Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

09/04/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Meramaikan persaingan kelas GT4, Toyota Gazoo Racing (TGR) menghadirkan varian balap dari generasi Supra teranyar, yakni Toyota GR Supra GT4 Concept 2019. Seperti apa tampilan salah satu bakal calon penantang kategori balap grand touring (GT) entry-level ini?

PENGANTAR Toyota Supra 2019

Gambar menunjukkan produk akhir Toyota GR Supra

Toyota lebih dulu menampilkan GR Supra balap sebelum produk jalanannya

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 - Dimulai dari kejuaraan GT4 European Series 2006, kategori GT4 kian menarik perhatian banyak pabrikan dunia untuk membuat mobil untuk para pembalap dan tim privat. Sejak pertama kali bergulir, kelas ini telah melombakan berbagai model mobil yang telah dimodifikasi sesuai standar keselamatan FIA, badan balap dunia. Kini, beberapa mobil seperti BMW M4 GT4, Mercedes-AMG GT4, dan Porsche Cayman GT4 Clubsport MR meramaikan persaingan balap di berbagai kawasan, termasuk Asia.

Sesuai dengan yang telah disebut di bagian awal, entry-level, mobil-mobil GT4 tidak banyak mendapat modifikasi. Hampir semuanya serba standar, mulai dari mesin, girboks, serta bentuk bodi. Tentu masih ada sayap belakang serta bilah-bilah sayap kecil di depan dan livery balap. Banyak orang sepakat tunggangan balap ini bisa dipakai untuk track day, mengingat Anda pun bisa memilikinya, selama punya uang cukup.

Sayangnya belum banyak pabrikan Jepang yang melirik kelas ini. Tercatat baru Nissan, Mazda, dan Toyota masing-masing mempunyai 370Z GT4, Miata MX-5 GT4, dan GT86 GT4 yang justru lebih sering berlaga di Benua Biru. Kebanyakan memilih fokus di tingkat lebih senior dengan produk seperti Nissan GTR GT3, Lexus RC F GT3, dan Honda NSX GT3.

Memanfaatkan berbagai keunggulan Supra teranyar, Toyota menampilkan wujud awal dari GR Supra GT4 Concept yang digadang-gadang sebagai penerus dari GT86 balap. Mari kita mulai reviewnya dari bagian eksterior!

EKSTERIOR Toyota Supra 2019

Mengacu pada regulasi Stéphane Ratel Organisation (SRO) selaku promotor, perubahan bodi tidak boleh terlalu signifikan, pun halnya dengan Toyota GR Supra GT4 Concept 2019.

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Bagian Depan

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 : Gambar menunjukkan bagian depan Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Tidak terlalu berbeda dengan versi komersialnya

Unit yang diumumkan perdana pada event Geneva Motor Show 2019 itu memadukan tiga warna utama, merah, silver, dan putih. Ketiganya membentuk pola belah ketupat asimetris, dengan merah sebagai warna dominan. Tidak ada tambahan apapun selain front skirt hitam dari serat karbon, towing hook di bagian kiri, serta tentu saja livery ala Toyota Gazoo Racing.

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Bagian Samping

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Gambar menunjukkan bagian samping Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Sentuhan balap mulai terasa di bagian ini

Beralih ke samping, barulah kita melihat lebih banyak modifikasi. Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 memakai pelek OZ five-hole 11x18 inci dipadu dengan ban Pirelli P Zero. Kedua produk tersebut juga dipercaya oleh pabrikan lain pada mobil GT4 mereka. Bagian kaca diganti dengan bahan lain, sepertinya polikarbonat, dilengkapi dengan jendela kecil geser untuk keluar masuk tangan pembalap. Dilihat dari samping, sayap spoiler GR Supra GT4 berbentuk persegi panjang, tanpa ada aero tambahan.

Bila di bagian depan warna dominannya merah, pada sisi samping corak paling menonjol adalah putih. Nomor pembalap berlokasi di pintu, bersebelahan dengan nomor. Desain angka pembalap ini bervariasi, tergantung kejuaraan yang nantinya akan diikuti.

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Bagian Belakang

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Gambar menunjukkan bagian belakang Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Sepertinya Toyota memasang knalpot custom

Kesan sporty pada versi komersial GR Supra makin diperkuat dengan hadirnya spoiler berbahan serat karbon. Logo Toyota tersemat di tengah dua buah bentuk oval, yang belum diketahui fungsinya. Bagian bumper tidak terdapat perubahan apapun selain towing hook di sebelah kanan. Bila kita lihat lebih dekat, knalpotnya lebih ramping dibanding dengan versi jalan rayanya. Warna khas Toyota Gazoo Racing masih terlihat, dengan warna mayoritas hitam dan silver. Terdapat corak segitiga meruncing ke sebelah kiri.

>>> Baca juga: 

INTERIOR Toyota Supra 2019

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Gambar menunjukkan interior Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Belum banyak detail mengenai interiornya

Sama seperti balap mobil berbasis model jalan raya lain, keselamatan di interior menjadi perhatian utama. SRO mewajibkan pemasangan roll-cage untuk meningkatkan kestabilan mobil saat digeber. Begitu membuka pintu kiri Toyota GR Supra GT4 Concept 2019, kita akan disambut oleh dua rollbar hitam-putih serta jok balap OMP. Material jok terbuat dari serat karbon, dengan bagian dudukan beralaskan kain. Setir palang tiga OMP dengan teknologi hidrolik elektrik serta rack dan pinion akan menunjang pembalap sesuai dengan standar FIA.

Terdapat layar di bagian kanan pengemudi, sepertinya untuk menampilkan informasi kondisi mobil. Namun belum dipastikan apakah head unit tersebut akan diikutsertakan di produk akhir, mengingat unit GT4 dari merek lainnya tidak memiliki fitur tersebut. 

>>> Mungkin Anda juga tertarik: 

FITUR Toyota Supra 2019

Meski memiliki bodi beragam, seluruh mobil yang ingin mendapat homologasi GT4 wajib memenuhi berbagai persyaratan, termasuk soal keselamatan. Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 juga menyertakan alat pemadam kebakaran sebagai pertolongan pertama bila api menyala saat balapan.

Tangki bahan bakar berteknologi fast refueling system telah disertifikasi oleh FIA, dengan kemungkinan kapasitas tidak jauh dari angka 110 liter, seperti mobil lainnya. Keunggulan ini mungkin menjadi daya tarik tim-tim GT4 yang ingin berlaga di balap ketahanan, seperti 24 H GT Series. 

>>> Kepala Teknik Toyota: Toyota Supra Bisa Tembus 7:40 di Trek Legendaris Nürburgring

OPERASI Toyota Supra 2019

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 : Gambar menunjukkan mesin Toyota GR Supra

Spek mesin tidak berbeda dengan mobil jalanannya, sesuai aturan GT4

Kapasitas mesin Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 ‘hanya’ 2.998 cc, selevel dengan BMW M4 GT4. Kami bilang hanya karena kompetitor lain seperti Porsche Cayman GT4 CS MR dan McLaren 570S GT4 memakai dapur pacu berkapasitas hingga 3.800cc. Namun dengan tambahan turbo, penantang GT4 teranyar Toyota itu rasanya akan mampu bersaing dengan mobil lainnya.

Belum banyak data mengenai performa puncak mobil ini. Pastinya semua sistem operasi dan fitur memenuhi standar regulator balap dunia FIA supaya bisa bertanding di berbagai kejuaraan. Geser ke bawah untuk info lebih lengkap.

>>> Setelah Generasi Kelima, Toyota Supra TRD Concept Dikembangkan TRD Jepang

spesifikasi Toyota Supra 2019

Berikut spesifikasi dari Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Spesifikasi Bodi Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Panjang

4.460mm

Lebar

1.855mm

Tinggi

1.250mm

Berat

-

Konstruksi

Baja dengan roll cage

Diffuser depan

Serat karbon komposit

Sayap Belakang

Serat karbon komposit

Tangki Bahan Bakar

Spek balap dengan fast refuelling system

Jok pembalap

OMP, standar FIA

Spesifikasi Mesin Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Tipe

In-line six-cylinder, single twin-scroll turbocharger

Kapasitas

2,998 cc

Tenaga puncak

-

Torsi maksimal

-

Transmisi

Otomatis, rear-wheel drive

Differential

Limited slip, spek balap

Driveshafts

Spek balap

Spesifikasi Kaki-Kaki Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Multilink

Coil Spring, Shock Absorber, Anti-Roll Bar

Spek balap

Setir

Electro-hydraulic, rack dan pinion

Rem

Brembo racing

Pelek

OZ five-hole 11 x 18 inci

kelebihan & kekurangan Toyota Supra 2019

Ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota GR Supra GT4 Concept 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing, divisi balap dengan pengalaman di WEC dan WRC

Belum teruji di lintasan

Teknologi fast refuelling system cocok untuk tim yang ingin berlaga di balap ketahanan

Butuh upaya lebih untuk meyakinkan tim, mengingat GT86 GT4 pun kurang banyak dipakai

daftar harga Toyota Supra 2019

Belum ada informasi resmi soal harga. Berkaca dari mobil GT4 lainnya, Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 kemungkinan akan dibanderol dengan harga EUR 150-200 ribu (setara Rp 2,4-3 miliar). Biasanya akan ada opsi membeli bodykit saja, di kisaran EUR 30.000 (setara Rp 480 juta), terutama bila Anda sudah memiliki versi komersialnya seharga $54.920 (setara Rp 772 jutaan, belum termasuk berbagai biaya tambahan). 

>>> Klik sini untuk update infromasi terbaru tentang harga dan promo mobil Toyota lainnya

Video Toyota Supra 2019

KESIMPULAN Toyota Supra 2019

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Gambar menunjukkan komparasi GR Supra dengan  GR Supra GT4 Concept

Mungkinkah masuk ke Indonesia?

Langkah pabrikan asal Perfektur Aichi untuk menonjolkan kesan balap pada GR Supra semakin mantap dengan kehadiran Toyota GR Supra GT4 Concept 2019, setelah sebelumnya merilis GR Supra Concept, GR Supra Super GT Concept, dan Supra Xfinity Series. Ini juga sekaligus bisa menjadi cara Toyota untuk melebarkan sayap di dunia customer racing yang didominasi oleh produk-produk Eropa. Masih belum ada kejelasan mengenai waktu penjualan, karena menunggu feedback dari GMS yang menjadi tes event untuk menarik minat calon pembeli.

Kami juga berharap bila isu kehadiran Toyota GR Supra ke Indonesia menjadi kenyataan, Toyota Team Indonesia bisa meminangnya untuk dijadikan salah satu senjata, meski rasanya agak mustahil untuk berlaga di ajang dalam negeri. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil di Cintamobil.com

Wisnu Setioko
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

  • Review Audi RS5 DTM 2019

    Setelah kepergian Mercedes-Benz di ajang balap DTM, BMW seolah hanya memiliki satu brand sesama Jerman yang menjadi rival mereka, ...

  • Review Ford GT 2017

    Inilah salah satu mahakarya Ford di dunia. Sebuah mobil dengan desain yang abadi, bahkan untuk generasi pertamanya yang lahir pada ...

  • Review Toyota Supra 2019: Legenda Toyota Tiba ke Indonesia

    Setelah sekian banyak tahun menunggu, para penggemar Toyota Supra bisa berbangga hati di tahun 2019. Pasalnya, Detroit Auto Show ...

  • Review Honda NSX 2019

    Memasuki tahun ketiganya di pasaran Honda NSX 2019 (atau dipasarkan di Amerika Utara dengan nama Acura NSX) akan mendapatkan facelift ...

  • Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

    Dalam dunia Racing Competition (RC), Nissan Leaf Nismo RC menjadi wajah masa depan. Setidaknya, ia menjadi sosok perintis pertama di ...

Cari review mobil