Review Toyota GR Super Sport Concept 2018

28/06/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,5
Terbukanya kelas Hypercar sebagai 'masa depan' LMP1 di keluarga FIA World Endurance Championship (WEC) sukses meningkatkan minat para pabrikan otomotif yang ingin berlaga di ajang balap ketahanan ini. Toyota menjadi salah satu brand yang berkomitmen ikut dalam ajang ini menggunakan mobil konsep Toyota GR Super Sport Concept 2018. Apa hebatnya mobil konsep ini?

PENGANTAR Toyota GR Super Sport Concept 2018

Review Toyota GR Super Sport Concept 2018 - Masa depan ajang balap ketahanan dunia, FIA World Endurance Championship (WEC), kini memiliki harapan baru. Setelah selama 2 tahun terakhir ajang WEC memiliki kelas tertinggi, LMP1 (Le Mans Prototype 1), yang bisa dikatakan memasuki momen senjakala sejak tahun 2017 akibat hengkangnya Porsche dari kelas tertinggi ajang balap ketahanan tersebut. Alhasil selama musim balap 2018 dan 2019 hanya ada satu pabrikan otomotif (Toyota Gazoo Racing) dengan beragam tim privateer yang bermunculan dan saling beradu di atas trek balap.

Atas dasar hal tersebut, FIA bersama ACO (Automobile Club de l'Ouest) akhirnya mencetuskan kelas Hypercar yang akan menjadi kelas tertinggi di segmen WEC. Secara spesifikasi kelas Hypercar dirancang demi membuat ajang balap WEC termasuk salah satunya 24 Hours of Le Mans menjadi lebih menarik di musim balap 2020/2021. Persaingan antara tim pabrikan dan tim privateer akan lebih menantang karena regulasi kelas Hypercar karena berdasarkan dua basis, yakni mobil prototype yang dibuat menjadi hypercar, atau mobil hypercar jalan raya (minimal produksi 20 unit/2 tahun).

Gambar yang menunjukan petinggi Toyota sedang memperkenalkan mobil baru Toyota GR Super Sport

Perkenalan Toyota GR Super Sport Concept di tahun 2018

Toyota sebagai salah satu kampiun di ajang World Endurance Championship, serta sudah 2 kali juara berturut-turut kuasai 24 Hours of Le Mans (tahun 2018/2019 dan 2019/2020) memilih menggunakan opsi basis pertama. Terlebih pada tahun 2018, tepatnya pada ajang Tokyo Auto Salon, Toyota sudah memperkenalkan Toyota GR Super Sport Concept, kreasi mobil balap konsep yang diklaim 'ramah' digunakan di jalan raya. Berkenaan dengan regulasi Hypercar yang baru lahir, Toyota pun langsung memaksimalkan potensi sang mobil konsep agar bisa menjadi jagoan Toyota Gazoo Racing saat berlaga di ajang WEC 2020 mendatang. 

Seperti apa konsep dari mobil balap Toyota yang akan dipercaya mewakili pabrikan otomotif asal Jepang ini di ajang balap ketahanan WEC? Simak ulasannya dalam review Toyota GR Super Sport Concept 2018 di Cintamobil.com

EKSTERIOR Toyota GR Super Sport Concept 2018

Review Toyota GR Super Sport Concept 2018 : Eksterior Depan

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota GR Super Sport Concept 2018 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Penampilan eksterior depan Toyota GR Super Sport Concept 2018

Penampilan depan Toyota GR Super Sport Concept 2018 mengedepankan pendekatan desain yang cukup agresif. Seluruh area fascia depan menjadi area intake dengan grille model honeycomb yang cukup bisa memperlihatkan lekuk panel yang akan mengatur aliran udara yang masuk ke dalam grille tersebut. Untuk alasan aerodinamika pula tersedia front splitter depan dengan bentuk lebar nan pipih, dipadukan adanya carbon fibre winglets yang menyatukan posisi splitter dengan fender depan dan berfungsi pula sebagai pendukung aerodinamika.Dan untuk kebutuhan headlight, diperkirakan akan ada di posisi fender depan dengan format hexagonal.

Review Toyota GR Super Sport Concept 2018 : Eksterior Samping

Gambar sebuah mobil Toyota GR Super Sport Concept 2018 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Penampilan eksterior samping Toyota GR Super Sport Concept 2018

Dari sisi samping, Toyota GR Super Sport Concept 2018 bermain desain cukup menarik dengan konsep sidepod yang ditutup oleh panel dari fender depan. Konsep windshield juga seolah menyatu dengan kaca pintu samping agar terlihat lebih futuristik. Dan demi alasan aerodinamika, pada bagian engine cover belakang terdapat panel shark fin yang menyatu sampai ke area rear spoiler, dan memiliki beberapa titik air scoop. Adapun untuk pelek menggunakan pelek 18 inci dibalut ban slick khusus balap dengan ukuran besar 330/710R18

Review Toyota GR Super Sport Concept 2018 : Eksterior Belakang

Gambar sebuah mobil Toyota GR Super Sport Concept 2018 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Penampilan eksterior depan Toyota GR Super Sport Concept 2018

Keselerasan desain dari fascia depan terasa ke buritan belakang. Hal ini terlihat dari adanya grille belakang berdesain honeycomb dan memiliki taillight di sisi kiri dan kanan. Untuk diffuser dirancang dengan ukuran sangat masif dan juga menjadi tempat untuk sistem tailpipe bersemayam. Untuk bagian atas dari buritan belakang terdapat rear wing yang memiliki desain low drag dan cukup pipih, serta memiliki penyangga yang menyatu dengan area fender belakang. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota GR Super Sport Concept 2018

Gambar dua orang yang sedang duduk di dalam kabin kursi Toyota GR Super Sport Concept 2018

Kabin Toyota GR Super Sport Concept 2018 memiliki ruang yang cukup untuk 2 orang

Berdasarkan video uji test di Fuji Speedway baru-baru ini, terlihat konsep kabin yang diperkirakan akan digunakan oleh Toyota GR Super Sport Concept 2018 untuk ajang balap WEC musim 2020/2021 nanti. Seluruh area kabin akan dikemas dengan unsur carbon fibre, dengan format jok 2 seat yang diperkirakan akan bisa dilepas-pasang sesuai mobil balap LMP1, dan pastinya memiliki sistem seatbelt layaknya standar mobil balap ketahanan yang diregulasi oleh FIA dan ACO.

Gambar menunjukkan desain bagian dashboard Toyota GR Super Sport Concept 2018

Dashboard Toyota GR Super Sport Concept 2018

Menariknya adalah pada video Toyota Gazoo Racing ini, setir yang digunakan tidak seperti setir balap LMP1 betulan. Hanya sebuah setir dengan tombol sederhana saja, serta di baliknya terdapat paddle shift. Justru yang menarik adalah di central cluster, dimana terdapat beragam tombol layaknya tombol pengaturan settingan mobil dan telemetri, yang semestinya ada di setir balap sepenuhnya ada di area tersebut. Bersamaan dengan posisi tombol pengaturan tersebut hadir citra visual dari rear camera yang ditampilkan dalam layar display berukuran kompak.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota GR Super Sport Concept 2018

Gambar menunjukkan bagian sasis Toyota GR Super Sport Concept 2018

Sasis dan suspensi Toyota GR Super Sport Concept 2018

Toyota GR Super Sport Concept 2018 memerlukan bobot super ringan agar bisa menjadi mobil balap super cepat. Alhasil seluruh body panel menggunakan carbon fibre yang dipadukan carbon fibre tub sebagai sasis dari mobil ini, dan keseluruhan komponen ini beserta elektrikal dan mesin hanya menghasilkan berat sebesar 875 kg.

Untuk kebutuhan balap, Toyota mengembangkan format suspensi double wishbone dengan pushrod-activated dampers, torsion bar springs, dan anti-roll bars  Menariknya untuk sistem power steering masih bersifat hidrolik belum elektrik, dan untuk sistem pengereman sudah menggunakan Carbon Ceramic Brake berukuran 380mm carbon discs dengan 6-piston caliper di roda depan dan belakang. 

>>> Klik sini untuk cek harga dan promo mobil Toyota lainnya

OPERASI Toyota GR Super Sport Concept 2018

Gambar menunjukkan bagian Mesin dari sebuah mobil Toyota GR Super Sport Concept 2018 berwarna putih

Desain mesin yang tersemat pada carbon fibre tub Toyota GR Super Sport Concept 2018

Mesin yang digunakan pada Toyota GR Super Sport Concept 2018 menggunakan mesin yang sama persis dengan mobil balap pemenang 24 Hours of Le Mans tahun 2018 dan 2019, yakni Toyota TS050 Hybrid. Mesin yang digunakan ialah Toyota Hybrid System-Racing (THS-R) dan mesin 2.4 liter V6 twin-turbo yang dipadukan sehingga menghasilkan figur performa 1000 hp (735 kW). Seluruh tenaga disajikan ke semua roda karena pada roda depan terdapat motor elektrik yang bekerja simultan dengan mesin pembakaran internal. Untuk sistem transmisi Toyota GR Super Sport Concept 2018 menggunakan 6-percepatan sequential dan pada rear axle terdapat mechanical limited slip differential.

>>> Mobil Konsep Toyota GR Super Sport Meriahkan Le Mans 24 Jam 2018 di Prancis

KESIMPULAN Toyota GR Super Sport Concept 2018

Keberadaan Toyota GR Super Sport Concept 2018 dipercayai menjadi salah satu cara kontinuitas dari Toyota Gazoo Racing untuk bisa mempertahankan spirit Toyota TS050 Hybrid di ajang balap FIA World Endurance Championship di musim balap 2020/2021 nanti. Terlebih dengan jam terbang yang sudah teruji, bukan tidak mungkin mobil ini akan menjadi pesaing kuat di kelas Hypercar yang kini sudah dikonfirmasi akan diikuti pula oleh Aston Martin Valkyrie, dan akan menyusul mobil balap dari pabrikan otomotif lainnya yang siap berlaga di ajang balap ketahanan paling bergengsi ini. 

Video ujicoba Toyota GR Super Sport Concept 2018 bisa disimak di bawah ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

HAFIZH FAUZAN
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil