : 1
 Tenaga Maksimum  N/A
 Torsi Maksimum  N/A
 Kapasitas Silinder  1.500 cc
 Bore X Stroke  Menggunakan konsep long stroke engine
 Tipe Transmisi  Direct Shift-CVT
  Rangka Toyota Yaris 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi  N/A
 Jarak Sumbu Roda  N/A
 Jumlah Pintu  5 Pintu
 Kapasitas Penumpang  5 Penumpang
 Kapasitas Tangki  N/A
 Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Yaris 2020
 Suspensi Depan & Belakang  N/A
 Sistem Kemudi  Electronic Power Steering
 Rem Depan & Belakang  Disc & Disc, Regenerative Brake Cooperation Type
 Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, BA, Toyota Safety Sanse, Anti-Collision Braking
 Teknologi Safety Sasis  Toyota New Global Architecture
 Struktur Sasis  Monokok, B-Segment
 Pelek  Alloy, 16 Inch
Jenis Ban  Bridgestone Ecopia EP150, 195/55 R16

Inilah Pilihan Mesin Dan Transmisi Toyota Yaris 2020 lainnya.

Tipe Mesin Transmisi Penggerak
X 1KR (1.0-liter-liter) Super CVT-i Front-wheel drive
"M package"
G
X M15A
(1.5-liter Dynamic Force Engine)
Direct Shift-CVT Front-wheel drive or Four-wheel-drive*5
G
Z
X 6-speed manual Front-wheel drive
G
Z
HYBRID X THS II with reduction gear
(M15A 1.5-liter Dynamic Force Engine)
Front-wheel drive or E-Four (electric four-wheel-drive system)
HYBRID G
HYBRID Z

Daftar Harga Toyota Yaris 2020

Toyota Yaris 2020 belum dijual dan baru akan di jual pertama kali di Jepang pada pertengahan bulan Februari 2020, dan akan mendarat di showroom-showroom luar Jepang pada bulan Oktober hingga Desember tahun yang sama.

Gambar menunjukkan Toyota Yaris 2020 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Yaris model terbaru ini belum dijual di pasaran

Saat ini, mobil berpenampilan eye catching ini sedang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019. Kami berharap mobil berpenampilan nyentrik ini segera masuk pasar mobil Indonesia dan tak ada satupun fitur-fiturnya yang dikurangi saat masuk tanah air.

Kesimpulan Toyota Yaris 2020

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Yaris 2020 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Kami sangat berharap Toyota Yaris 2020 ini segera di jual di Indonesia, sebab...

Tampilan Yaris kembali grovvy, dan rasanya mobil ini cocok untuk Anda yang menginginkan hatchback dengan tampilan yang semakin sporty. Apalagi kedinamisannya juga didukung dengan mesin berteknologi terkini dan juga konsep TNGA seakan menjamin kesenangan berkendara. Rasanya layak untuk ditunggu kehadirannya hadir di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Mazda3 TCR 2020: Bukan Main, Ini Jadinya Jika Hatchback Mazda Ikut Kejuaraan IMSA

18/10/2019

Editor rate:

Pada tanggal 1 Oktober 2019, Mazda Motorsports memperkenalkan model terbarunya yakni Mazda3 TCR 2020. ‘Senjata; pamungkas satu ini rencananya akan menyentuh podium IMSA Michelin Pilot Challenge pada awal Januari tahun mendatang, Apa rahasia dan kelebihan dari mobil satu ini? Mari kita cari tahu dalam review Mazda3 TCR 2020.

Lihat juga

Review Suzuki S-Presso 2019: Mini SUV Suzuki Untuk Anak Muda

04/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Renault Kwid mendapatkan lawan yang sepadan, inilah Suzuki S-Presso mobil yang didaulat sebagai SUV mini dari Suzuki yang siap melawan digdaya Renault Kwid di kelasnya.

Lihat juga

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019: Kasta Tertinggi City Car Hyundai

30/08/2019

Editor rate:

Hyundai Motor Company sangat serius menggarap pasar mobil mereka di India. Buktinya mereka setidaknya memiliki 3 line up di kelas city car. Setelah puas membedah Hyundai Santro, kini kami akan mengulas secara lengkap dan tuntas Hyundai Grand i10 NIOS 2019 yang merupakan kasta tertinggi dari City Car Hyundai.

Lihat juga

Review Honda E-Concept 2019: Bukti Bahwa Mobil Tak Lagi Butuh Bensin

07/07/2019

Editor rate:

Tim Cintamobil.com selalu bergembira menyambut era otomotif masa depan. Setidaknya, kita semua menjadi saksi sejarah bagaimana mobil mobil masa depan tak lagi menggunakan bensin atau diesel, melainkan listrik. Honda E-Concept menjadi salah satu perintisnya. Menariknya, mobil satu ini rencananya akan resmi dijual tahun depan. Inilah dia review Honda E-Concept 2019.

Lihat juga

Review Toyota Glanza 2019: Hatchback Hybrid ‘Murmer’ Anak Pertama Toyota-Suzuki

12/06/2019

Editor rate:

Toyota akhirnya meluncurkan hatchback terbarunya di India pada 6 Juni lalu. Bermitra dengan Maruti Suzuki India, Toyota Glanza 2019 merupakan versi lain dari Maruti Suzuki Baleno facelift yang diluncurkan pada Januari 2019. Apa saja persamaan dan perbedaan kedua mobil ini?

Lihat juga