Review Toyota Granvia 2019: Van Mewah Menawan Harga Berteman

27/05/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
Setelah memperkenalkan Lexus LM yang super mewah beberapa waktu lalu, Toyota juga tak ketinggalan merilis van baru. Meskipun tidak semewah LM, namun Toyota Granvia 2019 akan jauh lebih murah untuk orang-orang yang menginginkan kemewahan selama perjalanan.

PENGANTAR Toyota Granvia 2019

Review Toyota Granvia 2019 - Dilansir dari berbagai sumber, Toyota akan memasarkan Toyota Granvia 2019 di Australia pada akhir tahun 2019, menandai 24 tahun sejak pertama kali mobil ini dijual di negara aslinya. Granvia akan mengisi slot yang ditinggalkan oleh Toyota Tarago, van Toyota yang dijual di Australia untuk kendaraan berukuran besar dengan kenyamanan tingkat tinggi.

generasi pertama Toyota Granvia 1995 berwarna hitam
Generasi pertama Toyota Granvia keluaran tahun 1995

Yang penting untuk diketahui, mobil ini bernama Toyota Granvia, bukan Toyota Grandia. Toyota Grandia adalah mobil van, sama seperti Granvia, dimana keduanya berbagi platform yang sama dan memiliki kemiripan dalam desain. Grandia merupakan jenis van yang dikenal di Eropa, Australia, Jepang, dan Selandia Baru.
"Dengan desain bergaya Eropa yang diilhami, kenyamanan luar biasa, kinerja yang sempurna, fitur keselamatan tingkat tinggi dan daftar janji standar yang mengesankan, Granvia baru benar-benar kata terakhir dalam penggerak orang-orang mewah,” jelas Sean Hanley, Wakil Presiden Toyota Australia untuk Penjualan dan Pemasaran. 

tampilan baru Toyota Granvia 2019 berwarna hitam
Toyota Granvia 2019 yang baru diperkenalkan di Australia

Dilihat dari sejarahnya, Granvia adalah MPV besar yang diproduksi dengan konfigurasi tujuh dan delapan kursi ,dibuat berdasarkan Toyota HiAce Powervan. Dengan pembaruan kali ini, mari kita lihat review Toyota Granvia 2019 yang sudah dihimpun oleh tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Toyota Granvia 2019

Dibuat dalam slot di tengah-tengah HiAce dan Alphard, Granvia dibuat dengan kemewahan khas Alphard namun dengan harga yang terjangkau. Hal tersebut membuat eksterior Toyota Granvia 2019 dibuat lebih ramping, lebih nyaman, dan lebih elegan daripada HiAce standar.

Review Toyota Granvia 2019: Eksterior Depan

Pada tampilan depan mobil ini terdapat gril depan dan lampu depan yang lebih keren, trim krom tambahan yang lebih mirip Alphard dibandingkan HiAce. Salah satu perbedaan mobil ini dibandingkan HiAce adalah lampu kabut yang terletak pada gril bawah. Memberikan visibilitas yang lebih baik ketika Anda berkendara di malam hari. 

eksterior depan Toyota Granvia 2019 berwarna hitam
Tampilan depan Toyota Granvia 2019

Terlihat eksterior depan Toyota Granvia 2019 memang dibuat dengan gril yang lebih besar serta aksen krom yang mengelilingi front end. Memberikan kesan yang lebih mewah dibandingkan Hiace HiAce yang terkesan kaku. Melengkapi tampilan menawan, lampu depan juga dibuat lebih sipit serta menggunakan LED, dibandingkan HiAce yang masih menggunakan lampu halogen.

Review Toyota Granvia 2019: Eksterior Samping 

eksterior samping Toyota Granvia 2019 berwarna hitam
Tampilan samping Toyota Granvia 2019

Seluruh varian Granvia mendapatkan sistem standar pintu geser dua sisi untuk memudahkan penumpang masuk dan keluar. Sedangkan versi tertinggi, eksterior samping Toyota Granvia 2019 dilengkapi dengan pintu geser listrik. Berbeda dengan HiAce yang hadir dengan leaf spring, Granvia menukarnya dengan sistem multi-link untuk pengendaraan yang lebih lembut.

Review Toyota Granvia 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang Toyota Granvia 2019 berwarna hitam

Tampilan belakang Toyota Granvia 2019

Tampilan belakang jelas terlihat mengambil inspirasi dari HiAce yang mengotak. Tetapi perbedaan yang terlihat yaitu aksen krom di bawah pintu belakang yang memberikan kesan lebih mewah pada Granvia. Hiasan lampu belakang pada tampilan belakang Toyota Granvia 2019 memberikan mobil ini hasil akhir yang lebih mencolok. Berbeda dibandingkan tampilan melebar dari Alphard, Granvia memiliki lampu belakang yang tegak lurus dengan sedikit tampilan HiAce.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Toyota Granvia 2019

Jika eksterior Granvia saja sudah menarik, tampilan mewah akan lebih terlihat ketika Anda memasuki van ini. Desain kemewahan terlihat dengan perpaduan cover kulit serta material yang dipakai dalam interior Toyota Granvia 2019. Salah satunya aksen kayu yang terlihat pada dasbor serta sistem infotainment yang sudah ditingkatkan.

Review Toyota Granvia 2019: Dasbor 

dasbor Toyota Granvia 2019 berwarna hitam
Dasbor Toyota Granvia 2019

Desain mewah bisa terlihat dari dasbor yang sedikit memberikan kesan HiAce. Jika diperhatikan dengan seksama, tata letak dasbor Toyota Granvia 2019 dinilai sama dengan HiAce. Tetapi yang membedakannya adalah Granvia sudah mendapatkan trim beraksen kayu bersama dengan material yang lebih gelap, memberikan tampilan dan finishing yang lebih mewah.

Review Toyota Granvia 2019: Kemudi 

kemudi Toyota Granvia 2019 berwarna hitam
Kemudi Toyota Granvia 2019

Pengendara Granvia bisa lebih mudah mengakses berbagai fitur di dalam mobil hanya dengan menekan berbagai tombol pada kemudi, mulai dari pengaturan audio hingga konektivitas. Kemudi Toyota Granvia 2019 memiliki desain yang hampir sama dengan versi facelift Alphard 2018, tetapi tanpa aksen krom pada bagian bawah setir. Meskipun belum dijelaskan apakah kemudi sudah dilengkapi dengan teknologi tilt & telescopic steering.

Review Toyota Granvia 2019: Kursi

Toyota memang menegaskan tampilan dan kenyamanan mewah untuk mobil ini, Disebut sebagai mobil dengan rasa “hotel bintang lima”, kursi bergaya captain seat memberikan kenyamanan yang sangat dibutuhkan di jalanan. Tak bedanya dengan Toyota Alphard yang lebih mewah. Tidak hanya mewah dan nyaman, mobil ini juga mampu menampung lebih banyak orang di dalam. 

kursi Toyota Granvia 2019 berwarna beige
Kursi Toyota Granvia 2019

Kursi Toyota Granvia 2019 yang berlapis kulit akan mampu menampung 8 orang dengan ruang kaki yang lega di dalam mobil. Ekstensi kaki listrik Ottoman pada kursi yang terdapat pada Alphard dan Vellfire juga digunakan untuk mobil ini. Untuk memudahkan Anda mengatur posisi dan kemiringan kursi, electric recliner seat sudah dipersiapkan untuk Anda.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Granvia 2019

Sean Hanley, menjelaskan, "Apakah Anda memerlukan (kendaraan) antar-jemput hotel bintang lima, angkutan perusahaan untuk eksekutif senior atau hanya kendaraan keluarga mewah, Granvia baru sesuai dengan harganya.” Pernyataan ini mengindikasikan fitur canggih yang akan diberikan pada mobil ini.
Tetapi selain pernyataan Sean tersebut, masih banyak yang belum terungkapkan dari fitur Toyota Granvia 2019. Granvia akan mendapatkan pintu samping dengan teknologi elektrik. Sedangkan sebagian besar sumber menyebutkan bahwa mobil ini akan mendapatkan sistem infotainment terbaru Toyota dengan empat port USB dan total 12 speaker. 

fitur Toyota Granvia 2019 dengan layar berwarna hitam
Fitur infotainment Toyota Granvia 2019 dengan Panoramic View Monitor

Review Toyota Granvia 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Semua model akan menampilkan serangkaian bantuan pengemudi dan alat bantu keamanan. Beberapa sistem keselamatan aktif Toyota Granvia 2019 termasuk pengereman darurat otonom dengan deteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda (di siang hari), cruise control, serta sembilan airbag yang tersebar di kabin mobil, serta kontrol jelajah adaptif. Cukup sebanding dengan kemewahan desain interior dan tampilan luar mobil ini.

>>> Jangan Asal Mewah, Perhatikan Tips Lengkap Beli Toyota Alphard 2012 Bekas

OPERASI Toyota Granvia 2019

Selain fitur, mesin menjadi komponen yang belum diketahui secara pasti. Diprediksi, sistem operasi Toyota Granvia 2019 akan mendapatkan mesin 2.8 liter yang sama dengan yang dipasang pada Toyota HiAce yang akan segera diluncurkan. Mesin tersebut akan dipasang dengan transmisi manual enam percepatan atau otomatis enam percepatan. 

mesin Toyota Granvia 2019 berwarna hitam
Mesin 2.8 liter Toyota Granvia 2019 dari HiAce 2019

Namun dengan peningkatan yang diberikan Toyota terhadap Granvia, mobil ini akan mendapatkan teknologi turbo diesel baru yang lebih hemat bahan bakar. Namun belum dijelaskan berapa konsumsi bahan bakar dari mobil mewah tersebut.

>>> Inilah 6 Riset Mahal Demi Penghematan BBM Yang Dilakukan Pabrikan

spesifikasi Toyota Granvia 2019

Meskipun sudah diluncurkan di Australia dan Taiwan, namun masih belum jelas apa saja teknologi dan spesifikasi Toyota Granvia 2019. Beberapa yang terungkap antara lain,

Dimensi Toyota Granvia 2019
Panjang x Lebar x Tinggi A/N
Kursi 8 (11 orang Maksimum)
Mesin Toyota Granvia 2019
Tipe Mesin 2.8 liter (prediksi)
Transmisi 6 Percepatan Manual dan Otomatis
Kaki-Kaki Toyota Granvia 2019
Suspensi 4-Link

kelebihan & kekurangan Toyota Granvia 2019

Sedikitnya informasi yang diberikan Toyota untuk mobil ini membuat masih belum banyak keterangan atau kejelasan kelebihan dan kekurangan Toyota Granvia 2019. Beberapa hal yang bisa dilihat dari van terbaru Toyota ini adalah,

Kelebihan Kekurangan
Harga yang lebih murah dibandingkan Alphard Belum ada kejelasan tentang spesifikasi detail mobil ini
Tampilan mewah dengan harga yang terjangkau Apakah akan menemukan pangsa pasar yang cukup signifikan atau hanya menjadi pelengkap?
Bertabur fitur keselamatan tingkat tinggi milik Toyota  

daftar harga Toyota Granvia 2019

Sementara harga Toyota Granvia 2019 belum diumumkan, banyak yang memprediksi mobil ini akan berkisar antara AU$50.000 (sekitar Rp500 jutaan) hingga AU$70.000 (sekitar Rp700 jutaan). Harga yang relatif lebih mahal dibandingkan varian terendah dari Toyota Tarago. Jika dibawa ke Indonesia, kemungkinan besar Granvia akan dibuat lebih murah dari Toyota Alphard yang dijual mulai dari Rp961 jutaan.

>>> Klik sini untuk melihat daftar semua mobil Toyota dijual di pasar Indonesia

Video Toyota Granvia 2019

Mengandalkan tagline “Luxury Time”, mobil ini akan menjadi van mewah dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Alphard. Belum dipasarkan, namun kita bisa melihat tampilan mewah dan teknologi canggih mobil ini dari video Toyota Granvia 2019 berikut ini.

KESIMPULAN Toyota Granvia 2019

Meskipun Toyota belum menunjukan detail lengkap mobil ini, namun mobil ini sudah tampilan mewah dan kenyamanan tingkat tinggi dari kursi berlapis kulit serta teknologi ottoman. Sistem infotainment diprediksi akan lebih canggih dibandingkan HiAce dengan mesin 2.8 liter bertenaga diesel yang efisien. Pengendaraan juga dibuat semakin mulus dengan suspensi multi-link.

Toyota Granvia 2019 berwarna hitam di tengah kota

Desain mewah yang dipancarkan oleh Toyota Granvia 2019

Toyota Granvia 2019 terbaru akan dipasarkan di Australia sebelum akhir tahun untuk menggantikan Toyota Tarago yang tidak akan diproduksi lagi. Dipersembahkan sebagai “penggerak delapan kursi mewah yang ditujukan untuk perhotelan, perusahaan, dan keluarga”, Granvia akan mengisi tempat yang lebih tinggi dari HiAce, namun tetap di bawah Alphard.

>>> Simak juga review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil