Review Toyota Supra 2019: Legenda Toyota Tiba ke Indonesia

22/07/2019

Share this post:

Toyota Supra 2019

Editor rate:

Lihat promo

Setelah sekian banyak tahun menunggu, para penggemar Toyota Supra bisa berbangga hati di tahun 2019. Pasalnya, Detroit Auto Show menjadi saksi sejarah akan hadirnya generasi kelima dari Toyota Supra. Semua hal dibuat baru mulai dari eksterior hingga performa mesin yang diklaim menawarkan sensasi berkendara luar biasa nyaman. Dan kali ini, Toyota membawa legendanya ke Tanah Air. Seperti apa penampakannya?

Review Toyota Supra 2019: Legenda Toyota Tiba ke Indonesia
Review Toyota Supra 2019: Legenda Toyota Tiba ke Indonesia
0 Gambar

Pengantar Toyota Supra 2019

Mari kita simak spesifikasi Toyota Supra 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Mewarisi tradisi Supra di arena balap

Desain eksterior tampak sangat mengesankan

Kenyamanan berkendara diklaim menjadi lebih baik daripada generasi sebelumnya

Kekurangan

Hilangnya unsur murni Jepang sebagai akibat kerjasama dengan Jerman

Tak ada lagi transmisi manual

Review Toyota Supra 2019 - Mengapa tim Cintamobil menyebutnya ‘legendaris’? Bagi Anda yang penasaran ingin mengetahuinya, Anda perlu tahu perjalanan historis Supra. Mungkin sebagian dari pembaca sudah cukup mengenal kiprah Supra yang dimulai sejak tahun 1978 silam. Kehadiran generasi pertamanya masih menjadi satu keluarga dengan Celica yang dinamai Toyota Celica Supra atau disebut Celica XX di negara asalnya.

Generasi pertama Toyota Supra yang dirilis tahun 1978 masih dalam satu keluarga dengan Celica

Melihat kembali Toyota Celica Supra yang dirilis tahun 1978 silam

Setelah tiga tahun berselang, Mk2 Celica XX dihadirkan dan kualitasnya mulai diakui oleh pasar global seperti halnya Eropa serta Britania Raya. Selama prosesnya, kualitas Mk2 dibuktikan lewat gelar bergengsi yang didapat di trek balap seperti halnya US Grand Prix 1979 dan British Saloon Car Championship.

Generasi kedua Toyota Supra dikenal dengan nama Mk2 Celica XX

Mk2 Celica XX (Supra) berhasil menyabet dua gelar bergengsi

Tepat pada tahun 1985, akhirnya Toyota memutuskan supaya Supra berdiri sendiri keluar dari keluarga Celica. Dalam hal ini, Celica masih berdiri sebagai mobil Front Wheel Drive (FWD) dan Supra menerapkan Rear Wheel Drive (RWD), mengembangkan pilihan Line-Up Gran Tourer Toyota. Setelah setahun berselang, Mk3 Supra akhirnya hadir dan menargetkan pasar seperti Amerika dan Jepang tentunya.

Generasi ketiga Toyota Supra hadir dengan mode penggerak RWD

Tepat di tahun 1985, Toyota Supra akhirnya lepas dari keluarga Celica

Selama prosesnya, terlihat banyak rival Supra seperti Mazda RX-7, Honda NSX hingga Nissan 300ZX, mulai menyaingi Mk3. Merespon hal tersebut, akhirnya Toyota memutuskan untuk menghadirkan generasi keempat Supra di tahun 1993. Melalui kecerdikan Isao Tsuzuki selaku Guidance of Chief Engineer, filosofi “Less is more” menjadi denyut nadi Mk4. Hasilnya sangat mengesankan yang mampu memberi fungsi aerodinamis lebih baik dan berhasil memangkas bobot bodi hingga 100 Kg. Bahkan, sekelas mobil Porsche 911 Turbo bermesin 3.6 Liter tak bisa mengalahkan Toyota Supra Mk4 yang hanya menggunakan mesin 3.0 Liter JZ Series.

Generasi keempat Toyota Supra akhirnya dirilis dengan konsep Less is More

Mk4 akhirnya dirilis pada tahun 1993 dengan berbagai hal baru yang bahkan Porsche 911 Turbo tak bisa mengalahkannya

Di trek balap, Mk4 juga berhasil menorehkan berbagai keberhasilan seperti halnya Swiss Mountain Races, Pikes Peak, Le Mans 24 Hours dan All-Japan GT Championship (JGTC) dari tahun 1995 hingga 2003. Di antara kabar baik tersebut, ada hal buruk yang menghentikan langkah Supra yakni tidak bisa bersaing dalam aspek harga untuk mencapai target emisi gas buang yang ditentukan oleh banyak negara. Alhasil, mobil legendaris Toyota satu ini berhenti diproduksi pada tahun 2002.

Toyota Supra Racing berhasil membuktikan bahwa mobil legendaris ini banyak menyabet gelar bergengsi

Di arena balap, versi Racing Supra juga berhasil menyabet banyak gelar

Melihat fenomena tersebut, terlihat banyak penggemar Toyota Supra sangat kecewa akan keputusan tersebut. Merespon hal tersebut, akhirnya Toyota memberikan angin segar belum lama ini dengan foto maupun video Teaser akan generasi kelima Toyota Supra. Puncaknya adalah malam ini (14/1), tepat di ajang Detroit Auto Show, Toyota Supra 2019 dirilis secara resmi. Seakan menjadi sosok legendaris yang sudah mati selama 17 tahun dan akhirnya dihidupkan kembali dengan performa lebih mengesankan daripada generasi yang sudah pernah ada sebelumnya.

Toyota Supra 2019 berwarna merah di GIIAS 2019

Inilah sosok yang akan diulas di kesempatan kali ini, Toyota Supra 2019

Bertepatan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, Toyota akhirnya membawa legenda terbarunya ke Indonesia. Penggemar Supra di Indonesia tidak perlu khawatir. Pasalnya, Toyota membawa Supra dengan spesifikasi penuh tanpa pengurangan fitur. Sebelum menggelontorkan dana untuk membeli mobil legendaris ini, mari kita simak review Toyota Supra 2019 di Indonesia dari tim Cintamobil.com.

Eksterior Toyota Supra 2019

Untuk mendapatkan performa Handling yang sempurna ala Sport Car, banyak perubahan diberikan pada eksterior Toyota Supra 2019 mulai dari wheelbase hingga Center of Gravity (CoG). Sedangkan dari desain sendiri, Supra mengadopsi lekuk bodi dari mobil konsep Condensed Extreme L6 FR Toyota Sport.

Saksikan desain eksterior Toyota Supra 2019 yang sangat mengesankan

Review Toyota Supra 2019: Eksterior Depan

Wajah depannya kini tampak makin garang. Hal ini bisa diamati penempatan lampu depannya yang cenderung menjorok ke arah Bonnet. Alhasil, Fender-nya menjadi lebih berisi yang sekaligus mengingatkan kami akan generasi sebelumnya.

tampilan depan Toyota Supra 2019 berwarna merah

Fascia depannya terlihat agresif tak melepaskan unsur aerodinamis

Siluet Bonnet-nya juga dirancang dengan lekuk aerodinamis serta dihias apik logo kebanggaan Toyota Supra pada ujung tengahnya. Adapun bemper depan terbagi menjadi tiga ruang sehingga menciptakan tatanan agresif serta modern. Bahkan, hal tersebut menjadi unsur ikonik Toyota Supra dibanding pesaing di kelasnya.

Review Toyota Supra 2019: Eksterior Samping

Jika diamati lebih detail, tampaknya ukuran Wheelbase Supra (2.470 mm) terbilang lebih pendek 100 mm daripada Toyota 86. Namun jangan salah, hal ini sengaja dirancang oleh Toyota supaya performa manuver Supra menjadi lebih presisi. Bahkan, di atas kertas, distribusi bobot bodi depan dan belakang menggunakan rasio 50:50 sehingga proses Cornering juga menjadi lebih responsif. Tak salah apabila Toyota mengklaim Supra memiliki performa Handling yang mengesankan.

tampilan samping Toyota Supra 2019 berwarna merah

Jika diamati dari sisi samping, Toyota Supra 2019 menerapkan Wheelbase lebih pendek dari Toyota 86

Review Toyota Supra 2019: Eksterior Belakang

Merambah ke bodi belakang, tampilannya terasa sangat berisi. Beberapa tonjolan ditampilkan supaya mendapatkan fungsi aerodinamis lebih baik. Hal ini bisa diamati dari lekukan Fender belakangnya yang nantinya, laju angin akan disalurkan ke arah Spoiler.

tampilan belakang Toyota Supra 2019 berwarna merah

Bodi belakangnya juga terlihat seksi dengan beberapa tonjolan artistik

Di sisi lain, kami juga mengamati atapnya yang landai, mengingatkan kami akan mobil Sport tradisional Toyota seperti 2000GT. Toyota menamai desain tersebut Double Bubble Roof yang diklaim mampu mengurangi gesekan udara sehingga performa akselerasi menjadi lebih meningkat.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Supra 2019

Dengan menerapkan model mesin depan dan mode penggerak RWD, menjadikan interior Toyota Supra 2019 terasa lebih ramping. Bahkan, Toyota merancang Cockpit Supra dengan konsep Driver’s Oriented yang mengutamakan kenyamanan pengendara. Apakah benar begitu? Mari kita buktikan.

Review Toyota Supra 2019: Dashboard

Mengamati dashboard-nya, terlihat unsur minimalis terasa sangat kental dipadu nuansa sporty. Selain sudah dibalut bahan berkualitas, kami juga menyukai jahitan pada dashboard-nya yang dapat memberi kesan Premium tersendiri bagi pengendara. Kami pun sangat percaya, atmosfer kabinnya mampu memacu adrenalin Anda mengingat kabinnya didominasi warna hitam serta merah.

Dashboard Toyota Supra 2019 dikemas dengan fitur-fitur yang sudah tertata rapi

Dashboard Supra 2019 dikemas dengan nuansa sporty dan mengusung konsep Driver's Oriented

Adapun tombol-tombol pada dashboard Supra tertata sangat rapi serta mudah dijangkau oleh pengendara. Seperti halnya tombol Air Conditiong (AC), pengaturan audio hingga Start/Stop Engine, terasa sangat mudah dioperasikan dan memiliki tulisan yang sangat cukup jelas. Benar adanya, interior Toyota Supra 2019 dirancang untuk kemudahan berkendara bagi sang pengemudi.

Review Toyota Supra 2019: Setir

Konsep Driver’s Oriented pun dirasakan sangat kuat pada kemudi setirnya. Dengan menerapkan desain ala Racing, setirnya dibalut dengan kombinasi warna hitam dan merah. Bahkan, balutan kulitnya juga dihias sporty dengan jahitan berwarna putih. Racikan seperti ini tentu saja akan membuat pengendara merasakan sensasi berkendara lebih berkelas dan meningkatkan kepercayaan dirinya.

Setir Toyota Supra 2019 dibalut mewah dengan bahan kain serta jahitan berwarna putih

Kemudi setirnya juga tak luput dari sensasi agresif dengan perpaduan warna hitam dan merah

Sebagai salah satu mobil kesayangan Toyota, Supra 2019 juga dibekali beberapa tombol multifungsi di kedua sisi setirnya. Pada sisi kiri tersaji fungsi Cruise Control, sedangkan tombol pengaturan audio dan konektivitias diposisikan pada bagian kanan setirnya. Hal menarik lain adalah panel Multi Information Display (MID) yang disematkan di balik kemudi setirnya. Desain MID-nya dirancang dengan konfigurasi Digital bergaya Racing. Apalagi ditambah tuas Paddle Shift, sudah pasti Anda akan kegirangan ketika mengumudikannya.

MID Toyota Supra 2019 didesain apik dengan nuansa sporty

MID juga dapat menunjang sensasi berkendara Anda dengan aura sporty

Review Toyota Supra 2019: Kursi

Sebagai kendaraan yang benar-benar Pure Sport Car, Toyota Supra 2019 menerapkan dua kapasitas kursi. Satu untuk Anda dan satunya lagi untuk pasangan. Sebuah sajian yang cukup eksotis untuk sepasang kekasih. Bahkan untuk menunjang kenyamanan serta kemewahan, kursi Supra 2019 dibekali balutan kulit berkualitas dipadu jahitan berwarna merah. Adapun kontur kursi dirancang untuk dapat menyanggah punggung dengan sempurna.

Kursi Toyota Supra 2019 menggunakan bahan kulit berkualitas

Bisa diamati bahwa kursi Supra dibalut dengan bahan kulit berkualitas dan tentu dibekali Head Rest

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Supra 2019

Lantas apa saja fitur Toyota Supra 2019? Menjawab hal ini, fitur-fiturnya sengaja dirancang untuk memberikan performa berkendara lebih menyenangkan. Dan di Indonesia, Toyota memberikan Supra dengan spesifikasi dan teknologi penuh, sesuai dengan versi pabrikan dimana Supra diproduksi di Austria. Ada beberapa hal yang disasar seperti penggunaan material bodi hingga suspensi.

Review Toyota Supra 2019: Fitur Keselamatan

Membahas masalah suspensi, Toyota Supra menghadirkan racikan baru dengan formasi Double-Joint Spring Strut pada suspensi depan dan Multi-Link di bagian belakang. Hal tersebut juga ditunjang dengan teknologi Adaptive Variable Suspension yang memberikan performa Damper cenderung adaptif mengikuti kondisi jalan  yang dilalui.

Fitur keselamatan Toyota Supra 2019 tampil sangat lengkap di berbagai aspeknya

Toyota sengaja merancang Supra supaya lebih handal dalam hal kenyamanan berkendara

Di sisi lain, tingkat kestabilan juga dirancang sangat mumpuni berkat Vehicle Stability Control (VSC). Ketika hendak menikung, Differential Lock akan mengunci rasio kedua roda sehingga menciptakan tingkat keseimbangan yang tinggi antara performa manuver dan kestabilan. Adapun ketika mobil melaju di jalanan lurus, rasio penguncian akan meningkat sehingga performa traksi menjadi lebih optimal.

Review Toyota Supra 2019: Fitur Hiburan

Mengamati sektor hiburan, Supra 2019 mengandalkan panel Head Unit Full Colour yang disematkan apik di sisi teratas dashboard-nya. Layaknya mahkota, panel tersebut menjadi pemanis dari keseluruhan interior-nya. Adapun dari segi kepraktisan, panel Head Unit tersebut bisa dioperasikan menggunakan Rotary Control yang diposisikan di samping kanan kursi pengendara. Sehingga, mampu memberi kesan Premium dan modern dibanding generasi sebelumnya. Tak lupa, fitur penyejuk AC otomatis juga dihadirkan serta layar MID 8,8 inci berkonfigurasi TFT di balik kemudi setirnya.

Fitur Hiburan Toyota Supra 2019 hadirkan panel Head Unit mumpuni serta fitur penyejuk AC

Segi hiburan sendiri ditunjang oleh panel Head Unit khusus besutan Toyota Supra yang bisa mengoperasikan berbagai hal menarik

>>> Bocor Lagi! Tampilan Membara Toyota Supra 2019 dari Toyota Jerman

Operasi Toyota Supra 2019

Sesuai tradisi dari generasi ke generasi Toyota Supra, mesinnya masih menggunakan karakteristik Front Engine serta mode penggerak RWD. Hal inilah yang tak ingin dihilangkan oleh Toyota supaya para penggemarnya masih dapat merasakan esensi historis dari mobil legendaris satu ini. Dan di Indonesia, Supra akan hadir dengan spesifikasi lengkap layaknya keluar dari pabrikannya di Austria.

Khusus untuk generasi kelimanya, operasi mesin Toyota Supra 2019 menawarkan tiga pilihan tenaga meliputi 3.0 Liter 6 Silinder Segaris Twin Scroll Turbocharged dan dua lainnya menerapkan 2.0 Liter Turbo namun dengan Output berbeda. Namun masih saja kami lebih menyukai mesin 6.3 Liter-nya yang diklaim mampu menghasilkan torsi maksimum di angka 500 Nm dengan daya letup 340 PS pdi kisaran 5.000 hingga 6.000 Rpm. Racikan tersebut nantinya akan disalurkan ke roda penggerak belakang menggunakan transmisi 8 tingkat otomatis Sport sehingga mampu memberikan akselerasi 0-100 Km/Jam dalam tempo 4,3 detik. Good Job Toyota!

Operasi mesin Toyota Supra 2019 tawarkan tiga pilihan mesin dengan Output berbeda-beda

Mesin Toyota Supra 2019 menggunakan kapasitas silinder sebesar 2.998 cc

Presiden Toyota, Akio Toyoda yang juga menjadi Master Driver mengungkapkan kekagumannya terhadap Toyota Supra. Wajar saja, dalam sejarah Supra, Akio Toyoda mengendarainya di arean Nurburgring untuk meraih gelarnya sebagai Master Driver. Ia mengaku bahwa Toyota Supra terkesan sebagai sahabat karib lamanya yang harus dihidupkan kembali untuk para penggemar setia Supra.

Bahkan, Toyota Supra 2019 sudah sempat dicoba untuk melaju di arean Nürburgring, jalanan pedesaan Eropa, Autobahn di Jerman, jalanan macet di United States, area bersalju di Eropa Utara hingga cuaca berangin di Jepang. Hasilnya memang mengesankan yang mana memberi kenyamanan berkendara paling optimal di segala situasi. Selaras dengan yang diutarakan oleh Chief Engineer, Tetsuya Tada, “Kami merancang Supra sebagai Sport Car yang tidak hanya terpaku akan spesifikasi dan mengejar rekor lap, tapi kami mengedepankan sensitivitas dan performa supaya Toyota Supra dapat memberikan kesinergian antara kendaraan dengan pengendara.”

>>> Nyaris Luput Dari Perhatian Media, Toyota Supra A90 2019 Tampil Perdana Di Arena Balap

Spesifikasi Toyota Supra 2019

Untuk melengkapi spesifikasi Toyota Supra 2019 di semua variannya, berikut kami hendak memaparkannya dalam format tabel.

SPESIFIKASI TOYOTA SUPRA 2019

Model

RZ

SZ-R

SZ

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.380 mm x 1.865 mm x 1.295 mm

4.380 mm x 1.865 mm x 1.290 mm

Jarak Pijak Depan

1.594 mm

1.609 mm

Jarak Pijak Belakang

1.589 mm

1.616 mm

Berat Kosong

1.520 Kg

1.450 Kg

1.410 Kg

MESIN

Tipe Mesin

3.0 Liter 6 Silinder Segaris Twin-Scroll Turbocharger

2.0 Liter 4 Silinder Segaris Twin-Scroll Turbocharger

Kapasitas Silinder

2.998 cc

1.998 cc

Mode Penggerak

RWD

Daya Maksimum

340 PS / 5.000 – 6.000 Rpm

258 PS / 5.000 – 6.500 Rpm

197 PS / 4.500 – 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

500 Nm / 1.600 – 4.500 Rpm

400 Nm / 1.550 – 4.400 Rpm

320 Nm / 1.450 – 4.200 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis Sport

Akselerasi 0 – 100 Km/Jam

4,3 Detik

5,2 Detik

6,5 Detik

HANDLING

Suspensi Depan

Double-Joint Spring Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Ukuran Ban Depan

255/35 R19

255/40 R18

225/50 R17

Ukuran Ban Belakang

275/35 R19

275/40 R18

255/45 R17

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

>>> Klik sini untuk lihat kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya

Daftar Harga Toyota Supra 2019

Setelah acara Premier-nya di Detroit Auto Show, Toyota juga mengumumkan rentang harga untuk pembelian model satu ini. Pun di Indonesia, pihak Toyota masih belum mengungkapkan secara pasti berapa harga Toyota Supra 2019. Pastinya, mobil legendaris ini akan dijual dalam rentang harga Rp2 Milyar hingga Rp2.5 Milyar. Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung menuju diler Toyota terdekat di kota Anda.

>>> Klik sini untuk lihat harga dan promo model mobil Toyota lainnya

Kesimpulan Toyota Supra 2019

Sebagai sosok legendaris yang sudah lama mati, Toyota Supra 2019 akhirnya hadir dengan campur tangan BMW di berbagai unsurnya. Tak heran, beberapa halnya menjadi sangat menarik yang berhasil mengikuti tren masa kini. Esensi historis dari Supra yang dimulai pada tahun 1978 terasa masih melekat hingga kini khususnya dalam hal penggunaan mode gerak RWD dan Front Engine. Di Indonesia sendiri, Supra hadir dengan tampilan lengkap tanpa pengurangan fitur. Tentu saja memberikan kenikmatan tersendiri ketika membawa mobil legendaris ini di jalanan.

Toyota Supra 2019 berwarna merah di Indonesia

Tampilan baru mobil legendaris Toyota hadir di Indonesia

Secara keseluruhan, mobil Sport satu ini tidak dirancang dalam hal spesifikasi namun lebih menonjolkan sensasi berkendara nyaman di berbagai situasi. Itulah Supra bersama segala unsur historisnya. Tak heran, mobil dengan banyak gelar ini disebut-sebut sebagai salah satu mobil paling legendaris Toyota, bahkan di dunia. Selamat datang Toyota Supra 2019, selamat datang legenda masa lalu. Lantas, apa pendapat Anda mengenai Toyota Supra 2019 Indonesia

>>> Jangan lupa klik sini untuk cepat dapat mobil impian Anda

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top