Review Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia

20/02/2018

Share this post:

Toyota Corolla Altis 2017

Editor rate:

Lihat promo

Pada medium 2000an, Corolla Altis sempat menikmati manisnya penjualan di ranah sedan. Mobil besutan Toyota tersebut bahkan mampu bersaing dengan kompetitor serumpunnya yakni Honda Civic. Tentunya, Toyota ingin mengulang kembali momen tersebut dengan meluncurkan generasi anyar dari Corolla dengan meluncurkan Toyota Corolla Altis Facelift. Dari nama saja, kita bisa melihat bagian mana yang nantinya siap menjadi pusat perhatian dari mobil ini.Berikut ini review Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia.

Review Toyota Corolla Altis  2017 Indonesia
Review Toyota Corolla Altis  2017 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Toyota Corolla Altis 2017

Mari kita simak spesifikasi Toyota Corolla Altis 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Desain Lebih Mewah dan Futuristik

Kapasitas Bagasi Luas

Fitur Interior Cukup Mumpuni

Kekurangan

Harga Cukup Mahal

Head Unit Cukup Sulit Diaplikasikan

Handling Rentan Limbung

Gambar mobil Toyota Corolla Altis 2017 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Altis edisi anyar tampil begitu premium

Review Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia - Nama Altis sendiri bisa dibilang sudah cukup lama eksis di dunia otomotif. Pasalnya, mobil satu ini sudah memulai debutnya di tahun 1996 silam. Artinya, Corolla Altis sudah eksis lebih dari dua dekade dan turut menghangatkan persaingan di ranah sedan. Dua puluh tahun berlalu, Toyota selaku pabrikan memberikan “seremonial kecil” dengan memperbaharui mobil ini menjadi lebih elegan dari sebelumnya. Berbagai sisi mulai dari desain interior dan eksterior, performa mesin serta berbagai hal lain dipersiapkan guna mengangkat kembali nama mobil ini ke permukaan. Dan sudah barang tentu, berbagai pembaharuan yang ditawarkan Toyota selaku pabrikan, diberikan guna memberikan pengalaman berkendara untuk para penggunanya. Apa saja yang menjadikan Altis layak menjadi pilihan para pecinta sedan? Cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda. Berikut ini adalah review Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia. Selamat membaca.

Eksterior Toyota Corolla Altis 2017

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Toyota Corolla ALtis berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Sisi depan nampak lebih mewah dibandingkan seri sebelumnya

Seakan ingin mempertegas diri melalui nama, Altis memberikan sentuhan modern nan futuristik di bagian depannya. Hal tersebut dapat dilihat dari sisi grill, lampu utama, bumper hingga fog lamp. Di bagian grill misalnya, Toyota mempersempit ruang ini. Sekelelibat mata memandang, sisi grill nampak seperti tak ada. Namun bukan Toyota namanya jika tak menghadirkan kejutan. Grill tersebut tetap ada dengan desain ruang penyaring udara yang dibuat tipis. Sebagai gantinya, Toyota mempercantik sisi ini dengan menyematkan aksen Chrome memanjang yang sangat sipit. Sisi sempit di bagian depan juga diperkuat dengan lampu utamanya yang elegan dengan bubuhan aksen garis reflektor di bagian dalam. Sekedar informasi, lampu utama ini juga sudah memiliki teknologi LED Daytime Running Light (DRL). Jadi meskipun desainnya tak telalu besar, fungsinya sebagai penerang utama kendaraan saat dipacu di medan gelap bisa tetap maksimal.

Sisi bumper Altis juga mengalami perubahan yang cukup mencolok. Jika pada seri sebelumnya altis masih menyematkan bumper dengan warna yang serupa dengan body mobil di sisi kiri kanan guna mempercantik tampilannya, di seri terbaru kali ini, Altis tampil “hampir telanjang”. Keputusan ini bisa dibilang cukup berani dan patut diberikan kredit lebih. Pasalnya dengan kehadiran bumper anyar ini, lekukan di sisi depan Altis menjadi lebih terasa dibandingkan dengan seri sebelumnya. Bahkan, sisi ini sendiri bisa dibilang cukup dinamis. Sebagai pelengkap, dua fog lamp di bagian sisi depan dihadirkan guna memberikan pencahayaan tambahan.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Toyota Corolla Altis 2017 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Bagian samping Altis nampak begitu Sporty

Sementara pada sisi samping, Altis coba tampil agresif dengna menyematkan tiga buah lekukan di bagian atas, tengah dan bawah handle door. Meskipun demikian, guratan tersebut tetap menghadirkan sisi sporty yang masih sedap untuk dipandang. Sisi sporty juga dipertebal berkat hadirnya velg tipe Stunning Alloy yang disematkan  di keempat roda. Sebagai tambahan, spion samping juga diperbaharui dengan kehadiran dua lampu sein di setiap sisinya.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Toyota Corolla Altis 2017 berwarna abu-abu dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang nampak begitu elegan

Bergerak ke bagian belakang, Toyota memberikan sentuhan yang lebih fresh melalui tampilan stop lamp yang digabungkan dengan lampu kombinasi berdesain gemuk sehingga membuat mobil ini menjadi lebih elegan. Sebagai akhir, Altis menutup sisi eksteriornya dengan bumper berukuran gemuk yang selama ini sudah menjadi trademark mereka. Menilik sisi eksterior Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia secara keseluruhan, rasanya Toyota secara sadar telah berhasil menaikan kelas mobil ini ke jenjang selanjutnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Corolla Altis 2017

Tampil ciamik di bagian luar tak lamtas membuat Altis lupa diri. Sisi nyaman nan premium layaknya sedan kebanyakan juga coba ditawarkan melalui desain interiornya yang menawan. Di seri terbarunya ini, Altis mengusung tema Iconic Dynamic lengkap dengna material terbaiknya agar mobilitas penumpang maupun pengemudi bisa tetap terjaga di dalam kendaraan.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Corolla Altis 2017

Sisi dashboard nampak begitu premium dengan panel multimedia di bagian tengah

Dari setiap sisi yang tersemat di bagian interior, sisi dashboard merupakan headline-nya. Bagaimana tidak, konsep Modern Center Cluster Desain yang terkenal akan kemewahan dan fungsional coba dihadirkan di bagian ini. dimulai dengan hadirnya LCD touchscreen berukuran 4.2 inci yang memiliki berbagai fitur infotaiment seperti media player pada bagian menunya. Tak hanya itu, Panel Ac yang tersemat juga cukup mudah untuk diaplikasikan para penggunanya. Meskipun terlihat minimalis, bagian dashboard dari mobil ini bisa dibilang cukup fungsional.

  • Steering

Gambar bagian steering mobil Toyota Corolla Altis 2017

Sisi steering sudah dilengkapi dengan steering switch control

Pada sisi setir, Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia memberikan fitur Steering Switch Control pada lingkar kemudi yang berfungsi untuk mempermudah pengemudi mengaktifkan berbagai panel di bagian dashboard tanpa perlu memindahkann tangan dari lingkar kemudinya. Selain itu, untuk memberikan informasi tambahan seputar kendaraan, tersemat pula MID yang sudah menggunakan layar TFT demi mempermudah pengemudi melihat informasi secara realtime.

  • Kursi

Bagian kursi mobil Toyota Corolla Altis 2017

Seat Altis 2017 masih terlihat cukup lega dan luas

Penyegaran juga dihadrikan dari sisi jok yang telah mengusung fitur rear reclining seat yang siap memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang jika diharuskan menempuh perjalanan jauh. Material leather yang nyaman serta bahan yang empuk diklaim siap memberikan sensasi tersendiri bagi para penggunanya. Sementara ruang kepala maupun kaki yang tersedia pada Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia juga cukup mumpuni utnuk menjaga mobilitas penumpang. Sisi keselamatan sendiri juga dipertebal melalui hadirnya seatbelt di seluruh kursi. Keberadaan seatbelt ini juga siap meminimalisir resiko terburuk kepada pengguna mobil apabila terjadi benturan yang cukup hebat.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Corolla Altis 2017

Fitur airbag di mobil Toyota Corolla Altis 2017

Fitur aitbag yang tersemat mampu memproteksi penumpang depan secara maksimal

Disamping berbagai fitur yang disematkan pada bagian interior, Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia juga dilengkapi dengan segudang fitur yang siap berikan rasa aman kepada penggunanya dalam melakukan perjalanan. Berbagai fitur modern macam kombinasi pengereman ABS, EBD, dan BA dihadirkan guna memberikan kemudahan kontrol pengereman atas kendaraan apabila diharuskan megerem darurat. Selain itu berbagai fitur lain macam sensor parking, Isofix with Tether Anchor, Alarm System juga diberikan untuk memberikan rasa aman kepada penggunanya. Tak lupa, SRS airbag juga dihadirkan di bagian depan guna meminimalisir resiko cidera. Meskipun tak lengkap, bisa dibilang, apa yang ditawarkan Altis sudah cukup mumpuni untuk menunjang keselamatan dalam berkendara.

>>> Klik sini untuk lanjut baca semua tulisan review mobil Toyota

Operasi Toyota Corolla Altis 2017

Gambar bagian mesin mobil Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia

Melalui mesin ini, Altis mampu mengeluarkan daya yang cukup maksimal

Bicara tentang sistem operasi Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia sudah dilengkapi dengan mesin bertipe IL 4 silinder dengan 16 katup yang dilengkapi teknologi DOHC Dual VVT-i. Mesin dengan kubikasi 1798 cc tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 151 Ps setiap putaran 6400 rpm dan sanggup melahap torsi hingga 19.4 Kgm per 4000 rpm. Sebagai penyalur tenaga mesin, disematkan dua transmisi yakni otomatis berteknologi CVT 7 percepatan Speed Sport Sequential Shiftmatic with Paddle Shift dan transmisi manual 6 percepatan. Sebagai pelengkap, mesin mobil ini juga dilengkapi dengan sistem injeksi EFI yang berfungsi untuk mengoptimalkan mesin serta menekan pembakaran agar lebih efisien. Satu yang terpetinting, teknologi tersebut juga cukup ramah terhadap lingkungan karena gas buang yang dihasilkan tak terlalu besar.

>>> Ingin cek harga mobil baik baru maupun bekas di Indonesia? Silahkan klik sini

Spesifikasi Toyota Corolla Altis 2017

Untuk mempermudah anda mendapatkan informasi secara mendetil tentang anda, cintamobil.com telah merangkum spesifikasi Toyota Corolla Altis 2017 Indonesia terbaru ini untuk anda.

Mesin

Seri mesin

IL 4-Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

Kubikasi

1798 cc

Tenaga Maksimum

151 ps /6400 rpm

Torsi Maksimum

19,4 kgm / 4000 rpm

Percepatan

7 Speed Automatic & 6 Speed Manual

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4,620 mm x 1,776 mm x 1,460 mm

Poros Roda

1,460 mm

Kapasitas Tangki

50 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki

Suspensi Depan

MacPherson strut with Coil Spring & Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion beam with Coil Spring & Stabilizer

Ukuran Ban

215/45 R17

Daftar Harga Toyota Corolla Altis 2017

Untuk mobil yang tak tergolong mewah, Altis memiliki harga yang cukup fantastis. Jika menengok apa yang emreka tawarkan, mobil ini terbilang cukup overatted.

Tipe mobil

Harga Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis Manual

Rp 429.100.000

Toyota Corolla Altis Automatic

Rp 463.600.000

 

Kesimpulan Toyota Corolla Altis 2017

Secara keseluruhan, pembaharuan yang dilakukan Toyota untuk Corolla Altis bisa diacungi jempol. Desain mobil yang hampir mendekati premium nampaknya menjadi nilai jual tersendiri untuk Altis. Namun sayangnya, masih ada beberapa kekurangan dari sisi interiornya. Dari segi harga pula, mobil ini bisa tergolong cukup mahal. Apakah strategi Toyota menaikan kelas Altis bisa dibilang langkah maju atau sebaliknya? Well, waktu jua yang akan menjawabnya kelak.

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top