Review Toyota Yaris 2017

27/08/2018
editor rate: 4,3 user rate: 4,4
Sejatinya, varian mobil hatchback dikuasai dua nama besar yakni Honda Jazz dan Ford Fiesta. Kedua nama tersebut merupakan top of mind konsumen setia varian hatchback. Namun, Toyota melalui Yaris coba untuk meramaikan sekaligus menghangatkan persaingan pasca meluncurkan Yaris beberapa tahun silam. Untuk menekan dua kompetitornya tersebut, pada tahun 2017 Toyota Yaris diluncurkan. Harga mobil Toyota Yaris 2017 berapa? Bagaimana spesifikasi mobil Toyota Yaris 2017? Bacalah tulisan ini.

PENGANTAR Toyota Yaris 2017

mobil Toyota Yaris 2017 berwarna merah sedang parkir di halaman rumah

Toyota Yaris 2017

Review Toyota Yaris 2017 - Toyota Yaris sebenarnya cukup telat masuk ke dalam ranah hatchback tanah air. Di saat kedua kompetitornya telah menancapkan eksistensi di industri otomotif nasional, Toyota Yaris baru muncul ke permukaan. Meskipun demikia, mobil yang mengusung tagline ‘Let the Fun Begin’ itu tak patah arang dan terus memberikan berbagai sentuhan demi membuatnya semakin naik kelas di tahun-tahun setelahnya. Bahkan Toyota Yaris 2017 yang diluncurkan tahun ini juga memberikan perbedaan berarti dari sisi eksterior. Perbedaan ini tak akan dijumpai di seri sebelumnya. Bagaimana spesifikasi lebih lanjut? Silahkan Anda bersama Cintamobil.com simak  ulasan review mobil Toyota Yaris 2017 di bawah ini.

EKSTERIOR Toyota Yaris 2017

Desain bagian depan mobil Toyota Yaris 2017 berwarna merah

Tampilan bagian depan mobil Toyota Yaris 2017

Review Toyota Yaris 2017: Desain Bagian Depan

Dibandingkan dengan seri sebelumnya, tampilan eksterior Toyota Yaris 2017 semakin mempertegas naik kelasnya mobil ini melalui desain aerodinamik yang sangat pekat. Desain ini juga seakan menjadi jawaban sekaligus perbedaan desain yang diusung dua kompetitornya di ranah sejenis.

tampilan bagian belakang mobil Toyota Yaris 2017 berwarna biru tua sedang di sebuah pameran otomotif di Indonesia

Desain bagian belakang Toyota Yaris

Review Toyota Yaris 2017: Sisi samping dan sisi belakang

Sementara pada sisi samping, Toyota Yaris menyematkan bumper kecil yang memanjang hingga ke belakang. Namun kit atak akan menemui lekukan sporty yang cukup berarti pada sisi ini. sebagai gantinya, Toyota Yaris menampilkan sporty dengan menambahkan tape stripe dan side skirt. Selain itu, tersemat pula spion berteknologi retractable mirror yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur spionnya dari bagian kabin. 

>>> Klik sini untuk memilih mobil Toyota Yaris 2017 terbaru yang sedang dijual di pasar otomotif Indonesia

INTERIOR Toyota Yaris 2017

Interior Toyota Yaris 2017 secara keseluruhan jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Di seri anyarnya ini, Toyota Yaris menyematkan warna hitam pada bagian kabin secara keseluruhan.

Review mobil Toyota Yaris 2017: Desain bagian dashboard

Di sisi dashboard, Toyota Yaris juga menggunakan warna yang sama dengan bagian kabin. Namun perlu dicatat, dashboard yang ditampilan sangat ekslusif dengan material yang cukup baik. Selain itu, untuk menambah kesan premium, aksen chrome sudah dihadirkan pada bagian paling depan kabin ini.

bagian interior mobil Toyota Yaris 2017 dengan kursi dan bagian dashboard

Bagian Interior Toyota Yaris 2017

Bagian dashboard juga dilengkapi dengan head unit untuk menunjang kebutuhan entertainment sepanjang perjalanan. Tak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, head unit tersebut juga adapat dialihfungsikan menjadi sistem navigasi yang siap memberikan petunjuk arah kepada pengemudi. Sekedar catatan, pada type tertingginya, Toyota Yaris RRD S Matik, head lamp yang tersemat sudah mengusung dua teknologi mutakhir seperti touch screen dan air gesture.

gambar bagian dashboard mobil Toyota Yaris 2017 dengan setir

Gambar sisi kemudi mobil Toyota Yaris

Review mobil Toyota Yaris 2017: Sisi kemudi

Pada sisi kemudi Toyota Yaris juga dilengkapi dengan speedometer yang didesain sporty dibandingkan seri sebelumnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan disematkannya lampu dengan penerangan yang mumpuni untuk memberikan informasi terkini kepada pengemudi seputar jarak yang ditempuh, penggunaan bahan bakar dan lainnya. Lantas pada bagian steering, kita juga menjumpai desain yang lebih racing dibandingkan seri sebelumnya. Tak hanya itu, keberadaan audio swiching pada lingkar kemudi juga akan mempermudah pengemudi untuk mengatur tata suara melalui bagian setir tanpa harus memindahkan tangannya ke head unit. Disamping itu, tersemat juga berbagai fitur fungsional lainnya seperti auto AC dan smart stop button.

Review mobil Toyota Yaris 2017: Sisi seat

Sementara pada sisi seat, Toyota Yaris menaikan kelas tempat duduknya dengan menyematkan material semi bucket seat demi menunjang kenyamanan penumpang maupun pengemudi ketika melaju dengan mobil ini. Selain itu, Toyota Yaris 2017 juga merombak ulang sisi bagasinya agar bisa menampung lebih banyak barang selama perjalanan.

>>> Apakah Anda sudah tahu perbedaan antara mobil Toyota Yaris 2014 dan Toyota Yaris 2017, langsung klik untuk tahu

FITUR Toyota Yaris 2017

Disamping berbagai fitur yang tersemat pada bagian kabin, Toyota Yaris juga dilengkapi dengan fitur-fitur untuk menunjang kenyamanan dan keamanan tinggat tinggi yang bisa dibilang cukup lengkap.

Model Absorbing Body Structure dan High Strength Body Frame di mobil Toyota Yaris 2017

Model Absorbing Body Structure dan High Strength Body Frame

Review mobil Toyota Yaris 2017: Fitur keamanan

Pada fitur keamanan, Toyota Yaris sendiri memberikan value added berupa hadirnya  berupa kerangka dengan model Absorbing Body Structure dan High Strength Body Frame yang berfungsi untuk memberikan proteksi kepada pemumpang dan pengemudi saat melaju dengan Toyota Yaris 2017. Selain itu, pada sisi interior juga tersemat SRS Airbag yang  alan menahan penumpang bagian depan agar tak membentur kaca saat terjadi benturan hebat di sisi depan.

Kursi Toyota Yaris 2017 yang menyematkan Whisplash Injury Lessening

Kursi dengan Whisplash Injury Lessening

Selain itu, pada sisi kursi, Toyota Yaris juga menyematkan Whisplash Injury Lessening yang siap memproteksi kepala saat terjadi kecelakaan. Seluruh seat yang tersemat juga telah dilengkapi dengan seat belt untuk menambah rasa aman selama berkendara. disamping itu, hadirnya kombinasi pengereman ABS dengan EBD jgua siap menjadi senjata ampuh pengereman apabila mobil dipaksa harus melakukan pengereman dadakan. Kedua kombinasi rem tersebut diklaim mampu membuat ban tidak selip dan terkunci saat pengereman darurat dilakuka. Sebagai pelengkap Toyota Yaris 2017 juga dilengkapi dengan Immobilizer Key serta alarm untuk meminimalisir tingkat pencurian kendaraan yang semakin hari semakin marak terjadi.

fitur video touchscreen yang tersemat pada bagian dashboard mobil Toyota Yaris 2017

Video touchscreen

Review mobil Toyota Yaris 2017: Fitur kenyamanan

Sementara pada sisi kenyamanan, Toyota Yaris menawarkan berbagai fitur seperti video touchscreen yang tersemat pada bagian dashboard guna melengkapi kebutuhan entertainment sepanjang perjalanan. Selain itu ada pula firue untuk mengkoneksikan internet guna memberikan mobilitas kepada selurh penumpang selama berkendara. Sebagai pelengkap, disematkan pula AC Double Blower yang siap memberikan kesejukan ke seluruh ruang kabin tanpa terkecuali. Bagaimana? Cukup lengkap bukan fitur keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh Toyota Yaris 2017?

OPERASI Toyota Yaris 2017

gambar bagian mesin mobil Toyota Yaris 2017 berwarna putih

Dapur pacu Toyota Yaris 2017

Bicara tentang sistem operasi Toyota Yaris 2017 bisa dibilang dilengkapi dengan dapur pacu yang cukup bertenaga. Hal  tersebut bisa dilihat dengan kehadiran mesin berseri 1 NZ–FE 1.4 liter berjenis DOHC VVT-I yang berkubikasi 1497 cc. Mesin tersebut jgua diklaim mampu mengeluarkan tenaga hingga 109 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Disamping itu, Toyota Yaris juga mampu memuntahkan torsi hingga 14,4 kgm pada putaran mesin 4200 rpm. Sebagai sarana untuk memacu mesin, disematkan dua varian transmisi yakni manual dengan lima percepatan dan otomatis dengan empat percepatan. Sekedar informasi, mesin yang disematkan pada Toyota Yaris bisa dibilang cukup irit bahan bakar karena sudah dilengkapi dengan teknolofi EFI yang siap memberikan performa mesin tanpa harus mengeluarkan bahan bakar yang cukup besar.

spesifikasi Toyota Yaris 2017

Inilah daftar spesifikasi mobil Toyota Yaris 2017 terbaru yang Cintamobil.com ingin memberi tahu kepada sobat.

Mesin Toyota Yaris 2017

Tipe mesin

IL 4 silinder V DOHC VVT-i

Isi Silinder

1497 cc

Sisitem Suplay Bahan bakar

EFI

Diameter X langkah

75.0 x 84.7 mm

Daya Maksimum

109 PS/6000rpm

Torsi Maksimum

14.4 Kgm/4200rpm

Transmisi

5-Speed Manual

Dimensi

P X L X T

4115 x 1700 x 1475

Jarak Poros Roda

2550

Jarak Pijak depan

1470

Jarak Pijak belakang

1460

Berat Kosong

1030-1045 kg

Kapasitas Tangki

42 Liter

Suspensi/ kaki-kaki Toyota Yaris 2017

Suspensi Depan

MacPhersion strut with coil spring and stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion beam with coil spring and stabilizer

Ukuran Ban

185 / 60 R15

Rem Depan

14″ Disc

Rem Belakang

Drum

Fitur keselamatan/ keamanan Toyota Yaris 2017

Rangka Body

Energy Absorbing Body Structure & High Strength Body Frame

Dual SRS Airbag

All Type

3 Point Seatbelt with pretensioner

All Type

Force Limiter

All Type

Smart Start Stop Buton

All Type

Whiplash Injury Lesening (WIL)

All Type

ABS + EBD

All Type

Wave Key

All Type

Keyless entry

All Type

Immobillizer

All Type

Securty Alarm System

Untuk Type TRD S

kelebihan & kekurangan Toyota Yaris 2017

Setelah membahas tentang eksterior, interior, fitur dan operasi sekarang kita masuk ke sebuah bagian baru yaitu kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Yaris 2017. Apa saja?

mobil Toyota Yaris berwarna silver di sebuah pameran di Indonesia

Apa kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Yaris 2017?

Kelebihan

Kekurangan

Desain yang sangat sporty dan aerodinamis

Ground clearance terlalu rendah

Tenaga mobil sangat baik

Mesin belum memakai teknologi baru

Kapasitas kabin sangat lega dibandingkan dengan mobil tipe hatchback lainnya

Material interior belum maksimal

Konektivitas headunit lengkap

 

daftar harga Toyota Yaris 2017

Inilah harga mobil Toyota Yaris 2017 terbaru di Indonesia

Tipe

Harga Toyota Yaris

Toyota Yaris E M/T

Rp. 227.800.000

Toyota Yaris E A/T

Rp. 238.600.000

Toyota Yaris G M/T

Rp. 236.100.000

Toyota Yaris G A/T

Rp. 246.100.000

Toyota Yaris TRD S M/T

Rp. 258.000.000

Toyota Yaris TRD S A/T

Rp. 258.800.000

* Harga mobil Toyota Yaris di atas merupakan harga OTR Jakarta

* Beda daerah, kemungkinan beda pula harga Toyota Yaris 2017

Video Toyota Yaris 2017

Silahkan sobat-sobat cintamobil.com menonton video di bawah ini sebagai penutupan untuk topik review Toyota Yaris 2017 ini.

KESIMPULAN Toyota Yaris 2017

Mobil Toyota Yaris berwarna kuning dalam pesta perluncurkan di Jakarta Indonesia

Toyota Yaris 2017: Hatchback anyar Toyota yang semakin sporty

Secara keseluruhan, Toyota Yaris 2017 terlihat lebih sporty dari seri sebelumnya. Berbagai pembaharuan yang ditampilkan lewat sisi luarnya seakan mempertajam kesan tersebut. Selain itu. Sisi interior yaris juga disisipkan berbagai fitur modern yang siap memberikan keamanan dan kenyamanan sepanjang perjalanan. Fitur-fitur seperti AC Double Blower, Jok dengan material terbaik, LCD berteknologi layar sentuh, koneksi internet hingga SRS Airbag pada bagian depan seakan mempertebal kesan aman dan nyaman dari Yaris. Mobil ini juga bisa dipilih melalui berbagai varian warna semisal Super White II, Grey Metallic, Attitude Black Mica, Red Mica Metalic, Blue dan Orange Metallic. Tertarik untuk menjadikan Toyota Yaris 2017 sebagai koleksi seri hatchback di garasi rumah Anda?

 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil