Review Toyota Avanza 2008

14/12/2018

Share this post:

Toyota Avanza 2008

Editor rate:

Lihat promo

Penyegaran dilakukan oleh Toyota di tahun 2008 ini, kali ini ubahan yang dilakukan cukup banyak. Hal ini penting untuk mempertahankan eksistensi Toyota Avanza di kelasnya yang sudah sangat kuat.

Review Toyota Avanza 2008
Review Toyota Avanza 2008
0 Gambar

Pengantar Toyota Avanza 2008

Mari kita simak spesifikasi Toyota Avanza 2008 di bawah ini.

Kelebihan

Jaringan Servis Sangat Baik

Kaki-kaki tangguh sekali

Radius putar kecil dan memudahkan

Kekurangan

Mesin agak meraung di tol karena rasio gigi "kasar"

Minim fitur baru pada kabin

Jok tidak terlalu nyaman untuk diduduki

 

Review Toyota Avanza 2008 - Setelah mengalami masa penurunan penjualan, akhirnya berkat permintaan yang naik, penjualan Toyota Avanza kembali terdongkrak setelah ekonomi tanah air membaik. Toyota Avanza pada tahun 2007 mencatat total penjualan 62.010 unit dan 85.535 unit Toyota Avanza dari berbagai tipe telah berada ditangan pemiliknya di tahun 2008. Nah, merayakan hal tersebut seluruh varian Avanza mengalami pengembangan di tahun ini, tepatnya pada bulan Oktober 2008. Penyegaran dilakukan oleh PT. Toyota Astra Motor guna mempertahankan eksistensi Toyota Avanza di kelasnya yang sudah sangat kuat.

Gambar mobil  Toyota Avanza 2008 berwarna silver dilihat dari sisi samping

Toyota Avanza melakukan facelift di 2008 guna menahan gempuran Nissan Grand Livina yang fenomenal

Apalagi, setahun sebelumnya ada rival berat yang muncul dari kubu Nissan, yakni Nissan Grand Livina yang menawarkan rasa berkendara yang nyaman layaknya sedan, namun dengan kemampuan mengangkut penumpang setara MPV. Ada beberapa ubahan pada eksterior antara lain adalah desain griil yang kini lebih dewasa dengan bilah krom horizontal dan bumper yang lebih cantik, serta adanya cover foglamp. Hal minor juga dibenahi oleh Toyota, yaitu dengan penerapan atap model beralur gelombang. Selain membuat tampilan berbeda dengan generasi sebelum improvement, juga untuk mengurangi bising saat terkena air hujan.

Eksterior Toyota Avanza 2008

Oke, mari kita langsung lihat eksterior dari Toyota Avanza 2008 ini. Karena ada beberapa pembaharuan minor yang cukup membuat mobil ini mempertahankan singgahsanannya sebagai mobil low MPV 7 penumpang yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Ini pendapat kami mengenai review Toyota Avanza 2008.

Review Toyota Avanza 2008 : Tampilan Depan

Tampilan depan mobil Toyota Avanza 2008 berwarna silver sedang parkir di depan tempat parkir mobil yang cukup luas

Tampilan depan merupakan bagian yang paling banyak mendapatkan sentuhan

Kita mulai pembahasan mobil ini dari sisi depannya, ubahan langsung kentara bila Anda bandingkan dengan model sebelum mengalami facelift. Yakni, grill dan bumper sudah mengalami penyegaran. Grillnya menggunakan plastik yang dilabur dengan kelir krom berkualitas. Kami bilang berkualitas karena meski bahannya plastik, namun tidak mudah menguning meski sudah digunakan bertahun-tahun. Desain bumpernya kini lebih dewasa dengan lekukan-lekukan elegan yang lebih mudah diterima oleh konsumen Indonesia.

Review Toyota Avanza 2008 : Tampilan Samping

Gambar mobil Toyota Avanza 2008 berwarna silver dilihat dari sisi samping

Sebenarnya tampilan samping mobil ini tak ubahnya dengan yang lama 

Beranjak ke sisi samping mobil ini, sebenarnya enggak ada ubahan berarti. Bentuknya masih tetap sama seperti Toyota Avanza saat pertama kali diluncurkan ke Indonesia tahun 2003. Hanya saja, tetap Toyota memberikan beberapa ubahan yang bisa menjadi pembeda. Pertama, peleknya kini pakai desain yang lebih elegan, tidak ada lagi ditemukan lesung pipit yang ada di tiap ujung spoke-nya. Serta ban-nya kini sudah mulai beralih menggunakan Dunlop SP10 yang terkenal empuk. Memang untuk beberapa batch produksi masih ada yang menggunakan ban Bridgestone B250 yang grip-nya bagus.

Review Toyota Avanza 2008 : Tampilan Belakang

Gambar mobil Toyota Avanza 2008 berwarna silver dilihat dari sisi belakang

Stoplamp belakang kristal multi reflektor menjadi pembeda utama di Avanza facelift 2008

Beralih ke sisi belakang mobil, perbedaan yang langsung terlihat adalah, Toyota Avanza yang mengalami facelift di tahun 2008 adalah sudah menggunakan stoplamp bermodel kristal multireflektor. Memang, saat itu penggunaan bohlam berjenis LED (Light Emitting Diode) belum populer, namun bohlam berjenis pijar ini punya kemampuan yang durabel (kuat) meski mobil digunakan pada jalan yang rusak sekalipun. Pun begitu dengan ornamen pada bumpernya, banyak diler Toyota yang memberikan bonus tanduk bumper belakang berwarna hitam pada paket pembelian saat itu. Meski tambahan, namun kualitasnya perlu diacungi jempol.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Avanza 2008

Review Toyota Avanza 2008 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota Avanza 2008

Dasbornya tidak berubah, namun setir palang empatnya di batch produksi 2009-2010 nyaman digenggam

Sayangnya, Anda akan kecewa saat mengetahui kenyataan bahwa desain dasbornya yang tidak mengalami ubahan sama sekali. Bahkan, desain dasbor seperti ini terus dipertahankan Toyota hingga Toyota Avanza diproduksi pada tahun 2010. Begitu juga kelengkapan yang ada pada dasbornya, masih terdapat slot penyimpanan kartu, radio tape, dan juga kontrol pengatur AC. Namun, demikian, pada tahun 2009 Toyota Avanza menyematkan setir berpalang empat yang bahannya empuk dan lebih nyaman untuk digenggam.

Review Toyota Avanza 2008 : Kursi

Gambar bagian Kursi mobil Toyota Avanza 2008

Avanza generasi pertama busa joknya memang lebih tebal dari Avanza generasi ke-2, namun sayangnya kurang menopang badan

Memang, harus diakui Avanza generasi pertama ini memang busa joknya lebih tebal apabila dibandingkan dengan Avanza generasi ke-2 yang lahir pada tahun 2011. Namun, sayangnya jok ini kurang menopang badan dengan baik, jadi ketika mobil diajak jalan jauh, badan terasa mudah lelah. Dan hal ini berlaku untuk jok baris kedua juga, bagaimana dengan jok baris ketiga? Sebaiknya hanya diduduki untuk 2 penumpang dewasa saja, karena sudutnya terbatas pengaturannya. Untunglah, suspensi pada model ini sudah dibenahi jadi enggak mental-mentul lagi.

Review Toyota Avanza 2008 : Bagasi

Gambar menunjukkan ruang Bagasi mobil Toyota Avanza 2008

Asyiknya, meski masuk dalam kelas people carrier (dulu), dan low mpv compact (kini), bagasi Toyota Avanza 2008 tetap memadai

Satu yang menyenangkan dalam memelihara Toyota Avanza, selain dimensi kompak, muat 7 penumpang dewasa, mesin hemat lagi bertenaga, namun ternyata bagasi Toyota Avanza tetap memadai. Memang, tidak seluas Toyota Avanza 2011 yang memiliki overhang sedikit lebih panjang, namun tetap bisa dibilang memadai. Untuk perjalanan dalam kota, maupun  pelisir keluar kota dengan jarak menengah, mobil ini tetap mampu diandalkan dan juga memenuhi kebutuhan Anda akan sebuah mobil keluarga.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Avanza 2008

Review Toyota Avanza 2008 : Kursi 3 Baris

Gambar Kursi 3 baris pada sebuah Toyota Avanza 2008

Kursi baris ketiga pada Toyota Avanza 2008 cukup memadai meski tidak luas

Meski enggak bisa dibilang luas, namun kursi baris ke-3 pada Toyota Avanza 2008 ini sudah bisa dibilang memadai. Karena selain sudut kemiringannya cukup pas untuk tubuh orang Indonesia, kursi belakang baris ke-3 Toyota Avanza ini memilki headrest. Sebuah fitur sederhana yang seharusnya tidak disunat oleh pabrikan manapun di Indonesia. Sandaran kepala ini dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan tinggi badan penumpang belakang. Sayangnya, kini tidak semua kendaraan baru produksi 2018 ataupun 2019 punya fitur ini sebaga standar. Ambil contoh Wuling Formo Passanger Van 2018 yang tidak memiliki fitur ini. Sangat disayangkan.

Review Toyota Avanza 2008 : Mekanisme Pelipatan Kursi

Gambar AC Dual Blower di mobil Toyota Avanza 2008

Akses ke bangku baris ke-3 dapat dengan mudah dilakukan karena mekanisme pelipatan kursi yang baik

Kalau Anda lahir di tahun 1990-an, berarti Anda masuk generasi milenial. Mungkin masa kecil Anda pernah naik Toyota Kijang yang masih Full-Pressed Body atau generasi kapsul. Tentu anda terbayang, agak sulitnya akses ke bangku baris ke-3 karena celah untuk melangkah yang tergolong sempit. Namun, untunglah, sejak lahirnya Toyota Avanza pada tahun 2003, akses ke bangku baris ke-3 dapat dengan mudah dilakukan karena mekanisme pelipatan kursi yang baik dan cukup mudah dilakukan meski belum sepraktis one touch tumble pada Toyota Avanza 2011.

Review Toyota Avanza 2008 : AC Dual Blower

AC Dual Blower pada Toyota Avanza 2008

AC dual blower pada Toyota Avanza series bukan-lah AC blower ganda "banci"

Salah satu yang menyenangkan di kabin Toyota Avanza 2008 ini adalah penerapan AC dual blower asli yang bukan kaleng-kaleng. Mengapa kami bilang begitu? Karena AC blower ganda ini benar-benar dilengkapi dengan evaporator yang memang mampu mendinginkan udara. Bukan hanya blower saja yang meniupkan angin seperti di Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra. Alhasil, AC dari Toyota Avanza itu menjadi salah satu mobil dengan hembusan terdingin yang pernah dijual di Indonesia, selain Isuzu Panther, Toyota Kijang, dan Daihatsu Xenia.

>>> Bagaimana Cara Dan Syarat Mengajukan Pembiayaan Untuk Mobil Usaha?

Operasi Toyota Avanza 2008

Mesin K3-VE VVT-i pada mobil Toyota Avanza 2008

Mesin K3-VE yang digendong Toyota Avanza 2008 sudah mengadopsi teknologi katup variabel

Mesin dari Toyota Avanza 2008 adalah salah satu mesin terbaik yang pernah dibuat oleh grup Toyota-Daihatsu. Karena, meski berkapasitas kecil, namun tetap dapat membuat Toyota Avanza melaju dengan kencang. Jika Anda berani, kecepatan maksimum 170 km/jam dapat diraih oleh mobil ini. Namun, karena ini merupakan mobil keluarga, ada baiknya Anda tidak melakukan hal tersebut. Kehematan juga menjadi hal yang positif di mobil ini, dengan keceepatan rata-rata 21 km/jam Anda dapat menempuh 12 koma sekian kilometer untuk 1 liter bahan bakar. Sayangnya, meski irit didalam kota, konsumsi bahan bakar di tolnya tidak terlalu irit, karena menggunakan rasio gigi yang agak "kasar" mesin Toyota Avanza ini menunjuk putaran mesin diatas 3000 rpm untuk melaju konstan di kecepatan 100 km/jam.

>>> Lagi, Bocoran Terbaru Avanza 2019 Beredar di Internet

Spesifikasi Toyota Avanza 2008

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Avanza 2008.

Mesin Toyota Avanza 2008

Seri mesin

K3-VE, DOHC, VVT-i

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

86 Hp @ 6000 rpm

Torsi Maksimum

120 Nm @ 4400 rpm

Kapasitas Silinder

1298 cc

Klaim Top Speed / Realita

No Data / 170 km/jam

Transmisi Tipe

4 Percepatan Otomatis dan 5 Percepatan Manual

Rangka Toyota Avanza 2008

Panjang Keseluruhan

4.120 mm

Lebar Keseluruhan

1.630 mm

Tinggi Keseluruhan

1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Kapasitas Tangku

45 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Avanza 2008

Ban

Dunlop SP10

Pelek

R14

Power Steering

Hidrolik

>>> Mau tahu lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya, jangan tinggal klik di sini

Daftar Harga Toyota Avanza 2008

Toyota Avanza "facelift" hadir pertama kali pada tahun 2008 dan kembali mengalami penyegaran di tahun 2010. Kisaran harga bekasnya adalah antara Rp 92 juta hingga Rp 115 juta tergantung dari kondisi aktual mobil. Nah, untuk tahu pilihannya, Anda bisa langsung cek di Cintamobil.com untuk melihat pilihan mobil yang Anda incar. Klik disini ya untuk melihat mobil bekas Toyota Avanza 2008.

>>> Klik sini untuk simak informasi terlengkap dan terbaru tentang harga serta promo mobil Toyota Avanza di pasar Indonesia

Kesimpulan Toyota Avanza 2008

Gambar mobil Toyota Avanza 2008 berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Mudah perawatan, murah, muat 7 penumpang dan bertenaga adalah ciri khas Toyota Avanza

So, is this car for you? Dengan budet hanya Rp 90 jutaan, Anda akan mendapatkan mobil keluarga yang tangguh, bertenaga, nyaman, dan aman. Belilah mobil ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak informasi terlengkap tentang mobil impian Anda

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top