Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019

15/02/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,0
Apakah Anda tipikal orang penyuka petualangan? Jika iya, maka Anda sudah tak asing lagi dengan mobil bernama Land Cruiser. Dalam rangka merayakan 60 tahun lebih kiprah Land Cruiser, Toyota merilis versi Heritage Edition dalam waktu dekat ini. Apa saja yang spesial? Mari kita ikuti review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 berikut ini.

PENGANTAR Toyota Land Cruiser 2019

Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 - DNA mobil ini tangguh ini hadir dalam tubuh model BJ 1951, kendaraan militer berukuran kecil 4-Wheel Drive (4WD). Dahulu, sosoknya menjadi mobil pertama yang sudah bisa mendaki titik keenam dari gunung Fuji, Jepang. Setelah 3 tahun berselang, akhirnya model BJ bertransformasi namanya menjadi Land Cruiser.

Generasi Toyota Land Cruiser sudah dimulai sejak tahun 1954 dan berlangsung hingga kini

Generasi Toyota Land Cruiser dari waktu ke waktu

Sudah terhitung hampir 70 tahun, Land Cruiser mewarnai dunia otomotif khususnya sebagai kendaraan Premium Luxury Utility Vehicle. Demi merayakan kegembiraan tersebut akhirnya Toyota menyiapkan Land Cruiser Heritage Edition yang diperkenalkan di acara Chicago Auto Show 2019.

Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2020 menjadi produk andalan yang sekaligus memeriahkan 60 tahun lebih kiprahnya

Inilah sosok Toyota Land Cruiser Heritage Edition yang diperkenalkan di acara Chicago Auto Show

Ada beberapa hal baru yang disematkan pada Land Cruiser Heritage sehingga memberi tampilan lebih menggoda dan bergaya Vintage. Lucunya lagi, model ini bisa dikategorikan sebagai Limited Edition karena hanya diciptakan sebanyak 1.200 unit saja. Penjualannya sendiri dimulai pada musim panas tahun 2019 di Amerika Serikat. Lantas, apa hal baru yang ditawarkan pada model ini? Berikut review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019.

EKSTERIOR Toyota Land Cruiser 2019

Paling banyak berubah adalah lini eksterior Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019. Jika versi sebelumnya cenderung  maskulin, kini tampilannya terlihat Vintage dengan pewarnaan lebih gelap namun kalem. Adapun tersedia pilihan warna baru meliputi Midnight Black Metallic dan Blizzard Pearl.

Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019: Eksterior Depan

Wajah depannya kini benar-benar berubah terutama pada sisi Grille. Jika pada versi sebelumnya Grille depan hanya dihias krom Silver mengkilap, kini terdapat tambahan warna hitam pada krom-nya.

Grille depan Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 kini berubah dengan menggunakan warna hitam pada aksen krom-nya

Bisa Anda amati bahwa Grille depan kini memiliki desain yang lebih tajam dan bernuansa Vintage

Hal serupa juga diaplikasikan pada rumah-rumahan lampu utama serta lampu kabut. Racikan desain seperti ini memberikan nuansa klasik bagi Land Cruiser, sukses mengingatkan kami akan sejarah panjangnya dalam dunia otomotif.

Eksterior depan Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 berubah terutama dalam hal warna yang menjadi lebih gelap

Desain depan Land Cruiser Heritage terlihat lebih menggoda bagi penyuka desain klasik

Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019: Eksterior Samping

Beralih ke sisi samping, kami tidak menemui aksen Side Body Moulding pada versi sebelumnya. Sepertinya hal ini memang sengaja dihilangkan untuk dapat mengurangi esensi sporty dan modern berlebih. Senada dengan tema awalnya yang mana Heritage lebih menonjolkan kesan Vintage bernuansa klasik 'masa lalu’.

Eksterior samping Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 dikemas tanpa Side Body Moulding

Tak ada lagi Side Body Moulding pada bodi sampingnya

Adapun terdapat perubahan warna pada kaca spionnya dengan menggunakan aksen krom lebih gelap. Di sisi lain, ban sendiri dihias menarik dengan warna Bronze BBS 18 x 8.0 inci Forged Aluminium dan dilengkapi Center Cap bertuliskan 'TOYOTA’ sebagai pemikat akhir.

Velg Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 dihias apik dengan warna Bronze

Selain desain Velg yang berubah, pada sisi Cap juga terdapat tulisan TOYOTA

Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019: Eksterior Belakang

Menilik bodi belakangnya, tampilannya terlihat masih serupa dengan versi sebelumnya. Segi lampu sendiri masih menerapkan dua buah LED Rear Combination Lamps yang tersambung dengan panel krom. Hal yang mengingatkan kami pada versi sebelumnya juga didapati pada fitur Rear Spoiler.

Eksterior belakang Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 hadir dengan rupa yang sama

Bodi belakangnya sendiri tidak mendapat perubahan, masih sama dengan versi sebelumnya

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Land Cruiser 2019

Tentu kita semua memahami bahwa Land Cruiser adalah salah satu model Toyota paling mahal. Tak heran, ruang interior Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 juga dibalut nuansa mewah serta dilengkapi fitur super lengkap.

Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019: Dashboard

Mengamati dashboard-nya, Anda akan disuguhkan berbagai hal menarik mulai dari fitur penyejuk 4-Zone Automatic Control, tombol Push-Start Engine hingga Head Unit Touchscreen berukuran 9 inci. Tentu untuk sekelas mobil mewah, fitur-fitur tersebut sudah memenuhi syarat.

Dashboard Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 menyuguhkan berbagai hal menarik dan menghibur

Dashboard-nya sudah menyajikan fitur sangat lengkap

Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019: Setir

Kemudi setirnya sendiri sudah dilengkapi teknologi Tilt, Telescopic dan Power Steering. Lewat teknologi tersebut, Anda bisa mengatur posisi setir supaya sesuai dengan postur tubuh Anda. Adapun di kedua sisi setirnya, tersedia tombol multifungsi untuk memberi kesan praktis seperti tombol pengaturan audio serta Cruise Control.

Setir Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 sudah didukung fitur Tilt, Telescopic dan Power Steering

Setirnya juga sudah dibalut bahan kulit serta Stitiching berwarna Bronze

Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019: Kursi

Khusus pada versi Heritage ini, kursinya dirancang sebagai 5-Seaters. Unsur mewah juga ditemui pada balutan kulit pada kursinya, lengkap dengan pemanis Bronze Stitching. Pemilihan warna Bronze ini senada dengan konsep Vintage yang diusungnya.

Kursi Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 dibalut dengan bahan kulit berkualitas

Kursinya sendiri menganut konsep 5-Seaters

>>> Artikel menarik:

FITUR Toyota Land Cruiser 2019

Teknologi mutakhir yakni Toyota Safety Connect (TSC) dan Toyota Safety Sense (TSS) nyatanya sudah dihadirkan sebagai salah satu fitur Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019. Menariknya lagi, kapabilitasnya sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) masih sangat tangguh melahap berbagai medan berat.

Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019: Fitur Keselamatan

Teknologi TSC akan terintegrasi langsung dengan Handphone Anda dan menyediakan beberapa layanan penting seputar keselamatan. Teknologi tersebut nantinya dapat memberikan lokasi mobil yang telah dicuri, bantuan emergensi hingga bantuan navigasi GPS.

Di sisi lain juga tersedia teknologi TSS yang mengandalkan Millimeter Wave Radar dan kamera Monokular. Nantinya rem bisa aktif secara otomatis ketika sistem mendeteksi adanya objek di depan Anda. Adapun sistem ini juga menawarkan kelebihan lain seperti Lane Departure System, Dynamic Radar Cruise Control, Automatic High Beams, Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert.

Fitur Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 tampil sangat lengkap, menunjang kapabilitasnya sebagai SUV

Performa tangguhnya masih sama dengan versi sebelumnya khususnya dalam hal suspensi

Review Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan, Toyota Land Cruiser Heritage Edition mengandalkan fitur Power Moonroof dan Head Unit Touchscreen berukuran 9 inci. Tentu hal ini menjadikan kabinnya terasa Premium, memberi kapabilitas bagi penumpang untuk mengamati pemandangan alam dari atapnya. Sedangkan dari sisi panel Head Unit, kualitas audionya terbilang jernih dengan didukung 14 JBL Speaker. Teknologi canggih juga disematkan seperti halnya Split Screen, Siri Eyes Free Mode, SiriusXM Satellite radio dan Bluetooth.

>>> Simak juga model-model terbaru Toyota yang hendak dirilis dalam waktu dekat ini

OPERASI Toyota Land Cruiser 2019

Merambah ke sektor performa, operasi mesin Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 menggunakan kapasitas cukup besar di angka 5.700 cc V8. Racikan tersebut memang sengaja dirancang untuk dapat melahap medan berat, sejalan dengan kapabilitasnya sebagai SUV tangguh. Mesin tersebut mampu memberikan daya hingga 381 HP dengan torsi puncak 401 Lb.ft. Nantinya tenaga tersebut akan disalurkan ke empat roda dengan transmisi 8 percepatan otomatis ECT-i.

Sebagai kendaraan yang dikenal akan performa tangguhnya, Land Cruiser dilengkapi suspensi Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS). Dengan menggunakan fungsi hidrolik, suspensinya bisa beradaptasi sesuai kondisi jalan yang dilewati. Menariknya lagi, tersedia fitur penunjang ketangguhannya di medan Off-Road seperti halnya Downhill Assist Control (DAC), Hill Start Assist (HSA), CRAWL Control Dan Off-Road Turn Assist.

>>> Bandingkan juga dengan model SUV menarik lainnya dengan klik link ini

spesifikasi Toyota Land Cruiser 2019

Supaya Anda semakin mengenalnya lebih jauh, berikut spesifikasi Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019.

SPESIFIKASI TOYOTA LAND CRUISER HERITAGE EDITION 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.990 mm x 1.970 mm x 1.970 mm

Jarak Poros Roda

2.850 mm

Jarak Pijak Depan

1.640 mm

Jarak Pijak Belakang

1.635 mm

MESIN

Tipe Mesin

5.7 Liter V8

Kapasitas Silinder

5.700 cc

Daya Maksimum

381 HP

Torsi Maksimum

401 Lb.Ft

Sistem Transmisi

8 Percepatan Otomatis ECT-i

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

4-Link Coil Spring

kelebihan & kekurangan Toyota Land Cruiser 2019

Seperti pada artikel review sebelumnya, sudah menjadi tugas kami untuk memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performanya di medan berat masih sama dengan pendahulunya

Mobil ini hanya dijual sebanyak 1.200 unit saja sehingga tergolong Limited Edition

Desain eksterior berubah menjadi lebih bernuansa klasik Vintage

Harganya diprediksi sangat mahal karena edisi spesial

Fitur hiburan sangat lengkap mulai dari Moonroof hingga panel Head Unit canggih

Indonesia belum tentu mendapat stok-nya

daftar harga Toyota Land Cruiser 2019

Hingga artikel ini ditulis, Cintamobil.com belum mendapatkan daftar harga Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 secara resmi. Namun, diprediksi harganya bisa mencapai Rp. 2 miliar untuk pembelian satu unit-nya. Apabila harganya sudah resmi dirilis, Cintamobil.com akan mengabarkan secepatnya di kolom ini.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga Toyota di seluruh modelnya baik dalam kondisi baru dan bekas

Video Toyota Land Cruiser 2019

KESIMPULAN Toyota Land Cruiser 2019

Demi merayakan hampir 70 tahun kehadiran Land Cruiser, Toyota merilis versi Heritage. Perubahan diberikan di beberapa sisi khususnya dari segi eksterior. Tampilannya kini mengurangi kadar modern dan dihias warna-warna gelap, supaya memberi kesan Vintage. Adapun performanya di medan berat maupun di jalanan kota, tak berubah sama sekali yang masih sama dengan Land Cruiser sebelumnya. Apakah Toyota Land Cruiser Heritage Edition 2019 Indonesia bakal hadir?

>>> Jika Anda menyukai review mobil lengkap semacam ini, Anda bisa mengunjungi review kami lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil