Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Cikal Bakal Corolla Sporty Di Indonesia

27/05/2020

Share this post:

Toyota Corolla Altis 2017

Editor rate:

Rp. 456.600.000

Daftar Harga Toyota Corolla Altis Terbaru Lihat promo

Corolla dikenal sebagai sedan medium yang nyaman, sejak 2014 hingga 2017 Corolla jadi berkarakter sporty. Mari simak ulasan Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Cikal Bakal Corolla Sporty Di Indonesia
Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Cikal Bakal Corolla Sporty Di Indonesia
0 Gambar

Pengantar Toyota Corolla Altis 2017

Mari kita simak spesifikasi Toyota Corolla Altis 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Handling lebih baik dari generasi sebelumnya

Fitur lengkap

Mesin hemat dan kencang

Kekurangan

Tidak se-sporty rival utamanya

Kabin kalah luas dari rivalnya

Desain dashboard terlalu macho

Foto Toyota Corolla Betawi tahun 1966

Salah satu 'Corbet' termulus di Indonesia milik Pakde Bei Budiono

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 - Selain Kijang, Corolla juga menjadi produk yang punya arti tersendiri bagi Toyota Indonesia. Bukan hanya karena ia merupakan salah satu mobil terlaris di dunia, namun Corolla adalah produk kedua Toyota yang dirakit di Indonesia. Kisah itu dimulai pada bulan Desember tahun 1971, di mana Corolla yang dibuat di Tanah Air sebagai generasi kedua ini begitu populer di Indonesia. Corolla ini akrab disapa Corbet alias Corolla Betawi, karena Corolla generasi ini begitu populer di antara masyarakat betawi, dan para tuan tanah saat itu.

Gambar menunjukkan tiga generasi Toyota Corolla di Indonesia

Mulai tahun 2001 Corolla mendapat tambahan nama Altis di Indonesia

Fast forward ke tahun 2000an, dimana Toyota Corolla mengusung nama belakang Altis di tahun 2001. Ada alasan khusus mengapa PT Toyota Astra Motor (TAM) menggunakan tambahan nama Altis yang diambil dari bahasa latin altius yang punya arti lebih tinggi. Hal ini dimaksudkan lantaran Corolla Altis saat itu melakukan lompatan teknologi yang jauh melampaui Corolla-Corolla sebelumnya. Target pasar pun berubah ke konsumen menengah, bahkan brand ambassador-nya dipilih Brad Pitt, bintang film Hollywood yang tengah naik daun dan memiliki karakter yang macho dalam setiap filmnya.

Gambar menunjukkan Toyota Corolla Altis facelift tahun 2017

Corolla Altis tahun 2017 dengan tipe V ini yang akan kita ulas mendalam

Toyota Corolla Altis generasi ke-11 yang kami bahas kali ini masuk ke Indonesia pada tahun 2014. Bisa dibilang Altis generasi ini adalah metamorfosis Corolla yang awalnya sedan dengan karakter nyaman, menjadi sedan berkarakter sporty. Setup suspensi lebih kokoh didukung dengan rangka yang lebih rigid membuat Altis generasi ini semakin menyenangkan untuk dikendarai. Lantas bagaimana ulasan kami mengenai Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 yang jadi versi facelift Corolla generasi kesebelas ini? Mari simak hingga tuntas reviewnya...

Eksterior Toyota Corolla Altis 2017

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan mobil Toyota Corolla Altis 1.8 V 2017

Tersedia dua buah sensor parkir di bagian depan

Tampang ganteng dan sangar dari Toyota Corolla Altis generasi ke-11 ternyata mampu dibuat lebih baik lagi oleh Toyota. Tentu tanpa meninggalkan nafas ‘keen look’ khas Toyota, desain headlamp dengan bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) dibuat lebih menyipit senada dengan tarikan garis grille berlapis chrome yang lebih berkesan slim and sleek. Bumper depan juga tak luput dari ubahan dengan rumah foglamp yang lebih besar berwarna hitam. Sayangnya, lampu kabut tersebut masih pakai bohlam halogen biasa.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan sisi samping mobil Toyota Corolla Altis 1.8 V 2017

Pelek pakai desain baru

Lanjut ke bagian eksterior samping Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017, sebenarnya penampilannya dari samping masih dominan serupa dengan Altis pre-facelift. Hanya saja, pelek model baru dengan diameter 18 inch kini bilahnya mendapat finishing two tone yang lebih sporty dibanding model sebelum penyegaran. Dari samping ini juga terlihat tarikan garis memanjang dari headlamp depan hingga stoplamp belakang yang membuat siluet garis bodi untuk mempertegas tampilan sporty-nya.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Corolla Altis 1.8 V 2017 berwarna silver dilihat dari sisi belakang

Kesan sporty tetap tercuat dari samping hingga belakang

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan desain bagian belakang dari mobil Toyota Corolla Altis 1.8 V 2017

Tampilan belakang Altis paduan sporty dan elegan

Pada bagian buritan Toyota Corolla Altis tipe V lansiran 2017 ini kini mengandalkan stoplamp dengan mika bening yang makin menambah kesan sporty pada Altis ini. Bumper belakang tidak mengalami ubahan, tetap tersedia dua buah mata kucing di masing-masing sisi bawah bumper. Juga tersedia empat buah sensor parkir dibantu satu kamera belakang guna membantu pengemudi kala parkir mundur. Meskipun karakter Altis ini sporty tapi ada garis chrome pada bagian bawah bumper yang sedikit memberikan aksen elegan pada Altis ini.


Interior Toyota Corolla Altis 2017

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan bagian Dashboard Toyota Corolla Altis 1.8 V 2017

Sayang desain dasbornya terlalu macho dan mirip Hilux

Secara umum layout dashboard dari Toyota Corolla Altis versi facelift ini tidak berubah, hanya saja terdapat sentuhan ringan dengan diubahnya kisi AC dibandingkan dengan Altis sebelum facelift. Kini kisi AC dibuat bulat dari sebelumnya yang agak lonjong hampir kotak. Sayang, meski padu padan warnanya di dashboardnya cukup enak dipandang, tapi desain seperti ini terlalu kekar dan lebih mirip kepunyaan Toyota Hilux. Yang kami suka adalah tata letak tombolnya yang mudah dijangkau oleh tangan.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Kursi

Gambar menunjukkan kursi di Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Legroom dan headroom cukup luas

Lima penumpang dapat duduk dengan aman dan nyaman. Sebab kursi berlapis kulit di Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 ini terasa empuk ketika diduduki dan memiliki pengaturan yang fleksibel untuk sisi pengemudi. Height adjuster dan pengaturan reclining sudah tersedia di kursi pengemudi Altis tipe V ini. Semua penumpang juga akan mendapatkan seatbelt 3 titik dengan pengaturan ELR serta headrest yang dapat diatur ketinggian dan kerendahannya. Plus tersedia 6 buah cup holder yang dapat menampung botol minuman.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir Toyota Corolla Altis 1.8 V 2017

Setir sudah dilapis kulit dan mantap digenggam

Lingkar kemudi di Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 ini nyaman digenggam karena diameternya pas dan sudah dibungkus kulit yang tidak licin ketika dipegang oleh tangan. Apalagi bentuk setirnya yang keren semakin mengesankan karakter Corolla generasi ke-11 yang lebih sporty bila dibanding dengan generasi sebelumnya. Pada sisi kanan palang terdapat pengaturan untuk MID (Multi Information Display) di panel spidometer sementara untuk spoke kiri terdapat pengaturan audio.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi Toyota Corolla Altis 1.8 V AT

Bagasi cukup luas dan cocok untuk digunakan saat belanja bulanan

Pada panel speedometer yang menjadi satu dengan layar Multi Information Display (MID) ini juga mendapat sentuhan anyar dengan memberikan latar baru di Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 ini. Informasi yang disajikan oleh MID dengan layar TFT high resolution ini juga cukup lengkap, terdapat informasi konsumsi BBM rata-rata, penggunaan BBM real time, sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan sisa BBM di tangki, indikator suhu, tripmeter A dan B, dan juga tentunya odometer.

Fitur Toyota Corolla Altis 2017

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display (MID) Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Informasi di MID cukup lengkap

Pada panel speedometer yang menjadi satu dengan layar Multi Information Display (MID) ini juga mendapat sentuhan anyar dengan memberikan latar baru di Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 ini. Informasi yang disajikan oleh MID dengan layar TFT high resolution ini juga cukup lengkap, terdapat informasi konsumsi BBM rata-rata, penggunaan BBM real time, sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan sisa BBM di tangki, indikator suhu, tripmeter A dan B, dan juga tentunya odometer.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Cruise Control

Gambar menunjukkan tuas pengatur cruise control Toyota Corolla Altis

Berjalan di jalan tol lebih menyenangkan berkat fitur ini

Toyota Corolla Altis tipe V lansiran 2017 ini dilengkapi dengan cruise control. Menjadikan mobil ini melaju pada jalan bebas hambatan lebih nyaman dengan adanya fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur cruise control ini, ECU alias Electronic Control Unit akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk menahan bukaan throttle pada derajat tertentu guna menahan laju mobil pada kecepatan yang sudah ditentukan. Tentu di perjalanan panjang fitur ini akan sangat berguna dan menyenangkan pengemudi. Dan lebih hemat BBM di tol dengan elevasi datar.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Sport Drive Mode

Anda ingin mengemudi lebih agresif? Tekan saja tombol SPORT di belakang tuas transmisi, maka karakter mesin dan juga transmisi CVT-nya menjadi lebih responsif dari mode NORMAL. Sayangnya, sport drive mode ini hanya pengaturan throttle position sensor yang bertugas mengatur sensitivitas pedal gas dan transmisi saja, tidak ada hubungannya dengan respon setir apalagi rangka. Sehingga sport drive mode pada Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 ini terasa kurang lengkap.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan modul ABS Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Pada versi facelift ini fitur keselamatan aktif dan pasif Altis makin lengkap

Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 ini telah dilengkapi dengan rem cakram di keempat roda yang sudah dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist) sebagai standar. Semakin aman, karena Altis ini juga telah memiliki 7 buah airbags yang akan menjaga seisi kabin tetap aman ketika terjadi tabrakan frontal. Terlebih Altis dengan trim termahal ini sudah dilengkapi dengan vehicle stability control untuk menjaga mobil agar tidak melintir ketika dipacu kencang di tikungan. O ya, mengerem mendadak kini lebih aman sebab Altis juga dilengkapi dengan emergency brake signal yang berkedip cepat memberi notifikasi pengendara di belakang saat situasi panic brake.

Operasi Toyota Corolla Altis 2017

Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 ini menggendong mesin 4-silinder berkapasitas 1.798 cc. Mesin berkode 2ZR-FE ini juga sudah dilengkapi dengan pengaturan katup variabel Dual VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 151 ps atau sekitar 149,5 hp pada putaran mesin 6.400 rpm dan torsi 19,4 kgm atau setara 190,3 Nm di kitiran 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT yang secara virtual dibuat seolah-olah 7 percepatan.

Gambar menunjukkan mesin 2ZR-FE Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Mesin 2ZR-FE ini terus dipertahankan hingga Corolla Altis generasi ke-12

Kami sudah mencoba sendiri Altis tipe V rakitan 2017 ini saat baru, penyaluran tenaganya lebih halus dari rival utamanya yang bermesin turbo itu. Handlingnya juga tajam dengan feedback setir lumayan baik di kelasnya. Berjalan di jalan bebas hambatan Anda tidak akan sadar sudah melewati angka 180 km/jam karena tenaga yang diberikan terus tersalur secara simultan ke roda. Konsumsi BBM juga dapat dibanggakan, angka 12 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan 18 km/liter untuk rute tol dapat dicapai Altis ini.

Spesifikasi Toyota Corolla Altis 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017.

Mesin Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

 Seri mesin

 2ZR-FE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

 Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Jumlah Katup

 4 Katup Per Silinder (2 Inlet & 2 Outlet)

 Tenaga Maksimum

 149,5 Hp (151 Ps) @ 6.400 rpm

 Torsi Maksimum

 190,3 Nm (19,4 Kgm) @ 4000 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,798 cc

 Bore X Stroke

 80,5 mm X 88,3 mm

 Tipe Transmisi

 CVT 7-speed, Penggerak Roda Depan (FWD)
  Rangka Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017
  Panjang X Lebar X Tinggi  4,620 mm x 1,776 mm x 1,460 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2,700 mm
 Jarak Terendah Ke Tanah  175 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5-Seats

 Kapasitas Tangki

 55 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson strut with Coil Spring + Stabilizer & Torsion beam with Coil Spring & Stabilizer 

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 G.O.A Body by Toyota

Struktur Sasis

 Monokok, Sedan C-Segment

 Pelek

 Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 Radial, 215/45 R17

Daftar Harga Toyota Corolla Altis 2017

Gambar menunjukkan tampak belakang Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Harga bekasnya cukup bertahan

Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 ini dijual dengan rentang harga Rp 340 hingga Rp 358 juta di listing Cintamobil.com. Namun harus diingat, harga tersebut tidak mengikat dan sangat tergantung dari kondisi aktual mobil. Selain memastikan keabsahan surat dan melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi mobil. Pastikan sebelum Anda membeli sudah melakukan test drive agar mengetahui kondisi mobil yang Anda incar lebih lengkap.

Kesimpulan Toyota Corolla Altis 2017

Gambar menunjukkan ilustrasi kesimpulan review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Anda ingin sedan Toyota yang sporty? Beli Corolla ini...

Jika Anda mencari sedan Toyota yang tidak hanya punya tampilan sporty pada desain eksteriornya, namun juga punya karakter sporty saat dikemudikan. Kami menyarankan Anda membeli Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017 ini. Apalagi nama besar Corolla dan luasnya jaringan purna jual Toyota di Indonesia seakan sudah menjadi jaminan ketenangan hati saat memiliki mobil ini. Ia cukup asyik dikemudikan sehari-hari dan mesinnya tidak kekurangan tenaga saat di bawa pelesir ke luar kota.

>>> Simaklah review mobil lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Toyota Corolla Long Wheelbase 2021: Lebih Panjang Dan Mesin Lebih Canggih

07/05/2020

Mobil baru

3 menit

Seakan tak puas menggertak pasar mobil dunia dengan Toyota Yaris, kini Toyota Corolla Long Wheelbase 2021 disiapkan Toyota dengan mesin yang lebih canggih.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005: Pilihan Sedan Eksekutif Terjangkau

26/11/2019

Editor rate:

Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005 dibekali mesin yang memuaskan, kabin yang nyaman serta harga yang terjangkau. Sedan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan sebuah sedan eksekutif yang dapat menjawab kebutuhan sekaligus status.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Pakai Teknologi Toyota Terkini, Tapi Tetap Pertahankan Jati Diri

12/09/2019

Editor rate:

Sudah empat generasi Toyota Corolla Altis hadir di Indonesia, yang mana secara silsilah keturunan Corolla global sudah masuk generasi ke 12. Bagaimana ikon sukses mobil Toyota ini menghadapi tuntutan zaman yang semakin mengarah interaksi modern, feeling berkendara yang lebih emosional, tapi tetap tidak hilang dari jati diri sang mobil tersukses di dunia ini?

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Toyota Semakin Tampil Ramah Lingkungan & Asyik Dikemudikan

13/09/2019

Editor rate:

Generasi keempat Toyota Corolla Altis kini siap hadir ke Indonesia membawa dua inovasi besar-besaran. Inovasi ini ialah teknologi mesin hybrid dan arsitektur Toyota New Generation Architecture (TNGA). Apakah dua inovasi ini siap membawa sedan medium Jepang ini menjadi salah satu penantang penting di pasar mobil baru di Indonesia?

Lihat juga

Review Toyota Great Corolla 1992: Pecinta Mobil Klasik? Mari Bernostalgia Dengan 'GreCo'

17/04/2019

Editor rate:

Toyota selalu dikenal dalam menciptakan mobil-mobil terbaik hingga saat ini. Salah satu contohnya adalah Toyota Great Corolla 1992 atau seringkali disingkat GreCo. Pecinta mobil klasik sudah pasti menyukai GreCo, mengingat desain bodinya terlihat masa relevan dengan mobil-mobil masa kini. Adapun tenaga yang ditawarkan oleh mesinnya sejalan lurus dengan performa Handling-nya. Lewat artikel ini, mari kita bernostalgia bersama dalam review Toyota Great Corolla 1992.

Lihat juga
back to top