Review Toyota Yaris 2020: Inikah Wajah Generasi Terbaru Yaris?

26/04/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Tentu kita semua sudah paham betul akan sosok Hatchback Toyota yang dinamai Yaris. Baru-baru, Toyota Global merilis Yaris terbaru di ajang New York International Auto Show 2019. Bahkan, kini tampilannya benar-benar berbeda dengan Toyota Yaris yang sering kita amati di jalanan kota. Apa saja hal menarik di dalamnya? Mari kita intip bersama dalam review Toyota Yaris 2020.

PENGANTAR Toyota Yaris 2020

Review Toyota Yaris 2020 - Tak mudah bagi Toyota untuk membuat Yaris berada di podium teratas dalam lini Hatchback. Dibutuhkan setidaknya 20 tahun, setelah perilisan generasi pertamanya di tahun 1999. Perubahan demi perubahan pun dilakukan, mulai dari wajah yang kalem hingga kini menjadi sosok kendaraan sporty bergaya anak muda.

Tahun 2019 akhirnya dipilih bagi Toyota Global untuk meluncurkan All-New Toyota Yaris. Sebagai sosok “All-New” atau generasi baru, tentu dari fenomena tersebut akan ada banyak perubahan yang disematkan pada Yaris terbaru. Pasca debut pertamanya di New York, Toyota All New Yaris dikabarkan akan dipasarkan tahun depan. Khusus di Negeri Paman Sam, Yaris akan ditawarkan ke dalam dua varian yakni LE dan XLE.

Toyota Yaris 2020 berada di podium panggung New York International Auto Show

Toyota Yaris terbaru yang hadir di New York tahun 2019

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya, belum ada kabar pasti dari pihak PT. Toyota Astra Motor (TAM) mengenai hal ini. Namun yang pasti, perilisan generasi terbarunya ini bisa menjadi referensi menarik akan sosok Toyota Yaris di masa depan. Berikut review Toyota Yaris 2020.

EKSTERIOR Toyota Yaris 2020

Ada hal yang cukup mengecewakan terkait pembaruan eksterior Toyota Yaris 2020. Apakah itu? Diberitakan oleh beberapa media, disinyalir bahwa Yaris terbaru akan menerapkan konsep desain mirip Mazda2. Bisa dibilang, ini adalah versi Rebadged dari Mazda2.

Review Toyota Yaris 2020: Eksterior Depan

Sepakat dengan yang diklaim oleh Toyota Global, Yaris versi terbaru ini memiliki rupa mirip anjing Bulldog. Hal ini bisa diamati dari sosoknya yang bongsor serta menerapkan Grille depan berbentuk Hexagon.

Eksterior Depan Toyota Yaris 2020 menerapkan siluet minimalis dalam balutan warna biru

Wajah depan Yaris kini benar-benar berubah

Di sisi lain, jika menilik lebih detail akan lampu utamanya, penggunaan LED serta LED Daytime Running Lights (DRL) sudah menjadi kewajiban bagi Toyota. Selain memberi siluet wajah yang lebih tegas, fitur ini sudah cukup membantu dalam hal penerangan.

Review Toyota Yaris 2020: Eksterior Samping

Meski bagaimanapun olahan Toyota terhadap Yaris, kami masih bisa merasakan esensi Mazda2 pada bodi sampingnya. Terlihat ringkas, minimalis serta mengurangi aksen patahan-patahan. Ciri khas seperti ini seringkali diamati pada mobil-mobil Mazda, menggambarkan bagaimana esensi seni juga dapat merambah dunia otomotif.

Eksterior samping Toyota Yaris 2020 terlihat ramping dan ringkas

Dari samping, terlihat sangat jelas bahwa Yaris mengadopsi desain dari Mazda2

Pelek sendiri cukup sukses memberi kesan sporty yang kental. Menerapkan Twin 5-Spoke Wheels, mengingatkan kami akan selera masyarakat Amerika yang cenderung tegas dan lekat akan nuansa Urban.

Review Toyota Yaris 2020: Eksterior Belakang

Hal serupa juga didapati pada sektor buritannya, benar-benar mirip Mazda2. Mulai dari lekuk bodi yang sintal, penerapan lampu minimalis, hingga kaca belakang terkesan mungil, membuat kami berargumen bahwa mobil ini adalah Mazda2 namun hadir dengan logo merk Toyota. Kami berharap besar supaya model Yaris Indonesia di masa depan, tak mengambil kebijakan serupa seperti ini. Ruh Toyota Yaris seakan hilang dan tak lagi mudah dikenali.

Eksterior Belakang Toyota Yaris 2020 menerapkan lekuk seksi dan sintal, mirip Mazda2

Bodi belakangnya juga kental akan nuansa dari Mazda2

>>> Amati juga:

INTERIOR Toyota Yaris 2020

Cukup rasanya bagi kami untuk mengkritisi sisi eksterior-nya. Kini saatnya bagi Cintamobil.com untuk melihat kabin interior Toyota Yaris 2020.

Review Toyota Yaris 2020: Dashboard

Kami benar-benar sangat mengenali desain dashboard semacam ini. Ya, apalagi jika bukan Mazda2. Bisa Anda amati bersama bahwa dashboard yang panjang itu dikemas minimalis serta menggunakan Blower berdesain kipas pesawat terbang. Semua hal dirancang minimalis, mengingatkan kami akan Mazda2 dengan konsep utamanya yakni Jinba-Ittai, satu kesatuan antara pengendara dan mobilnya.

Dashboard Toyota Yaris 2020 dibalut dengan warna putih serta dikemas minimalis

Dashboard pun dirancang serupa desain dashboard Mazda2

Meski begitu, ada pandangan lain terkait dashboard-nya. Jika menilik lebih jauh dari aspek kenyamanan, justru kami lebih suka atmosfer kabin seperti yang dimiliki Toyota Yaris 2020 saat ini. Bukannya mengapa, kami cenderung menyukai esensi ringkas yang dihadirkan. Ya, tidak banyak tombol dan tidak rumit, semua fungsi bahkan sudah ada pada dashboard-nya.

Review Toyota Yaris 2020: Setir

Dari lini setir sendiri sudah dipersenjatai dengan tombol menarik seperti pengaturan audio. Ya, sama seperti yang hadir di versi Indonesia, Anda bisa dengan mudah mengganti lagu maupun menaikkan volume audio, dengan satu sentuhan saja. Di sisi lain juga terdapat fungsi Voice Recognition serta Hands-Free Operation, memudahkan komunikasi lewat fitur suara pengendara. Terakhir adalah fitur Tilt dan Telescopic Steering untuk mengatur posisi setir sesuai gaya berkendara Anda.

Setir Toyota Yaris 2020 dibalut dengan warna hitam dan dilengkap tombol-tombol multifungsi

Tombol mutlfiungsi juga tak tampil berbeda dengan versi Indonesia

Review Toyota Yaris 2020: Kursi

Tak ada yang berubah dari segi keluasan kabin, semua masih nyaman mirip Toyota Yaris sebelumnya. Bedanya hanya terletak pada warna kursi yang dibalut putih di seluruh sisinya. Memang terlihat sangat menarik tapi warna putih cenderung lebih mudah kotor daripada warna lainnya.

Kursi Toyota Yaris 2020 dibalut dengan warna putih dan dikemas cukup nyaman

Kursinya tak mendapat ubahan apapun selain masalah warna

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Toyota Yaris 2020

Ada pesan yang ingin kami sampaikan sebelum membuka segmen fitur Toyota Yaris 2020. Ya, jangan bandingkan tentang fitur pada Yaris yang dijual di Amerika dan Indonesia. Pasalnya, Yaris Amerika lebih lengkap dari segi fitur, berbeda dengan versi Indonesia yang justru sarat fitur. Alasannya adalah mengikuti kondisi infrastruktur di Indonesia serta menekan harga jual menjadi lebih terjangkau.

Review Toyota Yaris 2020: Fitur Keselamatan

Fitur-fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), sudah dihadirkan yang notabene tak jauh berbeda dengan versi Indonesia. Namun khusus pada versi yang baru dirilis di Amerika ini, tersedia fitur tambahan seperti Traction Control System (TCS) dan Low-Speed Pre-Collision Safety System. Adapun dari segi Airbags, tersedia enam buah termasuk Curtain Airbags yang melindungi seluruh penumpang. Namun tak menampik, apabila Yaris Indonesia diberikan peningkatan semacam ini, tentu para pecinta Yaris tak akan segan-segan untuk mengapresiasi dan menerimanya. Bukan, begitu sobat?

Cuplikan video singkat mengenai Toyota Yaris 2020 dari Cars.com

Review Toyota Yaris 2020: Fitur Hiburan

Untuk urusan hiburan, Toyota sudah menyiapkan panel Head Unit Touchscreen berukuran 7 inci untuk Yaris terbaru. Berbagai macam Genre lagu baik Rock hingga Hip-Hop akan terdengar sangat jernih berkat terintegrasinya 6 buah speaker dalam kabinnya. Menariknya lagi, format pengoperasian audio sudah didukung Apple CarPlay, Android Auto dan Bluetooth. Tak perlu lagi bingung untuk mengoperasikan musik favorit dari Gadget pengendara.

>>> Tersedia juga berbagai review menarik terkait mobil Hatchback yang bisa Anda ketahui di sini

OPERASI Toyota Yaris 2020

Tak ada perubahan dari aspek operasi mesin Toyota Yaris 2020, masih menerapkan kapasitas 1.5 Liter 4 silinder segaris. Dengan kompresi 12.0:1 serta transmisi 6 percepatan manual, membuatnya mesinnya mampu memompa daya hingga 106 HP.

Performa Toyota Yaris 2020 disampaikan di ajang New York International Auto Show, yakni tenaganya mampu mencapai 106 HP

Sayangnya, Toyota mengklaim tak begitu banyak perubahan pada segi mesin

Hal baru terletak pada tombol mode berkendara yakni SPORT Mode. Apabila pengendara mengaktifkan mode tersebut maka laju kendaraan akan difokuskan pada respon akselerasi yang kian meningkat. Inilah pembaruan paling menarik untuk kami. Dipastikan para anak muda akan menginginkan pembaruan satu ini.

>>> Ingin tahu mobil-mobil terbaru Toyota yang dijual di Indonesia? Simak di sini

KESIMPULAN Toyota Yaris 2020

Pembaruan bagi All-New Toyota Yaris 2020 membawa dua hal baik dari sisi positif dan negatif. Dari sisi negatif misalnya, ruh Yaris seakan hilang tergantikan dengan desain mirip Mazda2. Meski antara Toyota dan Mazda tercatat memiliki kerjasama, namun meski bagaimanapun, Yaris harus tetap dengan karakternya sendiri. Di satu sisi lain, hal positif bisa didapati pada tingkat keringkasan kabin yang lebih rapi, fitur-fitur keselamatan ditingkatkan serta hadirnya SPORT Mode, menjadi unsur menggiurkan bagi calon peminatnya. Akhir kata, mari kita tunggu bersama keputusan TAM akan model Yaris kedepannya. Lantas, apa pendapat Anda?

>>> Lihat juga review dari mobil idaman Anda di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil