Review Toyota Hilux Invincible 50 2018 Indonesia

09/11/2018
editor rate: 4,2 user rate: 4,5
Usia boleh tua tapi tampilan masih muda, itulah Toyota Hilux Invincible 50 2018. Model terbaru ini dirancang khusus untuk merayakan usia Toyota Hilux yang sudah 50 tahun mewarnai dunia otomotif internasional. Kini tampilannya dibuat baru dengan pesona lebih sporty dan tangguh. Berikut review Toyota Hilux Invincible 50 2018.

PENGANTAR Toyota Hilux 2018

Review Toyota Hilux Invincible 50 2018 - Tentu semua orang sudah mengenal ketangguhan dari desain Pick-Up besutan pabrikan Jepang ini. Kapabilitas tangguh serta tampilan macho, menjadi sajian utama pada Toyota Hilux. Lebih daripada itu, Hilux juga dikenal akan ketangguhannya di medan-medan Off-Road, melibas jalanan perbukitan hingga pegunungan dengan mudah.

Toyota Crown Pick-Up digantikan oleh Hilux dan berubah ke kategori sedan sejak tahun 1968

Sosok Toyota Crown Pick-Up yang akhirnya beralih menjadi sedan digantikan oleh Hilux

Toyota sengaja merancang Hilux di tahun 1968 menggantikan model Pick-Up Toyota Crown, Toyota Corona dan Toyota Corona Mark II. Ketiga model tersebut dialokasikan ke kategori berbeda yakni Passenger Car khususnya sedan. Menjawab kekosongan di lini Pick-Up, Toyota menghadirkan Hilux berkode N10.

Generasi Toyota Hilux sudah meraih 8 kasta hingga kini

Generasi Toyota Hilux dari masa ke masa

Selama prosesnya Hilux terus mengalami perubahan, Toyota semakin mengerti segala kebutuhan dari peminat Pick-Up. Generasi kedua di tahun 1972  misalnya, dirancang dengan mesin lebih mumpuni dan kabin interior lebih nyaman. Perubahan demi perubahan terus dilakukan hingga meraih generasi kedelapan di tahun 2015 lalu. Generasi terbarunya ini juga sudah dihadirkan di Indonesia setelah peluncuran resminya di Thailand dan Australia.

Toyota Hilux Invincible 50 2018 kini dijual dalam versi Limited Edition hanya sebanyak 50 unit

Inilah sosok Limited Edition Toyota Hilux yang hendak kita bahas kali ini

Sebagai apresiasi akan model legendarisnya, Toyota menghadirkan Hilux versi Limited Edition 50th Anniversary. Bisa dibayangkan betapa populernya model ini mengingat total penjualan Hilux di seluruh dunia sudah mencapai 19 juta unit. Menariknya lagi, Toyota Hilux sudah memiliki rekam jejak bersejarah seperti menaklukkan medan di Kutub Utara, gunung berapi Iceland, benua Antartika hingga menduduki podium Dakar Rally Raid. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut review Toyota Hilux Invincible 50 2018.

EKSTERIOR Toyota Hilux 2018

Desain eksterior Toyota Hilux Invincible 50 2018, merupakan hasil dari kerjasama Toyota dengan Arctic Trucks. Sebuah perusahaan ternama yang berhasil menambah kapabilitas Pick-Up Hilux menjadi makin tangguh di Medan Off-Road.

Review Toyota Hilux Invincible 50 2018: Eksterior Depan

Setiap detail bodinya dibalut dengan warna hitam. Memberi kesan tegas, sejalan dengan sebutan 'Invincible’ yang mengartikan tak terkalahkan. Sisi depan dibekali fitur Rollover Bar. Selain memberi tampilan makin gagah, fitur tersebut juga mampu menawarkan keselamatan lebih.

Eksterior depan Toyota Hilux Invincible 50 2018 memiliki desain yang cukup ikonik

Eksterior depan Toyota Hilux Invincible 50 2018 sudah dilengkapi dengan lampu X-LED

Sisi Front Grille juga dibuat makin megah  dengan  aksen krom mengkilap. Sebuah tatanan ikonik yang tak terlupakan dari Hilux. Adapun sisi lampu sudah dibekali konfigurasi High-Power Vision X-LED Lights, memberi fungsi pencahayaan mumpuni meski menempuh jarak jauh dan cocok untuk segala medan.

Review Toyota Hilux Invincible 50 2018: Eksterior Samping

Esensi maskulin juga selalu ditampilkan dari sisi Fender. Tak seperti model sebelumnya, Fender depan dan belakang kini dirancang lebih berotot, memberi kesan macho ala Toyota. Di sisi lain, ukuran ban yang besar di angka 265/75 R16 juga makin menguatkan tema yang diusungnya. Bahkan, tampilannya dibalut warna Black Satin serta spesifikasi ban Goodrich All-Terrain dikhususkan untuk melahap semua medan.

Eksterior samping Toyota Hilux Invincible 50 2018 sudah dilengkapi ban Goodrich All-Terrain

Eksterior samping Toyota Hilux Invincible 50 2018 dihias maskulin dengan ban berukuran 265/75 R16

Review Toyota Hilux Invincible 50 2018: Eksterior Belakang

Kesan ikonik dari Hilux selalu tersirat dari tulisan 'TOYOTA’ berukuran besar di sisi belakang dipadu lampu klasik Taillights. Rancangan desain juga dibuat mewah dengan aksen Chrome pada kedua sisi bemper. Adapun untuk urusan pencahayaan, LED Rear Combination Lamps nampak tersemat apik menghiasi rangkaian desain bodi belakang.

Eksterior belakang Toyota Hilux Invincible 50 2018 sudah dilengkapi dengan LED Rear Combination Lamps

Eksterior belakang Toyota Hilux Invincible 50 2018 terlihat ikonik dengan lampu klasik Taillights

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Hilux 2018

Sayangnya, Arctic Trucks tidak berkontribusi pada tatanan interior Toyota Hilux Invincible 50 2018. Jika boleh dibilang, atmosfer interiornya dikemas cukup mirip dengan PaxPower Ford F-150 Raptor besutan Eropa.

Review Toyota Hilux Invincible 50 2018: Dashboard

Dominasi warna hitam juga menghiasi tatanan dashboard. Memberi nuansa serupa dengan tema awalnya 'Invincible’. Terlihat juga beberapa aksen krom mengkilap nampak menghiasi beberapa fitur-fiturnya. Sukses memberi atmosfer mewah bagi keseluruhan kabinnya.

Dashboard Toyota Hilux Invincible 50 2018 dirancang dengan tatanan ergonomis dan elegan

Dashboard Toyota Hilux Invincible 50 2018 menyuguhkan tampilan serba elegan

Hal cukup spesial dapat diamati pula dekat panel transmisi. Pasalnya, terdapat Emblem bertuliskan 'Invincible 50 - Built By Arctic Trucks’ sebagai pengusung identitasnya. Bahkan, tersemat apik balutan krom menghiasi Emblem tersebut. Memang tak dipungkiri, mobil-mobil Limited Edition sudah pasti menegaskan unsur ikonik seperti ini. Seakan menjadi pembeda spesial dibanding generasi pendahulunya.

Review Toyota Hilux Invincible 50 2018: Setir

Kendali setir Toyota Hilux sendiri tidak begitu mengalami banyak perubahan. Masih dikemas padu dengan balutan warna hitam serta aksen Silver di palang bawah. Seakan memberi keserasian dengan beberapa komponen pada dashboardnya. Menariknya lagi, sudah tersedia tombol multifungsi di kedua sisi samping seperti pengaturan audio, pengaturan panel Multi Information Display (MID) serta teknologi Cruise Control.

Review Toyota Hilux Invincible 50 2018: Kursi

Sebagai mobil Pick-Up Double Cabin, kapasitas tampung kursi Hilux terasa cukup mumpuni untuk lima orang sekaligus. Tatanan kursinya juga dibuat mewah berkat balutan kulit berkualitas, memberi kenyamanan lebih bagi seluruh penumpang dalam kabin.

Review Toyota Hilux Invincible 50 2018: Kapasitas Bak

Tak berbeda dengan model di Indonesia, generasi ke delapannya ini menerapkan dimensi panjang 1.545 mm dengan lebar 1.515 mm. Dengan Gross Vehicle Weight (GVW) di angka 2.600 Kg, Pick-Up satu ini mampu mengangkut berbagai material sumber daya alam seperti di area pertambangan dan perkebunan.

Kapasitas Bak Toyota Hilux Invincible 50 2018 memiliki dimensi panjang 1.545 mm dengan lebar 1.515 mm

Kapasitas bak Toyota Hilux Invincible 50 2018 memiliki kapabilitas GVW hingga 2.600 Kg

>>> Artikel terkait:

FITUR Toyota Hilux 2018

Dari segi fitur Toyota Hilux Invincible 50 2018 tampil dengan hal-hal canggih terutama dari segi keselamatan. Mungkin sebagian dari Anda banyak mengenal rangkaian teknologi yang disebut Toyota Safety Sense (TSS). Tersedia fitur menarik seperti memberikan notifikasi audio ketika sistem mencatat adanya potensi tabrakan (Pre-Collision System), menjaga lajur berkendara untuk tetap berada di marka jalan (Lane Departure Warning), sistem mencatat dan bisa memahami rambu-rambu lalu lintas (Road Sign Assist). Di sisi lain, Toyota Hilux versi Limited Edition ini juga sudah dilengkapi fitur hiburan yakni Infotainment GO Toyota Touch 2. Tak lupa, mobil ini juga menghadirkan teknologi Smart Entry untuk memudahkan Anda membuka mobil tanpa kunci.

Fitur Toyota Hilux Invincible 50 2018 sudah dilengkapi teknologi Cruise Control, Lane Departure Warning, Smart Entry hingga Road Sign Assist

Fitur Toyota Hilux Invincible 50 2018 sudah dilengkapi Toyota Safety Sense

>>> Untuk tak ketinggalan informasi, simak juga review menarik dari mobil-mobil besutan Toyota terbaru

OPERASI Toyota Hilux 2018

Sedangkan pada operasi mesin Toyota Hilux Invincible 50 2018, performanya masih dibekali kapasitas 2.4 Liter berkode D-4D. Menerapkan tenaga diesel, daya maksimumnya mampu meraih 150 PS dengan torsi puncak di angka 400 Nm. Performa diesel yang diklaim lebih irit daripada mesin bensin juga semakin mumpuni dengan hadirnya tombol Engine Stop/Start. Racikan mesin tersebut cukup terbilang mumpuni dengan torsi besar, mobil Pick-Up satu ini mampu melaju di area tanjakan meskipun sudah dipenuhi muatan.

Operasi mesin Toyota Hilux Invincible 50 2018 mampu meraih daya hingga 150 PS

Sayangnya, operasi mesin Toyota Hilux Invincible 50 2018 masih menerapkan sistem 4 silinder segaris

>>> Jika Anda tertarik untuk membandingkan, Anda juga bisa mengamati review kami khususnya di kategori Pick-Up

spesifikasi Toyota Hilux 2018

Sejatinya tidak ada perbedaan antara spesifikasi Toyota Hilux Invincible 50 2018 dibanding generasi ke delapannya. Hal yang diubah lebih pada tatanan eksterior hingga fitur saja.

SPESIFIKASI TOYOTA HILUX INVINCIBLE 50 2018

DIMENSI BODI

Panjang x Lebar x Tinggi

5.260 mm x 1.835 mm x 1.850 mm

Jarak Poros Roda

3.085 mm

DIMENSI BAK

Panjang x Lebar x Tinggi

1.545 mm x 1.515 mm x 450 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.4 Liter 4 Silinder Segaris D-4D Turbo

Kapasitas Silinder

2.400 cc

Daya Maksimum

148 HP / 150 PS

Torsi Maksimum

295 Lb.ft / 400 Nm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Leading/Trailing Drums

Ukuran Ban

265/75 R16

kelebihan & kekurangan Toyota Hilux 2018

Meski cukup banyak hal menarik dari mobil ini, namun Cintamobil.com juga merasakan ada beberapa hal kurang. Berikut disampaikan kelebihan dan kekurangan Toyota Hilux Invincible 50 2018.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Nuansa baru dan spesial dari sebuah Toyota Hilux

Harganya cukup mahal mengingat model ini hanya disediakan 50 unit saja (Limited Edition)

Semua fitur-fiturnya yang disebutkan sudah menjadi fitur standar dan tak perlu menambah biaya apapun

Performa mesin masih menggunakan 4 silinder segaris dan belum ada perubahan apapun

Fitur keselamatan cukup mumpuni untuk sebuah Pick-Up ‘tahan banting’

Desain interior tak mendapat rancangan khusus untuk sebuah mobil Special Limited Edition

daftar harga Toyota Hilux 2018

Mengingat model satu ini belum dirilis secara resmi, diprediksi daftar harga Toyota Hilux Invincible 50 2018 tak jauh dari kisaran $48.670 atau setara Rp. 720 jutaan. Apakah harga tersebut cukup mahal bagi Anda? Namun jangan lupa, model satu ini adalah versi Limited Edition yang dijual hanya 50 unit saja.

Video Toyota Hilux 2018

 

KESIMPULAN Toyota Hilux 2018

Sepertinya Toyota ingin memanjakan konsumennya dengan menghadirkan Hilux Invincible 50 2018. Tentu sudah pantas rasanya bagi Toyota untuk melangsungkannya, mengingat model satu ini sudah mewarnai dunia otomotif selama 50 tahun. Keseluruhan desain eksteriornya dibuat makin macho serta agresif, memboyong Arctic Trucks sebagai pengusung desainnya. Lebih daripada itu, model Limited Edition ini juga hanya dihadirkan sebanyak 50 unit saja. Usia boleh tua tapi tampilan masih garang untuk sebuah Pick-Up Trucks.

Lantas bagaimana pendapat Anda jika Toyota Hilux Invincible 50 2018 Indonesia hadir? Adakah dari Anda pecinta Hilux, penasaran untuk mencobanya mengaspal di jalanan kota? Sampaikan pendapat menarik Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Toyota All New Hilux C-Cab 2017

    Toyota All New Hilux C-Cab 2017 hadir untuk memberikan varian menengah dari lini Toyota Hilux. Berada di bawah D-Cab Double ...

    Pickup User rate: 4,5 Editor rate: 4,0
  • Preview Toyota Hilux Revo Rocco 2019

    Toyota Hilux Revo Rocco adalah penerus dari produk legendaris Toyota yang sering kita kenal sebagai Hilux. Model satu ini ...

    Pickup User rate: 4,5 Editor rate: 4,2
  • Review Toyota Hilux Single Cabin 2017

    Commercial Pick Up menjadi salah satu yang menarik saat ini, Anda dapat memilih varian sesuai kebutuhan. Seperti Toyota ...

    Pickup User rate: 4,0 Editor rate: 4,0

Cari review mobil