Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Toyota Semakin Tampil Ramah Lingkungan & Asyik Dikemudikan

13/09/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Generasi keempat Toyota Corolla Altis kini siap hadir ke Indonesia membawa dua inovasi besar-besaran. Inovasi ini ialah teknologi mesin hybrid dan arsitektur Toyota New Generation Architecture (TNGA). Apakah dua inovasi ini siap membawa sedan medium Jepang ini menjadi salah satu penantang penting di pasar mobil baru di Indonesia?

PENGANTAR Toyota Corolla Altis 2019

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 - Apa yang ada di benak Anda saat kami menyebutkan nama Toyota Corolla Altis? Ya, mewah sudah pasti menjadi salah satu kata yang pas menggambarkan mobil ini. Di plot sebagai adik dari Toyota Camry, bisa dikatakan Toyota Corolla Altis adalah versi "penyesuaian market" dimana di kawasan negara Asia lebih gemar sedan mewah di masa tersebut.

Gambar menunjukkan tiga generasi Toyota Corolla Altis terakhir

Tiga generasi awal Toyota Corolla Altis yang dijual di Indonesia

Terhitung sejak generasi kesembilan Toyota Corolla (global) pada awal era millenium, Toyota Corolla Altis sudah memasuki generasi awal dengan kode bodi E130 yang sudah dipasarkan di Indonesia pada tahun 2001. Loncat ke tahun 2008, giliran generasi kedua Toyota Corolla Altis berkode bodi E140 yang hadir dengan serangkaian teknologi terdepan, seperti Dual VVT-i (edisi facelift) dan teknologi transmisi CVT. Generasi ketiga tampil di tahun 2014 dengan Indonesia sebagai negara pertama yang mendapatkan model ini. Pada generasi ketiga beragam masukan terkait tampilan yang monoton mulai disempurnakan di Toyota Corolla Altis berkode bodi E170.

Gambar menunjukkan generasi Toyota Corolla Altis terbaru meluncur di Indonesia

Toyota Corolla Altis terbaru siap dijual di Indonesia

Memasuki tahun 2018, Toyota akhirnya menghadirkan generasi ke-12 dari Toyota Corolla yang menjadi salah satu mobil paling laku di dunia, dengan angka penjualan 47,6 juta unit sejak generasi pertama lahir sampai sekarang. Dan dari generasi ke-12 Toyota Corolla, untuk pasar Asean Toyota kembali menghadirkan Toyota Corolla Altis generasi keempat alias E210 yang banyak membawa dua perubahan fundamental terhadap cara memandang sebuah sedan medium. Dua hal tersebut ialah teknologi hybrid dan Toyota New Generation Architecture (TNGA). Apakah kedua teknologi ini sanggup membawa Toyota Corolla Altis terbaru di Indonesia sebagai mobil sedan medium Jepang favorit di Indonesia? Simak ulasan secara mendalam di review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019.

EKSTERIOR Toyota Corolla Altis 2019

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Eksterior Depan

Gambar mobil baru Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 tampak depan

Tampilan eksterior depan Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Tema desain agresif terasa di fascia depan yang hadir dengan grille trapezoidal yang mendominasi tampilan fascia depan, serta pada sisi bumper depan terdapat lekuk agresif c-shaped yang mempertegas area sisi bumper dan penempatan fog lamp. Untuk headlight menggunakan LED Projector Headlights berpadukan LED Daytime Running Lights, yang mana secara desain terhubung oleh aksen chrome di bagian dekat logo Toyota yang diberi kelar biru sebagai penanda model hybrid.

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Eksterior Samping

Gambar mobil baru Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 tampak samping

Tampilan eksterior samping Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Kesan desain dinamis terpancar melalui lekuk desain Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 yang memiliki kontur lebih mendatar pada sisi Character Line, dan pada Silhouette line memiliki kontur yang lembut khas Toyota Corolla Altis selama ini. Dipadukan tampilan pelek alloy 17 inci, mobil ini siap mempesona di jalan dengan pilihan warna lengkap dari Super White, White Pearl, Silver Metallic, Celestite Gray Metallic, Attitude Black Mica Metallic, Red Mica Metallic, dan Phantom Brown Mica Metallic. Akses ke dalam kabin Toyota Corolla Altis Hybrid terasa mudah karena mid-size sedan ini sudah dilengkapi fitur smart entry. Dan khusus untuk model Hybrid, pada area fender depan bisa disimak dengan adanya detil emblem Hybrid yang menandakan tipe tertinggi dari Toyota Corolla Altis terbaru dijual di Indonesia.

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Eksterior Belakang

Gambar mobil baru Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 tampak belakang

Tampilan eksterior belakang Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Dari sisi eksterior belakang, Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 tampil memukau dengan desain taillight LED yang berpadu dengan aksen garnish chrome. Bentuk pintu bagasi dibuat lebih menawan dengan lekuk desain a la duck tail. Toyota melengkapi mobil ini dengan Rear Camera yang menempatkan adanya lensa kamera mundur di bumper belakang, yang mana fungsi fitur ini bisa memberikan informasi objek berjarak sangat dekat dengan bodi mobil saat parkir.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Toyota Corolla Altis 2019

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Dashboard & Setir

Foto interior Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 dari area dashboard dan setir

Penampilan area dashboard dan setir Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Konsep kabin Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 cukup terasa melompat jauh dibandingkan generasi terdahulu. Pengemudi akan semakin termanjakan saat membawa Toyota Corolla Altis Hybrid 2019, karena hadirnya Steering Wheel dengan Steering Switch yang multifungsi, serta tampilan instrument cluster cerdas karena menyediakan layar 7 inci Combination Meter, serta Head Up Display yang memudahkan pengemudi melihat informasi berkendara. Sedangkan bergeser ke central cluster, terdapat layar head unit Integrated Multimedia System yang memiliki posisi cukup dominan di atas kisi-kisi AC tengah dan tombol pengatur Dual Zone Auto AC. Untuk tuas transmisi, mode berkendara, serta tombol Electronic Parking Brake diposisikan di area central console dekat dengan ruang penyimpanan terbuka dan adanya cup holder.

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Jok & Bagasi

Foto interior Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 dari area jok

Penampilan area Jok Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Jok Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 hadir menggunakan material leather dengan pengaturan elektrik untuk sisi pengemudi dan penumpang depan. Pengaturan jok ini juga sampai kepada Lumbar Support. Sedangkan jok belakang tersedia armrest dan bisa dilipat untuk memperluas ruang bagasi dengan sistem pelipatan 60:40. Konfigurasi ini memungkinkan total ruang bagasi Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 yang semula hanya berkapasitas 371 liter menjadi lebih luas.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Corolla Altis 2019

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Fitur Keselamatan Berkendara

Foto fitur keselamatan pada Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Penampilan pengaturan fitur Toyota Safety Sense dan fitur berkendara lainnya di Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Melalui ekosistem Toyota Safety Sense, tersedia total 4 fitur utama yang disediakan untuk menjaga Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 tetap aman saat dikemudikan di jalanan. Fitur tersebut ialah Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Automatic High Beam. Selain itu, tersedia pula fitur seperti Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Warning, Anti-Lock Brake System, Electronic Brake-force Distribution, Brake Assist, Hill-start Assist Control, Vehicle Stability Control, dan Traction Control System. Selain itu, Toyota juga menghadirkan sistem keselamatan berupa 7 SRS Airbag di dalam kabin. 

Foto fitur berkendara pada Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Kontrol mode berkendara di Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Di samping memastikan mobil aman digunakan di jalanan, Toyota juga membuat Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 menjadi sosok mobil yang adaptif dan responsif, atau bisa menjadi mobil ramah lingkungan dalam waktu yang cepat. Melalui mode berkendara Drive Mode dan EV Mode, pengemudi bisa mengatur karakter berkendara Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 sesuai kebutuhan pengemudi, baik ingin berkendara agresif atau berkendara efisien.

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Fitur Hiburan & Kenyamanan Penumpang

Foto sistem hiburan di Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Fitur hiburan Integrated Multimedia System di Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Sistem hiburan Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 mengesankan pendekatan baru dari Toyota. Kini pengemudi dan penumpang Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 dibekali fitur head unit Integrated Multimedia System yang sudah menggunakan layar 8 inci dengan pengaturan navigasi dan bisa mendukung kebutuhan fitur Apple CarPlay.

Agar penumpang termanjakan selama perjalanan, Toyota sudah menyediakan fitur pendingin kabin berupa Dual Zone Auto AC untuk pengemudi dan penumpang depan, serta tersedia slot kisi-kisi AC untuk penumpang belakang. Dan untuk penumpang belakang, Toyota menyediakan Rear Sunshide yang bisa mengurangi panas matahari masuk ke dalam kabin sekaligus menambah privasi untuk penumpang belakang.

>>> Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Ketika Gazoo Racing Sport Ikut Kembangkan Sedan Legendaris

OPERASI Toyota Corolla Altis 2019

Mesin Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 mengadopsi mesin hybrid yang serupa dengan Toyota C-HR Hybrid 2019. Mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC VVT-i dan Hybrid Synergy Drive yang dibawa sedan medium Toyota ini mampu menghasilkan tenaga mesin 95 PS dan tenaga dari motor listrik sebesar 72 PS. Selain itu torsi dari mesin mobil bisa menghasilkan 14,47 Kg.m sedangkan untuk motor elektrik 16,62 Kg.m. Efeknya secara performa mobil ini diklaim Toyota bisa melesat 0-100 km/jam dalam waktu 12.6 detik, atau lebih cepat sekitar 1.1 detik ketimbang Toyota Corolla Altis versi non-hybrid.

Foto sistem mesin di Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Sistem mesin di Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Di luar mesin ramah lingkungan yang pertama kali dibawa Toyota untuk model Corolla Altis, sisi teknis mobil ini juga tak kalah mengalami rombakan signifikan. Adalah arsitektur TNGA (Toyota New Generation Architecture) yang berperan sangat besar dalam merombak Toyota Corolla Altis agar menjadi sedan yang lebih fun-to-drive. Melalui arsitektur TNGA, Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 bisa memiliki posisi duduk yang lebih menyenangkan karena Centre of Gravity rendah, visibilitas yang lebih luas untuk pengemudi, serta handling yang tetap mengasyikkan karena perpaduan suspensi MacPherson Strut dan Double Wishbone.

>>> Paket Hemat, Inilah 3 Pilihan Sedan Bekas Termurah Jatim

spesifikasi Toyota Corolla Altis 2019

Informasi spesifikasi Toyota Corolla Atlis Hybrid 2019 bisa disimak di tabel ini

Dimensi/ Ukuran Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

P x L x T

4,630 mm x 1,780 mm  x 1,435 mm
Wheelbase

2.700 mm

Mesin Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Jenis

2ZR-FXE, 1.8L inline-4 16 valve w/ DOHC, VVT-i, Hybrid Synergy Drive

Daya maksimum

95 PS @ 5.200 rpm (+ 72 PS from Hybrid Synergy Drive)

Torsi maksimum

14.47 kg.m @ 4.000 rpm (+ 16.62 kg.m from Hybrid Synergy Drive)

Transmisi

CVT

Kaki-Kaki Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Suspensi depan/Suspensi Belakang

MacPherson Strut / Double Wishbone 

Rem Depan / Rem Belakang

Ventilated Disc / Solid Disc

Pelek

17 inci Alloy

kelebihan & kekurangan Toyota Corolla Altis 2019

Inilah Kelebihan dan kekurangan Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 versi Cintamobil.com

Kelebihan

Kekurangan

Arsitektur TNGA + mesin hybrid buat mobil makin asyik dikemudikan

Tidak ada perbedaan signifikan antara tampilan versi hybrid dan non-hybrid

Fitur Toyota Safety Sanse membuat keselamatan berkendara semakin nyata  
Kabin elegan dan mewah serta tampilan berkelas

 

daftar harga Toyota Corolla Altis 2019

Informasi harga resmi Toyota Corolla Altis terbaru beserta harga Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 bisa dilihat dalam tabel berikut ini.

Model Tipe

Harga

Harga Toyota All New Corolla Altis 1.8 G A/T 2019

Rp468.200.000
Harga Toyota All New Corolla Altis 1.8 V A/T 2019 Rp489.300.000
Harga Toyota All New Corolla Altis Hybrid A/T 2019

Rp566.300.000

>>> Jangan lupa cek harga mobil Toyota Corolla Altis lainnya dengan klik sini

Video Toyota Corolla Altis 2019

KESIMPULAN Toyota Corolla Altis 2019

Sebuah langkah cerdas untuk Toyota yang memasukkan teknologi hybrid pada Toyota Corolla Altis terbaru yang sudah dijual di Indonesia. Di satu sisi ini menjadi cara Toyota mendukung semangat Indonesia menuju kendaraan ramah lingkungan lewat teknologi hybrid. Namun di sisi lain ini juga menjadi cara Toyota mematahkan stigma bahwa mobil hybrid itu enggak asyik dikemudikan sendiri, mengingat kini sudah didukung teknologi arsitektur TNGA yang fokus pada meningkatkan keasyikan berkendara, serta Toyota Safety Sense yang membuktikan langkah Toyota dalam memberikan rasa tenang dan aman saat mengemudikan mobil menjadi nyata. Dan bukan tidak mungkin, langkah Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 akan menjadi pionir dan akan menjadi salah satu penggerak perpindahan genre sedan medium menjadi lebih ramah lingkungan tapi tetap fun to drive.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil