Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Awal Popularitas SUV Toyota

30/05/2020

Share this post:

Toyota Fortuner 2005

Editor rate:

Rp 140.000.000

Daftar Harga Toyota Fortuner Terbaru Lihat promo

Sejak pertama kali diperkenalkan, Toyota Fortuner langsung menjelma menjadi SUV populer di Indonesia. Kali ini, kita kupas apa saja yang ditawarkan oleh Toyota Fortuner 2005.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Awal Popularitas SUV Toyota
Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Awal Popularitas SUV Toyota
0 Gambar

Pengantar Toyota Fortuner 2005

Mari kita simak spesifikasi Toyota Fortuner 2005 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin yang bertenaga
Banyak pilihan mesin
Ground clearance tinggi
Sparepart mudah ditemukan

Kekurangan

Pengendalian yang cenderung limbung
Boros bahan bakar
Redaman suspensi keras
Baris ketiga sempit

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005 - Toyota Fortuner, atau dikenal juga dengan Toyota SW4, merupakan medium SUV yang dikembangkan dari platform pick up Toyota Hilux. Fortuner merupakan bagian dari IMV Project milik Toyota di Thailand, termasuk Hilux dan Kijang Innova di Indonesia. Karena itu, Toyota Fortuner 2005 berbagi platform yang sama dengan Kijang Innova keluaran tahun 2004.

Sebelumnya Fortuner diimpor secara utuh dari Thailand. Popularitasnya yang meningkat membuat Toyota akhirnya memproduksi Fortuner secara CKD di Indonesia sejak tahun 2007. Di awal kemunculannya, Fortuner merupakan penantang abadi dari Ford Everest yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Meningkatkan pamor SUV membuat pabrikan lain mulai memasarkan SUV mereka sendiri.

mobil bekas Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna hitam
Desain awal dari Toyota Fortuner 2.7L 2005

Hingga muncullah medium SUV lainnya semisal Mitsubishi Pajero Sport atau Isuzu MU-X. Dan Fortuner pun mengalami perkembangan dengan menawarkan facelift pada tahun 2008 dan yang kedua pada tahun 2011. Kali ini, mari kita simak review Toyota Fortuner 2.7L 2005 yang menjadi cikal bakal popularitas Fortuner di Indonesia.

Eksterior Toyota Fortuner 2005

Ketika pertama kali diperkenalkan, tampilannya terkesan macho dan maskulin dengan bodi yang berotot. Sayangnya dari segi eksterior, bodinya terasa sangat besar dan jadul dibandingkan dengan edisi terbarunya.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Eksterior Depan

Tampilan berototnya langsung terlihat ketika menilik mobil ini dari bagian depan. Karena badannya yang terbilang besar, maka Toyota harus menambahkan spion tanduk pada bagian kap mesin sebelah kiri untuk membantu Anda melihat bagian samping mobil. Mengingat fitur blind spot monitor masih cukup langka kala itu.

tampilan depan Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna hitam
Tampilan depan Toyota Fortuner 2.7L 2005

Dengan grille yang besar serta lampu yang hampir sama besar dengan grille-nya membuat fascia depan Fortuner terkesan sangat lebar. Pada bumper bawah terdapat lampu kabut serta kisi-kisi tambahan untuk mengalirkan udara ke dalam mesin. Pelengkap tampilan khas SUV-nya adalah skid plate yang akan menjaga bagian depan mobil dari benturan ketika berkendara.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Eksterior Samping

Dari sisi samping, terlihat panjang Fortuner generasi pertama mencapai 4,7 meter. Membuatnya terkesan bongsor dibandingkan SUV lainnya. Belum lagi tampilan bahu yang besar dilengkapi dengan roof rail untuk membantu Anda untuk menempatkan roof rack atau roof box agar dapat membawa barang bawaan tambahan di atas atap. Tak melulu polos, ada sedikit aksen chrome menghiasi spion samping dan handle pintu.

tampilan samping Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna hitam
Tampilan samping Toyota Fortuner 2.7L 2005

Dibuat untuk membantu Anda berkendara di jalanan bergelombang, ground clearance termasuk yang tertinggi di kelasnya sebesar 220 mm. Karena itu, ada footstep pada sisi samping untuk membantu Anda masuk ke dalam mobil yang terbilang tinggi ini.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Eksterior Belakang

Kesan bongsor sangat terasa pada bagian belakang mobil ini. Bagian atas dilengkapi dengan spoiler serta wiper belakang. Lampu belakang masih besar dan sebagian berada pada pintu bagasi. Lantai bagasi cukup tinggi, sehingga sedikit menyulitkan ketika Anda akan memasukkan barang bawaan yang berat ke dalam mobil ini.

tampilan belakang Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna hitam
Tampilan belakang Toyota Fortuner 2.7L 2005

Tidak menggunakan tampilan belakang gaya tusuk konde, Anda bisa menemukan ban serep pada bagian bawah bodi belakang. Cukup praktis, mengingat Fortuner memiliki ground clearance yang cukup tinggi.


Interior Toyota Fortuner 2005

Untuk mobil berumur 15 tahun, tampilan interior Toyota Fortuner memang tak terlalu jadul. Tetapi keluhan sebagian pengguna selain kualitas interior yang terlihat biasa adalah kesamaannya dengan Toyota Innova Tipe V. Kabin Fortuner juga mendapatkan warna beige untuk menghadirkan kesan yang lebih lega.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Dashboard

Dashboard masih menggunakan material plastik keras dengan dua warna; warna gelap pada bagian atas dipadukan dengan warna beige yang senada dengan warna interior. Pada bagian tengah terdapat head unit 2DIN yang cukup mewah untuk mobil keluaran tahun 2000-an. Anda bisa memutar radio dan musik serta pengaturan AC yang sudah digital.

dashboard Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna beige
Dashboard Toyota Fortuner 2.7L 2005

Beralih ke bawah, tampilan konsol tengah terlihat biasa, masih berlapis kulit layaknya tuas persneling kala itu. Melengkapi tampilan depannya ada armrest yang bisa dibuka untuk menyimpan barang-barang bawaan seperti dompet atau smartphone Anda.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Setir

setir Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna beige
Setir Toyota Fortuner 2.7L 2005

Desain kemudi yang digunakan pada Fortuner menggunakan setir palang empat yang masih terlihat jadul. Hanya saja Fortuner sudah mendapatkan kemudi multi fungsi dengan beberapa tombol pengaturan untuk memudahkan Anda mengatur beberapa fitur di dalam mobil. Demi rasa berkendara yang lebih baik, kemudi Fortuner sudah mendapatkan fitur tilt, walaupun belum telescopic.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Kursi

Meskipun dimensinya yang bongsor, ruang kabin Fortuner generasi pertama tidak lebih luas dibandingkan Innova. Kenyamanan di dalam kabin cukup baik, walau dengan ruang kaki dan ruang kepala baris ketiga yang tak terlalu lapang.

kursi Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna beige
Kursi Toyota Fortuner 2.7L 2005

Varian tertinggi sudah dilengkapi dengan jok berlapis kulit serta pengaturan elektrik bagi kursi pengemudi, khusus varian 4x4. Tapi masalah lain yang perlu dipertimbangkan adalah akses masuk ke dalam kabin yang tinggi. Karena itu Toyota memberikan footstep bagi mobil ini.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Bagasi

bagasi Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna beige
Desain bagasi Toyota Fortuner 2.57L 2006

Memiliki fitur yang sama membuat kapasitas bagasi Fortuner hampir sama dengan Toyota Innova. Memang tak terlalu luas, tetapi tak bisa dibilang sempit dibandingkan pesaingnya. Jika Anda ingin menambah ruang bagasi, Anda bisa melipat kursi belakang. Bukan ke depan, tetapi ke samping layaknya Kijang Innova 2004.

Fitur Toyota Fortuner 2005

Fitur yang ditawarkan tentu saja masih sedikit dibandingkan Fortuner generasi kedua. Generasi pertama yang diimpor langsung dari Thailand masih menggunakan head unit 2DIN yang mampu memutar kaset dan CD serta radio. Edisi head unit dengan layar sentuh baru ditambahkan pada facelift Fortuner beberapa bulan setelahnya.

fitur AC Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna abu-abu
Fortuner 2.7L sudah mendapatkan pengaturan AC digital

Namun Fortuner sudah mendapatkan electric mirror dan power window serta pengaturan AC Digital. Setiap baris juga mendapatkan AC serta armrest pada bangku baris kedua demi memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang di belakang. Tak ketinggalan ada intermittent wiper dan rear wiper yang sangat berguna ketika berkendara pada saat hujan.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Fitur keselamatan aktif

Sama seperti fitur hiburannya, fitur keselamatan Toyota Fortuner generasi pertama masih dibekali dengan Dual Airbags serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic-force Brake Distribution (EBD) ditambah Brake Assist untuk memudahkan Anda mengendalikan mobil di jalanan yang licin atau basah. Dari segi keamanan, ada fitur alarm, meskipun kunci belum mendapatkan immobilizer.

Operasi Toyota Fortuner 2005

Ketika pertama kali diperkenalkan pada Jakarta International Motor Show tahun 2005, Fortuner hanya menawarkan pilihan mesin bensin 2.7L. Keluaran tenaganya tercatat mencapai 158 PS pada putaran 5.500 rpm serta torsi maksimal 241 Nm pada putaran 3.800 rpm. Setahun kemudian, Toyota baru membawa mesin diesel bagi konsumen di Indonesia.

Fortuner mendapatkan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan yang bisa Anda pilih. Transmisi berkode AW30-43LS buatan Aisin Warner ini memiliki reputasi yang cukup baik: tangguh dan siap diajak ke mana saja. Transmisi Fortuner bisa dibilang awet dan tahan lama. Terlebih ketika Anda menjaga kondisi oli transmisi selama berkendara.

mesin Toyota Fortuner 2.7L 2005 berwarna perak
Mesin Toyota Fortuner 2.7L 2005

Karena diperuntukkan bagi pengguna jalanan tanpa aspal, maka peredaman suspensinya dibuat sedikit lebih keras agar tetap kokoh saat melawan jalanan berkelombang. Sehingga bisa dibilang, mobil ini kalah nyaman dibandingkan Kijang Innova. Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekasnya, cek kondisi suspensi dan pastikan tidak ada bunyi aneh ketika menguji mobil ini di jalanan.

Keunggulan Fortuner versi bensin ini adalah tenaga besar yang bisa membawa Anda berkendara dengan baik di semua kondisi jalan. Namun masalahnya yang perlu dihadapi adalah konsumsi bahan bakar yang dikenal boros. Pada pengendaraan dalam kota, konsumsinya bisa mencapai 5 hingga 8 km/l. Namun ketika dibawa dengan kecepatan konstan, efisiensinya membaik menjadi 8-12 km/l.

Spesifikasi Toyota Fortuner 2005

Dimensi Toyota Fortuner 2.7L 2005

Panjang x Lebar x Tinggi

4.695 x 1.840 x 1.790 mm

Jarak Poros Roda

2.750 mm

Ground Clearance

220 mm

Radius Putar

5.7 m

Mesin Toyota Fortuner 2.7L 2005

Tipe Mesin

2.7L 2TR-FE 4-silinder segaris 16 katup VVT-i DOHC

Kapasitas Silinder

2.693 cc

Tenaga Maksimal

158 PS @ 5.500 rpm

Torsi Maksimal

241 Nm @ 3.800 rpm

Transmisi

5-percepatan manual atau 4-percepatan otomatis

Konsumsi Bahan Bakar

5-8 km/l (dalam kota), 8-12 km/l (luar kota)

Kaki-Kaki Toyota Fortuner 2.7L 2005

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

4-Link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Tipe Ban

265/70 R16

Daftar Harga Toyota Fortuner 2005

Walaupun sudah berumur 15 tahun, tetapi harga mobil bekas Toyota Fortuner masih cukup stabil. Tak heran mengingat mobil ini dibekali dengan mesin yang bandel dan bodi yang tangguh sehingga masih banyak dicari di pasar mobil bekas Tanah Air. Harga Toyota Fortuner bekas keluaran tahun 2005 saat ini mulai dari Rp 140 jutaan. Namun Anda bisa menemukan Fortuner dengan harga yang lebih murah tergantung kondisi dan tempat Anda membeli.

Kesimpulan Toyota Fortuner 2005

Sebagai bagian dari pelopor kehadiran SUV tangguh yang ramah di kantong, Fortuner menjelma menjadi salah satu pilihan medium SUV terbaik di Indonesia saat ini. Fortuner sangat cocok bagi Anda yang tinggal di daerah pinggiran kota dengan kontur jalan yang tidak terlalu mulus. Dengan harga mobil bekas yang sangat terjangkau serta mesinnya yang bandel dan tahan lama, membeli generasi pertama Toyota Fortuner 2005 bisa menjadi pilihan yang menguntungkan.

>>> Simaklah review mobil lainnya di sini

Padli Nurdin
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

AUTO 9 MOBIL

DIY Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Harga Toyota Limo 2017: Sedan dengan Harga Terjangkau dan Eksterior Mewah, Spesifikasi dan Review Lengkap

14/11/2017

Editor rate:

Jika mendengar Toyota Limo 2017, tentunya kita akan langsung berpikir mobil ini hanya digunakan untuk perusahaan taksi saja. Tapi jangan salah sobat cintamobil.com, kini Toyota Limo 2017 bukan saja digunakan oleh perusahaan taksi saja loh. Toyota Limo 2017 juga digunakan oleh masyarakat umum dan tentunya cocok untuk kalangan muda maupun orang yang berkeluarga. Ada apa yang baru dari mobil ini? Simaklah tulisan review Toyota Limo 2017 ini.

Lihat juga

Review Toyota Rav4 2017: SUV Kokoh yang Sangat Safety

Rp 500.000.000

03/10/2017

Editor rate:

Segmen mobil SUV dalam beberapa waktu belakangan memang tegah moncer. Hal ini ditandai dengan banyaknya pabrikan yang memproduksi mobil sejenis di pasaran. Selain memiliki segmen pasar yang jelas, SUV juga merupakan dambaan setiap pecinta otomotif karena memiliki performa mesin yang mumpuni serta ruang kabin yang cukup luas. Berangkat dari fakta tersebut, salah satu pabrikan legendaris asal Jepang, Toyota coba menghangatkan persaingan dengan merilis Toyota Rav4 2017.

Lihat juga

Review All New Toyota Harrier 2020: Makin Tampan dan Perfeksionis

TBA

18/04/2020

Editor rate:

Awal tahun 2000an mobil ini sempat nge-hits dipakai para orang kaya lama yang ingin SUV ganteng dan mewah, inilah versi terbarunya All New Toyota Harrier 2020

Lihat juga

Review Lengkap Toyota Fortuner 4x4 2014, Penerus Tradisi Off-road Toyota Hardtop

09/04/2018

Editor rate:

Toyota menghadirkan versi 4x4 dari model facelift Toyota Fortuner pada 2014 silam. Perbedaan terbesar, tentu pada kehadiran sistem penggerak 4x4 yang dioperasikan secara konvensional menggunakan tuas transfer-case. Sehebat apa kemampuan sosok disebut-sebut meneruskan tradisi kesaktian melahap medan off-road dimiliki Toyota Hardtop? Apa saja bedanya dengan Toyota Fortuner 4x2? Apa saja yang ditawarkan oleh mobil SUV ini? Selengkapnya bisa dibaca review Toyota Fortuner 4x4 2014 dibawah ini.

Lihat juga

Review Toyota Fortuner SRZ 4x2 2017: Bertahan Di Tengah-Tengah Dominasi Diesel

06/06/2018

Editor rate:

Tentu Anda tidak asing ketika mendengar Toyota Fortuner yang umumnya terlihat tangguh dalam varian dieselnya. Nyatanya varian mesin bensin yang disematkan pada Toyota Fortuner SRZ 4x2 memberikan performa tarikan yang lebih unggul dengan memboyong mesin Dual VVT-I. Mari kita simak review Toyota Fortuner SRZ 4x2 2017.

Lihat juga