Review Toyota C-HR Hybrid 2019

23/04/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Cintamobil.com jadi salah satu media otomotif Indonesia pertama yang berkesempatan mencoba langsung Toyota C-HR Hybrid 2019 yang kini resmi masuk ke Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor. Seperti apa rasanya mobil SUV yang digadang-gadang menjadi salah satu mobil Toyota yang fun to drive ini?

PENGANTAR Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR Hybrid 2019 - Minat konsumen terhadap Toyota C-HR di Indonesia ternyata menuai respon positif. Sejak diperkenalkan secara resmi di tahun 2018 silam, Toyota C-HR langsung menjadi mobil SUV Toyota yang identik akan satu hal: Fun to Drive. 

Gambar empat orang yang sedang berfoto sama mobil Toyota C-HR Hybrid 2019

Peluncuran Toyota C-HR Hybrid 2019 untuk pasar Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor

Meski demikian, Toyota di tahun 2019 hanya menjual Toyota C-HR dalam versi mesin bensin semata. Padahal ada beberapa jenis mesin yang tersedia di pasar global untuk Toyota C-HR. Untuk itu, bertepatan dengan momen Earth Day di tahun 2019, PT Toyota Astra Motor selaku ATPM Toyota merilis Toyota All New C-HR Hybrid.

Gambar mobil Toyota C-HR di GIIAS 2017

 

 

 

Tampilan Toyota C-HR Hybrid pada GIIAS 2017

Sejatinya Toyota C-HR Hybrid adalah model yang diluncurkan sebagai mobil konsep Toyota pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu. Namun baru di tahun 2019 mobil ini resmi bisa dibeli oleh konsumen Indonesia. 

Cintamobil.com sendiri menjadi salah satu media otomotif Indonesia pertama yang berkesempatan mencoba langsung Toyota C-HR Hybrid 2019 tepat saat peluncuran mobil ini di Senin (22/4) lalu. Seperti apa rasanya mobil SUV yang digadang-gadang menjadi salah satu mobil Toyota yang fun to drive ini? Berikut kami sampaikan review Toyota C-HR Hybrid 2019 untuk Anda.

EKSTERIOR Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR Hybrid 2019:  Eksterior Depan 

Gambar menunjukkan Eksterior Depan Toyota C-HR Hybrid 2019

Tampilan eksterior depan Toyota C-HR Hybrid 2019

Fascia depan dengan sudut-sudut tajam di setiap sisi tetap dipertahankan pada Toyota C-HR versi Hybrid. Masih dengan spirit Againts Stereotype yang menjadi tema besar line-up Toyota C-HR di Indonesia, untuk Toyota C-HR Hybrid 2019 memiliki upgrade dari segi eksterior depan dalam dua hal. Pertama adalah pergantian area headlight dengan desain baru dan menggunakan teknologi Bi-Beam LED Headlamp With Auto Leveling. Kedua adalah logo Toyota yang diberikan aksen biru, sekaligus menjadi identitas untuk semua mobil Hybrid produksi Toyota.

Review Toyota C-HR Hybrid 2019:  Eksterior Samping

Gambar menujukan desain bagian samping mobil Toyota C-HR Hybrid 2019

Tampilan eksterior samping Toyota C-HR Hybrid 2019

Desain samping Toyota C-HR Hybrid 2019 mengalami perubahan sederhana yang justru menambah kesan menarik dan modern mobil ini. Ubahan tersebut terletak pada desain pelek Alloy baru yang mengusung profil diameter 17 inci dengan ban 215/60 R17. Toyota juga memperkenalkan warna baru untuk Toyota C-HR Hybrid 2019 dan line-up Toyota C-HR di tahun 2019, yakni warna Radiant Green with Black Roof. 

Review Toyota C-HR Hybrid 2019:  Eksterior Samping

Gambar menujukkan desain bagian belakang mobil Toyota C-HR Hybrid 2019

Tampilan eksterior belakang Toyota C-HR Hybrid 2019

Dari segi buritan belakang, jelas Anda akan merasa bingung dan bertanya apa bedanya Toyota C-HR Hybrid dengan Toyota C-HR standar? Nah ubahan yang bisa menjadi ciri khas untuk model hybrid selain adanya logo Toyota bersiluet warna biru dengan logo Hybrid Synergy Drive, pada desain taillight juga menggunakan LED Rear Combination Lamp.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR Hybrid 2019:  Dashboard dan Setir

Gambar menujukkan desain  Dashboard dan Setir mobil Toyota C-HR Hybrid 2019
Tampilan area dashboard dan setir Toyota C-HR Hybrid 2019

Sejatinya tidak ada ubahan signifikan pada sisi interior Toyota C-HR Hybrid 2019 dibanding C-HR standar. Area dashboard Toyota C-HR Hybrid 2019 dikemas dengan trim berwarna brown & black, berpadukan layar audio 7 inci Advanced Entertainment System with Smartphone Connection, serta setir dengan tombol multifungsi. Adapun ubahan paling kentara ada di area instrument cluster, dimana area takometer berubah menjadi indikator 'CHG (Charge)', 'ECO', dan 'Power'. Adapun di tengah instrument cluster terdapat layar 4.2 inci untuk MID dan indikator Hybrid Synergy Drive Technology.

Review Toyota C-HR Hybrid 2019:  Jok

Gambar menujukkan desain bagian jok mobil Toyota C-HR Hybrid 2019
Tampilan jok Toyota C-HR Hybrid 2019

Tidak ada ubahan dilakukan Toyota untuk jok Toyota C-HR Hybrid 2019. Ia tetap dikemas dengan black natural leather seat yang terkesan mewah. Plus untuk jok depan format jok lebih sporty dengan lumbar support elektrik di sisi pengemudi, yang sanggup untuk memeluk tubuh dengan erat sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR Hybrid 2019:  Fitur Berkendara

Gambar menunjukkan  Fitur Berkendara Toyota C-HR Hybrid 2019

Fitur mode berkendara Toyota C-HR Hybrid 2019

Menggunakan sistem tenaga hybrid, Toyota C-HR Hybrid 2019 memiliki mode berkendara EV Mode yang memungkinkan mobil berjalan dengan motor elektrik full selama baterai di mobil ini kondisi penuh. Adapun mode berkendara Sport, Normal, dan Eco tetap tersedia di mobil ini. Dan jika Anda penasaran, Anda bisa mengecek efek g-force mobil ini melalui G-Force Indicator di layar MID pada instrument cluster.

Review Toyota C-HR Hybrid 2019:  Fitur Keselamatan

Gambar fitur rear cross traffic alert di mobil Toyota C-HR

Fitur Rear Cross Traffic Alert pada Toyota C-HR Hybrid 2019

Seluruh keluarga Toyota C-HR di Indonesia sudah menggunakan teknologi keselamatan mutakhir. Mulai dari  Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert. Selain itu di dalam kabin tersedia tujuh SRS Airbag (D+P+S+CSA+D-Knee) dan seatbelt di setiap jok.

>>> 5 Aksesori Wanita Wajib Ada di Mobil

OPERASI Toyota C-HR 2019

Gambar menujukkan desain bagian mesin mobil Toyota C-HR Hybrid 2019

Area mesin 2ZR-FXE Toyota C-HR Hybrid 2019

Toyota C-HR Hybrid 2019 menggunakan mesin 2ZR-FXE 1.798 cc dipadu dengan Hybrid Synergy Drive. Tenaga yang dihasilkan mesin ini sebesar 100 ps (engine) dan 36 ps (motor), serta disalurkan tenaga ke roda depan melalui transmisi CVT 7-speed. Berdasarkan klaim Toyota, konsumsi bahan bakar Toyota C-HR Hybrid 2019 lebih efisien 62% dibandingkan varian konvensional sehingga emisinya CO2-nya juga lebih rendah sekitar 60%.

Seperti sudah kami sebutkan di atas, Cintamobil.com menjadi salah satu media pertama di Indonesia yang mencicipi Toyota C-HR Hybrid 2019. Sekalipun dalam waktu singkat dan area test drive yang tidak terlalu jauh, secara singkat ada beberapa catatan yang perlu dipahami jika Anda awam atau belum pernah menggunakan mobil hybrid.

Gambar seorang yang sedang test drive mobil Toyota C-HR Hybrid 2019

Cintamobil.com berkesempatan mencicipi lebih awal Toyota C-HR Hybrid 2019

Pertama ialah momen engine start mobil ini sangat senyap. Pasalnya bukan mesin bensin yang menyala, melainkan motor elektrik dan baterai. Hanya ada indikator Ready di instrument cluster yang menandakan Toyota C-HR Hybrid 2019 bisa dikemudikan. Kedua ialah saat berjalan di kecepatan rendah terasa dukungan motor elektrik membuat respon akselerasi terasa lebih baik, sebelum dimaksimalkan oleh mesin bensin pada mobil. ini. Dan untuk mengisi daya baterai dengan cepat dan optimal, setiap mobil ini mengalami deselerasi maka energi yang terbuang disalurkan ke baterai sebagai daya tambahan. 

Gambar menunjukkan Penggunaan teknologi hybrid Toyota C-HR Hybrid 2019

Indikator instrument cluster dan energy monitor di Toyota C-HR Hybrid 2019

Untuk tahu sumber tenaga apa yang sedang digunakan pada Toyota C-HR Hybrid 2019 tersaji lewat Energy Monitor di instrument cluster, dan indicator di instrument cluster. Dalam kondisi berkendara normal, jarum indikator di instrument cluster akan berada di area Eco dan saat deselerasi akan berada di area Charge. Jika Anda mengeksplorasi penuh tenaga mobil ini maka jarum indikator akan berada di area Power. Sedangkan Energy Monitor hanya menunjukkan proses penyaluran energi yang terjadi saat mobil akselerasi dan deselerasi

Bagaimana dengan sensasi berkendara yang diberikan mobil ini? Sejujurnya, tidak banyak perbedaan. Karena struktur sasis TNGA alias Toyota New Generation Architecture, Toyota C-HR Hybrid 2019 terasa serupa dalam hal karakter handlingnya. Unsur fun to drive sama terasa di versi hybrid, dan kelincahan mobil ini termasuk salah satu yang patut diapresiasi.

Hanya saja, buat kami pribadi membawa mobil ini memiliki sedikit masalah pada visibilitas belakang yang dirasa kurang optimal karena ruang kaca belakang yang tidak terlalu besar. Untuk itulah saat mobil mundur, akan muncul citra area belakang mobil yang disajikan dari sistem kamera di mobil ini. 

>>> Plus Minus Ban Tubeless Pada Mobil

spesifikasi Toyota C-HR 2019

Berikut ini kami sampaikan spesifikasi Toyota C-HR Hybrid 2019 yang bisa dihimpun Cintamobil.com 

Dimensi/ Ukuran Toyota C-HR Hybrid 2019

P x L x T

4.360 x 1.795 x 1.565

Jarak poros roda

2.640 mm

Berat

N/A

Mesin Toyota C-HR Hybrid 2019

Tipe

2ZR-FXE 4 silinder segaris  16-valve DOHC with VVT-i, Hybrid Synergy Drive 4th Generation

Kapasitas

1.798 cc

Daya maksimum (total)

136 PS

Torsi maksimum (total)

14.5 kg.m

Rangka Toyota C-HR Hybrid 2019

Transmisi

CVT

Suspensi depan

MacPherson strut

Suspensi belakang

Double wishbone

Rem depan

Ventilated disc

Rem belakang

Disc

Ukuran ban

215/60 R17

kelebihan & kekurangan Toyota C-HR 2019

Berikutnya adalah spesifikasi Toyota C-HR Hybrid 2019 menurut Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Teknologi mesin hybrid membuat mobil efisien

Visibiltas ke belakang terasa biasa saja

Handling fun to drive karena TNGA

Fitur tidak beda jauh dengan Toyota C-HR konvensional

Value for Money

 

daftar harga Toyota C-HR 2019

Harga Toyota C-HR Hybrid 2019 dibanderol di angka Rp523 jutaan on-the-road DKI Jakarta. Angka ini terpaut sekitar Rp30 juta dibanding versi bensin dari Toyota C-HR bensin. 

Video Toyota C-HR 2019

KESIMPULAN Toyota C-HR 2019

Pengalaman Toyota selama 10 tahun memasarkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia sudah pasti menjadi bukti kuat betapa seriusnya pangsa pasar mobil ramah lingkungan di Indonesia. Dan dengan Toyota C-HR Hybrid 2019, konsep kendaraan ramah lingkungan akan semakin terpancar baik karena didukung performa dan handling prima, serta penampilan yang memikat.

Apakah Toyota C-HR Hybrid 2019 layak untuk jadi mobil SUV terbaru Anda saat ini? Well dengan harga Rp532 juta, sejujurnya ialah satu-satunya pemain di segmen mobil SUV medium yang sudah menggunakan teknologi canggih hybrid. Dan sensasi berkendara khas TNGA juga sangat mumpuni untuk memaksimalkan pengalaman berkendara pada mobil SUV ini, sehingga ia layak kami sebut sebagai salah satu SUV Value for Money untuk saat ini. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil