Review Toyota Kijang Krista 2003: Kijang Termewah Sebelum Era Innova, Layak Diburu?

23/10/2019

Share this post:

Toyota Kijang 2003

Editor rate:

Lihat promo

Inilah Kijang termewah pada masanya. Ia hadir sebagai varian top of the line dari Toyota Kijang. Dan tahun 2003 adalah masa-masa terakhir Kijang Krista dipasarkan, sebelum ia digantikan oleh generasi Innova di 2004 hingga saat ini. Inilah ulasan kami mengenai Toyota Kijang Krista tahun 2003 yang masih jadi incaran konsumen keluarga di daerah.

Review Toyota Kijang Krista 2003: Kijang Termewah Sebelum Era Innova, Layak Diburu?
Review Toyota Kijang Krista 2003: Kijang Termewah Sebelum Era Innova, Layak Diburu?
0 Gambar

Pengantar Toyota Kijang 2003

Mari kita simak spesifikasi Toyota Kijang 2003 di bawah ini.

Kelebihan

Daya Angkut

 Durabilitas Luar Biasa

Tampilan Lebih Cantik

Lebih Irit Dari Versi Karburator

Kekurangan

Sulit Mencari Yang Masih Full Original

Akselerasi Lemah

Harga Masih Bertahan Tinggi

Konsumsi BBM Boros

Gambar menunjukkan emblem Toyota Kijang Krista warna silver

Kijang Krista merupakan Toyota Kijang paling mewah pada masanya

Review Toyota Kijang Krista 2003 - Salah satu alasan PT Toyota Astra Motor menghadirkan Toyota Kijang Krista adalah untuk konsumen menengah atas. Maklum saja, saat itu Kijang tak hanya diminati oleh konsumen kelas menengah bawah saja, tapi kalangan menengah atas juga turut menggemari Kijang. Uniknya, Kijang Krista ini tak hanya tampilannya saja yang lebih mewah dan modern, sektor jantung pacu pun turut disentuh. Ingin tahu mobil ini seperti apa? Simak ulasan Toyota Kijang Krista 2003 berikut ini. Oh ya, kami juga berterima kasih kepada akun Instagram @freundwagen karena telah diizinkan menggunakan foto mobil yang mereka jual ini untuk artikel review kami ini.

Eksterior Toyota Kijang 2003

Review Toyota Kijang Krista 2003 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan eksterior depan Toyota Kijang Krista 2003

Kijang Krista ini tampil lebih dewasa

Toyota Kijang Krista versi facelift ini hadir dengan tampilan lebih mewah dan dewasa, dengan 5 bilah garis horizontal di grille depan mobil. Ditambah dengan headlamp alias lampu utama dengan model kristal multi reflektor yang membuat pencahayaannya jauh lebih terang dari varian lainnya.

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Kijang Krista 2003

Desain body moulding membuat aura mewah Kijang Krista ini semakin mencuat 

Oh ya, kami juga menyukai model body moulding-nya yang membuat overfender seakan menyatu dengan bumper depan. Sentuhan ini membuat Toyota Kijang Krista ini memang berbeda level dengan varian kijang lainnya.

Gambar menunjukkan Headlamp Toyota Kijang Krista 2003

Headlamp dan foglamp lama kelamaan akan menguning jika tidak dirawat dengan benar

Hanya saja bukannya ia hadir tanpa kelemahan. Sepengalaman kami dulu memakai Kijang model ini, lama kelamaan foglamp-nya akan menguning atau ber-embun. Ini mungkin disebabkan karena kualitas plastik dan lapisan sealent pada lampu yang kurang padat.

Review Toyota Kijang Krista 2003 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampilan samping Toyota Kijang Krista 2003

Selain body moulding, pelek yang lebih besar juga jadi pembeda varian Krista ini

Toyota Kijang tipe Krista ini menggunakan pelek dengan finishing polish berdiameter 15 inci alias lebih besar 1 inci dibandingkan varian lain di bawahnya. Ini membuat tampilan Kijang Krista ini terlihat makin terlihat mewah dan berkarakter.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Toyota Kijang Krista 2003

Berkat profil ban lebih tipis, handling sedikit membaik, namun bantingan jadi agak keras

Tapi penggunaan pelek dengan lingkar roda yang lebih besar tersebut bukannya tanpa kelemahan. Memang itu membuat pengendaliannya lebih baik karena profil ban jadi lebih tipis. Tapi itu berpengaruh pada bantingan suspensinya yang jadi agak lebih keras.

Gambar menunjukkan Spion krom dan talang air Toyota Kijang Krista 2003

Aksen krom membuat Kijang Krista ini makin terlihat mewah

Khusus untuk Kijang tipe Krista, ia sudah mendapatkan side body moulding, gagang pintu dan rumah spion dengan sentuhan chrome. Selain itu, juga terdapat talang air yang akan membantu ketika ingin membuka kaca kala turun hujan lebat.

Review Toyota Kijang Krista 2003 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan eksterior belakang Toyota Kijang Krista 2003

Visibilitas ke belakang mobil tetap baik kala hujan, berkat adanya wiper belakang

Toyota selalu mengedepankan value alias nilai yang lebih baik dari setiap produk yang dikeluarkannya jika dibandingkan dengan kompetitornya sejak dulu. Hal itu pula yang diberikan Toyota pada Kijang Krista 2003 ini. Lihat saja di bagian buritannya, Toyota melengkapi Kijang Krista 2003 ini dengan wiper belakang plus washer.

Gambar menunjukkan Tampilan belakang Toyota Kijang Krista 2003

Bukaan pintu bagasi ke atas makin menegaskan Kijang sebagai MPV sejati

Dan, yang terpenting pada Kijang generasi ini adalah bukaan pintu bagasi ke atas yang menegaskan dirinya sebagai mobil MPV keluarga modern. Hal ini menjadi salah satu keunggulan Kijang kala itu jika dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor di kelasnya yang kebanyakan masih menggunakan pintu belakang dengan bukaan ke samping.

Gambar menunjukkan lampu belakang Toyota Kijang Krista 2003

Mika lampu clear hanya ada sejak Kijang keluaraan 2003

Pada facelift Kijang terakhir ini, Toyota sudah menyematkan model mika lampu clear yang semakin menambah aura mewahnya. Selain itu, emblem ‘KIJANG’ dan ‘KRISTA’ dilapis chorme yang menegaskan kesan mewah di mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Kijang 2003

Review Toyota Kijang Krista 2003 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Toyota Kijang Krista 2003

Layout dasbor Kijang memang sederhana, namun fungsional

Dashboard Kijang Krista 2003 masih memiliki bentuk dan tata letak yang sama dengan Kijang di generasinya. Berbahan plastik keras yang tampak membosankan, pembeda untuk varian Krista ini hanyalah penggunaan warna beraksen two-tone yang menjadikan tampilannya sedikit lebih dinamis. Meski begitu, material plastik keras yang digunakan memiliki keunggulan soal daya tahannya.

Review Toyota Kijang Krista 2003 : Kursi

Gambar menunjukkan Kursi depan Toyota Kijang Krista 2003

Posisi duduk tinggi, menjamin visibilitas kedepan

Duduk di kursi pengemudi maupun penumpang depan di Kijang Krista ini memberikan Anda visibilitas yang tinggi. Kenyamanannya juga cukup baik karena busanya yang tebal saat masih baru. Meski menjadi varian termewah, namun Krista masih belum menyediakan balutan material mahal, joknya hanya dilapisi bahan fabric yang cukup lembut.

Gambar menunjukkan Kursi baris kedua Toyota Kijang Krista 2003

Tersedianya armrest jelas menambah kenyamanan bagi penumpang belakang

Hal serupa dapat Anda temui saat duduk di kursi baris kedua Kijang Krista ini. Busa jok tebal dengan balutan material fabric yang lebih lembut dibandingkan varian Kijang lain di generasinya. Yang memberikan kenyamanan lebih baik adalah hadirnya armrest dan kursi baris kedua ini dapat diatur posisi maju-mundurnya.

Gambar menunjukkan Kursi baris ketiga Toyota Kijang Krista 2003

Kursi baris ketiga tetap dapat diduduki dengan nyaman untuk perjalanan jauh

Kursi baris ketiga pada Kijang Krista dapat diakses melalui pintu tengah dengan cukup mudah. Soal keleluasaan ruang kaki di baris kedua cukup baik, namun di baris ketiga rasanya terlalu sempit bagi penumpang dewasa. Selain itu, tidak semua penumpang di Kijang Krista ini mendapatkan seatbelt dan headrest yang baik, meski untuk mobil yang diproduksi saat itu, itu merupakan hal yang normal.

Review Toyota Kijang Krista 2003 : Setir

Gambar menunjukkan Setir Toyota Kijang Krista 2003

Setir palang 3 khas Toyota ini diameternya pas dan nyaman digenggam

Kijang Krista menggunakan setir berpalang tiga khas Toyota. Bahkan desain setir ini masih digunakan pada Toyota Kijang Innova hingga tahun 2007. Karenanya, meski tak ada tombol-tombol multifungsi untuk mengatur fitur-fitur hiburan misalnya, setir ini nyaman untuk digenggam.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Kijang 2003

Review Toyota Kijang Krista 2003 : Radio Tape

Gambar menunjukkan Head unit Toyota Kijang Krista 2003

Radio tape lansiran Pioneer ini menjamin Anda dan keluarga tak akan kesepian di perjalanan

Jangan Anda bayangkan mobil ini memiliki konektivitas zaman now. Karena pada masanya, jika terdapat pemutar piringan padat kompak alias CD saja sudah bagus. Begitu juga dengan Toyota Kijang Krista 2003 ini. Ia dilengkapi dengan head unit single-din merek Pioneer yang saat itu dikenal akan kualitas suaranya yang memadai. Plus ia mampu menangkap sinyal radio FM dan AM, memutar kaset dan tentunya membaca lagu pada CD.

Review Toyota Kijang Krista 2003 : Power Window Dan Electric Mirror

Gambar menunjukkan trim dan pintu Toyota Kijang Krista 2003

Power window membuat buka dan tutup jendela jadi lebih mudah

Saat itu, fitur pengaturan kaca spion elektrik plus power window sudah tergolong mewah. Dan tentu saja, sebagai tipe termewah dari Toyota Kijang, Krista 2003 ini sudah memiliki kedua fitur tersebut. Dengan adanya electric mirror, Anda hanya perlu menekan tombol saja untuk mengatur kaca spion.

Review Toyota Kijang Krista 2003 : Panel Indikator

Gambar menunjukkan Spidometer Toyota Kijang Krista 2003

Panel instrumen cukup lengkap meski masih full analog

Tak perlu berharap akan kehadiran multi information display (MID) pada Kijang generasi ini. Namun, menurut kami panel instrument yang menyuguhkan informasi speedometer, takometer, odometer, fuelmeter plus temperature denggan warna latar yang berpendar hijau menjadi salah satu hal yang istimewa di masa itu.

>>> Kilas Balik Yuk, Melihat Harga Dan Spesifikasi Toyota Kijang Kapsul LX 2002

Operasi Toyota Kijang 2003

Gambar menunjukkan Mesin 1RZ-E Toyota Kijang Krista 2003

Mesin 1RZ-FE agak "minum" bahan bakar

Mesin-mesin keluaran Toyota memang terkendal bandel dan itu bukan pengecualian pada Toyota Kijang tipe Krista lansiran 2003 ini. Mesin 1RZ-FE 2.000 cc ini memang lebih besar dari mesin legendaris 7K-E yang digunakan sebelumnya, sehingga dikenal memiliki konsumsi BBM yang boros.

Gambar menunjukkan plakat ruang mesin Toyota Kijang Krista 2003

Belum banyak teknologi kekinian tersemat di Kijang Krista ini

Maklum saja, mesin ini memang masih menganut teknologi lawas yang belum efisien mengurangi gesekan. Untunglah kekurangan tersebut terobati dengan perpindahan gigi manual 5 percepatannya yang tergolong presisi untuk mobil di masanya dan mendukung kenikmatan berkendara.

>>> How To Buy Kijang Innova Reborn 2015-2016

Spesifikasi Toyota Kijang 2003

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi Toyota Kijang Krista 2003.

Mesin Toyota Kijang Krista 2003  
 Seri mesin  1RZ-FE, EFI
 Rasio Kompresi  9,0 : 1
 Tenaga Maksimum  95,5 Hp (97 Ps) @ 4.800 rpm
 Torsi Maksimum  151 Nm (15,4 Kgm) @ 2.800 rpm.
 Kapasitas Silinder  1,998 cc
 Bore X Stroke  86,0 mm X 86,0 mm
 Tipe Transmisi  Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang
  Rangka Toyota Kijang Krista 2003
 Panjang X Lebar X Tinggi  4.490 mm X 1.710 mm X 1.775 mm
 Jarak Sumbu Roda  2.650 mm
 Jumlah Pintu  5 Pintu
 Kapasitas Penumpang  8 Penumpang
 Kapasitas Tangki  55 Liter
 Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Kijang Krista 2003
 Suspensi Depan & Belakang  Double wishbone dengan pegas batang torsi plus stabilizer & Pegas daun semi-eliptik
 Sistem Kemudi  Rack & Pinion With Power Assisted
 Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Drum
 Teknologi Sistem Pengereman  LSPV
 Teknologi Safety Sasis  N/A
 Struktur Sasis  Ladder Frame (Body On Frame)
 Pelek  Alloy, 15 inch
Jenis Ban  Radial, 195/65 R15

Daftar Harga Toyota Kijang 2003

Mobil Toyota Kijang Krista 2003 dijual mulai harga Rp 85 juta hingga Rp 125 juta, namun itu semua tergantung dari kondisi aktual mobil masing-masing. Saran kami, belilah Toyota Kijang Krista 2003 dari minimal tangan kepemilikan ke-1. Dan carilah mobil Toyota Kijang Krista 2003 yang riwayat servisnya jelas dan tidak pernah telat dalam penggantian oli. Meskipun mesin 1RZ-FE bawaannya bandel, tapi akan jauh lebih baik jika mendapatkan mobil yang masih jelas service record-nya. Pastikan juga, Anda sebelum membeli mobil mencari refrensi di Cintamobil.com terlebih dahulu.

Kesimpulan Toyota Kijang 2003

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Kijang Krista 2003

Jangan heran saat mengetahui harga jual bekasnya Toyota Kijang ini...

Jika Anda mencari mobil keluarga yang sederhana dan tidak rewel maka mobil ini cocok untuk Anda. Atau Anda suka Kijang antik? Ada baiknya Anda segera mencari mobil ini, karena sebentar lagi akan jadi barang koleksi dan bukan tidak mungkin harganya akan melambung tinggi.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya

16/09/2019

Editor rate:

Tepat di tanggal 20 Agustus 2014, Datsun GO Hatchback hadir di Tanah Air untuk pertama kalinya. Menjadi model kedua setelah perilisan GO+ yang berdiri di kategori LMPV, di awal tahun serupa. Apa saja fiturnya? Simak informasi selengkapnya dalam review Datsun GO Panca 2014.

Lihat juga

Review Isuzu Panther LS 2000: Resep Sederhana Membuat Harga Bekasnya Bertahan

02/09/2019

Editor rate:

Mobil keluaran PT Pantja Motor (dulu PT IAMI bernama Pantja Motor) ini sempat membuat ketar-ketir Toyota Kijang saat masa peredarannya pertama kali di tahun 2000-an. Ia hadir dengan desan bodi membulat yang dinamis, sama dengan rivalnya asal Sunter tersebut. Hebatnya, di pasar mobil bekas, mobil Isuzu Panther tipe LS kelahiran tahun 2000 ini sangat bertahan. Inilah ulasan kami mengenai Isuzu Panther LS 2000, sebuah resep sederhana yang membuat harganya bertahan.

Lihat juga

Review Toyota Kijang Innova 2.7 V AT 2005, Kijang Paling Berotot Dan Terkencang Sepanjang Masa

Rp 105.000.000

04/07/2019

Editor rate:

Jika Anda menganggap Toyota Kijang Innova Reborn bermesin diesel 2GD-FTV bertorsi lebih dari 360 Nm (untuk yang betransmisi otomatis) adalah Toyota KIjang paling berotot? Maka Anda harus lihat dulu ulasan kami tentang Toyota Kijang Innova 2.7 V AT 2005 yang bermesin Toyota Fortuner bensin yang didaulat sebagai Toyota Kijang paling berotot dan terkencang sepanjang masa ini.

Lihat juga

Review Toyota Kijang LGX 1997, Terobosan Besar Mobil Keluarga Pada Masanya

01/06/2019

Editor rate:

Inilah kali pertama PT Toyota Astra Motor mengeluarkan produk yang 'menjawab' kebutuhan pasar mobil keluarga di Indonesia saat itu. Mobil ini begitu fenomenal bakan bila dibandingkan dengan pendahulunya. Dan hebatnya, mobil Toyota Kijang tipe LGX tahun 1997 ini masih dicari di pasar mobil bekas hingga kini. Inilah ulasan serta pendapat kami terhadap Toyota Kijang LGX 1997.

Lihat juga

Review Toyota Kijang LGX EFI Facelift 2002, Kijang Terakhir Yang Benar-Benar 'Kijang'

31/05/2019

Editor rate:

Pada tahun 2002, kembali Kijang Kapsul mengalami facelift. Ubahan utamanya ada pada gril, lampu depan-belakang, bumper depan lebih panjang, serta interior kini pakai warna beige untuk varian SGX, LGX dan Krista. Model Toyota Kijang LGX EFI Facelift 2002 ini merupakan angkatan terakhir ‘Kijang Kapsul’ sebelum akhirnya digantikan oleh Toyota Kijang Innova.

Lihat juga