Review Toyota Hilux D Cab 2017, D-Cab Nan Jinak

24/05/2018

Share this post:

Toyota Hilux 2017

Editor rate:

Lihat promo

Pasti banyak orang yang enggak percaya, Toyota Hilux 2.4 V A/T 2017 adalah mobil yang mudah untuk ditaklukkan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan lebih lengkap dalam review Toyota Hilux D Cab 2017.

Review Toyota Hilux D Cab 2017, D-Cab Nan Jinak
Review Toyota Hilux D Cab 2017, D-Cab Nan Jinak
0 Gambar

Pengantar Toyota Hilux 2017

Mari kita simak spesifikasi Toyota Hilux 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin hemat

Mudah dikendalikan

Desain stylish

Kekurangan

Desain terlalu sederhana

Headlamp belum projector

Suspensi lebih keras dari varian lawas

Review Toyota Hilux D Cab 2017 - Banyak yang bilang, meng-”handle” sebuah medium dual cabin itu sulit, dan bukan mobil favorit semua orang. Hal ini wajar, dan tentunya alasan yang dikemukakan beragam. Mulai dari dimensinya yang intimidatif, terlalu banyak blind spot, hingga terlalu jangkung. Namun semua alasan tersebut Cintamobil.com tepis. Karena ternyata Toyota Hilux D Cab 2017 ini mudah untuk ditaklukkan. Nah di bawah ini review Toyota Hilux D Cab 2017.

Gambar mobil Toyota Hilux D Cab 2017 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tampilan baru mobil Toyota Hilux D Cab 2017

Eksterior Toyota Hilux 2017

Kesan macho dan gagah seakan sudah menjadi standar dari Toyota Hilux sejak pertama kemunculannya di Indonesia. Dan unit Toyota Hilux D Cab 2017 berwarna putih yang kami tes jangka menengah ini bukan pengecualian.

  • Tampak depan

Lihat saja tampilan depannya. Meski kini engine air scoop yang menandakan mobil ini menggunakan mesin berturbo sudah dihilangkan, karena posisi intercooler pindah ke bagian bawah depan. Namun secara keseluruhan

tampilan mobil ini masih gagah. Hal itu tercermin dari desain grill depan yang tebal dan seolah menyatu dengan desain lampu depannya. Logo Toyota yang besar di bagian depan juga makin menegaskan kesan macho dan gagah. Sayangnya untuk mobil seharga diatas Rp 400 juta, seharusnya PT. Toyota Astra Motor sudah mengadopsi headlamp model projector yang juga dilengkapi daytime running light.

Gambar mobil Toyota Hilux D Cab 2017 berwarna putih dilihat dari sisi depan sedang parkir di pinggir jalan

Sisi depan Toyota Hilux D Cab 2017

  • Tampak samping

Lanjut ke bagian samping mobil Toyota Hilux D Cab 2017 . Kesan macho dan gagah masih berlanjut, mulai dari tarikan headlamp samping yang berlogo embos “Hilux” hingga desain spakbor mobil yang besar. Serta ada tarikan garis yang senada dari mulai headlamp tersebut berlanjut ke pintu depan hingga bak belakang membuat kesan mobil ini maskulin dan laki banget. Tidak hanya itu, footstep berwarna hitam di bagian bawah mobil ini juga didesain ringkas dan rapi. Desain spion juga aerodinamis senada dengan desain handle pintu yang terlihat bold but streamline.

Gambar mobil Toyota Hilux D Cab 2017 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Bagian samping Toyota Hilux D Cab 2017

  • Tampak belakang

Enggak salah rasanya kalau Hiroki Nakajima, selaku Officer Toyota Motor Corporation yang juga menjadi Chief Engineer Hilux generasi kedelapan ini mengatakan jika model yang kami tes ini hadir dengan membawa fokus ke daya tahan dan ketangguhan. Hal ini terbukti juga dari desain Toyota Hilux ini. Ketika kita berjalan ke bagian belakang, Cintamobil.com juga Anda pasti setuju dengan kesan mewah namun tetap gagah dan tangguh yang terpancar dari desain pintu bak belakang Toyota Hilux. Senada dengan bagian bumpernya yang berbahan besi dan berlapis krom.

Gambar bagian belakang mobil Toyota Hilux D Cab 2017

Bagian belakang Hilux 2017

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Hilux 2017

Desain interior dari Toyota Hilux D Cab 2017 ini secara keseluruhan menyenangkan dan familiar. Bagi Anda pembaca setia Cintamobil.com yang sudah pernah merasakan kabin Toyota Corrola Altis karya desain dari Sinichi Yasui, selaku Chief Enginnner All New Corrola Altis ini pasti dapat merasakan hal serupa. Tengok saja desain dasbor yang memiliki desain melintang khas interior sedan terlaris Toyota di dunia itu. Desain ini memberi kesan mewah, lebar dan juga kokoh. 

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Hilux D Cab 2017

Sisi dashboard Toyota Hilux D Cab 2017

  • Kursi

Kenyamanan dan baiknya ergonomika dari desain kursi pengemudi dan kursi penumpang depan sangat membantu pengetesan yang Cintamobil.com lakukan terhadap Toyota Hilux D Cab 2017 ini. Pasalnya, kali ini pengetesan dilakukan dengan rute cukup panjang. Dan tester Cintamobil.com tidak mengalami keletihan yang berarti selama mengemudikan mobil ini. Ditambah lagi pengaturan jok elektris untuk kursi sisi pengemudi makin menambah kemudahan dalam mendapatkan posisi mengemudi yang pas. Sayangnya, hegemoni kenyamanan kursi depan tidak berlanjut ke kursi penumpang belakang. Posisi duduknya cenderung kaku dan legroom-nya sempit.

Gambar bagian kursi mobil Toyota Hilux D Cab 2017 dengan jok berwarna abu-abu

Kursi Toyota Hilux 2017

  • Panel Spidometer

Hal menyenangkan berikutnya pada bagian interior adalah panel spidometer. Seperti khasnya mobil Toyota kekinian, indikator panel spidometer tidak dibuat kaku dan kombinasi warna pada layar LCDnya dibuat menarik serta memanjakan mata. Seperti biasa tentu pada panel spidometer ini terdapat fuel consumption real time, average, kecepatan rata-rata, prediksi sisa bahan bakar, dan trip meter A dan B. Sayangnya pergeseran antar menu belum sehalus produk Toyota lainnya, seperti All New Toyota Kijang Innova, atau All New Fortuner yang sama basis rangkanya.

Bagian speedometer mobil Toyota Hilux D Cab 2017

Speedometer Hilux 2017

  • Ruang Penyimpanan

Dibandingkan rival sekelasnya, Toyota Hilux D Cab 2017 patut berbangga hati akan ruang penyimpanan kabinnya. Sedikitnya ada 2 laci penyimpanan tertutup didepan kursi penumpang, lalu ada console box besar dibagian tengah dan ada sedikitnya 8 buah cup holder yang dapat menjamin seluruh penumpang yang ikut dalam perjalanan tidak kehausan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Hilux 2017

Enggak hanya mengandalkan desain yang macho dan gagah. Toyota Hilux D Cab 2017 ini juga dibekali fitur-fitur yang tidak kalah canggih dan memudahkan. Hal ini tentu dimaksudkan untuk semakin memanjakan pengemudinya untuk menguasai mobil bongsor ini di medan on road maupun off-road. Karena sejatinya Toyota Hilux D Cab 2017 ini mudah untuk ditaklukkan.

  • Tombol Pengaturan Di Setir

Bagi pengemudi pemula, bukan suatu yang gampang menghandle sebuah dual cabin dengan panjang lebih dari 5 meter. Untungnya tombol pengaturan di setir seakan sudah mempermudah Anda maupun Cintamobil.com untuk menaklukan mobil ini. Tombol dikiri setir untuk mengatur head unit dan tombol dikanan setir untuk mengatur multi information display yang ada pada panel spidometer.

Gambar steering mobil Toyota Hilux D Cab 2017

Tombol pengatur di setir Toyota Hilux D Cab 2017

  • Power Mode dan Eco Mode

Dua tombol ini merupakan salah satu hal yang baru terdapat di Toyota Hilux. Utamanya sejak berganti dari mesin lawas berkode 2KD-FTV ke unit anyar 2GD-FTV. Mau menjadi pengemudi hemat atau maniak ngebut tinggal menekan tombol saja. Seketika respon gas mobil ini menjadi berbeda.

Power Eco dan Eco mode mobil Toyota Hilux D Cab 2017

Fitur Eco dan Eco Mode 

>>> Lanjut cari tahu spesifikasi mobil pick up lainnya dengan klik sini

Operasi Toyota Hilux 2017

  • Mesin

Jujur saja, Cintamobil.com cukup terkesima dengan kehalusan dari getaran mesin baru berkode 2GD-FTV ini. Lebih halus jika dibandingkan dengan unit lama. Pun begitu dengan tenaganya. Meningkat 8 dk dari mesin lama yang berkode 2KD-FTV, begitu juga dengan torsinya yang naik 57 Nm. Jadi diatas kertas, meskipun mesin baru ini kapasitasnya lebih kecil namun mampu menyemburkan tenaga sebesar 150 dk pada kitiran mesin 3400 rpm serta torsi 400 nm di rentang putaran mesin 1600-2000 rpm.

Mesin tersebut berpadu sempurna dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang perpindahan giginya cukup sigap. Memang kesigapannya tidak bisa disejajarkan dengan kopling ganda, namun setidaknya mode tiptroniknya sudah cukup membantu. Geser saja shifternya ke kanan. Di panel spidometer akan tertera angka S3, S4, S5 atau S6 tergantung komputer membaca kecepatan mobil. Artinya kode S3 berarti gigi akan ditahan antara gigi 1 sampai 3, kode S4 antara gigi 1 sampai 4, begitu juga seterusnya.

Gambar bagian mesin mobil Toyota Hilux D Cab 2017

Mesin Hilux D Cab 2017

Melaju kencang dijalan berkelok wilayah Bogor barat arah ke Rangkasbitung dengan mobil ini sangat menyenangkan. Tanjakan, turunan hingga tikungan-tikungan patah dilibas santai dengan mobil ini. Tak jarang, kami melihat lampu indikator kontrol kestabilan menyala, tanda dari salah satu ban dari Toyota Hilux D Cab 2017 ini kehilangan traksi. Namun semua tetap terasa undercontrol.

Dengan melaju cepat ala berkendara luar kota seperti itu, konsumsi bahan bakar mobil ini tetap mengesankan kami. Oh ya, kami sengaja mengisi bahan bakar solar bersubsidi untuk mengetahui seberapa hemat diesel canggihnya tahan disiksa meminum solar subsidi. Ternyata tetap masih hemat, terbukti melaju konstan di tol dengan kecepatan rata-rata 81 km/jam hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk 15,8 km. Macet di jalan dalam kota di kecepatan 18 km/jam menenggak 1 liter solar “subsidi” untuk 11,4 km. Luar biasa bukan?

Namun, semua sisi positif tersebut bukannya tanpa cela. Kami dari Cintamobil.com merasakan adanya turbo lag di kecepatan rendah. Meski tidak seberapa, namun hal ini dirasa cukup mengganggu ketika stop and go merayap di kemacetan.

  • Ride and Handling

Pengendalian dari Toyota Hilux D Cab 2017 ini tergolong cukup baik untuk kategori mobil berjenis dual cabin. Tetap terasa limbung meski tidak berlebihan. Memang pengendaliannya belum sebaik rival sekelasnya, namun hal ini masih terasa cukup. Feedback setir terasa berisi dan kondisi permukaan jalan cukup terasa hingga ke tangan pengemudi.

Bantingan suspensi belakang sama kerasnya dengan Hilux lama. Uniknya, bantingan suspensi depan di unit bermesin baru ini terasa lebih keras bila dibandingkan dengan Hilux bermesin lama. Banyak hal yang mempengaruhi perbedaan karakter bantingan ini. Disinyalir bobot mesin baru 2GD-FTV ini lebih ringan bila dibandingkan dengan mesin lawas 2KD-FTV.

Yang namanya mobil berpenggerak 4 roda pastinya harus dites juga kemampuan off-roadnya. Mengaktifkan sistem 4x4 nya juga sangat mudah. Anda tinggal memutar kenop dibawah pengaturan AC saja. Putar sekali ke kanan untuk mode 4H atau 4 high. Fitur 4H ini ditujukkan untuk cengkraman traksi maksimal pada jalanan licin. Sementara 4L alias 4 Low dapat digunakan untuk melibas tanjakan curam. Oh ya, jangan lupa tunggu sampai indikator di panel spidometer berhenti berkedip ya. Jika masih berkedip artinya sistem belum sepenuhnya mengunci.

Terbukti Toyota Hilux D Cab 2017 ini adalah dual cabin yang mudah untuk ditaklukkan dan dikendalikan.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil lainnya, silahkan klik sini

Spesifikasi Toyota Hilux 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Hilux 2017.

Dimensi/ Ukuran Toyota Hilux 2.4 V A/T 2017

P x L x T

5.285 x 1.800 x 1.810 mm

Jarak poros roda

3.085 mm

Berat

2.008 kg

Mesin Toyota Hilux 2.4 V A/T 2017

Jenis

2GD-FTV 4 silinder segaris  

Isi silinder

2.393 cc

Diameter x langkah

92,0 x 90,0 mm

Daya maksimum

150 Dk @ 3.400 rpm

Torsi maksimum

400 Nm @ 1.200 - 2.000 rpm

Rangka Toyota Hilux 2.4 V A/T 2017

Transmisi

6-Speed Automatic with Squential Mode

Suspensi depan

Double Wishbone

Suspensi belakang

Leaf Spring Rigid Axle

Rem depan

16 inch Disc

Rem belakang

Drum

Ukuran ban

265/65 R17

Daftar Harga Toyota Hilux 2017

Kalau review Toyota Hilux D Cab 2017 tanpa sebutkan harganya pasti tidak enak ya. Berikut ini harga Toyota Hilux 2017.

Tipe mobil

Harga Toyota Hilux 2.4 V A/T 2017

Toyota Hilux 2.4 V A/T 2017

Rp 454.683.000

 

Kesimpulan Toyota Hilux 2017

Apakah mobil ini pas buat Anda? Jika Anda mencari D-Cab varian termewah dengan kombinasi mesin kencang dan fitur lengkap tentu Toyota Hilux D Cab 2017 ini bukan untuk Anda. Namun jika Anda mencari double cabin yang mudah dikendalikan, mesinnya hemat dan punya layanan purna jual superior. Maka harga Rp 454.683.000 layak Anda bayarkan untuk mobil ini.

Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Suzuki Carry Pick Up 2017

06/02/2018

Editor rate:

Dalam beberapa tahun terakhir, jasa ekspedisi di Indonesia semakin tak terbendung. Tingginya permintaan atas barang dari satu daerah ke daerah lain nampaknya dimanfaatkan betul oleh Suzuki. Merek asal negeri Matahari Terbit ini meluncurkan kendaraan multiguna dalam wujud Suzuki Carry Pick Up 2017. Carry Pick Up sendiri sejatinya merupakan katalog lama yan kembali di rebot guna menyongsong pasar ekspedisi yang kian seksi. Untuk tahu lebih jelas, simaklah tulisan review Suzuki Carry Pick Up 2017.

Lihat juga

Review Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019: Tipe Termahal New Carry Pick Up

21/08/2019

Editor rate:

Inilah tipe tertinggi dari New Carry Pick Up yang dijual di Indonesia. Tipe wide deck ini menawarkan dek yang lebih lega dibanding tipe biasa. Bagaimana impresi kami mengenai mobil Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019? Ikuti terus ulasan mendalam kami mengenai mobil ini.

Lihat juga

Review Mitsubishi New Triton HDX S-Cab 4WD M/T 2019 : Pick Up Single Cabin 4x4 Terganteng Di Indonesia

22/08/2019

Editor rate:

Menurut kami, ini adalah mobil pick up single cabin terganteng di Indonesia. Enggak percaya? Coba saja Anda amati tampilan mobil ini, dan coba cari mobil pick single cabin sejenis macam Toyota Hilux, Mazda BT-50, hingga Ford Ranger. Semua tampilan mobil tersebut kalah ganteng dari mobil ini. Inilah persembahan dari kami, ulasan mendalam dari Mitsubishi New Triton HDX S-Cab 4WD M/T 2019

Lihat juga

Review Dan Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017: Pesaing Carry Dan GranMax Yang Bikin Pengemudi Pick ...

Rp. 150.000.000

13/10/2019

Editor rate:

Bisa dibilang, DFSK Super Cab adalah satu-satunya mobil niaga asal negeri Tiongkok yang berani melawan hegemoni mobil niaga asal Jepang. Inilah review dan test drive kami terhadap mobil DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2017

Lihat juga

Harga Chevrolet Colorado 2017: Pick Up Truck dengan Rasa SUV

Rp. 405.000.000

27/10/2017

Editor rate:

Chevrolet kembali mengeluarkan salah satukatalog terbaiknya di ranah pick up Truck yakni Chevrolet Colorado. Meskipun peminat mobil 4X4 ini bisa dibilang cukup segmented, pabrikan asal negeri Paman Sam itu tak gentar dan siap bersaing dengan kompetitornya macam Mitsubishi Triton, Nissan Teana dan lain sebagainya. Ada apa yang baru dari mobil ini? Silahkan bacalah tulisan review Chevrolet Colorado 2017 di bawah ini.

Lihat juga
back to top