Review Toyota Avanza Veloz 1.5 2011

11/12/2018

Share this post:

Toyota Avanza 2011

Editor rate:

Lihat promo

Tahun 2011 merupakan tahun yang revolusioner bagi Avanza, karena di tahun ini pula model konvensional Avanza dari tahun 2004 mengalami ubahan total, dari sisi eksterior, interior, bahkan mesinnya. Seberapa hot Toyota Avanza Veloz 1.5 2011? Lalu bagaimana review atau pendapat kami mengenai mobil ini?

Review Toyota Avanza Veloz 1.5 2011
Review Toyota Avanza Veloz 1.5 2011
0 Gambar

Pengantar Toyota Avanza 2011

Mari kita simak spesifikasi Toyota Avanza 2011 di bawah ini.

Kelebihan

Merupakan Avanza Dengan Spesifikasi Tertinggi

Kaki-kaki tangguh Dan dapat diandalkan

Jaringan servis  luas

Kekurangan

Fitur biasa saja

Bahan material dasbor biasa saja

Model bukan selera semua orang

Review Toyota Avanza Veloz 1.5 2011 - Sebagai upaya untuk mempertahankan gelar sebagai mobil yang paling layak dimiliki oleh keluarga cerdas di Indonesia. Tahun 2011 Toyota meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Avanza. Modelnya kini semakin dewasa, meski sepintas dari depan terlihat seperti Toyota Ractis namun Toyota All New Avanza mampu tampil lebih dinamis. Lekuk bodynya lebih streamline dari generasi sebelumnya. Nama Veloz diambil dari kata Velocity yang artinya pertumbuhan yang cepat. Maka tak heran, Toyota menaruh harapan besar pada mobil ini.

Tampak Toyota Avanza G 1.5 2011 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Toyota Avanza 1.5 G MT 2011 adalah basis dari Toyota Avanza Veloz

Pada generasi ini pula Toyota menyediakan varian Veloz sebagai top of line dari All New Avanza, Toyota Avanza Veloz tahun 2011 dibekali mesin 4 silinder 3SZ-VE, DOHC dengan kapasitas mesin 1,495 cc. Veloz dan CD player dual DIN. Varian teratas Veloz, mendapatkan desain bumper depan dan belakang yang lebih agresif. Rear spoiler dan third brake lamp juga enggak ketinggalan. Interior Veloz didominasi warna hitam, sementara head unit yang diusung juga lebih baik dengan fasilitas tambahan koneksi USB dan aux-in yang memungkinkan musik dari gadget dimainkan disini. Oh ya kualitas audionya juga lebih baik berkat 6 buah speaker yang terpasang di Veloz.

Gambar mobil Toyota Avanza Veloz 1.5 2011 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Toyota Avanza Veloz didaulat sebagai Avanza versi tertinggi

Ubahan yang banyak tersebut terbukti membuat All New Avanza makin disukai oleh konsumen tanah air. Uniknya, meski tetap berembel-embel Avanza namun Toyota sepertinya tidak ingin mencampur Avanza 'biasa' dengan Veloz. Namun hebatnya, total penjualan dari 2011 hingga 2012 mencatat angka 354.513 unit, dengan rincian 162.367 unit di 2011 dan 192.146 unit pada 2012. Luar biasa bukan? So, bagaimana pendapat kami mengenai Toyota Avanza Veloz 2011 ini? Ikuti terus review kami dari Cintamobil.com

Mobil Baru Populer

Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Toyota Avanza 2011

Seperti biasa, jika Anda suka melihat review dari Cintamobil.com, Anda pasti akan sadar, betapa kami suka melakukan exterior tour 360 derajat. Hal ini penting, dan dimaksudkan agar Anda memahami mobil yang sedang kami ulas. Dan berikut ini adalah review kami mengenai Toyota Avanza Veloz 2011.

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Tampilan Depan

Gambar bagian depan mobil Toyota Avanza Veloz 2011 berwarna putih

Tampak Tampilan depan Toyota Avanza Veloz 1.5 begitu sporti berkat bumper depannya

Bentuk aerodinamis dari Toyota Avanza semakin dipertajam di versi Veloznya. Bumper depannya kini lebih dinamis, dan juga sporty. Airdam besar pada bagian bawah grill membuat pendinginan ke radiator semakin baik. Juga untuk sisi aerodinamika, guratan-guratan dibawah headlamp bertugas mengalirkan arah angin yang datang dari bagian depan mobil. Secara umum, tidak ada komplain berarti pada bagian depan mobil ini. Apalagi, tampang depan mobil ini diilhami dari Toyota Ractis, yang beberapa tahun kebelakang sebelum Veloz ini muncul, digosipkan menjadi mobil murah Indonesia.

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Tampilan Samping

Gambar bagian samping mobil Toyota Avanza Veloz 2011

Bagian samping mobil ini menegaskan kesan aerodinamis dan mampu memuat banyak penumpang

Jika Anda melihat mobil ini dari samping, akan terlihat jelas perbedaan antara varian Veloz ini dengan varian 'biasa'. Perbedaan utamanya ada pada aplikasi side skirt pada bagian samping bawah mobil. Side skirt ini selain akan menambah aura sporti dari mobil, juga berfungsi untuk mengarahkan aliran angin dari samping kendaraan. Spion dari Avanza generasi ke-2 ini juga semakin sporti dan aerodinamis. Ban standar yang membungkus pelek alloy multi spoke di Toyota Avanza Veloz juga tidak kalah baiknya, karena menggunakan Bridgestone B250 yang gripnya baik.

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang mobil Toyota Avanza Veloz 2011 berwarna putih

Tampilan belakang Toyota Avanza Veloz ini terlihat sporti dan dinamis

Aura sporti dan dinamis terus berlanjut ke bagian buritan kendaraan. Bumper belakang dari Toyota Avanza Veloz ini seakan menambah ketampanan dari tampilannya. Bahkan, di pasar junkyard, bumper belakang Toyota Avanza Veloz model 2011 ini diburu oleh pengguna Avanza non Veloz maupun Daihatsu Xenia. Namun, bagian belakang mobil ini hadir bukan tanpa kelemahan, akan lebih cantik apabila diberi garis krom melintang di bawah kaca belakangnya. Namun, meski demikaian secara umum, kami sangat menyukai bagian belakang dari Toyota Avanza Veloz model 2011 ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Avanza 2011

Setelah puas melihat tampilan eksteriornya, mari kita beralih ke interior mobil ini, apakah se-revolusioner bagian luarnya Toyota Avanza Veloz 2011 ini?

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Layout Interior

Gambar Layout interior mobil Toyota Avanza Veloz 2011

Bila dibandingkan dengan Toyota Avanza generasi sebelumnya, tampilan interior Toyota Avanza Veloz ini lebih baik

Ubahan besar terjadi pada interiornya, kini menggunakan desain yang berbeda, lebih ke futuristis dengan lekukan tajam, beda jauh dengan Avanza versi lama yang masih menggunakan bentuk membulat. Warna yang digunakan juga berbeda antara versi Veloz dengan versi 'biasa'. Veloz menggunakan kombinasi warna hitam dengan silver, sementara varian Avanza 'biasa' pakai campuran warna beige dan hitam.

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Kepraktisan Bagasi

Gambar ruang Bagasi Toyota Avanza Veloz 2011

Bagasi Toyota Avanza Veloz 2011 ini lebih lega dari generasi sebelumnya

Bila dibandingkan generasi sebelumnya, Toyota Avanza Veloz 2011 ini memiliki bagasi yang lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya. Aksesnya juga mudah dan enggak sulit. Pelipatan bangku baris ke-3 juga tidak memerlukan effort ekstra.

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Konfigurasi Jok

Tampak sebuah konfigurasi jok Toyota Avanza Veloz 2011

7 penumpang dapat duduk dengan nyaman didalam Toyota Avanza Veloz 2011

Dimensi yang bertambah panjang memberikan efek positif terhadap kelegaan kabin, 7 penumpang dapat duduk dengan nyaman didalam kabin Toyota Avanza Veloz 2011. Namun sayangnya, busa jok pada Avanza Veloz 2011 ini lebih tipis bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, serta bahan pelapis joknya lebih mudah kotor bila dibandingkan dengan Avanza lama.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Avanza 2011

Interior dan eksterior sudah kita bahas, lalu bagaimana dengan fiturnya? Apakah bertambah? Mari kita simak review lanjutan Toyota Avanza Veloz 2011 ini.

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Tombol Audio Di Setir

Gambar tombol audio di setir pada Toyota Avanza Veloz 2011

Salah satu fitur yang membedakan antara Toyota Avanza biasa dengan Veloz adalah tombol audio disetir

Salah satu fitur yang membedakan antara Toyota Avanza versi 'biasa' dengan Toyota Avanza versi Veloz adalah tombol audio disetir. Tombol ini dapat mengatur volume, memindahkan channel radio atau track CD, juga memindahkan sumber suara dari mulai CD, dan  radio. Selain itu, tombol audio ini cukup empuk disentuh oleh jari. 

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Ventilasi AC Tengah

gambar Kisi AC tengah pada Toyota Avanza Veloz 2011

Kisi AC pada bagian atas head unit membuat sirkulasi pendinginan kabin menjadi semakin cepat

Satu fitur baru pada masanya dan sangat kami sukai adalah penempatan kisi AC pada bagian atas head unit. Ventilasi pendingin udara ini sangat membantu sirkulasi pendinginan di kabin menjadi semakin cepat. Namun, sayangnya fitur ini menjadi bumerang ketika terjadi hujan lebat, arah angin yang ditujukan ke belakang kabin membuat kaca depan serta belakang lebih cepat mengembun. Pada akhirnya, membuat kaca cepat timbul jamur.

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Cup Holder Ekstra Banyak

Gambar Cup holder ekstra banyak pada Toyota Avanza Veloz 2011

Tidak perlu khawatir akan merasa kehausan dijalanan, karena satu pintu depan saja dapat memuat 3 botol

Anda tidak perlu khawatir akan merasa kehausan saat dijalan, karena satu pintu depan saja dapat muat 3 botol ukuran sedang. Bayangkan empat pintu dapat memuat total 12 botol minum ukuran sedang. Sementara kapasitas penumpang Toyota Avanza Veloz 2011 ini hanya 7 penumpang. Dijamin, Anda akan kembung dijalan.

Operasi Toyota Avanza 2011

Sektor operasi juga menjadi satu hal istimewa pada Toyota Avanza Veloz 2011. Karena ia mengusung mesin 4 silinder 3SZ-VE berteknologi katup variabel VVT-i.

Review Toyota Avanza Veloz 2011 : Operasi

Gambar bagian Mesin 3SZ-VE Toyota Avanza Veloz 2011

Mesin 3SZ-VE yang diusung oleh Toyota Avanza Veloz 2011 terasa cukup bertenaga

Mesin yang diusung Toyota Avanza Veloz 2011 ini juga cukup istimewa, karena mampu menelurkan tenaga 107 Hp pada putaran mesin 6000 rpm, dan juga torsi 141 Nm pada kitiran 4400 rpm. Karakter mesin ini asyik diajak cruising di putaran rendah hingga menengah, dan sangat terbantu berkat penerapan sistem overstroke, dimana langkah lebih besar bila dibandingkan dengan diameter pistonnya. Namun, bukannya sistem operasi Toyota Avanza Veloz 2011 tanpa kelemahan, rasio gigi yang diberikan terasa kurang 'halus', sehingga saat diajak cruising dengan kecepatan tinggi agak meraung putaran mesinnya. Tapi, ketika bertemu ditanjakan, Avanza rajanya. Yang tidak kalah menyenangkan adalah radius putar mobil ini yang juga tidak besar sehingga memudahkan untuk bermanuver.

Spesifikasi Toyota Avanza 2011

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Avanza Veloz 2011.

Mesin Toyota Avanza 1.5 Veloz 2011

Seri mesin

3SZ-VE, DOHC, VVT-i

Bahan Bakar

Bensin Tanpa Timbal

Tenaga Maksimum

109 Hp @ 6000 rpm

Torsi Maksimum

141 Nm @ 4400 rpm

Kapasitas Silinder

1495 cc

Klaim Top Speed / Realita

No Data / 190 km/jam

Transmisi Tipe

5 Percepatan Manual dan 4 Percepatan AT

Rangka Toyota Avanza 1.5 Veloz 2011

Panjang Keseluruhan

4.140 mm

Lebar Keseluruhan

1.660 mm

Tinggi Keseluruhan

1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Kapasitas Tangku

45 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Avanza 1.5 Veloz 2011

Ban

Bridgestone B250

Pelek

Alloy Wheel R15

Power Steering

Electronic Power Steering

Daftar Harga Toyota Avanza 2011

Kisaran harga Toyota Avanza Veloz 2011 berkisar antara Rp 125 juta hingga Rp 155 juta bisa langsung Anda cek disini ya, dan kalau mau tahun lebih muda bisa lihat tahun 2012, dan 2014 disini. Hanya di situs marketplace mobil nomor satu di Indonesia Cintamobil.com

>>> Baca juga: harga Avanza 2012

Kesimpulan Toyota Avanza 2011

Gambar keseluruhan mobil Toyota Avanza Veloz 2011 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Toyota Avanza Veloz 2011 ini layak Anda miliki, karena merupakan paket pas mobil keluarga Indonesia

So, is this car for you? Ya! Toyota Avanza Veloz 2011 ini layak Anda miliki, karena merupakan paket pas mobil keluarga Indonesia, apalagi sistem penggerak belakangnya sangat memudahkan kapabilatas Anda melewati jalan rusak.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak informasi lebih lanjut tentang mobil-mobil lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top