Review Toyota Avalon TRD 2020: Bukan Sembarang TRD, Yang Ini Sungguh Super

16/08/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Sedan sporty Toyota yang mendapatkan trim TRD hanya dua yakni Camry dan Avalon. Jika Camry adalah sedan Mid-Size, beda cerita dengan Toyota Avalon yang berdiri sebagai sedan Full-Size. Baru-baru ini informasi mengenai harganya sudah disebutkan. Penasaran? Yuk simak bersama informasinya dalam review Toyota Avalon TRD 2020.

PENGANTAR Toyota Avalon 2020

Review Toyota Avalon TRD 2020 - Pihak Toyota kami rasa cukup tepat untuk menghadirkan versi TRD pada Camry maupun Avalon. Kedua model tersebut memang punya rekam jejak ciamik di kancah internasional, dikenal sebagai sedan papan atas oleh para peminatnya.

Toyota Avalon TRD 2020 bersanding dengan Toyota Camry TRD 2020

Versi TRD pada dua sedan Toyota hanya ditemui pada Camry (kiri) dan Avalon (kanan)

Bisa dibilang emblem TRD pada Avalon adalah hadiah spesial dari Toyota untuk para penggemarnya. Tak heran, respon sangat positif diterima oleh Toyota. Kami pun dibuat sangat puas, perubahan bukan saja soal eksterior tapi juga merambah sektor Handling serta suspensi.

Toyota Avalon TRD Los Angeles Auto Show 2018 hadir dengan Camry yang juga dikemas dalam model TRD

Toyota Avalon TRD ketika baru diperkenalkan di Los Angeles 2018

Debut pertamanya dimulai di ajang Los Angeles Auto Show 2018, menghadirkan Toyota Avalon TRD. Namun, kala itu belum ada kejelasan soal harga. Beda dengan saat ini yang mana dikabarkan harga Toyota Avalon TRD 2020 dibanderol mulai $43.295 setara Rp. 617 jutaan. Nah, kini saatnya kini mengulas lebih dalam review Toyota Avalon TRD 2020.

EKSTERIOR Toyota Avalon 2020

Toyota Racing Development atau disingkat TRD, memang punya kelebihan soal merancang mobil istimewa. Bukan saja dari segi eksterior yang tampak agresif tapi lebih menekankan kenyamanan berkendara. Nah di awal artikel ini, Cintamobil.com akan mengupas tuntas tentang eksterior Toyota Avalon TRD 2020.

Review Toyota Avalon TRD 2020: Eksterior Depan

Grille depan dibuat sangat eksotis, tatanan Mesh dipilih untuk menghiasi wajahnya. Bentuknya pun cukup unik, tidak kami temui pada model Toyota lainnya. Ubahan paling menarik dari TRD terletak pada Front Splitter, dikemas apik menggunakan aksen krom. Semakin lama melihat, semakin dalam juga kami jatuh cinta padanya.

Eksterior Depan Toyota Avalon TRD 2020 hadir dengan fitur baru yakni Front Splitter serta desain Grille menawan

Pesona dari TRD terasa dari sisi Front Splitter-nya

Review Toyota Avalon TRD 2020: Eksterior Samping

Perubahan menarik juga terasa dari desain peleknya. Toyota Avalon TRD 2020 menggunakan pelek 19 inci berwarna Matte Black, serasi dengan warna hitam di panel lainnya. Esensi sporty juga ditunjang kuat oleh Brake Caliper-nya yang menggunakan warna merah dan ukuran lebih besar.

Eksterior Samping Toyota Avalon TRD 2020 berubah hanya dari segi pelek saja, berwarna hitam dan punya ukuran lebih besar

Logo TRD berwarna merah juga disematkan, membuat sosoknya menjadi lebih agresif dan sporty

Review Toyota Avalon TRD 2020: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritan, kami dibuat terpukau oleh hadirnya Decklid Spoiler berukuran minimalis. Bukan saja, menghiasi tampilannya tapi juga memberi dampak positif pada segi Handling dan Cornering. Terdapat pula sebuah Rear Diffuser yang memperkuat esensi agresif dari tema TRD-nya.

Eksterior Belakang Toyota Avalon TRD 2020 hadir dengan Decklid Spoiler yang diklaim mampu menambah performa Handling-nya

Tampilan belakangnya mencampurkan esensi agresif dan juga lekuk seksi khas Avalon

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Avalon 2020

Kontras dengan eksterior-nya, ruang kabin interior Toyota Avalon TRD 2020 didominasi dua warna yakni hitam dan merah. Begitu juga soal impresi, jika sisi luarnya tampil agresif, atmosfer dalam kabinnya justru terlihat lebih kalem serta elegan.

Dominasi warna hitam, terlihat jelas dari kabinnya. Warna merah justru didapati pada beberapa jahitan, pada dashboard, kemudi setir serta kursi. Sekilas memandang, tema yang ingin ditampilkan adalah sisi elegan dan kenyamanan berkendara.

Interior Toyota Avalon TRD 2020 didominasi dengan dua warna yakni hitam dan jahitan berwarna merah

Inilah atmosfer kabin interior Toyota Avalon TRD 2020

Begitu juga pada segi fitur, panel Head Unit Touchscreen tersemat apik di sisi tengah dashboard. Dipadukan dengan fitur AC otomatis, mempermudah pengoperasian bagi pengendara. Aspek menarik lainnya juga dirasakan pada tombol setir, dipenuhi tombol multifungsi serta panel Multi Information Display (MID) Digital berdesain atraktif.

Pesona TRD justru lebih terasa pada sisi kursinya. Dalam hal ini, Toyota Avalon TRD 2020 menggunakan bahan SofTex Trimmed untuk kursinya, dipadu jahitan manis berwarna merah. Tak lupa, logo bertuliskan TRD juga disematkan di masing-masing Headrest. Hal ini cukup istimewa buat kami, memberi kesan berbeda dibanding Toyota Avalon sebelumnya.

Kursi Toyota Avalon TRD 2020 dikemas apik dengan bahan SofTex Trimmed sehingga tampak berkualitas

Headrest-nya mendapat bordir bertuliskan TRD berwarna merah

>>> Info menarik:

FITUR Toyota Avalon 2020

Lantas apa yang berubah pada fitur Toyota Avalon TRD 2020? Sejatinya lebih ke arah teknis. Seperti halnya penggunaan Spring baru pada suspensinya, membuat ketinggian mobil menurun sebesar 0,6 inci. Ditambah lagi, pengaturan khusus dari tim ahli TRD pada suspensinya, diklaim memberi performa Handling lebih mengesankan dibanding versi sebelumnya.

Fitur Toyota Avalon TRD 2020 hanya berubah dari penambahan fitur eksterior serta konfigurasi suspensi lebih mumpuni

Suspensi mendapat ubahan konfigurasi oleh tim TRD, diklaim meningkatkan performa Handling

Dalam upaya meningkatkan aspek kenyamanan berkendara, pembaruan pada sisi eksterior juga sudah dibahas sebelumnya. Seperti Decklid Spoiler, Front Splitter dan Side Aero Kits, membuat sosoknya menjadi lebih aerodinamis.

>>> Bandingkan juga dengan mobil sedan menarik lainnya di sini

OPERASI Toyota Avalon 2020

Sangat disayangkan, tak ada perubahan sama sekali pada jantungnya. Dengan kata lain, operasi mesin Toyota Avalon TRD 2020 masih menggunakan spesifikasi 3.5 Liter V6 DOHC. Dipadukan dengan transmisi 8 percepatan otomatis dan mode SPORT, membuat mesinnya mampu meraih daya maksimum hingga 301 HP. Ingin sensasi lebih sporty? Tenang, hanya menekan tuas Paddle Shift ketika mengganti transmisi, dijamin Anda akan merasakan sensasi berkendara ala mobil F1.

Operasi Mesin Toyota Avalon TRD 2020 mengandalkan spesifikasi 3.5 Liter V6 DOHC berdaya 301 HP

Tak ada perubahan apapun pada spesifikasi mesinnya

>>> Ingin tahu mobil-mobil Toyota terbaru lainnya? Anda bisa menyimak informasinya di sini

KESIMPULAN Toyota Avalon 2020

Jujur saja, TRD pada Avalon lebih sangat terasa ketimbang model-model Toyota TRD di Indonesia. Mengapa begitu? Menurut pandangan kami, Toyota Avalon TRD 2020 memang sedikit mengalami ubahan, khususnya pada sisi eksterior dan juga suspensi. Tapi, kami sangat mempercayai tim TRD pasti sangat memperhitungkan bagaimana peningkatan Handling dan segi kenyamanan berkendaranya. Di Indonesia, model TRD lebih bermain pada segi aksesoris saja dan Sticker. Lantas, apa pendapat Anda ketika mengamati Toyota Avalon TRD 2020? Memuaskan atau malah perubahannya terasa minor?

Toyota Avalon TRD Drift Car Experience bersama Ken Gushi dan Jarryd Wallace

>>> Jangan lupa untuk selalu menyimak ulasan mobil paling lengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil