Review Toyota Etios 2017 Indonesia

21/02/2018

Share this post:

Toyota Etios 2017

Editor rate:

Lihat promo

Sebagai pemain lama, Toyota jelas paham betul apa yang diinginkan oleh konsumennya. beragam mobil sudah diluncurkan oleh Toyota sejak awal kemunculannya. Satu yang teranyar adalah Etios. Hatchback reborn ini hadir ke permukaan guna menambah deretan katalog ttoyota sekaligus memperketat persaingan dengan para kompetitornya di ranah Green Car. Apa yang menjadi keunggulan Etios versi anyar ini? Simaklah tulisan review Toyota Etios 2017 Indonesia di bawah ini.

Review Toyota Etios 2017 Indonesia
Review Toyota Etios 2017 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Toyota Etios 2017

Mari kita simak spesifikasi Toyota Etios 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Model cukup elegan

Kabin cukup lega

Fitur lumayan lengkap

Kekurangan

Kabin kurang kedap

Kopling terlalu enteng

Pengemudi butuh adaptasi dengan speedometer

Gambar mobil Toyota Etios 2017 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Transformasi Etios dari sedan ke Hatchback nampaknya berjalan lurus

Review Toyota Etios 2017 Indonesia - Di awal kemunculannya, Etios bukanlah sebuah mobil hatchback berkonsep green car seperti sekarang. Etios merupakan mobil sedan yang cukup ikonik. Namun sayangnya, sedan tersebut tak bertahan lama di pasar otomotif karena tak mampu bersaing dengan kompetitornya. Toyota tak panik akan hal tersebut. Melalui berbagi pertimbangan, Etios sempat vakum dari pasaran mendapatkan “reboot” di tahun 2013 lalu untuk menjadi mobil green car seperti yang kita lihat sekarang ini.

Di awal debutnya hampir lima tahun silam, Etios langsung menjadi penantang serius untuk beberapa merek seperti Mitsubishi Mirage, Kia Piacinto dan lain sebagainya. Mobil ini juga boleh dibilang menjadi “teman” Toyota Yaris dan Ayla untuk meraih popularitas dan pangsa pasar Green Car. Dan untuk merengkuh dua hal tersebut, desain anyar sudah dipersiapkan Toyota selaku pabrikan untuk Green Car-nya tersebut. Selain desain, apalagi yang ditawarkan Etios kepada konsumennya? Well, mungkin review atas Toyota Etios 2017 yang telah kami persiapkan mampu menjawab rasa penasaran anda. Seperti apa wujud dari mobil ini?  Simaklah review Toyota Etios 2017 Indonesia di bawah ini. Selamat membaca.

Eksterior Toyota Etios 2017

  • Desain bagian depan

Gambar mobil Toyota Etios 2017 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Bagian depan Etios nampak begitu sporty

Di sektor terdepannya, Toyota Etios 2017 Indonesia mengusung konsep sporty dan dinamis. Kedua konsep ini memang sangat cocok untuk karakter anak muda yang memiliki selera akan mobil sport nan maskulin dan ingin membelinya dengan harga kompetitif. Dari desain terdepan misalnya, Etios memiliki Fascia yang boleh dibilang agresif. Etios menghadirkan lekuk pertamanya di bagian kap depan. Lekuk tipis yang menjorok dari bagian belakang hingga ke bagian depan membuat karakter tersendiri pada mobil ini. Di samping itu, tersemat pula grill yang didesain mengikuti lekuk depan dari mobil ini. Terkait warna, Etios coba meyelaraskan warna grill dengan warna body sehingga membuatnya lebih segar. Di bagian tengah, logo kebesaran Toyota dihadirkan guna perkuat eksistensi.

Sementara di bagian samping, tersemat lampu utama berbentuk persegi dengan ujung-ujung yang runcing. Headlamp yang sudah dilengkapi dengan lampu LED ini juga siap menghantarkan pencahayaan maksimal saat mobil diharuskan melewati berbagai medan yang minim pencahayaan. Sementara pada sisi bawah, tersemat bumper yang memiliki karakter dinamis berkat berbagai lekukan yang disematkan di bagaian depan dan sampingnya. Selain itu, sisi depan juga menyisipkan kesan aerodinamis berkat kehadiran rongga udara di bagian tengah. Di sisi kiri dan kanan bumper, tersemat dua fog lamp beserta rumahnya yang siap memerikan pencahayaan maksimal kepada lampu bagian depan.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Toyota Etios 2017 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Sisi samping terlihat nampak begitu sederhana 

Bergerak ke sisi samping, Etios memilki desain sederhana namun tetap dinamis. Dua lekuk coba dihadirkan di bagian samping guna memberikan kesan muda pada mobil ini sekaligus mengisi kekosongan yang ada di bagian samping. Selain itu, tersemat pula, spion electric yang siap dikendalikan dari bagian kabin dan velg berukuran 16-17 inci dengan desain racing.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Toyota Etios 2017 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang Etios juga nampak begitu sederhana

Sementara di sisi belakang, kesederhanaan kembali dituangkan di bagian terbelakangnya itu. Di bagian ini, Toyota sekaan ingin menandai bahwa konsep yang tersaji di bagian belakang pada setiap mobilnya tak mempertontonkan keramaian. Di sisi buritan ini, tersemat lampu belakang yang didesain tegak lurus. Sementara di bagian tengah, tersemat list berwarna silver yang seolah ingin memperlihatkan kegagahan dari mobil ini. Namun sayang, kehadiran list ini justru menganggu kesederhanaan yang coba ditampillan. Sementara di bagian bawah, tersemat bumper dengan ukuran cukup besar untuk memperkokoh bagian belakang dari mobil ini.

>>> Mungkin Anda tertarik:


Interior Toyota Etios 2017

Setelah menilik bagian terluar, kini tiba waktunya untuk menjelajah bagian dalam dari mobil ini. di bagian dalam, Etios didominasi dengan warna black dope guna pancarkan kesan maskulin. Selain itu, material yang tersemat di bagian dalam juga jauh dari kesan murahan. Bicara soal ruang yang disediakan, Etios memiliki ruang yang cukup maksimal untuk ukuran Green Car karena ruang mobilitas untuk pengemudi maupun penumpang dirasa cukup maksimal. Untuk lebih detil, kita akan membedah satu demi satu bagian dari mobil ini.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Etios 2017

Sisi dashboard nampak begitu lapang

Di bgian dashboard,tersemat konsep yang begitu unik. Panel-panel informatif dihadirkan di bagian tengah sehingga boleh dikatakan, sisi tengah dari dashboard ini terlihat begitu penuh. Di sisi ini, tersemat speedometer yang siap menyuguhkan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari jarak tempuh yang tengah digunakan. Dengan kehadiran dashboard di sisi tengah tersebut, bisa dipastikan bagian setir akan terasa cukup kopong.

Sementara pada bagian bawah, tersemat panel multimedia yang siap berikan musik terbaik dalam dua format, yakni analog dan digital. Musik yang keluar dari panel tersebut diharapkan bisa menemani perjalanan para penggunanya. Selain itu tersemat pula berbagai tombol pengaturan seperti Ac, Fast forward, Rewind, Bluetooh AUX input dan lain sebagainya. Sebagai output, disematkan pula beberapa speaker aktif di bagian kabin guna memekakan suara yang nyaman di telinga.

  • Steering

Gambar bagian steering mobil Toyota Etios 2017

Sisi steering nampak begitu modern

Bergeser ke sisi setir, tersemat tombol steering switch control yang berfugsi untuk mengatur berbagai panel di bagian dashboard. Kehadiran fitur tersebut juga akan membuat kualitas berkendara semakin baik karena pengemudi tak harus memindahkan tangan ke bagian dashboard. Namun, bergesernya panel speedometer ke bagian tengah membuat sisi lingkar kemudi ini terasa begitu kopong dan pengemudi harus beradaptasi dengan dashboard mobil ini. sebagai tambahan, sisi setir juga sudah dilengkapi dengan power steering yang siap berikan bantingan maksimal guna mempermudah pengendalian mobil.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Toyota Etios 2017

Kursi  Etios nampak begitu nyaman untuk diduduki

Untuk bagian kursi, Toyota Etios 2017 Indonesia boleh dibilang merupakan mobil yang fleksibel. Pasalnya, seat di bagian depan mobil ini bisa diatur jaraknya karena sudah dilengkapi dengan sliding seat yang tersemat di bagian bawah. Sementara di bagian belakang, seat yang tersemat untuk tiga orang tambahan ini juga terbilang nyaman karena sudah dilengkapi dengan seat bermaterialkan leather yang lumayan empuk. Sehingga, pengemudi bisa mendapatkan kenyamanan maksimal sepanjang perjalanan. Sebagai pelengkap. Disematkan pula seatbelt di seluruh kursi guna pertebal rasa aman di bagian kabin.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Etios 2017

Fitur airbag di mobil Toyota Etios 2017

Airbag di bagian depan siap memberikan kenyaman maksimal kepada penumpang bagian depan

Di samping menawarkan kesan sporty di bagian luar dan kenyamanan di bagian interior, tersemat pula berbagai fitur yang siap tawarkan keamanan dan kenyamanan tambahan sepanjang perjalanan. Berbagai fitur tambahan seperti kehadiran kombinasi pengereman ABS dan EDB guna memberikan pengereman optimal pada bagian roda. Sayangnya, kedua fitur ini hanya bisa ditemukan pada dua tipe yakni Toyota Etios Valco Tipe G dan TOM’S. Untuk fotur kenyamanan, tersemat pula 2DIN Audio 4 Speaker, Konektor 12 V, Tachometer, Rear Window Wiper yang hanya terdapat untuk Toyota Etios Valco Tipe E, G, dan TOM’S. Di samping itu tersemat pula fitur auto lock, power door hingga sporty aerokit, spion elektrik, dan juga beberapa aksesoris lainnya pada dua tipe tertingginya yakni Etios Valco tipe G dan TOM’S.

>>> Klik sini untuk cek harga semua mobil di Indonesia

Operasi Toyota Etios 2017

Gambar bagian mesin mobil Toyota Etios 2017

Mesin yang tersemat boleh dibilang cukup irit bahan bakar

Dari sektor permesinan Toyota Etios 2017 sudah dilengkapi dengan mesin 3 NR-FE. Mesin berjenis DOHC 4 silinder 16 katup dan memiliki kubikasi 1.197 cc. Melalui mesin tersebut, tenaga sebesar 80 PS pada putaran 5.600 rpm dan torsi sebesar 10.6 Kgm pada putaran mesin 3.100 rpm mampu dimuntahkan oleh Toyota Etios 2017. Dengan daya sebesar itu, tak heran jika Etios disebut sebagai Green Car yang tangguh. Untuk pengiritan bahan bakar, disematkan pula Electronic Fuel Injection. Sebagai penggerak, Etios telah menyematkan transmisi manual dengan lima percepatan.

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang semua tipe mobil di pasar Indonesia dengan klik sini

Spesifikasi Toyota Etios 2017

Bagaimana spesifikasi Toyota Etios 2017 Indonesia? Cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda.

Mesin

Seri mesin

3 NR – FE with  4 Cylinder and 16 Valve

Kubikasi

1197 cc

Tenaga Maksimum (ps/rpm)

80 / 5,600

Torsi Maksimum (kg.m/rpm)

10.6 / 3,100

Transmisi

5-speed manual transmission

Dimensi

Panjang Keseluruhan

3,775 mm

Lebar Keseluruhan

1,695mmb

Tinggi Keseluruhan

1,510 mm

Wheelbase

2,460 mm

Tempat Duduk

4-5 Seat

Lain-lain

Velg

185 / 60 / R15 Alloy

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Stabilizer

Rem

Disc (front) Drum (rear)

Daftar Harga Toyota Etios 2017

Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk membawa pulang Toyota Etios 2017 Indonesia?

Tipe mobil

Harga Toyota Etios 2017

Toyota Etios Type JX M/T

Rp 147 Jutaan

Toyota Etios Type E M/T

Rp 162 Jutaan

Toyota Etios Type TOM’S

Rp 147 Jutaan

Kesimpulan Toyota Etios 2017

Secara keseluruhan, Toyota Etios 2017 Indonesia sangat cocok untuk anda yang mendambakan Green Car dengan desain futuristik. Mobil ini sendiri dikenla lincah saat melibas medan perkotaan namun tetap irit dari segi penggunaan bahan bakar. Di samping itu, harganya yang kompetitif dengan segudang fitur yang dibawa bisa membuat Etios meraih sales yang meyakinkan sepanjang tahun ini. Lantas, apa anda tertarik untuk membawanya pulang dan menenggerkan mobil ini di garasi rumah?

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top