Review Toyota Prius PHV GR Sport 2019, Ketika Nafas Sporti Berjodoh Dengan Efisiensi

20/07/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Bagaimana mungkin mobil yang dari lahirnya seakan sudah ditakdirkan untuk menjadi mobil yang bersih lagi efisien berjodoh dengan nafas sporti? Rasanya seperti tidak mungkin, namun Toyota melalui GR Sport membuat mobil Toyota Prius PHV GR Sport 2019 yang mengkawinkan keduanya.

PENGANTAR Toyota Prius 2019

Gambar menunjukkan beberapa Mobil Toyota Gazoo Racing Line Up

Sedikitnya ada 7 line up Toyota Japanese Domestic Market (JDM) yang 'dipoles' ulang oleh Gazoo Racing (GR) 

Review Toyota Prius PHV GR Sport 2019 - Seharusnya PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia, turut menjual produk-produk Toyota keluaran Gazoo Racing (GR) di sini. Karena, jauh berbeda dengan TRD Sportivo (line up Toyota dengan nafas sporti) yang cenderung hanya kosmetik semata, Toyota GR Sport mempoles ulang mobil keluarannya, menjadi benar-benar sporti bahkan dari sisi teknisnya. Sedikitnya ada 7 line up Toyota yang dijual di Jepang sana dan mendapat sentuhan khusus dari GR Sport, salah satunya yang akan kita ulas kali ini adalah Toyota Prius PHV GR Sport 2019 yang mejeng di ajang GIIAS 2019.

Tampak GR Sport Emblem pada mobil Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Bukan sekadar emblem, Gazoo Racing juga melakukan penyempurnaan sisi teknik kendaraan

EKSTERIOR Toyota Prius 2019

Review Toyota Prius PHV GR Sport 2019 : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan Toyota Prius PHV GR Sport 2019 berwarna putih

Dedicated front bumper plus chrome bezel jadi pembeda utama Prius PHV GR Sport ini

Bumper dengan desain lebih sporti dari Prius PHV biasa seakan menjadi menu pembeda utama Prius PHV GR Sport ini. Namun meski sporti, lekuk-lekuk pada bumper depan ini tidak dibuat dengan asal, karena para insinyur di Toyota dan Gazoo Racing sudah memperhitungkan secara matang aerodinamika dari mobil ini. Banyaknya penggunaan aksen piano black juga makin membuat tampilan mobil ini terlihat sangar.

Tampak bumper depan Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Lampu kabutnya sudah mengusung bohlam tipe LED lho...

Review Toyota Prius PHV GR Sport 2019 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Pelek 18 inchi, dan emblem GR Sport jadi pembeda utama Prius PHV 'normal' dengan PHV GR Sport

Sepintas memang seperti tidak ada yang berbeda jika melihat mobil ini dari tampilan sampingnya. Padahal, ground clearance dari Toyota Prius PHV GR Sport ini lebih rendah 13 mm bila dibandingkan dengan Prius PHV 'normal'. Semua itu berkat penggunaan suspensi sporty yang sudah diracik ulang oleh Gazoo Racing, serta penggunaan profil ban dengan ketebalan hanya 40 mm. 

Tampak ban dan pelek pada mobil Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Dark gray paint + cutting brightness + laser irradiation red line + dedicated center ornament bikin pelek mobil ini eye catching

Review Toyota Prius PHV GR Sport 2019 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Toyota Prius PHV GR Sport 2019 berwarna putih

Dedicated rear bumper + rear bumper lower cover membuat tampilan belakangnya kian sporti

Begitu juga dengan tampilan belakang mobil Toyota Prius PHV GR Sport 2019 ini yang begitu menggugah. Mulai dari penggunaan bumper yang lebih agresif, lampu belakang pakai mika putih dari yang aslinya merah, dan lain sebagainya. Itu membuat siapa saja yang melihat ke arah mobil ini akan terkesima dengan desainnya yang sporti. Welldone untuk Toyota dan Gazoo Racing sudah berhasil membuat tampilan mobil ini menjadi semakin sporti dari asalnya mobil ini yang biasa saja.

Tampak Emblem GR Sport dan Plug-In Hybrid pada mobil Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Emblem GR Sport menegaskan ia bukanlah varian sembarangan

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Prius 2019

Review Toyota Prius PHV GR Sport 2019 : Layout Dasbor

Tampak layout dasbor pada mobil Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Nuansa hitam tampil dominan pada layout dasbor Toyota Prius PHV GR Sport 2019 ini

Jika Toyota Prius PHV versi non GR Sport ada padu padan warna interior hitam dan putih, maka berbeda dengan Prius PHV GR Sport 2019 yang sedang kami bahas ini. Nuansa hitam pada layout dasbornya kian mencuatkan kesan sporty dan juga berkelas pada mobil ini. Oh ya, head unit multifungsi yang dapat mengatur beragam fitur pada mobil ini pun sudah menggunakan tipe LCD berukuran besar seperti mobil kekinian yang di jual di Indonesia.

Review Toyota Prius PHV GR Sport 2019 : Kursi

Tampak kursi depan Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Kursi depan ini akan memeluk Anda dengan erat ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi

Sebenarnya model kursi baik bagian depan maupun bagian belakang dari mobil Toyota Prius PHV GR Sport 2019 ini masih serupa dengan Prius PHV biasa. Hanya saja, corak jahitan serta kulit pembungkusnya berbeda, untuk PHV GR Sport ini menggunakan kombinasi material Perforated Blanc Nove ® dan kulit sintetis yang menjamin kelima kursi pada mobil ini akan nyaman diduduki. Tak hanya itu saja, kursi depan mobil ini akan dengan erat memeluk tubuh Anda ketika mobil bermanuver dengan kecepatan tinggi.

Tampak Kursi Prius PHV GR Sport 2019

Logo GR Sport pada kursinya makin menegaskan ia adalah varian yang istimewa

Review Toyota Prius PHV GR Sport 2019 : Setir

Tampak Setir Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Diameter setir pada mobil ini lebih kecil dari Prius PHV biasa

Demi memperkental nuansa sporti pada mobil ini, desain setir pada Toyota Prius PHV GR Sport 2019 ini berbeda dengan Prius PHV biasa. Untuk mobil dengan trim GR Sport ini mendapatkan setir dengan ukuran lingkar diameter yang lebih kecil dari Prius PHV "normal". Meski sama-sama dibalut kulit serta tata letak tombol pengatur audio dan multi information display-nya masih sama, namun emboss GR di spoke tengah membuat aura yang berbeda pada mobil ini.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Prius 2019

Review Toyota Prius PHV GR Sport 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Ringkasan Fitur Keselamatan di Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Fitur canggih Toyota Safety Sanse sudah tersedia pada mobil ini

Toyota Prius PHV GR Sport 2019 ini dibekali teknologi keselamatan unggul yang dinamai Star Safety System Toyota Safety Sense. Seperti yang kita tahu, Star Safety System merupakan sebutan umum akan racikan teknologi khas Toyota meliputi Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Lewat racikan teknologi tersebut, mobil ini dipastikan mampu memberikan sensasi pengereman presisi serta tingkat kestabilan yang mumpuni.

Tampak kaliper rem Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Emblem GR juga tersemat pada kaliper rem mobil Toyota Prius PHV GR Sport 2019 ini

Di sisi lain, mobil mutakhir satu ini juga sudah dibekali teknologi keselamatan Toyota Safety Sense. Memang teknologi tersebut sering kali dikenal akan kemampuannya dalam mencegah terjadinya kecelakaan. Pasalnya, dalam teknologi Toyota Safety Sense terdapat formasi fitur Pre-Collision System (PCS) with Pedestrian Detection (PD), Lane Departure Alert (LDA), Steering Assist (SA), Automatic High Beams dan Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Teknologi selengkap ini, tentu dirasa sangat menjamin dalam menjaga keselamatan Anda dalam berkendara.

>>> Review Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line 2019: Fashionista Termurah Mercy di Kelasnya

OPERASI Toyota Prius 2019

Gambar menunjukkan Under Brace di Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Under Brace menjamin sasis menjadi lebih rigid sehingga menambah kestabilan

Inilah hal yang kami suka dari GR Sport dalam membangun mobil. Mereka seakan menyempurnakan kemampuan mobil yang sudah ada hingga lebih optimal. Berbeda dengan TRD Sportivo yang hanya berupa kosmetik belaka atau paling pol hanya mengubah spring rate per saja, GR Sport tidak demikian. Kekakuan serta kekuatan dari sasis lebih diperhatikan dengan pemasangan under brace 3 buah yang menjamin rigiditas mobil, sehingga ketika diajak bermanuver mobil akan lebih "nurut".

Ban dan pelek pada mobil Prius PHV GR Sport 2019

Ban Dunlop SP Sport dengan diameter 18 inchi ini membuat grip terasa cukup

Pun begitu dengan pemasangan pelek 18 inchi dipadu dengan ban Dunlop SP Sport yang akan menjamin handling mobil lebih oke dari Prius PHV standar. Sokbreker juga diatur ulang, ground clearance alias jarak terendah ke tanahnya sekarang lebih rendah 13 mm dari Prius PHV standar. Tuning ulang suspensi ini lagi-lagi akan membuat handling mobil lebih memukau. Karena jujur saja, kami pernah mencoba Toyota Prius PHV versi standar dan kami mengeluhkan pengendalian yang kurang "nurut" saat ditekuk baik ke kanan maupun ke kiri secara mendadak.  

Special Tuning Suspension di Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Suspensi di-tune ulang, spring rate depan naik 1,3 dan belakang 1,5 

Karena tak ada perbedaan teknis dapur pacu antara Prius PHV GR Sport 2019 dengan Prius PHV biasa, maka tentu tak ada salahnya jika kami sedikit bercerita pengalaman kami test drive mobil ini. Prius PHV ini menggunakan baterai yang berbeda dengan Prius biasa. Jika Prius biasa pakai baterai nikel, Prius PHV ini menggendong baterai jenis lithium. Secara kapasitas jelas lebih besar baterai Prius PHV dan untuk sumber listriknya hanya butuh 8V alias tinggal colok saja ke listrik rumah. Interupsi dari mesin 1800 cc-nya baru akan terasa ketika listrik dari baterai dibawah 25% alias baterai butuh segera dicharge dan yang jadi catatan kami adalah proses pengambilalihan mesin saat mengisi baterai yang prosesnya kurang halus.

PHV unit di Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Inilah tampilan mesin, baterai dan motor listrik dari Toyota Prius PHV

Meski secara teknis tenaga totalnya hanya sekitar 166 hp, namun kami penasaran bagaimana responnya jika digaspol. Klaimnya kecepatan 135 km/jam dapat diraih dengan jarak 70 meter saja. Sontak, saat membawa Prius PHV standar di area Universitas Indonesia, saya mencari area yang kosong dan aman. Mode diubah dari ECO ke SPORT latar di layar spidometer dari biru jadi merah, pedal rem diinjak penuh, sembari pedal gas diinjak setengah. Diiringi decit ban, mobil langung berlari dengan brutal. Bagai anak panah yang dilepas dari busurnya. Dalam jarak kurang dari 50 meter saya melirik ke spidometer digital-nya sudah menunjuk angka 96 km/jam. Dengan setup suspensi yang lebih 'sempurna' di GR Sport, rasanya kami tidak akan menolak jika diberi kesempatan oleh PT Toyota Astra Motor untuk mencoba langsung Toyota Prius PHV GR Sport 2019 ini.

>>> Review Toyota Camry 2.5 V 2019, Spesifikasi dan harganya

spesifikasi Toyota Prius 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Prius PHV GR Sport 2019.

Mesin Toyota Prius PHV GR Sport 2019  

 Seri mesin

 2ZR-FXE 4 Silinder Segaris 16 Katup Single VVT-i

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

 Tenaga Maksimum Motor Listrik

 72 Ps / 53 Kw

 Tenaga Maksimum Mesin Utama

 96,5 Hp (98 Ps) @ 5.200 rpm

 Torsi Maksimum Mesin Utama

 142 Nm @ 3.600  rpm

 Kapasitas Silinder

 1,797 cc

 Bore X Stroke

 80,5 mm X 88,3 mm

 Tipe Transmisi

Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (ECVT)

  Rangka Toyota Prius PHV GR Sport 2019

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.645 mm X 1.760 mm X 1.470 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.700 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Track Roda Depan & Belakang

 1.530 mm & 1.540 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah

 109 mm

  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Suspensi Depan & Belakang

 Independent MacPherson Strut dan Double Wishbone Style dengan Stabilizer Bars

Sistem Kemudi

 Rack & Pinion dengan Electric Power Steering (EPS)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Solid Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, & Toyota Safety Sense

Teknologi Safety Sasis

 Toyota New Global Architecture

Struktur Sasis

 Monokok, C-Segment

Pelek

 Alloy, 18 Inch

Jenis Ban

 Dunlop SP SPORT 2050, 225/40 R18

kelebihan & kekurangan Toyota Prius 2019

Seperti artikel-artikel sebelumnya, Cintamobil.com hendak memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Toyota Prius PHV GR Sport 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil tercanggih dari Toyota saat ini

Desain bukan selera semua orang

Interior jauh membaik bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya

Performa memukau dipadu efisiensi luar biasa

Fitur keselamatan patut diacungi jempol dengan memadukan Toyota Safety Sense dan Star Safety System

Belum akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat

daftar harga Toyota Prius 2019

Toyota Prius nyatanya memang sudah dihadirkan di beberapa negara seperti Amerika dan negara asalnya yakni Jepang. Di Indonesia sendiri, model mobil plug-in hybrid besutan Toyota ini memang tidak dijual secara resmi maupun melalui Importir Umum, namun harga dalam rupiah sudah tercatat di Samsat Online. Berikut kami lampirkan daftar harga Toyota Prius PHV 2019 berdasarkan informasi yang kami himpun dari dari sistem Samsat Online.

TIPE MOBIL

PREDIKSI HARGA TOYOTA PRIUS 2019 (BELUM TERMASUK PAJAK, dan BIAYA LAINNYA)

Toyota Prius Hybrid 2018

Rp. 526.000.000

Toyota Prius PHV 2018

Rp. 706.000.000

Video Toyota Prius 2019

KESIMPULAN Toyota Prius 2019

Gambar menunjukkan Emblem Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Mobil yang menarik, sayang belum jelas kapan ia akan dipasarkan di tanah air

So, is this car for you? Bila Anda adalah seorang pecinta lingkungan yang ingin bumi ini selalu bersih namun juga senang dengan mobil yang sporti, maka Toyota Prius PHV GR Sport 2019 ini adalah mobil untuk Anda. Namun, jangan senang dulu, karena PT Toyota Astra Motor (TAM) belum jelas kapan berniat untuk memasarkan mobil canggih nan keren ini untuk pasar Indonesia. Tapi kalau uang Anda enggak berseri, mungkin Anda bisa merayu PT TAM untuk memasukkan setidaknya satu unit untuk Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil