Review Toyota Crown 2003

07/12/2018

Share this post:

Toyota Crown 2003

Editor rate:

Lihat promo

Pangsa pasar Toyota Crown terbilang masih populer di Indonesia. Terbukti dari banyaknya komunitas Crown di kota-kota besar yang masih ramai membicarakan pesonanya. Kira-kira apa alasan Toyota Crown masih diminati hingga di tahun 2018 ini? Simak jawabannya dalam review Toyota Crown 2003.

Review Toyota Crown 2003
Review Toyota Crown 2003
0 Gambar

Pengantar Toyota Crown 2003

Mari kita simak spesifikasi Toyota Crown 2003 di bawah ini.

Kelebihan

Sensasi berkendara yang sangat nyaman

Plat bodi tebal

Spareparts sangat mudah dicari dan biaya perawatan cukup terjangkau

Kekurangan

Performa mesin terbilang cukup boros

Bobotnya terlalu berat

 

Review Toyota Crown 2003 - Pasca Perang Dunia II (PD II) memberi esensi historis tersendiri bagi Toyota Crown. Mobil satu ini pertama kali dirancang pada tahun 1955 di negara asalnya, Jepang. Di balik kekalahannya, Jepang ingin bangkit lewat Toyota Motor Corp yang siap menghadapi dominasi mobil Amerika dan Eropa. Di awal karirnya,  sedan legendaris ini menjadi kendaraan dari instansi kepolisian hingga petinggi negara Jepang. Melihat rekam jejaknya yang baik, Toyota Crown diputuskan untuk menjadi produk ekspor pertama untuk menghadapi mobil-mobil ternama di pangsa pasar Amerika di tahun 1958. Lebih daripada itu, Crown bahkan berhasil mengangkat reputasi Toyota di kancah internasional.

Logo Toyota Crown berubah dari generasi ke generasi

Ciri khas Toyota Crown adalah hadirnya perubahan logo di setiap generasinya

Hingga tahun 2018, Toyota Crown memiliki total 15 generasi. Di Indonesia sendiri, Crown sudah hadir mulai dari generasi ketiga di tahun 1967 hingga generasi 13 berkode bodi S200. Namun di kesempatan kali, Cintamobil.com akan fokus membahas generasi ke 12 yang mulai masuk di Indonesia pada tahun 2004 hingga 2008.  Perlu diketahui, model Crown ini menjadi produk terakhir yang dijual untuk umum di Indonesia. Lantas apa saja kelebihan dibalik bodinya yang mewah? Mari simak  jawabannya dalam review Toyota Crown 2003.

Eksterior Toyota Crown 2003

Jika boleh dikatakan, Toyota adalah perusahaan yang cukup piawai dalam merubah tren otomotif mengikuti minat masyarakat di masing-masing zaman. Hal tersebut bisa diamati pada setiap generasi Crown dari masa ke masa yang selalu bisa menangkap definisi modern di setiap zaman. Pada eksterior Toyota Crown 2003 misalnya, desainnya sangat modis dengan esensi mewah diadopsi langsung dari mobil konsep Zero Crown yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2003.

Zero Crown Concept merupakan sosok awal sebelum terbuatnya Toyota Crown

Toyota Crown berangkat dari model konsep Zero Crown yang dipamerkan di acara Tokyo Motor Show 2003

Review Toyota Crown 2003: Eksterior Depan

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Toyota Crown 2003 memiliki desain paling sporty. Aksen krom mewah yang disematkan pada Grille depan terkesan mampu mengartikan karakter elegan dari pemiliknya. Adapun fitur lampu utama dirancang dengan konfigurasi Xenon berukuran besar yang bukan hanya memberi fungsi pencahayaan mumpuni namun juga memperkuat esensi modern dari wajah depannya.

​Eksterior depan Toyota Crown 2003 terlihat menarik dengan logo khasnya serta aksen krom mengilap

Eksterior depan Toyota Crown 2003 sudah dibekali lampu berkonfigurasi Xenon

Review Toyota Crown 2003: Eksterior Samping

Belajar dari generasi sebelumnya, Toyota tampaknya ingin meningkatkan kenyamanan bagi seluruh penumpang.hal ini bisa diamati dari penambahan panjang pada poros roda sebesar 70 mm. Alhasil ruang interior-nya kini menjadi lebih lega dibanding generasi ke 12-nya. Tak lupa, unsur elegan juga ditampilkan dari pelipis kaca yang sudah dibalut aksen krom. Pantas saja, jika mobil sedan satu ini banyak diminati oleh para menteri maupun pejabat.

Eksterior samping Toyota Crown 2003 dihias apik dengan pelipis kaca beraksen krom

Eksterior samping Toyota Crown 2003 memiliki dimensi Wheelbase lebih panjang daripada generasi sebelumnya

Review Toyota Crown 2003: Eksterior Belakang

Merambah ke bodi belakangnya, Toyota Crown 2003 dihias apik dengan Rear Combination Lamps berukuran besar. Memberi fungsi pencahayaan lebih mumpuni serta memudahkan pengendara lain mengamati posisi kendaraan Anda. Seperti pada dua sisi bodi lainnya, esensi mewah pada sektor buritannya ditampilkan dari Dual Exhaust Chrome. Setelah mengetahui keseluruhan bodinya, kami baru menyadari, “Mungkin nama 'Crown’ atau yang disebut mahkota itu terpancar dari sisi elegan eksterior-nya serta filosofi historis dari mobil ini.”

Eksterior belakang Toyota Crown 2003 terlihat menarik dengan lampu Combination berukuran besar

Eksterior belakang Toyota Crown 2003 juga dihias apik dengan lampu belakang berukuran besar

>>> Baca juga:


Interior Toyota Crown 2003

Esensi mewah juga mengalir rapi pada interior Toyota Crown 2003. Segala fitur menghibur tersaji lengkap pada interior-nya yang siap menemani perjalanan Anda bersama keluarga.

Review Toyota Crown 2003: Dashboard

Jujur, dashboard-nya dikemas cukup sederhana dengan memadukan warna Silver serta hitam. Jika dibanding model masa kini, desain serupa ini masih terbilang biasa-biasa saja.

Dashboard Toyota Crown 2003 dibekali banyak sekali tombol sehingga terkesan rumit

Dashboard Toyota Crown 2003 dibekali sistem audio standar yang tergolong cukup menghibur

Adapun berbagai tombol multifungsi tersemat pada dashboard-nya. Cukup disayangkan, tombol-tombol tersebut tertata kurang rapi sehingga membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dengannya.

Review Toyota Crown 2003: Setir

Lini setir sendiri menggunakan desain empat palang yang dihias apik dengan logo Crown di bagian tengahnya. Hal menarik ditemui pada panel informasi yang tersaji di balik kemudi setirnya. Desainnya sendiri terbilang sporty serta sudah mampu menjelaskan informasi penting seputar kendaraan seperti halnya tingkat kecepatan dan konsumsi bahan bakar.

Setir Toyota Crown 2003 menggunakan desain empat palang

Setir Toyota Crown 2003 sudah mendukung Tilt Steering, tombol pengaturan volume audio serta Cruise Control

Review Toyota Crown 2003: Kursi

Kursinya cukup untuk menampung lima orang sekaligus. Dibalut bahan kain berkualitas, Crown sukses memberi kenyamanan istimewa bagi seluruh penumpangnya. Untuk model di Jepang, semua kursi Crown sudah dibekali fitur penghangat. Namun tentu saja, fitur ini tidak aplikatif untuk iklim tropis Indonesia.

Kursi Toyota Crown 2003 sudah dilengkapi penghangat namun tak aplikatif di Indonesia

Kursi Toyota Crown 2003 terbilang sangat mampu untuk menampung lima orang sekaligus

>>> Artikel terkait:

Fitur Toyota Crown 2003

Lantas apa saja fitur Toyota Crown 2003? Ya, mobil sedan satu ini cukup dikenal karena performa Handling-nya yang mumpuni. Di sisi lain, unsur kemewahan juga ditekankan pada kabinnya. Perlu kami tekankan kembali, definisi mewah yang kami maksudkan sesuai dengan tren otomotif 2000-an.

Review Toyota Crown 2003: Fitur Keselamatan

Performa Handling-nya ditunjang kuat oleh racikan pengereman Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA). Kelihaiannya di medan licin juga diperkuat dengan teknologi Stability Control serta Traction Control. Sehingga tak salah apabila sedan satu ini sangat digemari oleh masyarakat di tahun 2003 hingga 2008.

Fitur keselamatan Toyota Crown 2003 sudah menghadirkan teknologi EBD dan BA

Untuk sekelas mobil lama, fitur keselamatan Toyota Crown 2003 terbilang sangat lengkap di segala aspeknya

Adapun dari segi keselamatan, Toyota Crown 2003 sudah menerapkan 9 buah Airbags yang tentu saja memberi keamanan lebih dibanding pesaing lainnya. Di sisi lain, mobil mewah ini juga dilengkapi Anti Immobilizer serta Push Button Start.

Review Toyota Crown 2003: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan sendiri, Crown sudah dilengkapi panel Sunroof yang menjadikannya terlihat Premium. Seperti yang kita ketahui bahwa fitur ini mampu memberi kapabilitas bagi penumpang untuk menikmati sajian pemandangan alam langsung dari atapnya.

Sayangnya, panel Head Unit masih menggunakan sistem audio standar yang hanya mampu memutar musik lewat format radio AM/FM. Di sisi lain, interior-nya dilengkapi fitur penyejuk Multi Zone Climate Control.

>>> Bandingkan juga dengan model sedan terbaru lainnya yang tak kalah menarik dari Toyota Crown

Operasi Toyota Crown 2003

Di Indonesia sendiri, operasi mesin Toyota Crown 2003 menawarkan dua tenaga berkonfigurasi V6 yakni 3.0 Liter dan 3.5 Liter. Mesin 3.0 Liter-nya menggunakan kode 3GR-FSE yang mampu memberi lonjakan daya sebesar 256 HP setara 6.200 Rpm dengan torsi puncak 314 Nm pada putaran 3.600 Rpm.

Operasi mesin Toyota Crown 2003 mampu memberi daya maksimum hingga 256 HP (3.0 Liter) dan 315 PS (3.5 Liter)

Operasi mesin Toyota Crown 2003 menyuguhkan dua pilihan yakni 3.0 Liter dan 3.5 Liter untuk pasar Indonesia

Hal berbeda dirasakan pada varian 3.5 Liter V6 yang memiliki kapasitas silinder lebih besar di angka 3.456 cc. Mesin berkode 2GR-FSE ini dioperasikan menggunakan transmisi 6 tingkat percepatan otomatis Tiptronic. Racikan tersebut berhasil memberi performa Output sebesar 315 HP setara 6.400 Rpm dengan torsi maksimum di angka 377 Nm pada putaran 4.800 Rpm.

>>> Jika Anda sangat tertarik dengan Toyota, coba simak ulasan kami tentang produk Toyota yang diprediksi akan dirilis dalam waktu dekat

Spesifikasi Toyota Crown 2003

Supaya Anda semakin mengenal sosok historis satu ini, berikut Cintamobil.com melampirkan spesifikasi Toyota Crown 2003.

SPESIFIKASI TOYOTA CROWN 2003

Model

3.0 Liter

3.5 Liter

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.840 mm x 1.780 mm x 1.470 mm

Jarak Poros Roda

2.850 mm

Bobot Kosong 1.760 Kg

MESIN

Tipe Mesin

3.0 Liter 3GR-FSE

3.5 Liter 2GR-FSE V6

Kapasitas Silinder

2.994 cc

3.456 cc

Daya Maksimum

256 HP / 6.200 Rpm

315 HP / 6.400 Rpm

Torsi Maksimum

314 Nm / 3.600 Rpm

377 Nm / 4.800 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Otomatis Tiptronic

Mode Penggerak

Rear Wheel Drive (RWD)

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

Multi-Link Independent

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Ventilated Discs

Ukuran Ban

225/45 R18

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Direct Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

71 Liter

>>> Klik sini untuk simak kelebihan dan kekruangan mobil Toyota lainnya

Daftar Harga Toyota Crown 2003

Mengingat model satu ini hanya bisa didapat dari kondisi bekas, Cintamobil.com akan memberikan kisaran daftar harga Toyota Crown 2003 yang bervariasi sesuai kualitas, jarak tempuh dan pertimbangan lainnya.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA CROWN 2003 BEKAS

Toyota Crown 2003

Rp. 90.000.000 hingga Rp. 115.000.000

>>> Mari klik sini untuk update harga dan promo mobil terbaru dan terlengkap

Kesimpulan Toyota Crown 2003

Tak ada lagi model terpanjang selama sejarah dibanding Toyota Crown. Esensi historis Jepang sangat melekat pada Crown yang sudah dirilis sejak tahun 1955 dan masih terus diperbarui hingga kini. Di banyak generasi lainnya, Crown S180 menjadi model paling memikat yang bahkan menjadi model Crown terakhir yang dipasarkan secara umum di Indonesia. Performa mesinnya yang unggul dipadu Handling mumpuni menjadikannya sangat cocok sebagai 'mahkota’ pemiliknya. Tak jarang, para pecinta mobil klasik banyak mencari model satu ini karena memang dikenal sangat mewah serta memiliki harga terjangkau.

Apa pendapat Anda tentang Toyota Crown 2003 Indonesia? Apakah Anda memiliki kerabat yang mengendarai Crown S180? Coba buktikan ketangguhan mesinnya ketika mengaspal di jalan raya. Anda pasti akan terpukau dengan model klasik besutan Toyota satu ini.

>>> Anda sedang cari informasi tentang mobil-mobil terbaik dan termurah di Indonesia? Klik sini untuk simak informasi terbaru dan terlengkap 

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top