Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019, Love At The Sight?

29/03/2019

Share this post:

Toyota C-HR 2019

Editor rate:

Lihat promo

Toyota C-HR merupakan salah satu mobil yang paling sensasional dari Toyota. Meskipun tidak terlalu bergema di negeri kita karena harganya yang mahal, namun Toyota C-HR cukup diminati di negara lain, salah satunya negara tetangga kita Malaysia. Inilah ulasan dari kami mengenai review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019, Love At The Sight?
Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019, Love At The Sight?
0 Gambar

Pengantar Toyota C-HR 2019

Mari kita simak spesifikasi Toyota C-HR 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Konsep TNGA bekerja sempurna pada mobil ini

Fun To Drive

Konsumsi BBM irit dan akselerasi linear menyenangkan

Kekurangan

Harganya mahal (di Indonesia)

Versi TRD Aerokit di Malaysia ini tidak ada di Indonesia

Diprediksi kedepan akan sulit mendapatkan body part karena produk impor langsung Thailand

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019Sebelum melanjutkan review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019, kami dari Cintamobil.com ingin bercerita terlebih dahulu. Utamanya saya sebagai penulis. Keluarga saya bisa dibilang sebagai "keluarga Toyota". Ayah saya sangat menyukai brand ini, bisa dibilang rasa cinta saya terhadap brand ini turun dari beliau. Singkat cerita dari pertama kali beliau bekerja di sebuah perusahaan "pelat merah" ia sudah menggunakan Toyota Kijang Pick-Up. Durabilitas, kemudahan servis serta badaknya mobil Toyota membuat keluarga kami jatuh cinta akan brand Toyota ini. Bukannya sombong, hampir semua jenis mobil Toyota pernah mengisi garasi rumah kami, dari mulai Kijang yang legendaris dari generasi Super hingga Reborn, Avanza, Fortuner, Camry, Vios, Altis, Rush, Land Cruiser VX200 bahkan sampai Toyota FJ40.

Gambar mobil Toyota C-HR 2018 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Gambar mobil Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 berwarna hijau

Toyota C-HR yang masuk ke Indonesia (atas) maupun Malaysia (bawah) sama-sama diimpor utuh dari Thailand

Namun sayang, ada satu kelemahan krusial pada Toyota yang tidak pernah saya maupun keluarga saya tidak rasakan dari Toyota ini. Yaitu lemahnya sektor fun to drive. Maklum saja, saya suka sekali mengemudikan mobil sendiri. Dan saya harus jujur bilang, bahwa Toyota hampir tidak pernah melahirkan produk yang asyik untuk dikemudikan serta menggugah. Awal tahun 2018 Toyota melahirkan Toyota C-HR yang mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) dan langsung diklaim oleh PT Toyota Astra Motor sebagai mobil yang totally diffrent. Hmm... saat itu sikap skeptis saya sebagai jurnalis otomotif malah membuat saya susah tidur. Dalam hati saya selalu bertanya, apa benar mobil Toyota bisa fun to drive?

Gambar menunjukkan foto mobil Toyota C-HR dalam bingkai smartwatch

Digadang-gadang sebagai Toyota paling fun to drive sontak membuat saya skeptis akan hal tersebut

Jawaban itu akhirnya saya dapatkan pada bulan November 2018 setelah menunggu antrian test drive dan pelat nomor mobil tes. Mobil Toyota C-HR berkelir Blue Metallic With Sporty Black Roof siap dites. Saya sengaja merancang perjalanan jauh untuk benar-benar membuktikan kehandalan serta sisi fun to drive dari mobil ini. Dan benar saja, dari sekian banyak produk Toyota yang sudah pernah saya coba, Toyota C-HR ini adalah mobil yang paling fun to drive, bahkan saya berani bilang kalau mobil ini tidak terasa seperti mengemudi mobil Toyota pada umumnya. Desain rancang bangun baru ber-platform TNGA sukses merebut hati saya dan juga ayah saya. Menikung dengan kecepatan tinggi, melakukan aksi overtaking kendaraan lain, bahkan bermanuver cepat sangat mudah dilakukan oleh Toyota C-HR.

Tampak mobil All New Toyota C-HR 2018 bersama tester Cintamobil.com

Jarang ada mobil yang membuat saya selaku tester Cintamobil.com love at the first sight, Toyota C-HR mampu merebut hati saya

Sayang beribu sayang, Toyota C-HR masuk ke Indonesia dalam format CBU serta didatangkan bulat-bulat dari Thailand sama seperti All New Toyota Camry. Konsep TNGA yang belum banyak digunakan, ditambah lagi dengan biaya masuk yang tidak bersahabat di negara kita ini membuat harga jual dari Toyota C-HR melambung tinggi. Tidak banyak mobil yang dapat membuat saya sebagai tester dan juga jurnalis otomotif di Cintamobil.com love at the first sight, dan Toyota C-HR adalah mobil yang membuat saya jatuh hati dan ingin sekali memilikinya. Set back, ke Toyota C-HR 1.8L spek Malaysia 2019. Mobil ini mendapatkan berbagai opsi yang lebih menarik. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil ini? Ikuti terus ulasan Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 ini hanya di Cintamobil.com

Eksterior Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 : Tampilan Depan

Gambar mobil New Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Aksen body kit keluaran TRD jadi pembeda utama Toyota C-HR 'lokal' dengan versi Malaysia

Sebenarnya kami sangat menyayangkan mengapa Toyota C-HR versi TRD tidak masuk ke Indonesia, namun setelah melihat harga jual Toyota C-HR disini, membuat kami paham. Bahwa harga jual dari Toyota C-HR akan lebih melejit jika ada versi TRD-nya. Pada Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 ini pakai body kit TRD yang sangat sporty dan pas dengan karakter crossover dari C-HR. Kelir satin silver pada bumper membuat tampilan depan mobil ini makin asyik dilihat.

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 : Tampilan Samping

Gambar mobil Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 berwarna biru dilihat dari sisi samping

Overfender yang dipakai oleh Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 mengingatkan kita ke Toyota Yaris Heykers ya...

Awalnya kami sempat menilai jika desain overfender pada Toyota C-HR versi Malaysia ini aneh dan enggak lazim, bahkan mengingatkan kita ke Toyota Yaris Heykers. Namun, semakin dilihat justru kami semakin suka dengan desain seperti itu, bahkan ketika membandingkan dengan Toyota C-HR yang dijual di Indonesia langsung terasa versi yang dijual di tanah air kurang advanced. Belum lagi, desain pelek yang lebih agresif membuat tampilan sampingnya lebih berisi.

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 : Tampilan Belakang

Gambar mobil Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 berwarna biru dilihat dari sisi belakang

Jujur saya, body kit dari TRD ini membuat tampilan crossover andalan Toyota ini semakin seksi

Tampilan belakang Toyota C-HR sebenarnya tidak ada yang salah, namun jujur saja, sejak kami melihat Toyota C-HR yang diberi TRD Aerokit membuat tampilan belakang dari C-HR 'normal' seperti kurang berisi. Tampilan eksterior belakang Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 yang pakai paket aerokit dari TRD ini semakin padat, berkarakter dan juga semakin sporty. Kami berharap PT Toyota Astra Motor juga menjual versi TRD Aerokit ini di Indonesia.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Warna licorice brown dikombinasi soft black mendominasi dari interior Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 ini

Layout dasbor dari Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 ini didominasi dengan kelir licorice brown dikombinasi dengan soft black. Kombinasi dari kedua warna tersebut menghasilkan kesan elegan dari layout dasbor mobil ini. Ditambah lagi dengan banyaknya material empuk di dasbor mobil ini membuatnya semakin menyenangkan dan juga berkesan mewah. Karena diimpor dari negara yang sama, maka tidak ada beda fitur pada dasbor mobil Toyota C-HR ini.

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 : Kursi Depan & Belakang

Gambar menunjukkan desain Kursi depan Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Kursi depan Toyota C-HR mampu menopang badan dengan baik saat bermanuver

Salah satu hal yang juga kami suka dari mobil Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 ini adalah kursi depannya yang mampu menopang badan dengan baik saat bermanuver. Saat kami melaju dengan kecepatan diatas 120 km/jam dan harus melibas tikungan cepat, 'kuping' dari kursi ini mampu menahan badan kami agar tidak terlempar. Sayangnya, busa jok ini seharusnya bisa dibuat lebih empuk agar menambah kenyamanannya. Kursi belakang? Oke juga, cukup luas dikelasnya.

Gambar menunjukkan desain Kursi belakang Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Pelipatan kursi belakang dengan format 40-60 membuat bagasi menjadi lebih fleksibel dalam membawa barang

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 : Panel AC

Gambar menunjukkan desain Panel AC Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Desain tombol pada panel AC di mobil ini dibuat funky dan tombolnya juga empuk saat ditekan

Ketika melihat panel pengatur kontrol AC di Toyota C-HR pasti akan ada perasaan love and hate. Love karena desain tombol pengaturan pada panel AC di mobil ini dibuat funky bentuknya oleh Toyota. Tidak hanya itu, tombolnya juga terasa empuk saat ditekan. Hate, karana bagi sebagian orang desain seperti ini sudah kuno dan lebih baik apabilla pakai desain tombol non fisik seperti rival-rival lainnya. But, it's all about choice kan ya?

>>> Baca juga:

Fitur Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Tampak Camcorder di Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Pada Toyota C-HR yang dijual di Malaysia, dilengkapi dengan opsi kamera recorder yang tidak akan anda temui pada versi Indonesia

Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 ini mengadopsi fitur keselamatan yang terbilang lengkap. Karena diimpor dari Thailand sama seperti Indonesia, mulai dari kehadiran tujuh SRS Airbag (D+P+S+CSA+D-Knee), Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert yang merupakan fitur penolong saat Anda harus keluar mundur dari tempat parkir. Sistem akan memperingatkan pengemudi apabila mendeteksi munculnya kendaraan dari arah samping. Hanya saja, di versi Malaysia sensor Tire Pressure Monitoring System (TPMS) di aktifkan sehingga Anda dapat memantau tekanan angin dari dalam kabin, serta Traction Control (TC) sudah tersedia di mobil ini. Berbeda dengan versi Indonesia, TPMS dan TC belum tersedia, meski sama-sama sudah ada VSC.

Gambar menunjukkan fitur 7 Airbags di mobil Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

7 buah airbags akan melindungi Anda dan sekeluarga ketika terjadi kecelakaan

Gambar menunjukkan fitur traction Control dan ESC di Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Vehicle Stability Control dikombinasi dengan Traction Control akan menjaga mobil mengalami understeer maupun oversteer

Gambar menunjukkan fitur Hill Start Assist pada mobil Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Istri Anda kurang mahir mengemudi di tanjakan? Jangan khawatir Hill-Start Assist Control akan menjaga pasangan Anda dari celaka

Gamabr menunjukkan fitur tire Pressure Monitoring System di Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Fitur Tire Pressure Monitoring System akan membuat Anda selalu feel safe saat berkendara dengan Toyota C-HR ini

Gamabr menunjukkan fitur Electronic Parking Brake di Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Rem parkir elektrik dikombinasi dengan fitur auto brake hold akan mempermudah Anda

Gamabr menunjukkan fitur smart key di Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Anda hanya perlu mengantungi saja kunci mobil ini, karena Toyota C-HR sudah dilengkapi dengan kunci pintu yang pintar

>>> Berapa Harga Toyota C-HR Jika Masuk Indonesia?

Operasi Toyota C-HR 2019

Gamabr menunjukkan desain bagian Mesin 2ZR-FBE Toyota C-HR 2019

Mesin ini tidak hanya mampu meminum BBM RON 92, namun juga mampu 'nenggak' Ethanol

Sama seperti Toyota C-HR 2018 versi Indonesia yang telah kami tes jalan,Toyota memilih unit 2ZR-FBE berkapasitas 1.800 cc. Mesin pintar yang serupa dengan Toyota Corolla Altis ini mampu menelurkan daya 140 Ps atau sekitar 137,5 Hp pada putaran mesin 6.400 rpm dan torsi 171 Nm atau 17,4 kgm pada kitiran 4.000 rpm. Di Malaysia juga belum ada varian yang menggunakan mesin hybrid berkode 8NR-FTS 1.200 cc turbo dan berpenggerak AWD. Istimewanya unit 2ZR-FBE memiliki kemampuan flexi-fuel alias mampu ‘menenggak’ ethanol sebagai bahan bakarnya. Tersedia pula tiga mode berkendara: ECO, NORMAL dan SPORT. Ketiganya dibedakan lewat algoritma perpindahan gigi, serta respon throttle body. Akselerasi berlangsung cepat namun tetap linear dan halus berkat transmisi CVT-nya.

Gamabr menunjukkan bagian Transmisi CVT Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Transmisi CVT pada mobil ini tetap mampu menghibur pengemudi

Salah satu keutamaan Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 ini adalah ia duduk di atas platform baru TNGA. Toyota menjanjikan TNGA memiiki keunggulan dari sisi kualitas berkendara. Dalam rute uji-coba kami berjalan jauh bersama Toyota C-HR versi lokal antara Bekasi-Jember PP, terasa sekali bagaimana Toyota C-HR mampu menghadirkan sensasi berkendara yang tidak terdapat pada mobil sejenisnya. Bahkan, seperti yang kami bilang pada pendahuluan, tidak seperti membawa mobil Toyota pada umumnya saat Anda mengemudikan mobil ini.

Gamabr menunjukkan fitur mode berkendara di Toyota C-HR

Gunakanlah mode SPORT saat ingin berkendara agresif bersama-nya, namun saran kami di NORMAL saja sudah cukup

Kemudi pun terasa mantap digenggam, dan mampu memberikan umpan-balik (feedback) yang baik, ketajaman setir juga termasuk akurat pada berbagai kondisi jalan. Sangat menyenangkan mengendalikan mobil ini pada jalan berkelok. Namun, itu semuda dilakukan tanpa mengurangi sedikit pun pada unsur kenyamanan. Salah satu alasannya berkat kehadiran suspensi double-wishbone di bagian belakang. Sesuatu yang jarang ada pada mobil di kelasnya.

>>> Review Toyota C-HR Hybrid 2018, SUV Stylish Nan Ramah Lingkungan

Spesifikasi Toyota C-HR 2019

Berikut ini adalah Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019.

Mesin Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Seri mesin

2ZR-FBE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Pasokan Bahan Bakar

Injeksi

Tenaga Maksimum

137,5 Hp (140 Ps) @ 6.400 rpm

Torsi Maksimum

171 Nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

1.798 cc

Bore X Stroke

80,5 mm X 88,3 mm

Tipe Transmisi

CVT with 7-speed Sequential Shiftmatic

Rangka Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.360 mm X 1.795 mm X 1.565 mm

Jarak Sumbu Roda

2.640 mm

Jarak Pijak Antar Roda Depan / Belakang

1.550 mm / 1.570 mm

Radius Putar

5,2 m

Kapasitas Tangki

50 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with Stabilizer & Double Wishbone with Stabilizer

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Solid Disc

Teknologi Sistem Pengereman

Anti-Lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-Force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA)

Teknologi Safety Sasis

Toyota New Global Architecture

Struktur Sasis

Monokok, C-Segment

Pelek

Alloy Wheel with Machining 17 inchi

Jenis Ban

Bridgestone Dueler H/T, 215/60 R17

Daftar Harga Toyota C-HR 2019

Model terbaru Toyota ini ditawarkan hanya satu pilihan di Malaysia yakni Dual Tone. Kalau di indonesia Single Tone menggunakan satu warna saja dan Dual Tone menyuguhkan dominasi dua warna. Sebelum membahasnya lebih lanjut, kira-kira berapakah anggaran harus dikeluarkan untuk menebus crossover stylish ini? Prediksi kami jika Toyota C-HR dengan spesifikasi lebih lengkap ini akan dijual sekitar Rp 9 hingga Rp 10 jutal lebih mahal dibandingkan dengan Toyota C-HR yang dijual di Indonesia. Untuk model yang dijual di tanah air, silahkan Anda lihat tabel harga Toyota All New C-HR 2019 di bawah ini.

Harga Toyota All New C-HR 2019

Harga All New C-HR 1.8 CVT Single Tone

Rp 488.650.000

Harga All New C-HR 1.8 CVT Dual Tone

Rp 490.150.000

*Harga per tanggal 1 Maret 2019

Kesimpulan Toyota C-HR 2019

Gambar seorang pria yang sedang memfoto di dekat mobil Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019 sangat cocok untuk Anda yang senang tampil nyentrik dan suka mengemudi

Kami sudah terlanjur jatuh cinta terhadap mobil ini, namun bukan berarti serta merta kami akan menyarankan Anda untuk membeli mobil ini. Harga yang mahal menjadi handicap terberatnya. Saran kami, jika Anda belum mampu membeli mobil ini, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memiliki mobil ini, Anda dapat menabung sampai mobil terbeli atau Anda tunggu saja bekasnya, biasanya mobil impor Thailand akan punya depresiasi yang tinggi.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top