Review Toyota Innova Venturer 2020: Ubahan Minimalis Dan Menawan

30/10/2020

Share this post:

Toyota Venturer 2020

Editor rate:

Rp. 495.700.000

Jual beli mobil Toyota Venturer bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor melansir dua model terbarunya ke pasar Tanah Air, salah satu yang menarik perhatian kami adalah Toyota Innova Venturer 2020

Review Toyota Innova Venturer 2020: Ubahan Minimalis Dan Menawan
Review Toyota Innova Venturer 2020: Ubahan Minimalis Dan Menawan
0 Gambar

Pengantar Toyota Venturer 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Venturer 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin diesel irit dan powerful

Akomodasi baik

Head unit dengan NFC

Kekurangan

Ubahan terlalu minor

Lampu jauh masih halogen biasa

Tidak tersedia cruise control

Foto emblem Venturer di Toyota Innova Venturer 2020

Kijang Innova dan Innova Venturer punya target konsumen yang beda

Yes, akhirnya Toyota Kijang mendapatkan facelift bulan Oktober tahun 2020 ini. Meski harus diakui cukup banyak yang kecewa karena ubahan yang dilakukan pihak research and development PT Toyota Astra Motor (TAM) agak minimalis. Namun, adanya ubahan tersebut membuat tampilan Kijang kian menawan, tak terkecuali pada model Innova Venturer ini. Perlu diingat, model Kijang Innova dan Innova Venturer menyasar konsumen yang berbeda. Lalu, seberapa menarik ubahan pada Toyota Innova Venturer 2020 ini? Mari simak ulasannya hingga tuntas.

Mobil Baru Populer

Kia Sonet
Rp 193 - Rp 296 Juta
Mercedes-Benz C-Class
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Daihatsu Ayla
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Toyota Venturer 2020

Review Toyota Innova Venturer 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Toyota Innova Venturer 2020

Area depan mendapat banyak ubahan

Tampilan eksterior depan Toyota Innova Venturer 2020 paling banyak mendapat ubahan, kini grille trapezoidal depan dibuat lebih besar yang membuat kesan gagah. Warna piano black pada grille berpadu sempurna dengan garnish chrome yang mengelilinginya. Bumper depannya juga baru, rumah foglamp dibuat kecil tanpa mengurangi fungsinya karena sudah mengusung bohlam jenis LED (Light Emitting Diode), demi estetika cover lampu sein diberi warna hitam agar lebih sporty.

Foto headlamp Toyota Innova Venturer 2020

Lampu utama sudah LED sayangnya high beam alias lampu jauh masih pakai halogen biasa

Review Toyota Innova Venturer 2020: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Toyota Venturer 2020

Tampilan samping makin sporty

Berlanjut ke bagian samping, kesan sporty langsung terlihat dari penggunaan velg two tone dengan desain spoke anyar. Meski demikian ukuran ban yang dipakai tetap sama yakni lebar 215, profil 55 dan ring 17. Body cladding berwarna hitam yang mengelilingi fender, bagian bawah pintu, hingga belakang juga menambah kesan sporty pada MPV menengah yang berbasis dari Kijang Innova ini. O ya talang air dan gagang pintu chrome jadi standar di Innova Venturer.

Foto ban dan velg Toyota Innova Venturer 2020

Velg dengan desain baru lebih enak dilihat

Review Toyota Innova Venturer 2020: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Toyota Innova Venturer 2020

Terdapat empat buah sensor parkir dan satu kamera mundur

Di bagian buritan Toyota Innova Venturer 2020  ini juga mendapat ubahan ringan, seperti adanya spoiler baru, garnish pada plat nomer kini bentuknya sedikit diubah dengan penambahan garis chrome tipis, serta ornamen bumper belakang khas Venturer juga bikin kesan sporty. Sayangnya, meski sudah tersedia sensor parkir dan kamera mundur, namun seluruh bohlam yang ada di stoplamp masih menggunakan bohlam jenis halogen biasa.

Foto logo Venturer di Toyota Innova Venturer 2020

Sayangnya semua bohlam di stoplamp masih halogen biasa

>>> 5 Pilihan Mobil Rp 400 Jutaan Selain Toyota Innova 2020


Interior Toyota Venturer 2020

Review Toyota Innova Venturer 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Toyota Innova Venturer 2020

Interior mewah

Secara umum desain layout dashboard dari Toyota Innova Venturer 2020 tidak ada ubahan dari sebelumnya. Hanya saja, kini corak wood panel dibuat dengan warna lebih gelap sehingga menimbulkan kesan yang lebih mewah pada interior mobil ini. Tata letak tombol juga dibuat baik karena mudah dijangkau oleh pengemudi maupun penumpang depan. Kepraktisan juga tidak ada ubahan, laci yang bisa jadi pendingin pun tetap tersedia.

Review Toyota Innova Venturer 2020: Kursi

Foto kursi depan Toyota Innova Venturer 2020

Kursi pengemudi sudah elektrik

Enam penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman dan proper di Toyota Innova Venturer 2020 ini. Jok pengemudi sudah dilengkapi dengan fitur electric seat delapan arah sehingga memudahkan pengaturan posisi. Sementara penumpang di baris kedua dapat merasakan nyamannya duduk di kabin sebuah MPV menengah dengan captain seat yang lengkap dengan arm rest serta terdapat meja di depannya yang mampu menahan beban sebesar 10 kilogram.

Foto kursi baris kedua Toyota Innova Venturer 2020

Kenyamanan maksimal dapat dirasakan penumpang baris kedua

Review Toyota Innova Venturer 2020: Bagasi

Foto bagasi Toyota Innova Venturer 2020

Bagasi Innova terkenal luas dan serbaguna

Kapasitas bagasi pada Toyota Kijang Innova yang begitu baik terus diterapkan pada Innova Venturer 2020 ini. Jika kursi baris ketiga tidak digunakan maka bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi. Bukan hanya bisa terlipat dengan format 50:50, namun juga dapat dilipat keatas ketika tidak dipakai yang membuat space bagasi menjadi lega. Suatu terobosan yang ada sejak tahun 2004 di mana Innova pertama kali debut namun masih relevan hingga kini.

>>> ASEAN NCAP Uji Tabrak Toyota Innova Facelift, Hasilnya Dapat 5 Bintang

Fitur Toyota Venturer 2020

Review Toyota Innova Venturer 2020: In-Car Entertaiment System

Foto head unit Toyota Innova Venturer 2020

Sayang audionya belum kompetibel dengan Apple CarPlay

Head unit yang terpasang di Innova Venturer teranyar ini juga baru, dan memiliki fitur yang sama dengan Toyota Corolla Cross, di mana tersedia fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat mengecek sisa saldo e-Money Anda. Sayangnya baru e-Money by Bank Mandiri saja yang bisa dicek, untuk bank provider lain belum bisa. Head unit ini juga dapat diatur via tombol di spoke kiri setir. Dan punya koneksi bluetooth, koneksi USB, radio serta miracast.

Foto rear seat entertaiment system Toyota Innova Venturer 2020

Juga terdapat rear seat intertaiment untuk penumpang belakang

Review Toyota Innova Venturer 2020: Ion AC

Foto panel pengatur AC Toyota Innova Venturer 2020

Ion AC menjamin udara sejuk selalu bersih

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur pembersih udara atau Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang berfungsi untuk membersihkan udara di dalam kabin yang menghasilkan ion negatif sehingga kualitas udara di dalam kabin meningkat. Fitur ini juga dilengkapi dengan intelligence air quality control untuk menunjukkan kondisi kualitas udara di dalam kabin. Integrated Air purifier (Car Ionizer) ini terintegrasi pada register A/C yang ada pada kabin kendaraan dan dapat bekerja secara otomatis maupun manual.

Foto tombol pengatur pembersih udara AC Toyota Innova Venturer 2020

Fitur ini dapat bekerja otomatis maupun manual

Review Toyota Innova Venturer 2020: Panel Meter

Foto panel instrumen Toyota Innova Venturer 2020

Informasi yang tersaji di MID cukup lengkap

Sama seperti Toyota Kijang Innova lainnya, Toyota Innova Venturer 2020 ini juga punya layar Multi Information Display (MID) yang lengkap pada bagian tengah di antara cluster spidometer dan takometer. Layar MID ini punya informasi yang lengkap, dari mulai konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, odometer, 2 buah trip meter, kecepatan rata-rata, serta ‘kalkulator otomatis’ yang dapat menunjukkan seberapa hemat pengeluaran Anda terhadap pembelian bahan bakar.

>>> Pilihan MPV di Bawah Rp300 Juta, Wuling Cortez CT atau Innova Bekas?

Operasi Toyota Venturer 2020

Foto mesin 2GD-FTV Toyota Innova Venturer 2020

Pilih varian diesel jika konsumsi BBM jadi concern Anda

Terdapat dua varian mesin yang ditawarkan pada Innova Venturer ini. Bila Anda menginginkan mesin yang halus dan tidak bising, Anda bisa memilih versi bensin berkode 1TR yang spesifikasi lengkapnya kami cantumkan di boks. Sementara apabila torsi dan kehematan BBM adalah yang terpenting untuk Anda maka kami menyarankan Anda untuk memilih varian diesel berkode 2GD seperti mobil tes kami kali ini.

Foto tuas transmisi Toyota Innova Venturer 2020

Transmisi otomatis 6-percepatan cukup sigap

Dua varian mesin tersebut dapat menyalurkan tenaganya ke dua roda belakang melalui pilihan transmisi otomatis 6-percepatan atau manual 5-percepatan. Saran kami beli Innova Venturer varian diesel bertransmisi matik, sebab torsi sebesar 360 NM akan cukup menghibur Anda dan menjadikannya hemat BBM. Apalagi sejak Innova generasi reborn keluar, seakan menyajikan porsi kesenangan mengemudi yang lebih besar dibandingkan Innova sebelum reborn.

Foto kaki-kaki belakang Toyota Innova Venturer 2020

Tak ada ubahan pada kaki-kaki Innova

Sebagai informasi Kijang Innova sebelumnya sejak Innova tahun 2004 hingga 2014, kami rasakan seperti memberikan rasio 25% - 75%. Maksudnya 25% untuk pengemudi dan 75% untuk penumpang. Tetapi sejak Innova Reborn lahir di 2015 rasionya menjadi ber-ubah 50% - 50% yaitu 50% untuk pengemudi (keasyikan mengemudi), dan sisanya 50% untuk penumpang. O ya konstruksi kaki-kaki tidak ada ubahan dibanding Innova Venturer sebelumnya.

Spesifikasi Toyota Venturer 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Innova Venturer 2020.

Mesin Toyota Kijang Innova Venturer 2020

Seri mesin

Diesel: 2GD-FTV, 4-Silinder Segaris, 16 Valve, DOHC, VNT

Bensin: 1TR-FE, 4 Silinder Segaris, Dual VVT-i

Pasokan Bahan Bakar

Diesel: Common Rail Direct Injection

Bensin: Electronic Fuel Injection

Jumlah Katup

16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)

Tenaga Maksimum

Diesel: 147,5 Hp (149 PS) @ 3.400 Rpm

Bensin: 137,5 Hp (139 Ps) @ 5.600 Rpm

Torsi Maksimum

Diesel: 360 Nm (36,7 Kgm) @ 1.200 - 2.600 Rpm

Bensin: 183,4 Nm (18,7 Kgm) @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

Diesel: 2,393 cc

Bensin: 1,998 cc

Bore X Stroke

Diesel: 92,0 mm X 90,0 mm

Bensin: 86,0 mm X 86,0 mm

Pilihan Transmisi

Otomatis 6 Tingkat Percepatan ECT, Penggerak Roda Belakang

Manual 5 Tingkat Percepatan, Penggerak Roda Belakang

Rangka Toyota Kijang Innova Venturer 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm

Jarak Sumbu Roda

2.750 mm

Jarak Pijak Depan & Belakang

1.540 mm & 1.540 mm

Jumlah Tempat Duduk

7 Tempat Duduk

Kapasitas Tangki

55 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Kijang Innova Venturer 2020

Suspensi Depan & Belakang

Depan: Dual Wishbone with Coil Spring + Stabilizer

Belakang:  4-Link Rear Suspension & Lateral Road

Sistem Kemudi

Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, LSPV

Teknologi Safety Sasis

Side Impact Beam, Ladder Frame

Struktur Sasis

Monokok, IMV, C-Segment MPV

Pelek

Alloy, 17 Inch

Jenis Ban

Radial, 215/55R17

Daftar Harga Toyota Venturer 2020

Foto emblem INNOVA di Toyota Innova Venturer 2020

Varian tertinggi dibanderol nyaris Rp 500 juta

Kalau Anda ingin Innova Venturer seperti yang kami ulas ini yakni varian diesel bertransmisi otomatis, maka Anda harus siap mengeluarkan dana sebesar Rp 495.700.000 untuk memboyongnya ke garasi atau car port rumah Anda. Kalau ingin lebih murah bisa beli yang manual bermesin diesel dengan harga Rp 474.300.000. Tapi jika Anda masih merasa kemahalan, ada Innova bensin manual yang punya banderol Rp 455.500.000 untuk transmisi otomatis, dan Rp 435.500.000 untuk yang bertransmisi manual.

>>> Hanya Beda Rp 10 Juta, Pilih Toyota Venturer Atau Fortuner?

Kesimpulan Toyota Venturer 2020

Foto kesimpulan review Toyota Innova Venturer 2020

Layakkah uang Rp 500 juta digelontorkan untuk membawa pulang Venturer ini?

Layak atau tidak itu semua kembali ke Anda sebagai pembeli, tapi kami percaya harga tidak pernah bohong, uang hampir Rp 500 juta yang Anda keluarkan untuk membawanya pulang sepadan dengan yang akan Anda dapat: MPV yang kokoh karena masih mengusung ladder frame, kenyamanan yang baik, serta akselerasi yang baik dan hemat BBM. Apalagi di kelasnya bisa dibilang hanya Innova Venturer yang memiliki varian mesin diesel.

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah

Pertanyaan Sering Diajukan

Review Toyota Innova Venturer 2020: Ubahan Minimalis Dan Menawan
Review Toyota Innova Venturer 2020: Ubahan Minimalis Dan Menawan
Review Toyota Innova Venturer 2020: Ubahan Minimalis Dan Menawan
Review Toyota Innova Venturer 2020: Ubahan Minimalis Dan Menawan
Share this post:

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top