Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

29/03/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Dalam acara peluncuran skuat 2019 di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (13/3), Toyota Team Indonesia (TTI) memamerkan empat mobil balap mereka tahun ini, salah satunya adalah Toyota New Agya Gymkhana. Karena penasaran dengan mobil mungil yang mendadak jadi sangar ini, Cintamobil.com pun ingin mereviewnya.

PENGANTAR Toyota Agya 2017

Gambar menunjukkan Herdiko SP, Adrianza Y, Anjasara Wahyu, dan Sabrina Sameh

Dua wajah baru di skuat TTI 2019, Herdiko Setyaputra (paling kiri) dan Sabrina Sameh (ujung kanan)

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017 - TTI memulai debut di berbagai kejuaraan balapan turing nasional pada 2004, dengan pembalap Aido dan Vino Saksono di Grup N National. Empat musim berselang, kejurnas slalom (kini bernama gymkhana) diikuti oleh pabrikan yang memiliki kantor perwakilan pusat di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Nama Alinka Hardianti mulai dikenal setelah menjadi juara kategori umum wanita dengan Toyota Yaris generasi kedua.

Usai merengkuh gelar ISSOM 2008 kelas ITCC lewat tangan Aido dan Haridarma Manoppo, TTI memutuskan mundur dari balap mobil di Sentul tersebut. Mereka memilih fokus ke ajang gymkhana nasional, dengan James Sanger dan Anggana OHP sebagai rekan satu tim Alinka di kelas umum. Sejak saat itu, TTI tak pernah berhenti menelurkan prestasi di balap slalom, termasuk juara Asia Auto Gymkhana Championship 2017.

Ada beberapa kategori mobil yang bertanding di Kejurnas Auto Gymkhana, dengan hatchback menjadi salah satu terfavorit selain pickup dan retro. Lawan-lawan TTI kebanyakan mengandalkan Honda Brio dan Jazz untuk menjadi yang tercepat. Namun fakta berbicara, tim balap Toyota Indonesia masih sulit dibendung hingga 2018.

Mendapat dukungan pabrikan tentu segala aspek sangat diperhatikan, termasuk pengembangan mobil. Hal ini terlihat dari beberapa bagian New Agya Gymkhana yang akan segera kita ulas, mulai dari desain eksterior. 

EKSTERIOR Toyota Agya 2017

Bodi putih Toyota New Agya 1.2 L M/T tertutup oleh stiker dari berbagai merek. Tentu terdapat beberapa perbedaan fitur dengan versi jalan rayanya. Apa saja? Mari lihat lebih dekat!

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017: Bagian Depan

Gambar menunjukkan bagian depan Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Toyota New Agya TRD saja sudah sporty, apalagi mobil balapnya

Tulisan TMO dan label Auto Gymkhana menjadi perhatian utama, selain aksen melengkung merah-hitam di kedua sisi. Terdapat juga stiker sponsor, TRD sebagai in-house tuning dari Toyota, serta GT-Radial, ban yang dipakai untuk melibas lintasan slalom.

Tidak terlalu nampak perbedaan dibanding dengan versi jalanannya, selain dicopotnya lampu kabut sebelah kanan. Sama seperti pada mobil Yaris ISSOM, lubang tersebut diarahkan ke intake, sehingga mesin mendapat pendingin alami. Belum jelas apakah Agya Gymkhana juga akan dicopot keduanya, atau satu saja seperti yang kami lihat saat peluncuran tim. 

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017: Bagian Samping

Gambar menunjukkan bagian samping Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Warna khas TGR tersemat di bagian kaca dan side skirt

Beralih ke samping, kita bisa melihat lebih banyak warna khas Toyota Gazoo Racing (TGR), divisi balap Toyota. Decal TGR pun juga tak ketinggalan mejeng di bagian penutup bensin, bersebelahan dengan stiker TRD. Sesuai dengan aturan Auto Gymkhana, nomor mobil wajib ditaruh di pintu depan. Selain GT Radial, ada sponsor dalam negeri lainnya, yakni 3M Autofilm di ujung depan.

Terakhir, di bagian kaca belakang, terdapat empat nama pembalap slalom tahun ini. Bila Anda penggemar balap mobil dalam negeri, terdapat dua nama baru menggantikan Demas Agil, kini fokus membalap di ISSOM, dan Alinka yang tengah vakum. Mereka digantikan oleh Herdiko Setyaputra, pemenang beberapa seri Auto Gymkhana 2018, dan Sabrina Sameh, joki roda dua ajang Motoprix.

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017: Bagian Belakang

Gambar menunjukkan bagian belakang Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Let's Go Beyond our competitors

Pindah ke belakang, warna cat TGR masih terasa di kaca dan bumper. Tulisan miring AGYA menjadi titik perhatian di bagian ini, selain TMO, TRD, GT Radial, dan MLDSPOT, sponsor resmi kejurnas slalom tersebut. Sama seperti sisi lain, tidak ada penambahan sayap atau komponen lainnya untuk menambah kencang Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Agya 2017

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017: Jok

Gambar menunjukkan jok mobil Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Lega.. Karena (hampir) tidak terdapat apapun di kabin

Lega. Itulah satu kata yang terpikir setelah membuka pintu Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017. Bukan karena ukuran ruang kaki diperlebar, namun lebih ke semua kursi standarnya dicopot! Hanya ada satu jok bawaan Agya 2017 yang bakal dipakai keempat pembalap TTI melibas trek slalom. Tentu dilepasnya seluruh piranti ini menyesuaikan dengan aturan yang berlaku di kejuaraan Auto Gymkhana untuk alasan keamanan.

Tidak ada perbedaan bahan antara kursi pembalap yang dipasang dengan versi komersialnya, termasuk bahan dan motifnya. Karena tak sekencang mobil turing, seatbelt yang dipakai pun sesuai Agya milik khalayak.

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017: Setir

Gambar menunjukkan setir Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Bukan hanya soal gaya, namun setir racing ini membantu pembalap TTI saat beraksi

Di hadapan pengemudi Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017, terpampang setir khusus buatan TRD. Diameternya lebih besar, serta ketiga palangnya menekuk, khas setir balap. Tentu tidak ada klakson, karena tugas menyingkirkan penonton sudah menjadi kewajiban pihak penyelenggara. Kami suka dengan aksen merah pada kain hitam di sekitarnya, serta tulisan TRD di bagian bawah.

Berbagai modul di sekitar setir tidak diubah, termasuk spidometer serta tuas wiper dan sein. Mungkin sinyal belok masih diperlukan terutama saat mobil jalan-jalan di sekitar arena slalom, serta wiper bila balapan dalam kondisi hujan.

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017: Dashboard

Gambar menunjukkan meteran air dan oli Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Alunan musik biasanya sudah disediakan oleh penyelenggara balap di pinggir trek

Bagian audio juga ikut dipangkas, digantikan oleh tiga meteran pengukur tekanan oli, suhu air, dan suhu oli. Lubang AC masih terpasang, lengkap dengann pengaturnya, sama seperti yang biasa kita tumpangi. Belum jelas apakah fitur tersebut bisa dipakai atau tidak. Mengingat durasi balap slalom itu singkat, serta bakal berpotensi lebih menyiksa mesin, rasanya pembalap tidak membutuhkan pendingin di kabin.

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017: Peranti Pendukung

Gambar menunjukkan rem tangan Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Rem tangan juga esensial untuk melakukan aksi slalom

Sebagai unit untuk meliuk-liuk di trek, tentu Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017 mendapat fitur pendukung. Selain informasi pelumas dan air, pembalap akan dimudahkan saat mengoper gir berkat tuas persneling lebih panjang. Rem tangan diganti ke spek balap, berdiameter besar serta ditutupi busa.

Satu hal sempat membuat kami heran, yakni bagian belakang kabin sama sekali kosong. Apa tidak lebih baik dipasang rollcage supaya lebih kokoh? Saat mengonfirmasinya kepada Anjasara Wahyu, ia menjelaskan bahwa hal itu tidak masalah, meski sebaiknya terpasang.

“Oh itu tidak masalah, meski sebenarnya pihak penyelenggara sangat menyarankannya [memasang rollcage]. Toh mobil slalom kan tidak sekencang turing, jadi seharusnya tidak ada masalah,” tutur pembalap berusia 25 tahun itu. 

Baca juga: 

FITUR Toyota Agya 2017

Gambar menunjukkan pelek Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Bagian samping makin garang karena pelek racing TRD ini

Sesuai dengan pernyataan Arsitek TTI, Memet Djumhana, ia ingin TTI menggandeng berbagai merek dalam negeri untuk membangun sebuah mobil balap yang kompetitif di berbagai kejurnas. Hal tersebut terealisasi lewat kaca film buatan 3M serta ban GT Radial Champiro SX2. Untuk yang terakhir disebut, speknya adalah 195/50R15 ban ini sudah terkenal akan grip-nya yang 'menggigit' permukaan trek dengan baik.

Ban itu melapisi pelek TRD 15 x 7” dengan enam kembangan (spoke). Sekilas memang tak begitu beda dengan ukuran stoknya, yang berukuran14 inci. Tapi dengan warna hitam, rasanya mobil makin galak dilihat dari samping. Apalagi bobot pelek kompetisi biasanya lebih ringan dari pelek standar mobil.

Suport TRD juga ada di brake pad, suspensi, dan knalpot. Meski tampang tuas transmisinya terlihat sangat racing, tapi sebenarnya tuas transmisi yang dipakai adalah standar, berarti sesuai dengan produk komersial New Agya 2017. Anda pasti tak akan menyangka, hanya dengan sedikit polesan saja tampilan tuas transmisi mobil ini dapat dibuat seakan-akan racing.

>>> 5 Tanda Timing Belt Sudah Harus Diganti, Kenali Gejalanya

OPERASI Toyota Agya 2017

Gambar menunjukkan bagian knalpot Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

ECU modifikasi + knalpot custom = Siap menghadapi Kejurnas

Meski masih memakai spek mesin standar 3NR, TRD telah mengoprek Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017 hingga memiliki 118 HP serta torsi maksimal 128 nm. Penambahan tenaga ini berkat adanya modifikasi di bagian ECU serta pemakaian knalpot custom racikan TRD. TTI belum membeberkan detail mengenai rpm masing-masing angka. 

>>> Tampil Beda di Jalan, Ada 3 Pilihan Mobil Hatchback Premium Bekas

spesifikasi Toyota Agya 2017

Berikut ini spesifikasi dari Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Mesin Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Seri mesin

3NR-FE, 1.2L NR 4 silinder segaris 16 katup

Tenaga Maksimum

118 HP (Modifikasi ECU + knalpot TRD)

Posisi mesin

Depan

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Sistem Penggerak

Front-Wheel Drive

Tipe Transmisi

Manual 5 Percepatan

Rangka Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Panjang X Lebar X Tinggi

3.660 mm x 1.600 mm x 1.520 mm

Jarak Sumbu Roda

2.450 mm

Jarak Pijak Depan

1.420 mm

Jarak Pijak Belakang

1.415 mm

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Suspensi Depan & Belakang

Suspensi TRD 1 Way

Setir

Steering Wheel Custom TRD

Rem Depan & Belakang

Standar dan Hidrolik

Pelek

6 Spoke Wheel TRD

Supplier Ban

GT Radial

kelebihan & kekurangan Toyota Agya 2017

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017.

Kelebihan

Kekurangan

Mendapat dukungan pabrikan

Belum ada tim lain yang memakai

Menggandeng produsen peranti otomotif dalam negeri lainnya

Terlalu mahal untuk direplikasi sendiri

>>> Klik sini untuk tahu apa saja kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya

daftar harga Toyota Agya 2017

Sama seperti mobil balap lain, Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017 tidak bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari, atau Anda ingin ditilang pihak kepolisian karena membawa mobil dengan banyak fitur stok dipreteli. Di balap dalam negeri, TTI berniat menggandeng tim-tim balap independen untuk memakai Agya Gymkhana. Bila berminat dengan mobil Agya facelift teranyar, kami punya daftar harganya!

Tipe

Harga

Toyota Agya 1.0 G M/T

Rp 131.500.000,-

Toyota Agya 1.2 G A/T

Rp 147.600.000,-

Toyota Agya 1.2 G M/T

Rp 134.600.000,-

Toyota Agya 1.2 TRD M/T

Rp 138.800.000,-

Toyota Agya 1.2 TRD A/T

Rp 151.900.000,-

>>> Sedang mencari model Toyota lain? Kami punya daftarnya!

Video Toyota Agya 2017

KESIMPULAN Toyota Agya 2017

Gambar menunjukkan tiga pembalap Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Tiga pembalap New Agya Gymkhana untuk musim ini

Canggih, namun belum merakyat. Sudah sepantasnya Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017 menguasai panggung Auto Gymkhana nasional, bahkan Asia. Dukungan pabrikan sangat kuat, terlihat dari berbagai elemen TRD di dalamnya.

Bila rencana TTI untuk mengajak tim-tim independen memakai Agya Gymkahana terlaksana, diyakini kompetisi akan makin bervariasi. Melihat beberapa musim ke belakang, pilihan utama mereka sedari dulu masih sama, yakni Honda Jazz, atau kini ditambah Brio.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Wisnu Setioko
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil