Review Toyota Avanza 2015 Indonesia

28/02/2018

Share this post:

Toyota Avanza 2015

Editor rate:

Lihat promo

Toyota Avanza merupakan raja dari kelas mobil low MPV sejak pertama kali diluncurkan di awal tahun 2000-an. Sebagai mobil yang cukup populer di Indonesia, Avanza memang tidak memiliki banyak perubahan sejak pertama kali diluncurkan. Tetapi, pada bulan Agustus 2015, Toyota Astra rupanya memberikan sedikit penyegaran terhadap mobil dengan penjualan tertinggi ini. Apa saja perbedaan dari Avanza terbaru dengan seri sebelumnya? Berikut ini adalah sedikit reviewToyota Avanza 2015 Indonesia.

Review Toyota Avanza 2015 Indonesia
Review Toyota Avanza 2015 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Toyota Avanza 2015

Mari kita simak spesifikasi Toyota Avanza 2015 di bawah ini.

Kelebihan

Harga jual kembali tinggi

Spare part mudah

Perawatan mudah

Kekurangan

Perubahan di bagian mesin dan interior sangat kurang

Fitur dari kompetitor lebih banyak untuk harga yang sama dengan Toyota Avanza

Review Toyota Avanza 2015 Indonesia - Sebagai sebuah mobil yang memang didesain Indonesia sekali, Toyota Avanza cukup sempurna sebagai sebuah mobil pilihan orang Indonesia. Dimensi mobil yang tidak terlalu besar, mampu menampung banyak penumpang dan bisa digunakan kemana saja membuat mobil ini sulit dikalahkan angka penjualannya. Hal ini memang sesuai dengan penamaan dari Avanza sendiri yang diambil dari bahasa  Spanyol yang berarti peningkatan. Buktinya memang mobil ini sangat-sangat laris di Indonesia hingga saat ini dan benar-benar merajai pasar low MPV di Indonesia. Pembaruan Avanza di tahun 2015 merupakan pembaruan generasi kedua dari Avanza untuk meningkatkan daya tahan penjualannya karena persaingan dengan kompetitor. Berikut ini adalah beberapa perubahan yang bisa Anda bandingkan dengan Avanza generasi sebelumnya. 

Eksterior Toyota Avanza 2015

• Desain Lebih Modern

Toyota Avanza 2015 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

 Pembaruan Low MPV paling Laris di Indonesia 

Desain Avanza terbaru terlihat lebih modern dan lebih ramping dibandingkan dengan versi seblumnya. Bentuknya sekarang lebih dinamis dan tidak erlalu bulat seperti di generasi pertamanya. Perbedaan terbesar bisa kita lhat dibagian depan dengan beberapa pengembangan yang membuat Avanza ini terlihat lebih menarik.

• Desain bagian depan

Gambar mobil Toyota Avanza 2015 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Bagian depan dengan headlamp yang lebih stylish

Dalam pembaruannnya ini, Toyota Avanza 2015 Indonesia terlihat lebih modern dengan menggunakan head lamp yang lebih stylish dan kecil hingga mengikuti alur bodynya yang sudah lebih halus dengan hiasan chrome. Selain itu, Toyoyta sepertinya memang sedang senang menggunakan grill yang besar untuk mobil-mobil mereka. Grill yang sekarang digunakan di Avanza sejenak memang mirip dengan Toyota Innova Reborn yang terlihat cukup besar dengan menggunakan desain melintang. Dua buah fig lamp yang berada di front bumper semakin membuat Avanza terlihat lebih menarik.

• Desain bagian samping

Gambar mobil Toyota Avanza 2015 berwarna merah dilihat dari sisi samping sedang parkir di halaman rumah

Bagian samping tidak ada banyak perubahan

Dari bagian samping, tidak terlalu banyak perubahan yan bisa kita lihat dari Avanza, selain bodynya yang terlihat lebih compact dibandingkan dengan seri sebelum tahun 2015.

• Desain Bagian belakang

Di bagian belakang, desain mobil ini bisa diblang sangat ramai dengan garnish crhome  dan juga tempelan rear lamp. Di bagian atasnya terdapat high mounted stop lamp yang menyatu dengan rear spoiler sehingga nampak sangat sporty.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Avanza 2015

  • Ruang Interior Standar

Di bagian interior sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan seri sebelum Grand New Avanza 2015 ini. Konfigurasi kursi masih tetap sama, bahan interior juga sama tetapi sedikit perbedaan terdapat pada bagian dahsboard. Selain itu, tidak ada yang jauh berbeda dari seri-seri sebeumnya.

  • Desain bagian dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Avanza 2015

Bagian speedometer memakai warna yang lebih dinamis

Di bagian dashboard terdapat pembaruan di bagian speedometer dengan penggunaan warna yang lebih dinamis. Selain itu, dibaagian head unit sudah terdapat pebaruan denan menggunakan singke din head unit yang bisa memutar lagu menggunakan USB.

  • Desain bagian setir

Gambar bagian setir Toyota Avanza 2015

Bagian setir dengan tambahan warna chrome

Bagian setir tidak terlalu banyak perubahan, hanya adanya tambahan warna chrome untuk meningkatkan kesan mewah yang ada di mobil ini.

  • Desain kursi

Gambar mobil Toyota Avanza 2015 dengan ruang kabin yang cukup luas dan kursi berwarna hitam

Kursi pakai bahan dari kain

Kursi menggunakan bahan dari kain dengan bentuk yang cukup nyaman digunakan dengan ruang kaki dan kepala yang masih cukup luas untuk baris pertama dan kedua. Di baris ketiga sebenarnya masih nyaman juga, tetapi bila tinggi Anda diatas 170 cm kemungkinan ruang kaki Anda akan sangat terbatas.

  • Ruang bagasi

Gambar ruang bagasi mobil Toyota Avanza 2015

Toyota Avanza 2015 memiliki ruang bagasi tidak terlalu luas

Ruang bagasi di mobil ini memang tidak terlalu luas, tetapi Anda tinggal melipat kursi di baris ketiga dan bisa mendapatkan ruang bagasi yang lebih besar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Avanza 2015

Dari sisi fitur Toyota Avanza 2015 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut.

  • Fitur keselamatan

DI bagian keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan safety airbag danjuga side impact beam untuk memberikan keamanan ketika terjadi benturan dari samping. Selain itu penumpang di baris kedua juga sudah dilengkapi dengan  3 point seatbelt untuk memberikan keamanan lebih baik.

  • Fitur hiburan

Dibagian hiburan, mobil ini menggunakan perangkat head unit yang lebih baik untuk sumber hiburan. Perangkat ini bisa memainkan hiburan dari berbagai sumber mulai dari CD, radio dan juga USB. Untuk tipe Avanza tertinggi menggunakan head unit double din touch screen yang sudah canggih tentunya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Operasi Toyota Avanza 2015

Gambar bagian mesin mobil Toyota Avanza 2015

Mesin 4 silinder DOHC

Untuk bagian mesin, mobil ini menggunakan mesin 4 silinder DOHC dengan besaran silinder 1.300 cc. Dengan mesin ini avanza bisa menghasilkan tenagan sebesar 96 PS pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi maksimal mencapai hingga 12.5 Nm. Untuk bagian suspensi, mobil ini menggunakan McPherson Stru di bagian depan sedangkan di bagian belakang menggunakan suspensi multi link. Tidak ada perubahan signifikan dalam masalah suspensi ini, tetapi bisa dipastikan cukup nyaman untuk digunakan sehari-hari.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Toyota lainnya

Spesifikasi Toyota Avanza 2015

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Toyota Avanza 2015.

Spesifikasi Toyota Avanza 2015

Mesin

Tipe Mesin

IL, 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder

1,329 cc

Daya Maksimum

95.5 PS / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

12,3 / 4.200 rpm

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki

45 L

Dimensi

P x L x T

4.190 x 1.660 x 1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Jarak Pijak Depan

1.425 mm

Jarak Pijak Belakang

1.435 mm

Jarak Terendah

200 mm

Sasis

Transmisi

4-Speed A/T (M/T available for type G/E)

Suspensi Depan

Macpheron Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

4-Link Lateral Rod with Coil Spring

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Steering Gear

Rock & Pinion, Electronic Power Steering & Tilt Steering

Ukuran Ban

185/70 R14

Daftar Harga Toyota Avanza 2015

Berikut ini adalah daftar harga Toyota Avanza 2015 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Tipe mobil

Harga Toyota Avanza

Toyota Avanza Type E 1.3 M/T

Rp 185.000.000

Toyota Avanza Type E 1.3 A/T

Rp 199.000.000

Toyota Avanza Type G 1.3 A/T

Rp 220.000.000

Toyota Avanza Type G 1.3 M/T

Rp 205.300.000

Toyota Avanza Type G 1.5 M/T

Rp 215.600.000

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu

Kesimpulan Toyota Avanza 2015

Secara keseluruhan, perubahan Toyota Avanza 2015 Indonesia ini memang hanya terletak pada bagian eksteriornya saja. Untuk bagian interior memang tidak ada perubahan yang cukup signifikan. Tetapi, mengingat mobil ini memiliki nilai jual dan kehandalan yang sangat baik, rasanya tidak salah bila Anda berinvestasi pada kendaraan ini. Bila Anda berminat untuk memiliki sebuah kendaraan yang bandel dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mobil ini tentunya sangat layak untuk dijadikan sebuah pilihan. Nah, apakah Anda setuju dengan penilaian kami tentang Toyota Avanza 2015 Indonesia ini?

 

Ryan Sugandy
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Spesifikasi Toyota Alphard 2015, MPV Mewah Super Nyaman

08/04/2018

Editor rate:

Toyota Alphard merupakan line MPV mewah yang dimiliki oleh Toyota yang sudah mendapatkan image tersendiri di pasar Indonesia. Sebagai mobil yang cukup mewah, Alphard menawarkan berbagai macam kenyamanan bagi para penggunanya. Di tahun 2015, Toyota mengeluarkan seri terbaru dengan nama All New Alphard yang memberikan pembaruan ke dalam mobil ini. Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Alphard 2015 yang saat ini masih ada di pasar mobil Indonesia.

Lihat juga

Review Toyota Previa 2000: MPV Langka Yang Banyak Diminati Oleh Kolektor Mobil Eksotis Old Fashioned

27/07/2018

Editor rate:

Mungkin banyak dari kita kurang mengenal mobil Toyota Previa di Indonesia. Kedengarannya cukup asing, namun desas-desusnya masih terasa hingga kini. Ya, mobil Mini Van besutan Toyota ini masih mendunia di berbagai negara, namun kurang beruntung untuk area Indonesia. Padahal dari minimnya informasi yang didapat, kabar tentang Toyota Previa selalu tentang keunggulannya dalam memberi performa luar biasa dan mewah. Seperti apa sosoknya? Mari kita simak dalam review Toyota Previa 2000.

Lihat juga

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: ‘Mobil Sultan’ Yang Kini Seharga Low MPV

25/12/2019

Editor rate:

Toyota Alphard masih menjadi salah satu mobil yang mengutamakan penumpang, seperti Toyota Alphard 2.5 G 2009 yang kini berbanderol nyaris sama dengan LMPV baru.

Lihat juga

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Efisiensi Tertinggi MPV Premium Toyota

23/12/2019

Editor rate:

Toyota Alphard Hybrid 2018 merupakan level tertinggi MPV premium Toyota, dengan suntikan motor listrik untuk efisiensi, ramah lingkungan dan kenyamanan terbaik.

Lihat juga

Review Suzuki Splash 2010: Bodi Boleh City Car, Tapi Tingkat Kenyamanan Setara MPV

19/09/2019

Editor rate:

Ingatkah Anda dengan sosok Suzuki Splash? Mobil mungil tapi punya kapasitas kabin super lega. Ya, secara dimensi sosoknya lebih cocok dikatakan mirip City Car. Tapi, soal kenyaman sudah bisa disejajarkan dengan Multi Purpose Vehicle (MPV). Ada rencana membelinya? Mari kita simak review Suzuki Splash 2010.

Lihat juga
back to top