Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Pakai Teknologi Toyota Terkini, Tapi Tetap Pertahankan Jati Diri

12/09/2019
editor rate: 4,3 user rate: 4,0
Sudah empat generasi Toyota Corolla Altis hadir di Indonesia, yang mana secara silsilah keturunan Corolla global sudah masuk generasi ke 12. Bagaimana ikon sukses mobil Toyota ini menghadapi tuntutan zaman yang semakin mengarah interaksi modern, feeling berkendara yang lebih emosional, tapi tetap tidak hilang dari jati diri sang mobil tersukses di dunia ini?

PENGANTAR Toyota Corolla Altis 2019

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 - Bicara soal Corolla, sudah pasti Anda akan teringat pada sedan legendaris buatan Toyota. Terbit pertama kali di tahun 1966, Toyota Corolla mulai menjadi produk Toyota yang sukses di kancah global, hingga lebih dari 5 dekade mobil ini sudah masuk ke dalam jajaran tertinggi mobil terlaris se-dunia dengan estimasi penjualan melebihi angka 46 juta mobil. 

Gambar menunjukkan tampilan Toyota Corolla 1974

Toyota Corolla generasi kedua yang pertama kali dihadirkan ke Indonesia dan terkenal oleh sebutan "Corolla Betawi"

Perjalanan Toyota Corolla di Indonesia sendiri bukan hadir melalui generasi pertama, melainkan loncat ke generasi kedua dan masuk di tahun 70-an awal. Sejak saat itu, Toyota Corolla seolah memiliki fanbase yang sangat kuat, dan harus diakui cenderung "konservatif". Sebab dari sekian banyak model bodi Toyota Corolla, hanya versi sedan yang mendapat tempat terbaik di pasar Indonesia. Dan karakter sedan yang disukai oleh para pemilik Toyota Corolla lebih mengarah kepada kesan dewasa dan mewah. Sehingga saat ada diversifikasi model Toyota Corolla per generasi kesembilan di awal era millenium, model Toyota Corolla Altis yang dimasukkan ke Indonesia.

Gambar menunjukkan tiga generasi Toyota Corolla Altis terakhir

Toyota Corolla Altis sudah ada 3 generasi di Indonesia di luar generasi terbaru yang meluncur tahun ini

Dari sejak Toyota Corolla Altis generasi pertama (masuk ke dalam generasi kesembilan Toyota Corolla secara global) di tahun 2001, sampai generasi ketiga Toyota Corolla Altis di tahun 2014, penampilan Toyota Corolla Altis cenderung bermain aman baik dalam hal desain, fitur, dan soal kenyamanan berkendara. Namun semua ini berubah sejak Toyota merilis generasi ke-12 dari Toyota Corolla, yang mana untuk pasar Indonesia kembali lagi hadir dalam versi Toyota Corolla Altis.

Gambar menunjukkan peluncuran Toyota Corolla Altis 2019

Peresmian Toyota Corolla Altis 2019

Bersamaan dengan peluncuran Toyota Corolla Altis terbaru di Jakarta, Kamis (12/3) ini, PT Toyota Astra Motor selaku ATPM Toyota di Indonesia merilis sedan medium mereka yang kini membawa teknologi rancang bangun Toyota New Generation Architecture (TNGA) dan fitur-fitur canggih, tapi tetap menjamin kenyamanan dan kenikmatan berkendara semakin baik. Tersedia tiga tipe Toyota Corolla Altis 2019 terbaru, dimana tipe yang akan kita bahas kali ini adalah tipe tertinggi Toyota Corolla Altis di Indonesia yang mengusung mesin non-hybrid alias Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Seperti apa impresi awal kami terhadap sedan medium Jepang ini? Simak ulasan selengkapnya terkait mobil ini dalam review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 yang bisa disimak di area ini.

EKSTERIOR Toyota Corolla Altis 2019

Cintamobil.com menjadi salah satu media yang secara ekslusif mendapat izin dari PT Toyota Astra Motor untuk bisa melihat lebih awal tipe tertinggi Toyota Corolla Altis versi non-hybrid, yakni tipe Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019, jauh sebelum peluncuran mobil ini yang baru saja terjadi hari ini. Dan inilah impresi kami terhadap penampilan generasi keempat Toyota Corolla Altis ini.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Eksterior Depan

Gambar menunjukkan tampilan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 dari sisi depan

Tampilan eksterior depan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 membawa ciri khas desain baru yang bersifat agresif. Bisa dilihat dari fascia depan, efek lekuk bodi tiga dimensi lebih terpancar karena bentuk grille depan trapezoidal yang seakan membentuk efek moncong yang menukik ke depan. Seakan memberikan efek bodi yang lebar, di sisi ujung bumper terdapat lekuk C-Shaped berkelir chrome dan berpadu bersama fog lamp. Sedangkan pada headlight yang sudah mengadopsi LED Projector dan daytime running light yang uniknya terhubung oleh sebuah tarikan garis chrome yang juga menjadi salah satu desain yang meng-highlight logo Toyota. Pada

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan tampilan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 dari sisi samping

Tampilan eksterior samping Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Tantangan terbesar Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 ialah bagaimana tetap mempertahankan identitas dan jati diri Corolla di saat mobil ini sudah menggunakan platform arsitektur TNGA. Untuk itu, secara tarikan garis bodi Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 terutama dalam hal Silhouette Line dari sisi depan sampai belakang tetap membawa elemen asli dari Toyota Corolla Altis secara turun temurun. Garis pilar A dibuat lebih landai sebagai salah satu ciri khas dari struktur TNGA, pun demikian hal ini membuat Centre of Gravity mobil ini bisa lebih rendah dari generasi sebelumnya. Mobil ini pun menyajikan lekuk garis Character Line yang cukup mengangkat lekuk dari fender depan, are pintu, hingga ke fender belakang. Untuk tipe ini, Toyota menghadirkan format pelek 17 inci seperti yang digunakan pada Toyota Corolla Altis Hybrid 2019.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Eksterior Belakang

Gambar menunjukkan tampilan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 dari sisi belakang

Tampilan eksterior belakang Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Lekuk bodi yang lebih dinamis dan impresif juga tersaji di sisi buritan belakang. Efek bentuk bodi berpostur 4,630 mm x 1,780 mm x 1,435 mm (P x L x T) ini terlihat dari bentuk taillight LED yang seakan membentuk efek 3-D, serta pada bumper bawah dibuat lekukan yang seakan mempertegasi sisi terluar dari bumper ini. Dari area taillight sendiri dipermanis aksen chrome, serta pada area pintu bagasi dibuat lekuk seperti efek ducktail.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Corolla Altis 2019

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Dashboard & Setir

Gambar menunjukkan tampilan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 dari sisi dashboard dan setir

Tampilan dashhboard dan setir Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Sisi dashboard Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 mengisyaratkan karakter desain ikonik Toyota Corolla, yang dipadukan konsep modern sesuai kemajuan teknologi mobil saat ini. Untuk Anda yang pengguna setia Corolla, sudah pasti paham bahwa Toyota Corolla konsisten menggunakan bentuk desain dashboard yang menampilkan simplisitas dan garis bentuk dashboard yang mendatar. Kesan mendatar ini selain didapat melalui ketiadaan lekuk-lekuk dashboard yang dramatis, tapi juga dipadukan garis panel horizontal berkelir brushed chrome yang memanjang dari sisi kisi-kisi AC kiri sampai kanan. Pengemudi akan merasa kemudahan lebih baik dalam mengendalikan mobil ini akibat visibilitas yang lebih luas sebagai salah satu key factor penggunaan TNGA, sekalipun jika diteliti jarak dashboard sampai ke kaca terasa menjadi lebih panjang.

Kendati demikian, kesan futuristik menjadi sajian menarik bagi pengemudi, karena adanya instrument cluster dengan layar digital 7 inci yang bertugas menampilkan informasi teknis seputar mobil termasuk indikator kecepatan mobil. Selain itu, pengemudi juga bisa tetap fokus saat berkendara karena adanya head up display. Setir Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 sudah menggunakan desain baru, serta disediakan tombol multifungsi untuk audio, telepon, MID, beserta paddle shift. Dan pengaturan baik pendingin kabin dan sistem audio ditempatkan di sisi tengah dashboard dengan posisi yang masih bisa dijangkau pengemudi maupun penumpang depan.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Jok & Bagasi

Gambar menunjukkan tampilan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 dari sisi jok depan dan belakang

Tampilan jok Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Sentuhan aksen leather menjadi material yang sudah pasti hadir di Toyota Corolla Altis terbaru ini. Ya, untuk jok depan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 di sisi pengemudi dan penumpang depan menggunakan format jok yang berbentuk semi bucket seat, dengan sisi pengemudi pengaturan jok bersifat elektrik. Sedangkan pada jok belakang bisa memanfaatkan armrest yang tersedia, serta jika dibutuhkan untuk memperluas kapasitas bagasi bisa dilipat penuh dengan konfigurasi 60:40. Dalam kondisi standar Toyota Corolla generasi ke-12 versi sedan, apabila mengacu spesifikasi global, memiliki kapasitas bagasi belakang yang berada di kisaran 13 cubic feet atau 371 liter.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Corolla Altis 2019

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Fitur Berkendara & Keselamatan

Gambar menunjukkan tampilan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 memiliki mode sport

Tampilan Sport Mode  dan tombol Electronic Parking Brake pada Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Keasyikan berkendara menjadi highlight penting yang dibawa oleh platform TNGA kepada mobil Toyota terbaru. Selain mengandalkan visibilitas yang baik, dan karakter berkendara yang menyenangkan, fitur-fitur keselamatan dan kemudahan berkendara terkini juga sudah disematkan Toyota pada sedan medium Toyota Corolla Altis terbaru di Indonesia ini.

Dari ketersediaan tombol di area pengemudi, bisa dilihat adanya tombol Sport Mode yang menambah karakter berkendara lebih sporty, Vehicle Stability Control, serta Electronic Parking Brake dengan Auto Hold. Selain itu tersedia pula tombol Tire Pressure Monitoring System di area penempatan tombol di bawah area kisi-kisi AC dari sisi kanan pengemudi. Toyota juga menyediakan fitur Blind Spot Monitor untuk memastikan saat bermanuver lebih aman di jalan. Tentu saja fitur seperti ABS, EBD, Brake Assist, Hill Start Assist, Clearance Sonar System, dan sistem keselamatan pasif seperti 7 SRS Airbag dan seatbelt 3 titik di semua kursi sudah tersedia sebagai standar.

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Fitur Hiburan & Kenyamanan

Gambar menunjukkan tampilan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 memiliki audio layar sentuh

Tampilan head unit Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Satu-satunya fitur yang terasa mungkin agak disayangkan, datang dari sistem audio. Untuk Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 masih menggunakan head unit Advanced Mulitmedia System yang secara tampilan seperti merupakan produk aftermarket. Apalagi tampilan head unit berlayar sentuh 8 inci ini terganggu oleh "frame" yang ukurannya justru terasa besar. Pun demikian sistem hiburan mobil ini sudah mengadopsi pemutaran file audio video dan terhubung dengan smartphone melalui Miracast, DLNA, USB, dan Bluetooth. 

Di luar fitur hiburan ini, pengemudi di depan bisa merasakan kabin yang bisa diatur tingkat kesejukannya berkat fitur Dual Zone Auto AC. Sedangkan bagi penumpang belakang bisa memanfaatkan udara segar dari kisi-kisi AC yang ada di belakang armrest, serta bisa menambah privasi lewat adanya Rear Sunshade yang dioperasikan secara manual.

>>> Review Toyota Corolla 1974: Simbol Mobil Orang Kaya Di Era 70-an

OPERASI Toyota Corolla Altis 2019

Mobil baru Toyota Corolla Altis ini masih menggunakan mesin 2ZR-FE 1.8 liter 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan Dual VVT-i. Mesin yang sama persis digunakan pada Toyota Corolla Altis generasi sebelumnya ini ternyata hanya memiliki tenaga 140 PS dan torsi 17.5 Kg.m, agak menurun dari versi sebelumnya yang bisa menghasilkan tenaga 151 PS / 19.4 kg.m. Semua tenaga disalurkan ke roda depan lewat transmisi 7-percepatan CVT. Dan memasuki generasi keempat Toyota Corolla Altis (atau generasi ke-12 Toyota Corolla secara global), Toyota Corolla Altis dijual di Indonesia sudah resmi tanpa adanya transmisi manual.

Gambar menunjukkan tampilan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 dari sisi mesin

Tampilan mesin Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Sekedar informasi, penggunaan platform TNGA pada Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 masuk ke dalam versi TNGA (GA-C) yang dirancang untuk mesin transversal dengan sistem penggerak roda depan. Memiliki platform yang serupa dengan Toyota Prius namun dikembangkan secara khusus untuk format sedan, Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 menjamin efek berkendara yang lebih menyenangkan untuk pengemudi. Salah satu sebab hal ini terjadi dikarenakan penggunaan suspensi MacPherson Strut (depan) dan Double Wishbone (belakang).

>>> Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Ketika Gazoo Racing Sport Ikut Kembangkan Sedan Legendaris

spesifikasi Toyota Corolla Altis 2019

Informasi spesifikasi Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 bisa disimak di tabel berikut ini.

Dimensi/ Ukuran Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

P x L x T

4,630 mm x 1,780 mm  x 1,435 mm
Wheelbase

2.700 mm

Mesin Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Jenis

2ZR-FE, 1.8L inline-4 16 valve w/ DOHC, Dual VVT-i,

Daya maksimum

140 PS @ 6.400 rpm

Torsi maksimum

17.5 kg.m @ 4.000 rpm

Transmisi

CVT 7-Percepatan

Kaki-Kaki Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019

Suspensi depan/Suspensi Belakang

MacPherson Strut / Double Wishbone 

Rem Depan / Rem Belakang

Ventilated Disc / Solid Disc

Pelek

17 inci Alloy

kelebihan & kekurangan Toyota Corolla Altis 2019

Apa saja Kelebihan dan kekurangan Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 versi Cintamobil.com? Cek jawabannya di tabel ini.

Kelebihan

Kekurangan

Pengguanan basis arsitektur TNGA buat mobil sedan medium ini lebih fun to drive

Sistem Audio masih bergaya aftermarket dan sama persis seperti produk Toyota lainnya

Tampilan Toyota Corolla Altis tetap dinamis dan menarik, tapi tetap membawa unsur identitas Corolla Altis terdahulu Toyota Safety Sense hanya ada di model Hybrid
Kabin elegan dan mewah dengan desain penempatan fitur yang sederhana

 

daftar harga Toyota Corolla Altis 2019

Inilah informasi harga resmi Toyota Corolla Altis terbaru, termasuk harga Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019, yang bisa disimak dalam tabel berikut ini.

Model Tipe

Harga

Harga Toyota All New Corolla Altis 1.8 G A/T 2019

Rp468.200.000
Harga Toyota All New Corolla Altis 1.8 V A/T 2019 Rp489.300.000
Harga Toyota All New Corolla Altis Hybrid A/T 2019

Rp566.300.000

>>> Jangan lupa cek harga mobil Toyota Corolla Altis lainnya dengan klik sini

Video Toyota Corolla Altis 2019

Inilah video selengkapnya terkait Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 dari Cintamobil TV.

KESIMPULAN Toyota Corolla Altis 2019

Corolla adalah ikon. Tidak akan ada kesuksesan Toyota tanpa adanya Toyota Corolla. Untuk itu, generasi terbaru Toyota Corolla Altis yang sudah membawa teknologi platform TNGA memiliki beban cukup berat di pundaknya. Ya, di satu sisi ia tetap harus memberikan esensi karakter sedan medium yang semakin menarik, tapi di sisi lain jati diri dan esensi Toyota Corolla yang sudah mengakar tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Tak ayal, Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019 menjadi salah satu bukti bahwa menjadi canggih dan menjadi fun to drive, tidak harus meninggalkan akar dan DNA dari mobil yang sudah berusia lebih dari lima dekade ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

 

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil