Review Toyota Vellfire 2018

16/01/2018
editor rate: 4,7 user rate: 4,3
Pada tahun 2018 ini, Toyota direncakan akan memberikan pembaharuan inovatif pada Toyota Vellfire. Pada pembaharuannya kali ini, Toyota akan mengemasnya dalam kategori Facelift sehingga konsumen akan merasakan nuansa yang baru dari mobil mewah ini daripada versi terdahulunya. Di Jepang sendiri, mobil ini akan mulai dirilis pada 8 Januari 2018 dengan menggandeng mesin V6 terbaru serta beberapa fitur untuk memudahkan pengendara dalam mengoperasikan mobil ini. Berikutnya review Toyota Vellfire 2018.

PENGANTAR Toyota Vellfire 2018

Review Toyota Vellfire 2018 - Mobil Toyota Vellfire pertama kali resmi dirilis oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 2015 bersamaan dengan perilisan generasi terbaru kakaknya yakni Toyota Alphard. Lalu pada tahun 2018 ini, Toyota Vellfire akan diberikan pembaharuan segar dengan maksud agar angka penjualannya tetap stabil di pangsa pasar otomotif Indonesia. Jika melihat angka penjualannya di tahun 2017 lalu, mobil Toyota Vellfire masih merajai segmen MPV Luxury dengan total penjualan 708 unit. Mengingat harganya yang tergolong tinggi, angka penjualan tersebut masih dapat dikategorikan sebagai hal positif bagi Toyota. Berikut Cintamobil.com akan melakukan review Toyota Vellfire 2018 khususnya pada pembaharuan sisi eksteriornya.

EKSTERIOR Toyota Vellfire 2018

Desain eksterior Toyota Vellfire 2018 akan tampil menawan dengan hadirnya berbagai penyegaran di berbagai sisi luarnya. Agar ulasan ini tampil lengkap, Cintamobil.com akan membagi segmen ini menjadi tiga ulasan yakni bagian depan, bagian samping dan bagian belakang. Berikut informasi selengkapnya, mari kita simak bersama.

  • Desain Bagian Depan

Fascia depannya tampil lebih tajam dengan hadirnya dua ventilasi berukuran besar yang dibalut dengan material krom. Fitur ini diintegrasikan dengan dua buah Fog Lamp yang disematkan pada setiap sisi sampingnya. Pembaharuan berikutnya juga terletak pada Rear Bumper yang berbentuk trapesium namun dengan ukuran yang lebih besar dari versi sebelumnya. Selain memperkuat nuansa mewah dan tajam, fitur ini juga mampu memberikan fungsi untuk menjaga sirkulasi udara yang baik bagi kabin mesinnya. Sedangkan pada Head Lamp-nya, masih sama seperti versi sebelumnya yang menggunakan teknologi LED yang mampu memberikan penerangan yang maksimal di bagian depannya. Front Grille-nya juga masih tampil sama dengan versi sebelumnya, dengan mengusung konsep modern dan mewah dengan balutan krom mengkilap.

Gambar mobil Toyota Vellfire 2018 berwarna merah maroon dilihat dari bagian depan sedang parkir di tempat yang gelap

Fascia Depan Toyota Vellfire 2018 tampil mewah

  • Desain Bagian Samping

Hal yang berubah dari sisi sampingnya adalah warna yang lebih mencolok dan mengkilap sehingga mampu menarik banyak perhatian dari mereka yang melihat mobil ini. Selain itu, di bagian atapnya juga diberikan pembaharuan seperti hadirnya Shark Fin Antenna yang memberikan nuansa modern bagi sisi sampingnya. Adapun fitur ini mampu mengoperasikan fitur radio AM/FM yang terintegrasi dengan Head Unit-nya. Hal yang baru juga terlihat pada lampu belakang yang membentang hingga ke sisi samping mobil sehingga mampu memperkuat nuansa mewah dan elegan dari mobil ini.

Gambar mobil Toyota Vellfire 2018 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Sisi Samping Toyota Vellfire 2018 menghadirkan Antenna Sharkfin yang memperkuat nuansa modernnya

  • Desain Bagian Belakang

Pembaharuan pada sisi belakangnya juga tampil menarik dengan penggunaan Stop Lamp Halogen yang mempercantik warna merahnya terutama pada saat berkendara malam hari. Fitur ini juga mampu memberikan fungsi penerangan yang baik di bagian belakang mobil ini. Selain itu, hal menarik berikutnya adalah Rear Garnish yang tampil lebih memanjang dari versi sebelumnya. Fitur ini juga dibalut dengan nuansa krom mengkilap sehingga mampu memancarkan aura modis dari mobil ini.

Gambar mobil Toyota Vellfire 2018 berwarna merah maroon dilihat dari bagian belakang

Tampilan belakang Toyota Vellfire 2018 dengan Stop Lamp Halogen

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Vellfire 2018

Setelah mengupas tuntas segala pembaharuan dari mobil ini, kini saatnya Cintamobil.com akan melakukan review Toyota Vellfire 2018 pada sektor interiornya. Di segmen ini, Cintamobil.com akan membagi ulasan ini ke dalam empat bahasan sehingga anda dapat lebih mengenal setiap sisinya secara detail.

  • Dashboard

Pada bagian dashboardnya, tidak ada perubahan apapun namun kualitasnya masih berada di kelas satu, sama seperti versi terdahulunya. Mobil ini dibekali dengan Head Unit berukuran 7 inchi yang dapat mengoperasikan berbagai fitur seperti audio, video, radio AM/FM dan navigasi. Fitur ini juga didukung dengan 8 buah speaker yang tersemat pada setiap sisi kabinnya sehingga anda dapat mendengarkan musik dengan kualitas yang maksimal. Selain itu, tombol Start/Stop Engine juga memberikan fungsi menarik yang dimana anda dapat menghidupkan mobil tanpa harus memerlukan kunci dan hanya perlu menekan tombol tersebut. Fitur ini memberikan sensasi berkendara yang modern dan praktis.

Gambar panel dashboard mobil  Toyota Vellfire 2018 berwarna hitam dan abu-abu

Tampilan panel dashboard Toyota Vellfire 2018

  • Setir

Setirnya tampil menarik dengan berbagai fungsi menarik yang tersemat pada tombol kanan dan kirinya. Pada tombol bagian kirinya, memberikan fungsi untuk mengatur alur musik yang terintegrasi pada Head Unit-nya. Sedangkan pada tombol bagian kanannya, anda dapat merasakan sensasi berkendara yang mewah dengan fitur Cruise Control. Fitur ini mampu melajukan kendaraan anda sesuai keinginan tanpa harus menginjak pedal gas. Fitur ini tentu saja sangat cocok digunakan pada jalanan bebas hambatan layaknya jalan tol. Adapun satu-satunya pembaharuan pada setirnya ialah hadirnya pilihan warna putih yang menawan. Berbeda dengan setir sebelumnya yang hanya dibalut warna hitam tegas dengan material kulit berkualitas.

Gambar bagian setir mobil Toyota Vellfire 2018 dengan pilihan warna putih dan hitam

Tampilan setir Toyota Vellfire 2018 dibekali dengan pilihan warna putih dan hitam

  • Kursi

Jika melihat pada versi sebelumnya, jok kursinya hanya dikemas ke dalam warna hitam saja. Sedangkan untuk versi terbarunya ini, kursinya diberikan pembaharuan dalam aspek warna, yang tersedia dalam warna putih dan hitam. Selain itu, pada versinya kali ini, Toyota Vellfire menghadirkan kursi dengan fitur Tilt Mechanism. Fitur ini memberikan fungsi khusus untuk memudahkan mereka yang disabilitas dalam proses menaiki mobil. Lewat fitur tersebut, Toyota terlihat sangat inovatif dalam menghadirkan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan.

Gambar mobil Toyota Vellfire 2018 berwarna silver dengan pintu dibuka dan bisa lihat kursi berwarna kream di dalamnya

Kursi dengan Tilt Mechanism menjadi salah satu fitur menarik dari Toyota Vellfire 2018

  • Ruang Bagasi

Bagasinya masih sama seperti versi sebelumnya yang dimana tampil lapang dan mampu mengangkut barang-barang berukuran besar. Selain itu, juga terdapat gorden yang berfungsi untuk menutup barang-barang dari terik matahari. Salah satu fitur menarik dari bagasinya adalah fitur menutup dan membuka bagasi secara otomatis yang dapat dioperasikan lewat tombol di dashboardnya.

Ruang bagasi Vellfire 2018 dipastikan masih sama dengan versi sebelumnya tidak ada perubahan signifikan

Tampilan bagasi Vellfire 2018 dipastikan masih sama dengan versi sebelumnya

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Vellfire 2018

Setelah selesai membahas pembaharuan di desain eksterior dan interiornya, kini saatnya Cintamobil.com akan memberikan review Toyota Vellfire 2018 terutama pada aspek fiturnya. Perlu diketahui sebelumnya, dalam segmen fitur, Toyota telah membekali mobil ini dengan teknologi yang mumpuni. Hal ini akan dibahas lebih mendalam pada fitur keselamatan di bawah ini.

  • Fitur Hiburan

Sebelum beranjak ke segmen fitur keselamatan, Cintamobil.com akan membahas lebih dulu tentang fitur hiburan Toyota Vellfire 2018. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Toyota membekali mobil ini dengan Head Unit 7,1 inchi yang memiliki beragam fungsi menarik seperti memutar audio, video, radio AM/FM dan navigasi. Dengan fitur ini, anda dapat memutar musik favorit langsung dari gadget anda lewat teknologi Bluetooth ataupun Port USB. Kualitas suara dari Head Unit-nya tergolong mumpuni karena sudah terintegrasikan dengan 8 buah speaker yang tersemat di setiap sisi kabin. Fitur yang tidak kalah menarik adalah Sun Rooftop yang terdapat pada atap kabinnya sehingga penumpang dapat menikmati pemandangan alam yang indah khususnya pada malam hari ataupun pagi hari. Penumpang di bagian belakang kabin juga dinyamankan dengan hadirnya Roof Mounted Monitor berukuran 10 inchi. Dengan fitur ini, dipastikan seluruh penumpang akan betah untuk berlama-lama di dalam kabinnya.

Gambar Ruang kabin mobil Toyota Vellfire 2018 dengan beragam fitur atraktif

Ruang kabin Toyota Vellfire 2018 menghadirkan beragam fitur atraktif

  • Fitur Keselamatan

Dalam kategori fitur keselamatan, Toyota Vellfire 2018 akan mengadopsi Toyota Safety Sense generasi kedua. Teknologi terbaru ini memayungi beragam teknologi keselamatan yang terdiri dari Pedestrian and Cyclist detection, Lane Tracking Assist (LTA) dan Road Sign Assist (RSA). Teknologi akan dibekali dengan sistem sensor yang mampu mendeteksi pejalan kaki ataupun sepeda sehingga pengendara dapat melakukan tindakan pengereman. Selain itu, teknologi LTA juga tampil menarik yang mampu memberikan notifikasi audio ketika mobil anda keluar dari jalur marka jalan sehingga anda dapat selalu berkendara dengan aman. Teknologi RSA juga tergolong modern, yang dapat memberikan notifikasi kepada anda, ketika sensor mendeteksi adanya rambu-rambu lalu lintas. Dengan beragam fitur tersebut, dipastikan anda akan dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Gambar menunjukkan Teknologi Toyota Safety Sense dihadirkan pada Toyota Vellfire 2018

Teknologi Toyota Safety Sense dihadirkan pada Toyota Vellfire 2018

OPERASI Toyota Vellfire 2018

Gambar bagian mesin mobil Toyota Vellfire 2018, mesin tersebut berteknologi  V6 Dual VVT-I

Toyota Vellfire 2018 menggunakan mesin berteknologi baru yakni V6 Dual VVT-I

Mesin Toyota Vellfire 2018 akan menggunakan tipe mesin baru yakni V6. Mesin V6 ini dipadukan dengan Dual VVT-I sehingga performa mobil ini semakin maksimal dan lebih efisien. Adapun mesin ini masih dibekali dengan kapasitas silinder sebesar 2.494 cc yang mampu meraih daya maksimum 180 HP dan torsi maksimum 235 Nm. Semua kemewahan ini, diprediksi akan dioperasikan dengan sistem transmisi baru yakni 8 tingkat percepatan DSG. Selain itu, mobil ini juga masih tampil maksimal dengan paduan teknologi pengereman ABS, EBD dan BA. Dengan teknologi tersebut, anda dapat merasakan performa mesin yang nyaman dan berkelas.

spesifikasi Toyota Vellfire 2018

Berikut adalah spesifikasi Toyota Vellfire 2018 yang sudah berhasil dikumpulkan oleh Cintamobil.com. Yuk kita simak informasi selengkapnya sobat. 

Dimensi Toyota Vellfire 2018

Panjang x Lebar x Tinggi

4.930 mm x 1.850 mm x 1.895 mm

Wheelbase

3.000 mm

Ground Clearance

160 mm

Mesin Toyota Vellfire 2018

Tipe Mesin

V6 2.5 Litre 4 Cylinder 16 Valve DOHC Dual VVT-I

Kapasitas Silinder

2.494 cc

Daya Maksimum

180 Hp

Torsi Maksimum

235 Nm

Sistem Transmisi

8 Speed Direct Shift Gearbox (DSG)

Handling Toyota Vellfire 2018

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Torsion Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone with Torsion Bar

Rem Depan/ Belakang

Ventilated Disc

Ukuran Ban

235/50 R18

Teknologi Handling

Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC) and Cruise Control

Teknologi Pengereman

Anti-lock Braking System (ABS), Electronic-force Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA)

kelebihan & kekurangan Toyota Vellfire 2018

Meskipun mobil ini masih belum dirilis secara resmi di Indonesia, namun Cintamobil.com akan berusaha untuk menilai mobil ini terutama kelebihan dan kekurangan Toyota Vellfire 2018. Bagi anda yang ingin memberikan penilaian tentang mobil terbaru ini, anda bisa beropini pada kolom komentar di akhir segmen ya sobat.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil ini tampil dengan fitur interior yang atraktif seperti hadirnya Sun Rooftop, Head Unit 7” serta Roof Mounted Monitor 10”

Mengingat spesifikasinya yang lengkap, mobil ini dipastikan akan dibanderol dengan harga yang sangat tinggi

Mobil ini juga sudah menghadirkan teknologi Toyota Safety Sense

Harganya yang tergolong tinggi juga akan berpengaruh kepada harga sparepart dan biaya perawatan yang tinggi

Teknologi yang dihadirkan pada mobil ini cukup komplit dengan paduan VSC, TRAC, Cruise Control, ABS, EBD dan BA.

Harga jual kembali akan menurun karena harga sparepart yang tinggi akan berpotensi menurunkan minat pembeli

daftar harga Toyota Vellfire 2018

Karena harga resminya belum dirilis secara resmi oleh Toyota, maka Cintamobil.com hanya dapat memprediksi daftar harga Toyota Vellfire 2018. Berikut informasi selengkapnya.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA VELLFIRE

Toyota Vellfire 2018 Facelift

Berada di kisaran harga IDR. 1,1 – 1,2 Milyar

Video Toyota Vellfire 2018

KESIMPULAN Toyota Vellfire 2018

Sebagai salah satu mobil MPV, mobil ini tampil dengan beragam fungsi yang dapat meraih segala kebutuhan. Segala fitur mewahnya dirasa sangat cocok untuk kegiatan perusahaan ataupun kegiatan keluarga. Selain itu, fitur keselamatan yang dihadirkan juga tergolong mumpuni dengan menghadirkan teknologi Toyota Safety Sense. Adapun teknologi pengereman ABS, EBD dan BA, akan membuat anda merasakan sensasi berkendara yang aman dan nyaman. 

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Komentar

Sisa 1000 karakter

1 Komentar dari pembaca

  • nina

    mobil bagus

    Suka Balas

REVIEW LAIN

  • Spesifikasi Toyota Vellfire 2015

    Menginginkan mobil MPV premium dengan tampilan lebih sporty? Toyota memiliki mobil MPV premium bernama Toyota Vellfire yang ...

    MPV User rate: 4,0 Editor rate: 4,3
  • Review Toyota Avanza Veloz 2017

    Meskipun Toyota berusaha untuk memisahkan antara Avanza dan Avanza Veloz (Grand New Veloz nama lainnya), nyatanya mobil ini ...

    MPV User rate: N/A Editor rate: 4,2
  • Profil Toyota Yaris WRC 2018

    Setelah absen lebih dari 18 tahun, Toyota kembali ke arena World Rally Championship dengan mengandalkan Toyota Yaris 2017 ...

    Hatchback User rate: 4,5 Editor rate: 4,7

Cari review mobil