Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

23/01/2019

Share this post:

Toyota Hilux 2019

Editor rate:

Lihat promo

Setelah beberapa waktu lalu kami mengulas mengenai Toyota Hilux Invincible 50 2018, kini saatnya kami mengulas Toyota Hilux Black Rally Edition 2019. Edisi spesial apa lagi ini?

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019
Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019
0 Gambar

Pengantar Toyota Hilux 2019

Mari kita simak spesifikasi Toyota Hilux 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin hemat

Mudah dikendalikan

Desain stylish

Kekurangan

Desain terlalu sederhana

Headlamp belum projector

Suspensi lebih keras dari varian lawas

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 - Bagi Anda yang cukup maniak menonton tontonan Top Gear seperti Tim Cintamobil.com. Mungkin pernah menonton salah satu episodenya yang berjudul Killing A Toyota. Dimana pada tayangan tersebut, presenter Top Gear lama mereka, yaitu Jerremy Clarkson dan dua presenter kocak lainnya “menyiksa” sebuah Toyota Hilux generasi ke-4 untuk membuktikan mobil itu sangat tangguh. Siksaan yang mereka bertiga lakukan pun enggak tanggung-tanggung. Hilux berkelir merah pada tayangan tersebut diceburkan ke laut, ditabrakan ke bangunan, dijatuhkan caravan, bahkan dibakar! Dan yang ajaib adalah dengan sedikit perbaikan oleh mekanik, Toyota Hilux tersebut mesinnya masih bisa menyala dan dapat berjalan! Luar biasa bukan?

Itu hanya sebagian kecil dari cerita ketangguhan Toyota Hilux. Belum terhitung lagi cerita lainnya, seperti turun di reli terganas di muka bumi yaitu reli Dakar dan tahun 2019 ini menjadi juara reli Dakar di tangan Nasser Al-Attiyah, juga cerita tentang ketangguhan Toyota Hilux yang jadi kendaraan pertama melakukan ekspedisi di kutub utara. Kendaraan yang mampu bertahan di suhu ekstrim padang pasir, hingga menjadi kuda kerja yang tangguh di berbagai pertambangan di Indonesia. Oke set back, Toyota Hilux generasi ke-8 ini pertama kali di luncurkan di Bangkok pada bulan Mei 2015 dengan nama All New Hilux Revo. Namun baru pada bulan Juli 2015 mobil berdesain ganteng ini diluncurkan di Indonesia.         

Di Indonesia All New Toyota Hilux ini hadir dalam 5 varian besar. Yaitu tipe V sebegai flagship, tipe G, tipe E dual cabin, tipe E extra cabin, dan tipe sigle cabin. Untuk tipe V, G, E, dan E extra cabin menggunakan mesin yang sama, yaitu bawaan Toyota Fortuner Diesel 2400 cc dengan kode 2 KD-FTV VNT bertenaga 144 dk. Sementara tipe single cabin pakai mesin Innova lama yaitu 1TR-FE dual vvt-i bensin dan 2 GD-FTV VNT untuk yang diesel. Namun agak disayangkan pada varian tertinggi All New Hilux ini tidak menggunakan mesin 1GD-FTV VNT 2800 cc 177 dk seperti di Thailand. Setelah beberapa waktu lalu kami mengulas Toyota Hilux edisi spesial yakni Hilux Invincible 50 2018, kini saatnya kami mengulas Toyota Hilux Black Rally Edition 2019. Hilux Black Rally Edition sebenarnya adalah Toyota Hilux 'biasa' yang diberi tambahan aksesoris TRD.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Toyota Hilux 2019

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Tampilan Depan

Tampilan depan sebuah Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 berwarna merah

Tampilan depan Toyota Hilux Black Rally edition ini sangat memukau dan maskulin

Bisa dibilang tampilan depan Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini sangat memukau dan maskulin, terdapat tambahan spion tanduk yang berfungsi untuk melihat posisi ban depan sebelah kiri, jadi ketika hendak parkir ban tersebut tidak terjerembab ke parit. Grill dan bumper depan kini juga menggunakan desain yang sama sekali baru, berbeda dengan Hilux lainnya yang dijual di belahan bumi manapun. Lampu depannya sebenarnya masih sama saja dengan Toyota Hilux yang laris manis di Thailand, sayangnya versi headlamp keren ini enggak masuk Indonesia.

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Tampilan Samping

Tampilan samping sebuah Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 berwarna merah

Sebenarnya ubahan pada tampilan samping mobil ini minim, namun aksen hitam membuat mobil ini seolah beda dengan Hilux sebelumnya

Kalau boleh jujur, sebenarnya akan sama saja tampilan samping secara keseluruhan dari Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini. Hanya saja, aksen hitam pada rumah spion, overfender, serta pelek desain baru dengan desain ala pelek aftermarket terkenal asal Amerika. Ukuran peleknya juga hanya lebih besar satu inchi bila dibandingkan dengan Toyota Hilux yang dijual di Indonesia.

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang sebuah Toyota Hilux Rally Edition 2019 berwarna merah

Tak ada ubahan berarti pada tampilan belakang Toyota Hilux Black Rally 2019 ini

Sama seperti tampilan samping, tampilan belakang mobil Toyota Hilux Black Rally 2019 ini tak ubahnya seperti Toyota Hilux pada umumnya masih tetap bold, berkesan tangguh, dan tinggi. Hanya saja handel pembuka bak belakang yang awalnya dilabur dengan kelir chrome, kini menggunakan warna hitam doff yang senada dengan tampilan samping serta tampilan depan dari mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Hilux 2019

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Layout Dasbor

Layout dasbor sebuah Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

Secara umum tidak ada ubahan berarti pada layout dasbor Toyota Hilux Black Rally 2019 ini

Begitu Anda melengok ke bagian dalam, Anda akan mendapati layout dasbor yang masih sama persis dengan pendahulunya, bahkan dari tahun 2015 belum berubah. Bahan yang digunakan untuk dasbor ini masih sebagian besar menggunakan material plastik keras. Tentu saja penggunaan bahan tersebut bukan tanpa alasan, melainkan untuk alasan durabilitas, karena Toyota Hilux umumnya digunakan untuk para pekerja lapangan yang sesekali butuh aksi sebagai city slicker.

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Layout Kursi

Layout kursi sebuah Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

5 orang penumpang dapat duduk dengan nyaman di kabin Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini

Sama seperti Hilux lainnya, pada Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini 5 orang penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman didalam kabin Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini. Sayangnya, untuk penumpang yang duduk dibelakang sepertinya harus banyak berbesar hati dan sabar, karena posisi duduknya tidak senyaman pengemudi dan juga penumpang depan. Untuk perjalanan jauh, posisi duduk yang tinggi dan sandaran yang terlalu tegak akan menyebabkan sakit pinggang.

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Cluster Indikator

Cluster Indikator pada mobil Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

Salah satu yang jadi pembeda antara Hilux yang dijual di Indonesia dengan Hilux Black Rally Edition 2019 ini adalah cluster spidometernya

Salah satu bagian yang jadi pembeda antara Hilux yang dijual di Indonesia dengan Hilux Black Rally Edition 2019 adalah cluster spidometernya. Karena pada Hilux Black Rally Edition 2019 ini menggunakan panel spidometer dengan latar putih yang mencerminkan kesan sporti. Meski isi pada multi information display yang letaknya berada diantara jarum indikator spidometer dengan takometer kami meyakini akan masih tetap sama, namun ubahan kecil ini membuat aura interiornya serasa lebih cerah dan juga sporti.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Hilux 2019

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Speaker Spesial

Audio Spesial sebuah Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini mendapat opsi penggunaan speaker khusus

Salah satu sentuhan istimewa yang ada pada Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini adalah mobil ini mendapatkan opsi penggunaan speaker khusus yang menambah kualitas reproduksi suara dari audio mobil ini. Dengan penambahan speaker ini akan membuat mengemudi sambil menyetel musik didalam mobil ini akan lebih menyenangkan serta Anda akan lebih menikati perjalanan di dalam kabin Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini.

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Aksesoris Penunjang Tampilan Dalam

Gambar menunjukkan fitur Shift Knob sebuah Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

Shift knop dengan bahan leather dan bordir TRD menambah kesan sporti dari Hilux edisi spesial ini

Ada beberapa aksesoris dengan detail menarik yang juga turut disematkan pada Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini, salah satunya ada shift knob yang dilapis dengan bahan kulit dan dilengkapi dengan bordir TRD yang membuat kesan sporti dari Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini semakin mencuat. Belum lagi ada tombol start stop dengan warna merah yang membuat mobil ini semakin mencuatkan kesan garang dan punya performa mesin yang baik, padahal biasa saja.

Gambar menunjukkan Tombol start stop sebuah Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

Tombol start/stop engine berwarna merah seakan menyiratkan bahwa Toyota Hilux ini memiliki performa yang garang, padahal biasa saja

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Aksesoris Penunjang Tampilan Luar

Gambar menunjukkan Kepet Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

Kepet berbahan plastik keras dengan emboss TRD dan berkelir merah menambah kesan sporti dari mobil ini

Selain aksesoris alias perintilan kecil di kabin, ternyata Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini juga dilengkapi dengan aksesoris penunjang tampilan luar kendaraan. Ambil contoh kepet alias mud flap warna merah dengan bahan plastik keras yang dilengkapi dengan tulisan emboss TRD serta dua buah pilihan pelek model akar atau billet yang membuat tampilan garang serta sporti dari mobil ini semakin mencuat.

Gambar menunjukkan dua mobil Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 satu dilihat dari sisi depan dan satu dilihat dari sisi belakang

Ada dua jenis pelek yang ditawarkan di Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini, model akar dan model billet serta keduanya keluaran TRD

>>> 5 Model Mobil Pick Up Terbaik Pada Tahun 2017

Operasi Toyota Hilux 2019

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 : Mesin

Gambar menunjukkan Performa sebuah Toyota Hilux Black Rally 2019

Mesin 2TR-FE dan 2KD-FTV nya juga enggak pelan-pelan amat ketika ingin diajak 'aksi'

Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini memiliki dua buah pilihan mesin yaitu bensin 2TR-FE berkapasitas 2700 cc DOHC dengan katup variabel Dual VVT-i dengan tenaga maksimum sekitar 162 Hp, serta mesin diesel dengan kode 2KD-FTV dengan kapasitas 2400 cc dilengkapi dengan turbo andalan Toyota yakni VNT dengan tenaga sekitar 144 Hp. Kalau kami boleh memberikan saran kami sangat menyarankan Anda untuk membeli versi mesin diesel saja, karena jauh lebih irit, torsi besarnya dapat diandalkan, serta akan lebih menghemat pengeluaran Anda. Mobil ini juga dilengkapi dengan ESP yang akan menjaga agar tidak melintir serta membahayakan nyawa Anda maupun orang lain.

Pengendalian mobil Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 berwarna merah

Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 di jalan

>>> Review Chevrolet Colorado High Country Storm 2019

Spesifikasi Toyota Hilux 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 terlengkap yang Cintamobil.com dapat.

Dimensi/ Ukuran Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

P x L x T

5.285 x 1.800 x 1.810 mm

Jarak poros roda

3.085 mm

Berat

2.008 kg

Mesin Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

Jenis

2GD-FTV 4 silinder segaris  

Isi silinder

2.393 cc

Diameter x langkah

92,0 x 90,0 mm

Daya maksimum

150 Dk @ 3.400 rpm

Torsi maksimum

400 Nm @ 1.200 - 2.000 rpm

Rangka Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

Transmisi

6-Speed Automatic with Squential Mode

Suspensi depan

Double Wishbone

Suspensi belakang

Leaf Spring Rigid Axle

Rem depan

16 inch Disc

Rem belakang

Drum

Ukuran ban

265/65 R18

Daftar Harga Toyota Hilux 2019

Berikut ini adalah informasi terelngkap dan terupdate tentang harga Toyota Hilux di pasar Indonesia.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA HILUX BARU

(OTR JAKARTA)

HARGA TOYOTA HILUX BEKAS

Toyota Hilux D CAB 2.5 E M/T

IDR. 409.050.000

IDR. 270.000.000

Toyota Hilux D CAB 2.5 G M/T

IDR. 430.050.000

IDR. 275.000.000

Toyota Hilux D CAB 2.5 V A/T

IDR. 468.150.000

IDR. 400.000.000

Toyota Hilux C CAB 2.5 E M/T

IDR. 346.850.000

IDR. 200.000.000

Toyota Hilux S CAB 2.0 L M/T

IDR. 213.550.000

IDR. 145.000.000

Toyota Hilux S CAB 2.5 M/T

IDR. 231.050.000

IDR. 165.000.000

Kesimpulan Toyota Hilux 2019

Gambar mobil Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 berwarna merah yang sedang parkir di tempat yang ada banyak  batu

Jika Anda ingin tampil beda dan suka model mobil Toyota Hilux, belilah Toyota Hilux Black Rally Edition 2019 ini

So, is this car for you? Jika Anda menginginkan Toyota Hiux dengan sentuhan dan rasa spesial, maka belilah mobil ini. Namun, jika Anda hanya menginginkan Toyota Hilux sebagai mobil kuda pekerja, maka belilah Hilux versi biasa saja dengan mesin diesel. Ingat, kami hanya menyarankan Anda membeli varian dengan mesin diesel.

>>> Lanjut baca artikel review mobil lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top