Review Toyota C-HR Rally Car 2020

12/08/2019

Share this post:

Toyota C-HR 2020

Editor rate:

Lihat promo

Salah satu crossover fenomenal buatan Toyota ini kembali membuat ulah. Setelah meluncur dan menghebohkan dunia dengan desainnya yang out of the box nan cantik, CUSCO World Rally Team bekerja sama dengan Toyota Racing Development (TRD) membangun sebuah 'monster' reli berbasi Toyota C-HR. Inilah ulasan mendalam kami mengenai Toyota C-HR Rally Car 2020.

Review Toyota C-HR Rally Car 2020
Review Toyota C-HR Rally Car 2020
17 Gambar

Pengantar Toyota C-HR 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota C-HR 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Performa Bengis

Handling Superior

Didukung CUSCO World Rally Team Yang Solid

Rally Car Dengan Tampilan Terkeren Saat Ini

Kekurangan

Tidak Dijual Di Indonesia

Rally Use Only

Performa Belum Terbukti Kencang

Biaya Riset Dan Pengembangan Mahal

Gambar menunjukkan Toyota Yaris AP4 2019 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Data teknis dan telemetri di Toyota Yaris AP4 digunakan CUSCO untuk mendevelop Toyota C-HR Rally Car 2020

Review Toyota C-HR Rally Car 2020 - Mobil Toyota C-HR Rally Car 2020 ini sedang dipersiapkan oleh CUSCO World Rally Team untuk nantinya berpartisipasi pada ajang FIA Asian Pacific Rally Championship (APRC), Japan Super Rally Series (JSR) dan FIA International Rally lainnya, bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi pilihan mobil untuk menggantikan Toyota Yaris WRC yang sudah digunakan sejak tahun 2017. Mobil ini dibuat dengan memanfaatkan data telemetri dan teknis dari Toyota Yaris AP4.

Tampak Toyota C-HR Rally Car 2020 berwarna putih on testing

Toyota C-HR Rally Car 2020 ini akan memperkuat tim CUSCO World Rally Team tahun depan

Mobil Toyota C-HR sendiri merupakan produk dari Toyota Motor Corporation yang menggunakan basis baru Toyota New Global Architecture (TNGA). Mobil dengan rancang bangun TNGA diklaim memiliki kedinamisan berkendara yang jauh lebih baik dibandingkan mobil Toyota non platform TNGA. Hal ini juga menjadi tantangan di dunia motorsport, apakah rancang bangun seperti ini akan mendukung mobil jadi lebih kompetitif di kejuaraan? We'll see... Mari kita simak dulu ulasan mobil ini.

Gambar Menunjukkan Toyota C-HR Rally Car 2020 sedang berjalan di jalan Indonesia

Akankah basis TNGA yang diusung Toyota C-HR Rally Car 2020 ini dapat bertaji di reli dunia?

Eksterior Toyota C-HR 2020

Review Toyota C-HR Rally Car 2020 : Tampilan Depan

Gambar sebuah mobil Toyota C-HR Rally Car 2020 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tampilan depan Toyota C-HR itu memang sudah reli banget dari awalnya

Jujur saja, pertama kali saat kami menjumpai unit Toyota C-HR saat pameran terbesar di Indonesia, memang yang langung terbesit di benak kami mobil ini pasti pas banget dandan ala rally look. Tapi mobil yang akan kita bahas ini adalah mobil reli sungguhan. Secara umum ia tak berbeda jauh dari versi massal. Hanya saja kap mesin sudah pakai bahan karbon agar ringan, dan bumper depan sudah pakai bahan fiber reinforce komposit agar lebih kuat dan juga ringan.

Review Toyota C-HR Rally Car 2020 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Toyota C-HR Rally Car 2020 berwarna putih

Tampilan samping Toyota C-HR Rally Car ini begitu proporsional

Lanjut ke bagian samping mobil ini, tampilan eksterior samping Toyota C-HR Rally Car 2020 ini begitu proporsional meskipun ia hanya menggunakan pelek 15 inchi yang ringan dan kuat sesuai regulasi reli internasional termasuk WRC. Warna putih solid dikombinasi dengan aksen hitam seperti di lis jendela, pintu hingga air scoop di atap mobil membuatnya enak dipandang. Oh ya seluruh kaca mobil ini sudah menggunakan material polycarbonate yang ringan, kuat dan tidak mudah pecah.

Review Toyota C-HR Rally Car 2020 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Toyota C-HR Rally Car 2020 berwarna putih

Meski sekilas sama saja dengan C-HR legal road, namun di versi reli ini ada sedikit perbedaan

Beralih ke bagian belakang. Eksterior belakang Toyota C-HR Rally Car 2020 ini memiliki beberapa perbedaan dengan Toyota C-HR legal road. Antara lain bumper belakangnya kini lebih agresif guna membantu aerodinamika, serta rear diffuser yang membesar. Tak hanya itu saja, duck tail juga lebih besar sedikit agar membantu aliran angin. Namun di versi kompetisi kemungkinan bagian belakang mobil ini juga akan diberikan sayap ekstra besar agar downforce membaik.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota C-HR 2020

Review Toyota C-HR Rally Car 2020 : Layout Dasbor & Setir

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota C-HR Rally Car 2020

Hebatnya sebagain besar dasbor aseli C-HR tetap dipertahankan di versi reli ini

Tidak seperti mobil reli lainnya yang dasbornya sudah diganti dengan bahan plastik ringan dilapis beludru hitam agar pantulan sinar matahari yang berpotensi membuat silau pereli dan co-driver saat melewati special stage. Pada Toyota C-HR ini layout maupun dasbornya sendiri masih mempertahankan aslinya. Namun, meski demikian untuk kemudi sudah diganti keluaran Sparco yang aseli Italia yang tidak mudah menyerap debu dan lebih mantab saat digenggam.

Review Toyota C-HR Rally Car 2020 : Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi Toyota C-HR Rally Car 2020

Kursi balap model bucket digunakan merek Bride yang asli Jepang

Karena peruntukannya sebagai mobil kompetisi, kursi yang digunakan pada Toyota C-HR Rally Car 2020 pun tidak main-main. Enggak menggunakan produk Eropa, para pengembang mobil reli ini menjatuhkan pilihan ke kursi merek BRIDE yang asli Jepang. Kursi balap ini sudah berhomologasi FIA (Federation International De' Automobile) dan bobot per kursinya hanya 7,3 kilogram. Kursi ini dikawinkan dengan seatbelt merek Cusco yang juga asli Jepang.

Review Toyota C-HR Rally Car 2020 : Bagasi

Gambar menunjukkan ruang Bagasi Toyota C-HR Rally Car 2020

Bagasi mobil reli biasanya digunakan untuk meletakkan ban cadangan, gantungan helm, dan peralatan oksigen

Ruang belakang mobil hingga bagasi biasanya dilepas dan digantikan dengan dudukan ban serep, jaring untuk gantungan helm serta peranti oksigen (jika diperlukan). Dengan kabin belakang dan bagasi Toyota C-HR Rally Car 2020 yang clean, para insinyur dapat menyesuaikan titik penempatan barang-barang tersebut agar canter of gravity mobil reli tetap low. Sehingga, ketika mobil jumping, saat mendarat posisi mobil tetap rata, alias tidak nose dive maupun berat belakang.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota C-HR 2020

Review Toyota C-HR Rally Car 2020 : Ringkasan Fitur Keamanan

Gambar Menunjukkan Rem dan Suspensi Toyota C-HR Rally Car 2020

Suspensi tetap mempertahankan konstruksi asli mobil, hanya saja partnya diganti aftermarket yang lebih kuat

Dalam kondisi standar, kelengkapan fitur keselamatan Toyota C-HR sudah patut diacungi jempol, hanya saja peranti keselamatan seperti rem ABS, ESP, bahkan kontrol kestabilan akan mengurangi kontrol pengemudi akan mobil. Maka seluruh peranti keselamatan elektronik tersebut dilepas, namun untuk hardware seperti kaliper dan selang rem, sokbreker dan konstruksi kaki-kaki diperkuat dengan produk aftermarket. Contohnya rem pakai Brembo, suspensi menggunakan Cusco.

Review Toyota C-HR Rally Car 2020 : Roll Cage

Tampak Roll Caga Toyota C-HR Rally Car 2020

Bahan chromoly digunakan demi konstruksi yang kuat dan mampu menyelamatkan nyawa ketika kecelakaan

Reli adalah salah satu motorsport yang paling berbahaya di dunia. Sebab mobil dapat melaju hingga 200 km/jam dengan mudah dari kondisi diam, bahkan menikung diatas kecepatan 120 km/jam jamak dilakukan. Untuk itu sasis mobil perlu diperkuat untuk menghindari cidera pereli ketika kecelakaan hebat. Roll cage adalah salah satu peranti keselamatan wajib di mobil reli. Roll cage mobil ini pakai bahan chromoly dan punya standar nilai minimum tensile strength 350 N/mm2.

>>> Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019, Love At The Sight?

Operasi Toyota C-HR 2020

Gambar menunjukkan desain bagian Mesin Toyota C-HR Rally Car 2020

Basis mesin yang digunakan adalah 8AR-FTS di Lexus NX300 F-Sport

Toyota mempunyai basis mesin yang potensial untuk mobil Toyota C-HR Rally Car 2020 ini. Bukan unit 2ZR-FBE seperti Toyota C-HR versi jalan raya. Namun, sebongkah mesin Lexus berkode 8AR-FTS dibenamkan ke balik bonnet mobil ini. Mesin ini bisa dibilang punya teknologi maju, karena standarnya mesin ini sudah punya teknologi ESTEC D-4ST (Economy Thermal Efficient Combustion Direct Injection 4-stroke Turbo).

Gambar Menunjukkan Mesin TRD-8AR pada mobil Toyota C-HR Rally Car 2020

Toyota Racing Development meracik ulang mesin ini hingga tenaganya naik sampai 130 horsepower

Gampangnya, mesin ini punya dua injektor bahan bakar terpisah. Pertama untuk injeksi langsung dan satu lagi ke port intake, sistem ESTEC D-4ST dapat mengatur injektor tersebut untuk menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi ke kepala piston dan injektor port menyemprot ke intake secara bersamaan. Atau salah satu saja, misal menyemprot ke atas kepala piston saja, itu semua tergantung dari putaran mesin serta suhu dan parameter lainnya.

Gambar sebuah Mobil Toyota C-HR Rally Car 2020 saat Tested

Hingga artikel ini dibuat, pihak Toyota dan Cusco WRT sedang menguji coba mobil ini

Mesin ini disempurnakan lagi oleh Toyota Racing Development agar menyemburkan tenaga dan torsi lebih besar. Mesin dengan karakter square engine (diameter piston dengan langkah piston sama) ini, mampu mengeluarkan tenaga 130 Hp dan torsi 150 Nm lebih besar dari versi jalan rayanya. Hal ini karena perbaikan efisiensi volumetrik pada kepala silinder seperti penyempurnaan di jalur inlet, outlet dan katup serta piston pakai bahan forged yang lebih kuat dan ringan.

Mobil Toyota C-HR Rally Car 2020 berwarna putih in Action

Tenaga dan torsi mesin sebesar itu disalurkan ke empat roda melalui transmisi 5 percepatan keluaran Drenth yang aseli Belanda. Transmisi jenis dog drive ini mampu menerima torsi mesin lebih dari 700 nm dan dengan penggunaan kasar khas reli. Ini penting, sebab tak jarang mobil reli harus sideways dengan kecepatan tinggi bahkan jumping dan mendarat dengan keras. Goodluck Toyota, semoga C-HR Rally Car 2020 ini kompetitif nantinya di ajang reli dunia.

>>> First Drive Toyota C-HR G-T 2017, Crossover Terpanas Toyota

Spesifikasi Toyota C-HR 2020

Berikut ini adalah Toyota C-HR Rally Car 2020.

Mesin Toyota C-HR Rally Car 2020

Seri mesin

TRD-8AR, 4 Silinder, Turbocharger, DOHC, VVT-iW

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Tenaga Maksimum

365,5 Hp (367 Ps)

Torsi Maksimum

500 Nm 

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Bore X Stroke

86,0 mm X 86,0 mm

Tipe Transmisi

Drenth Sequential with 5-speed gearbox, All Wheel Drive

Rangka Toyota C-HR Rally Car 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

N/A

Jarak Sumbu Roda

N/A

Jarak Pijak Antar Roda Depan / Belakang

N/A

Berat Kotor & Dengan Crew

1.190 Kilogram & 1.350 Kilogram

Kapasitas Tangki

75 Liter with FIA FT3 Spec

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota C-HR Rally Car 2020

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut & Double Wishbone by CUSCO

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Solid Disc 

Teknologi Sistem Pengereman

Tuned By Brembo

Teknologi Safety Sasis

FIA Approved Roll Cage Homologation

Struktur Sasis

FIA-conformant reinforced steel with Hyundai Motorsport Design welded multi point roll cage

Pelek

Rally Spec dengan ukuran, lebar 8x18 inch untuk trek aspal, dan lebar 7x15 inch untuk gravel (Standar WRC)

Jenis Ban

Jika Mengikuti Standar World Rally Championship :

Full Aspal : Michelin Pilot Sport

Campuran Aspal dengan Salju & Es : Michelin A41

Campuran Gravel dengan Salju & Es : Michelin X-ice North

Full Gravel : Michelin Latitude Cross

Daftar Harga Toyota C-HR 2020

Toyota C-HR Rally Car 2020 ini diprediksi menghabiskan biaya lebih dari Rp 5,000,000,000 untuk membangun mobil ini per unitnya, dan akan dijual sekitar Rp 3,000,000,000. Terlihat mahal? Tidak juga, masih lebih mahal mobil reli berbasis R5 yang per unitnya dibanderol sekitar Rp 7,300,000,000 atau 50% dari harga mobil World Rally Championship yang mencapai Rp 14,600,000,000 per mobilnya. Namun Anda musti ingat, biata Rp 3 milliar tersebut belum termasuk untuk memasukkan unit ini ke Indonesia. Anda harus berkocek tebal jika ingin mobil ini sampai di tangan Anda.

>>> Cek harga dan promo mobil Toyota lainnya dengan klik sini

Kesimpulan Toyota C-HR 2020

Gambar sebuah mobil Toyota C-HR Rally Car 2020 berwarna putih sedang berjalan di jalan Indonesia

Toyota C-HR Rally Car 2020 akan menjadi mobil reli tercantik di dunia

Lantas apakah mobil ini layak ditunggu? Yes, tentu saja, mobil ini akan menjadi mobil reli dengan tampilan tercantik dan proporsional di dunia ketika sudah jad nanti. Bagi Anda yang tak sabar ingin meminangnya, sepertinya Anda harus bersabar karena paling cepat tahun depan mobil ini baru dapat dijual. Jangan lupa siapkan kocek yang tebal ya.

>>> Belum puas dengan review di atas dan ingin cari lebih banyak informasi lainnya. Klik sini aja

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Kembar Jaya Motor

Jawa Barat

Review lain

Review New Range Rover Evoque SE 2019: Viva La Velar-ism!

Rp. 1.700.000.000

02/08/2019

Editor rate:

Kami seakan terhipnotis dengan sosok terbaru dari Range Rover Evoque ini. Desainnya yang tajam dan futuristis, seakan mengingatkan kami dengan sang kakak, Range Rover Velar. Lantas, apa sajakah senjata andalan yang telah dipersiapkan pada New Range Rover Evoque SE 2019 untuk mengulangi kesuksesan generasi sebelumnya? Simak ulasannya berikut ini.

Lihat juga

Review Nissan Qashqai 2019 Indonesia

26/10/2018

Editor rate:

Kalau boleh kami blak-blakan, keseriusan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) di pasar tanah air akhir-akhir ini harus dipertanyakan. Karena sudah banyak sekali model terbaru dari Nissan global yang keren dan dinamis tapi tak kunjung dipasarkann di Indonesia. Malah Nissan Terra yang beberapa waktu lalu kai test drive saja belum ada gaungnya setelah selesai GIIAS 2018. Nah, untuk mengobati rasa rindu akan produk baru Nissan yang canggih dan nyaman, Berikut review Nissan Qashqai Ti 2019.

Lihat juga

Review Hyundai Kona Highlander 2019

06/10/2018

Editor rate:

Kelas crossover mulai menjadi kelas yang gemuk, hal tersebut ditandai dengan banyaknya pemain di kelas ini. Hal inilah yang menjadi dasar pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai untuk masuk ke kelas ini dengan memperkenalkan Hyunai Kona. Berikut ini adalah review Hyundai Kona Highlander 2019 hanya untuk Anda.

Lihat juga

Review BMW iNEXT 2019

19/09/2018

Editor rate:

Meski hanya berbasis konsep, namun kita semua tahu bahwa BMW tak pernah bermain-main dengan hal yang mereka utarakan. Sama halnya dengan BMW iNext yang baru saja diperkenalkan lewat situs resminya. Dipenuhi konsep futuristik di berbagai sisinya, menjadikannya nampak sangat elegan untuk dikendarai. Seperti apa fitur terbarunya? Apa saja yang disuguhkan? Simak preview BMW iNext 2019 berikut ini.

Lihat juga

Preview Mitsubishi Eclipse Cross 2018: Racikan Baru Mitsubishi, Desain Crossover Dalam Tubuh SUV

24/07/2018

Editor rate:

Apa jadinya ketika mobil dulunya kupe dijadikan crossver? Apalagi, jika perancangnya adalah pabrikan otomotif ternama sekelas Mitsubishi dari negara Sakura. Nyatanya, produk yang diandaikan tadi sudah diproduksi dengan nama Mitsubishi Eclipse Cross. Meski produk ini nyatanya belum masuk ke Tanah Air, namun terasa menarik jika membedahnya, berharap mobil terbaru ini dihadirkan untuk skala Nasional. Mari kita simak preview Mitsubishi Eclipse Cross 2018.

Lihat juga