Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Sedan Hemat yang Nyaman

23/05/2020

Share this post:

Toyota Camry 2015

Editor rate:

Rp. 758.700.000

Daftar Harga Toyota Camry Terbaru Lihat promo

Jika Anda mencari sebuah sedan besar dengan kehematan mobil sekelas LCGC (Low Cost Green Car) maka Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini layak dipertimbangkan

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Sedan Hemat yang Nyaman
Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Sedan Hemat yang Nyaman
0 Gambar

Pengantar Toyota Camry 2015

Mari kita simak spesifikasi Toyota Camry 2015 di bawah ini.

Kelebihan

Performa memukau

Kenyamanan kabin

Fitur lengkap

Kekurangan

Handling tidak sebaik rivalnya

Harga mahal

Jika baterai bermasalah perbaikan mahal

Foto logo Hybrid di Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Toyota memang jagonya teknologi Hybrid

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 - Ketika berbicara mengenai teknologi Hybrid, Toyota bisa dibilang sebagai pionir kendaraan Hybrid. Dari tahun 1997 Toyota sudah memperkenalkan teknologi mesin hybrid generasi pertama via Toyota Prius. Dan terbukti, dengan adanya mobil tersebut, mobil Toyota bermesin Hybrid menjadi diterima di pasar mobil dunia hingga kini. Tidak terkecuali dengan Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 yang sedang kita ulas kali ini.

Foto tampak belakang Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 

Camry Hybrid ini menggantikan Camry tipe Q bermesin V6

Toyota Camry Hybrid sendiri sudah ada mulai tahun 2012 dan dipasarkan di Tanah Air setahun kemudian. Varian hybrid ini meluncur di Indonesia untuk menggantikan varian Toyota Camry tipe Q bermesin V6 3.500 cc. Sekadar informasi, saat itu tipe top of the line dari Toyota Camry adalah tipe Q yang bermakna Quantum. Dengan adanya produk ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) menjawab kebutuhan pasar akan kendaraan ramah lingkungan.

Eksterior Toyota Camry 2015

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Camry yang kami tes ini merupakan model facelift

Nafas bahasa desain Keen Look khas Toyota begitu terpancar di Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini. Pada versi facelift ini, bagian Grille kini menyipit mengikuti desain headlamp yang seakan menyatu dengan tarikan garis dari grille-nya. Tidak seperti Camry Hybrid model sebelumnya, penempatan lampu sein kini berpindah ke bagian bumper terpisah dengan lampu utama.

Foto headlamp Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Headlamp sudah projector dengan bohlam LED

Aura canggih jelas hal mutlak yang harus ada di bagian eksterior depan Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini. Sebab, mobil yang dijual seharga nyaris Rp 760 juta saat baru ini memang diposisikan sebagai model sedan Toyota termahal di Tanah Air saat itu. Maka tak heran, headlamp sudah mengadopsi jenis bohlam LED (Light Emitting Diode) yang punya pancaran cahaya putih, hemat daya nan terang. Sayangnya, itu tidak diikuti dengan foglamp-nya yang masih pakai bohlam jenis halogen.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Perbedaan detail hanya sedikit bila dibandingkan dengan varian bermesin bensin 2.500 cc

Lanjut ke bagian samping eksterior Toyota Camry Hybrid ini. Andai pelek Camry Hybrid ini bukan mengadopsi model multi spoke serta tidak ada emblem HYBRID pada spakbor depan mobil ini, mungkin Anda akan mengira sedan ini tidak mengusung powertrain berjenis hybrid. Sebab, dua benda itu yang menjadi pembeda antara Camry varian Hybrid dengan Gasoline biasa. Secara umum, model mobil ini masih serupa dengan Camry Hybrid lansiran tahun 2012.

Foto logo Hybrid di Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Identitas hybrid terlihat jelas dari sisi samping mobil ini

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Lekuk bumper belakang lebih agresif dari model sebelum facelift

Pada bagian buritan ada beberapa ubahan yang dilakukan oleh PT TAM terhadap sedan mewahnya ini. Antara lain mengganti corak stoplamp agar lebih menyatu dengan ornamen krom di bagasi mobil ini. Kesan elegan pun langsung terpancar dengan adanya garis berkelir chrome yang menghubungkan antar lampu tersebut. O ya, karena Camry Hybrid diposisikan sebagai top of the line Toyota Camry di Indonesia, ia juga dilengkapi beberapa fitur menarik, seperti tersedianya sensor parkir berikut kameranya.

Foto emblem Hybrid Synergy Drive Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Emblem Hybrid Synergy Drive memberi kesan bahwa sedan ini mengusung teknologi tinggi


Interior Toyota Camry 2015

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Kesan mewah begitu terpancar dari desain dashboardnya

Kemewahan kabin Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 jelas tidak perlu diragukan lagi. Berbagai material empuk dapat Anda temukan di dashboard ini. Makin cantik, karena dashboard ini juga terdapat padu padan tiga warna yakni hitam, krem, dan abu-abu. Semakin wah lagi panel kayu yang dipasang juga turut menambah kemewahan kabin mobil ini. Tidak ada komplain mengenai dashboard Toyota Camry Hybrid ini.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Pengaturan Kursi Belakang

Foto pengaturan kursi belakang Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Beberapa fitur pendukung kenyamanan dapat Anda atur dari sini

Inilah kelengkapan interior di Toyota Camry Hybrid yang membuat Anda bak raja dan berada di sebuah sedan kelas satu. Temperatur AC triple zone, audio, hingga kursi pijatnya dapat diatur melalui kombinasi tombol yang menjadi satu dengan armrest ini. Tak sampai di situ saja, privasi Anda juga kian terjaga karena tray kaca belakang juga dapat dibuka dan ditutup secara elektris dengan menekan sebuah tombol di armrest.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Setir

Foto setir Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Setir enak digenggam dan beraura mewah

Kami menyukai desain setir dari Toyota Camry Hybrid ini. Selain bertabur tombol pengatur MID (Multi Information Display) dan head unit, desain setirnya juga mewah. Memang, bila dibandingkan dengan Toyota kekinian, desainnya masih konservatif dengan panel kayu yang dikombinasikan kulit asli yang nyaman digenggam tangan. Namun, diameter pada setir yang pas membuat tangan lebih betah berada di balik kemudi Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini.

Fitur Toyota Camry 2015

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Wireless Charging

Foto wireless Charging System Toyota Camry 2.5 Hybris 2015

Smartphone Anda dapat diisi ulang baterainya sembari berjalan

Salah satu keunggulan dari Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini adalah terdapat wireless charging yang dapat mengisi penuh baterai smartphone Anda. Tinggal letakkan saja smartphone Anda yang sudah support pengisian tanpa kabel di arm rest mobil ini, tepatnya berada di belakang tombol pengaturan kursi belakang. Pengisiannya juga relatif cepat meski smartphone yang kami gunakan belum dilengkapi fitur fast charging.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: In-Car Entertaiment System

Foto head unit Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Sound system JBL Green Edge ini punya kualitas suara mengesankan

Melakukan perjalanan jauh dengan mobil ini jelas tidak akan melelahkan dan membosankan. Selain bantingan suspensi Camry Hybrid yang akan membuai Anda selama perjalanan, juga mobil ini terdapat in-car entertainment system lansiran JBL Green Edge  yang kualitasnya baik. Tatanan suara merdu direproduksi sempurna dari 10 speaker yang ada di mobil ini. Sebenarnya masih ada roof monitor di Camry Hybrid ini, sayangnya kualitas dari monitor tambahan ini terasa murahan dan pastinya tidak sebanding dengan kualitas suara yang dihasilkan speaker JBL. Staging yang tersedia juga cukup baik, sehingga Anda dapat melakukan setup optimum di mobil ini.

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: AC Triple Zone

Foto pengaturan AC 3 Zone Toyota Camry 2.5 Hybrid 2016

Terdapat pengaturan AC tiga zona plus pendingin dan pemanas jok

Sebagai mobil mewah, tentunya sedan ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memanjakan penumpangnya. Salah satunya adalah pengaturan AC triple zone. Pengaturan AC tiga zona ini memungkinkan untuk pengemudi, penumpang depan dan penumpang belakang memiliki pengaturan suhu tersendiri. Seluruh kontrol AC dapat dilakukan secara digital dengan menekan sebuah tombol fisik. Namun, untuk pengaturan arah semburan hanya tersedia untuk penumpang depan dan pengemudi saja.

Operasi Toyota Camry 2015

Foto mesin 2AR-FXE Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Mesin mengadopsi sistem atkinson cycle agar lebih efisien mengolah BBM

Toyota Camry Hybrid ini mengusung mesin 4-silinder berkapasitas bersih 2.494 cc dengan kode 2AR-FXE. Mesin bersistem kerja atkinson cycle (dimana katup inlet dapat terbuka lebih lama saat pembakaran) ini juga dikawinkan dengan sistem Hybrid Synergy Drive andalan Toyota. Oh ya, mesin ini juga dikawal dengan pengaturan katup variabel VVT-i dan mampu menghasilkan total tenaga dan torsi sebesar 299 hp serta 473 nm. Untuk lebih jelasnya mengenai figur dapat Anda lihat di tabel spesifikasi.

Foto dinamo Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Motor listrik memberi tambahan lecutan tenaga sebesar 143 hp dan torsi 268 nm

Tenaga dan torsi besar tersebut lantas disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT. Mesin hybrid di Camry ini sangat hemat. Kami sudah mencoba sendiri, untuk berjalan di dalam kota 1 liter BBM oktan 95 di mobil ini mampu membawanya berjalan sejauh 14,8 kilometer. Sementara untuk rute tol ia mampu mencatat kehematan hingga 23,8 km/l. Jelas figur yang luar biasa mengingat bobot mobil ini mencapai 1.625 kilogram belum termasuk baterai dan motor listrik. 

Foto layar informasi sistem hybrid Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Sistem regenerative braking membuat tidak ada energi yang terbuang sia-sia

Mode full EV dapat diaktifkan di Camry Hybrid ini saat daya baterai dalam kondisi di atas setengah. Mode ini memungkinkan Camry Hybrid berjalan hingga kecepatan 50 km/jam tanpa mesin bekerja. Sayangnya, saat merayap di kemacetan dengan kondisi AC hidup dan lampu LED menyala, membuat baterai cepat habis. Dan mengisi baterai hybrid dari mesin 2.500 cc-nya membutuhkan putaran mesin yang agak tinggi. Memang, kami tidak bisa melihat karena mobil ini tak dilengkapi tachometer, tapi disinyalir mesin berputar di atas 1.700 rpm saat mengisi baterai.

Foto baterai HV Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Baterai utama hybrid tersimpan di bagasi belakang Camry ini

Kabar baiknya, meski Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini belum mengusung platform kekinian Toyota yakni TNGA (Toyota New Global Architecture), namun keasyikan mengemudi cukup baik. Feedback setir terasa memadai, bahkan saat kondisi hujan lebat sekalipun. Sehingga kami memiliki feeling yang cukup untuk merasakan kondisi permukaan jalan dan melakukan manuver dengan mobil ini. Bantingan suspensinya juga lembut dan dapat membuai penumpang. Tapi harus diakui ia bukanlah sedan mewah yang paling asyik dikemudikan di kelasnya.

Spesifikasi Toyota Camry 2015

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Camry Hybrid 2015:

Mesin Toyota Camry Hybrid 2015
 Seri mesin

 2AR-FXE, 4 Siinder Segaris, Hybrid Synergy Drive, VVT-i

 Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum

 Mesin + Motor Listrik: 156 Hp + 143 Hp = 299 Hp

 Torsi Maksimum

 Mesin + Motor Listrik: 105 Nm + 268 Nm = 473 Nm

 Kapasitas Silinder

 2,494 cc

 Bore X Stroke

 90,0 mm X 98,0 mm 

 Tipe Transmisi

 CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

  Rangka Toyota Camry Hybrid 2015

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.850 mm X 1.825 mm X 1.470 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2,775 mm

 Ground Clearance

 160 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

 63 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Camry Hybrid 2015

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut & Dual Link

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 by Toyota

Struktur Sasis

 Monokok, Sedan C Segment

Pelek

 Alloy, 17 Inch

Jenis Ban

 Radial, 215/55R17

Daftar Harga Toyota Camry 2015

Foto tampak samping Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Ingin beli Camry Hybrid? Pastikan baterai dalam kondisi baik

Saat ini di pasar mobil bekas, Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini ditawarkan dengan kisaran harga Rp 480 hingga Rp 501 juta. Anda bisa langsung cek iklannya di website ini. Namun, harga tersebut sangat tergantung dari kondisi aktual kendaraan. Saran kami, cek dengan seksama riwayat catatan servis mobil ini, pastikan baterai hybrid dalam kondisi baik, sebab penggantian satu unit baterai bisa memakan biaya lebih dari Rp 50 juta dan itu belum termasuk dengan ongkos pemasangan di bengkel resmi.

Kesimpulan Toyota Camry 2015

Foto logo Hybrid Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015

Jika Anda mencari sedan Toyota yang mewah, nyaman dan irit mobil ini pilihannya

Apabila Anda memiliki dana Rp 500 juta dan menginginkan mobil sedan yang nyaman, hemat BBM, kaya fitur serta mewah, maka pilihan mobil yang kami review ini adalah pilihan yang terbaik. Hanya saja, mengingat kondisinya tidak baru, Anda harus melakukan pengecekan Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini dengan seksama di bengkel resmi Toyota. Jika pemilik sebelumnya melakukan perawatan terjadwal dengan benar, Anda tak perlu khawatir, karena usia baterai hybrid bisa lebih dari 10 tahun.

>>> Simaklah review mobil lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

AUTO 9 MOBIL

DIY Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Spesifikasi Toyota Camry 2.5V 2012 , Mobil Sedan Mewah Khusus Penumpang Belakang

05/04/2018

Editor rate:

Tahun 2012, Toyota meluncurkan All New Camry dengan desain yang lebih mewah dan menawan untuk menarik perhatian. Seperti apa performa dari mobil yang menjadi salah satu mobil terlaris di segmennya? Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Camry 2.5V 2012.

Lihat juga

Spesifikasi Toyota Corolla Altis 1.8 V 2014, Wajah Baru Sedan Terlaris Di Dunia

14/05/2018

Editor rate:

Memasuki tahun 2014, PT. Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan Toyota Corolla Altis 2014 generasi ketiga. Menggunakan versi Corolla global yang memiliki platform berbeda dengan Toyota Corolla Axio di Jepang, juga berbeda wajah dengan versi Amerika. Berikut ini spesifikasi Toyota Corolla Altis 1.8 V 2014.

Lihat juga

Review Honda Insight 2020: Temukan Desain Honda City Pada Sedan Ini

TBA

08/10/2019

Editor rate:

Sebagai perintis awal di segmen sedan Hybrid, Honda Insight adalah fenomena. Permasalah bahan bakar terbarukan, setidaknya terjawab mulai dari sini. Maka tak heran, Honda seakan ingin menghidupkan karakter Insight pada model lainnya seperti All-New City. Bagaimana sosoknya? Berikut kita simak dalam review Honda Insight 2020.

Lihat juga

Review Toyota Mark X 2012, Sedan Berpenggerak Belakang Edisi Terbatas

15/07/2018

Editor rate:

Toyota Camry punya saudara yang diberi nama Toyota Mark X berpenggerak roda belakang. Awalnya diimpor untuk keperluan taksi, namun saat ini bisa menjadi alternatif menarik bagi Anda mencari sedan berpenampilan berbeda. Review Toyota Mark X 2012 bisa dilihat di bawah ini.

Lihat juga

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Sedan Eksklusif Yang Kini Terjangkau

28/12/2019

Editor rate:

Menjadi mobil bekas tak membuat kemewahan Nissan Teana 250 XV 2011 memudar. Kenyamanannya tak kalah dibandingkan sedan baru yang dijual di Indonesia saat ini.

Lihat juga