Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Ketika Gazoo Racing Sport Ikut Kembangkan Sedan Legendaris

05/09/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,0
Meluncur lebih awal di Thailand, Toyota Corolla Altis akhirnya hadir dengan tampilan baru dan berbagai pembaruan. Rasa-rasanya tahun 2019, menjadi tahun baik bagi para pecinta sedan. Yap, banyak mobil sedan besutan Toyota diberikan pembaruan besar-besar di tahun ini. Berikut review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019.

PENGANTAR Toyota Corolla Altis 2019

Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 - Sudah lebih dari 50 tahun, Corolla sudah menemani para pecinta otomotif internasional. Masih ingat di benak kami, generasi pertama Corolla lahir di tahun 1966 silam dan masih terus mempertahankan konsep sebagai mobil penumpang yang punya kualitas mumpuni. Tak heran, penjualan dari generasi pertamanya hingga kini sudah mencapai 47 juta unit di seluruh dunia.

Peluncuran generasi terbarunya di Thailand belum lama ini, sukses menjadi generasi kedua belas. Bahkan, rangka bodi Toyota New Global Architecture (TNGA) plus teknologi Toyota Safety Sense (TSS) juga dihadirkan demi melengkapi rangkaian ‘senjata’ barunya.

Peluncuran Toyota Corolla Altis 2019 dilakukan di Thailand dan menawarkan beberapa varian

Peluncuran All-New Toyota Corolla Altis di Thailand

Tersedia total tiga tipe yang ditawarkan. Paling menarik adalah tipe  GR-Sport yang dikembangkan langsung oleh divisi Gazoo Racing Sport. Yang ditonjolkan adalah performa aerodinamis serta kenyamanan berkendara tiada tara. Untuk informasi selengkapnya, mari kita bahas dalam review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019.

Varian-varian Toyota Corolla Altis 2019 menawarkan banyak pilihan meliputi tipe Hybrid, GR Sport, 1.8 Liter hingga 1.6 Liter

Jajaran lengkap varian dari All-New Toyota Corolla Altis 2019

EKSTERIOR Toyota Corolla Altis 2019

Dibanding tipe lainnya, eksterior Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 tampil paling berbeda. Yap, Toyota menggunakan bodi kit Aero Package, diklaim mampu meningkat performa aerodinamis dari mobil legendaris satu ini. Tak kalah menarik adalah tentang rangka bodi TNGA, Platform baru yang meningkatkan banyak hal, sebelumnya digunakan pada C-HR dan model Toyota lainnya.

Eksterior Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 terlihat sangat berbeda dengan tipe lainnya karena menggunakan Aero Package

Paling agresif dan aerodinamis, inilah tipe tertingginya, Toyota Corolla Altis GR Sport

Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Eksterior Depan

Untuk urusan wajah depan, penempatan fitur dan desain bercampur aduk sempurna. Lampu LED Projector disandingkan manis dengan lampu LED Daytime Running Lights (DRL), memperkuat kesan agresifnya. Tak lupa, kami juga ingin bercerita soal fitur Automatic On/Off Light Switch pada lampu utamanya. Sukses memberi sensasi praktis berkendara di malam hari. Tak perlu repot-repot menyalakan lampu utama karena sudah dikemas otomatis.

Eksterior Depan Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 dihias apik khususnya pada Grille depan, mendapat sentuhan aksen Silver

Aero Package memberi ubahan pada sisi Grille, aksesoris pada bemper depan

Soal desain, suntikan dari Aero Package benar-benar terasa. Grille depan misalnya, menggunakan aksen Silver berbentuk mirip sebuah sayap, menjelaskan identitasnya yang garang. Hal tersebut juga ditunjang kuat oleh desain bemper serba hitam, dipoles apik dengan lampu kabut berdesain agresif.

Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Eksterior Samping

Bodi samping juga tak luput dari pantauan kami. Tema “Shooting Robust’ yang diangkat, tampak jelas dari siluet bodinya yang agresif namun tak melupakan aspek aerodinamis.

Eksterior Samping Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 mengalami ubahan pada desain peleknya

Desain pelek juga menggunakan nuansa sporty yang kental khusus pada tipe Corolla Altis GR Sport

Ukuran ban pun begitu, dirancang menggunakan ukuran 17 inci Alloy Wheels bergaya sporty. Sementara itu, urusan mewah lebih ditonjolkan dari Handle pintu dan pelipis kaca beraksen krom.

Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Eksterior Belakang

Aroma-aroma sporty baru kami rasakan ketika mengamati sisi belakangnya. Bayangkan saja, Spoiler menggunakan model Ducktail, tak begitu besar, hanya buritan yang sedikit melengkung ke arah atas. Tapi jangan salah, bukan soal desain yang terasa semakin sporty tapi juga laju aerodinamis yang dikejar.

Eksterior Belakang Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 mendapat desain lampu lebih agresif dan punya Spoiler minimalis

Ducktail Spoiler pada GR Sport diberi polesan berwarna hitam

Di sisi lain, kami juga suka karakter lampu belakangnya, punya desain agresif. Yang mana kedua lampunya tersambung manis dengan satu garis krom.

>>> Editor's Pick:

INTERIOR Toyota Corolla Altis 2019

Ruang interior Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 mengusung tema utama yakni ‘Clean & Wide’. Kelegaan kabin dan memperhatikan hal-hal detail, menjadi prioritas utama.

Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Dashboard

Semisal tipe tertingginya ini hadir di Indonesia, tentu ada sebagian bertanya, “Apa yang bisa didapatkan dari model satu ini?” Banyak hal, yang jelas punya fitur cukup lengkap. Sebut saja, panel Head Unit layar sentuh berukuran 8 inci yang sudah didukung Apple CarPlay dan Navigator. Tentu semakin melengkapi kemudahan berkendara Anda.

Dashboard Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 menghadirkan fitur-fitur lengkap mulai dari panel Head Unit Touchscreen 8 inci hingga AC otomatis

Penuh fitur dan kental akan nuansa elegan

Tak kalah menarik, kami menemukan adanya fitur AC Automatic yang didukung Nanoe Air Purifying. Fungsinya diklaim mampu memberi udara yang sehat bagi seluruh penumpang. Segar, bersih dan menyejukkan. Di sisi lainnya kami mendapati Wireless Charger untuk Handphone yang sudah punya fitur serupa.

Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Setir

Satu hal spesial yang dihadirkan hanya pada tipe GR Sport saja, tuas Paddle Shift. Dari tuas tersebut, Anda bisa mengganti gigi dengan sensasi mirip mengendarai mobil Racing atau F1. Di sisi lain pula, terdapat tombol-tombol pengaturan lengkap seperti pengaturan audio. Tombol Engine Start/Stop juga tak lupa disematkan untuk memberi sensasi praktis saat menyalakan mesin.

Setir Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 menghadirkan tuas transmisi Paddle Shift

Terdapat tuas Paddle Shift pada kemudi setirnya

Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Kursi

Sebagai mobil sedan, kursinya mampu menampung lima orang sekaligus. Sementara itu, tipe GR Sport punya karakteristik berbeda dari tipe lainnya khususnya pada bangku deret depan. Toyota menamainya Sport Leather Seat, berbahan kulit dan memadukan warna dasar hitam dipadu jahitan trim berwarna merah.

Kursi Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 mampu menampung lima orang sekaligus

Kursi depan GR Sport mendapat sedikit ubahan dari segi trim berwarna merah pada sisi bahu

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Corolla Altis 2019

Setelah banyak mengenal tentangnya, kini saatnya mengupas tuntas fitur Toyota Corolla Altis GR Sport 2019. Diawali dari sektor keselamatan, mobil satu ini sudah punya kelengkapan sangat mumpuni. Mulai dari Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Hill Assist Control (HAC), Blind Spot Monitor (BSM) dan 7 SRS Airbags.

Fitur Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 menggunakan RCTA yang menjadi satu rangkaian teknologi dari Toyota Safety Sense

Fitur RCTA mampu memberikan notifikasi ketika ada objek sedang mendekat saat Anda melakukan parkir

Soal sedan yang dituntut punya sensasi berkendara nyaman, Toyota menyematkan fitur pengereman sekelas Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Unsur kestabilan pun begitu, menghadirkan Traction Control System (TCS) dipadu ‘sahabat karibnya’ yakni Vehicle Stability Control (VSC).

Oh iya, kami juga tak lupa, pada All-New Toyota Corolla Altis GR Sport 2019, suspensinya mengalami ubahan menggunakan Double Wishbone Suspension. Fungsinya menarik yang diklaim memberi sensasi berkendara lebih Smooth.

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan model-model sedan lainnya

OPERASI Toyota Corolla Altis 2019

Jantung pacunya menggunakan spesifikasi 2ZR-FBE 1.8 Liter. Tampil berbeda dengan varian Corolla lainnya. Operasi mesin Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 mampu menyemburkan daya hingga 140 HP dipadu torsi puncak sebesar 177 Nm. Performa seperti itu juga nantinya dikawinkan dengan transmisi 7 percepatan otomatis Super CVT-i dipadu Sequential Shift.

Operasi mesin Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 memiliki daya maksimum hingga 140 HP dengan torsi maksimum sebesar 177 Nm

Berbeda dengan tipe Hybrid-nya, Corolla Altis GR Sport lebih mengandalkan mesin 2ZR-FBE 1.8 Liter

>>> Ingin tahu model Toyota terbaru lainnya? Simak di sini informasi selengkapnya

KESIMPULAN Toyota Corolla Altis 2019

Jika Anda mencari sosok sedan yang punya sisi elegan bercampur agresif, sangatlah tepat untuk menanti kehadiran Toyota Corolla Altis GR Sport 2019. Dari eksterior hingga interior, terdapat ubahan sangat menarik, menonjolkan kenyamanan berkendara. Bagi kami pribadi, mobil satu ini sudah sangat cocok untuk memunculkan karakter asli pemiliknya, dinamis serta berwibawa. Untuk pasar Thailand, harga Toyota Corolla Altis GR Sport 2019 dibanderol 999.000 Baht setara Rp. 464 jutaan, belum termasuk pajak dan lain-lain.

Cuplikan video resmi All-New Toyota Corolla Altis 2019 khususnya untuk tipe Hybrid

>>> Ikuti terus review mobil terbaru, terlengkap dan terupdate hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil