Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: ‘Mobil Sultan’ Yang Kini Seharga Low MPV

25/12/2019

Share this post:

Toyota Alphard 2009

Editor rate:

Lihat promo

Toyota Alphard masih menjadi salah satu mobil yang mengutamakan penumpang, seperti Toyota Alphard 2.5 G 2009 yang kini berbanderol nyaris sama dengan LMPV baru.

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: ‘Mobil Sultan’ Yang Kini Seharga Low MPV
Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: ‘Mobil Sultan’ Yang Kini Seharga Low MPV
0 Gambar

Pengantar Toyota Alphard 2009

Mari kita simak spesifikasi Toyota Alphard 2009 di bawah ini.

Kelebihan

Desain lebih dinamis dibandingkan generasi pertama

Kenyamanan yang cukup tinggi untuk penumpang di baris kedua

Harganya saat ini setara dengan mobil LMPV

Kekurangan

Pajaknya masih terbilang mahal

Posisi mengemudi tak sebaik MPV maupun SUV lainnya

Konsumsi bahan bakar terbilang boros

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009 - Toyota Alphard 2.5 G 2009 menjadi generasi kedua Alphard yang masuk ke pasar otomotif Indonesia. MPV mewah tujuh penumpang ini pertama kali diproduksi pada tahun 2002. Di tahun yang sama, Alphard juga masuk ke Indonesia melalui jalur importir umum. Kala itu, ada lima varian yang ditawarkan, yatu AXL, AS, ASG, MZ, dan varian tertinggi MXG.

generasi pertama Toyota Alphard 2002 berwarna putih 
Generasi pertama Toyota Alphard keluaran 2002

Pada Mei 2008, Alphard didesain ulang dengan eksterior yang lebih modern serta mendapatkan perubahan interior yang lebih mewah. Baru pada generasi ini, line-up Alphard meluas sehingga melahirkan Toyota Vellfire generasi pertama. Perbedaanya terletak pada konsumen yang disasar, dimana Alphard bagi mereka yang menginginkan desain yang ‘elegan dan canggih’, serta Vellfire untuk “kekuatan serta individualitas yang kuat”.

Meskipun Toyota sudah memperkenalkan generasi ketiga di Indonesia, namun pesona mobil bekas Alphard masih mengesankan. Pasalnya, harga mobil baru Alphard yang paling murah saja lebih dari Rp700 jutaan. Dengan harga yang turun setengah dibandingkan harga barunya, harganya mobil bekas ini hampir sama dengan Low MPV baru, seperti Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander.

mobil bekas Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna hitam 
Mobil bekas Toyota Alphard 2.5 G 2009 yang elegan

Jika Anda ingin mendapatkan kenyamanan berkendara dari MPV premium asal Jepang ini, Anda bisa membeli mobil bekas dengan harga yang lebih murah. Tapi, apa saja keunggulan yang diberikan? Simak review Toyota Alphard 2.5 G 2009 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Toyota Alphard 2009

Menggunakan kesan ‘MPV premium’ dari Toyota, eksterior Toyota Alphard 2.5 G 2009 tak kalah dari model mewah lainnya. Sosok Alphard yang lekat dengan mobil kalangan atas tak mengecewakan dengan tampilan yang elegan dalam balutan aksen chrome.

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: Eksterior Depan

Peningkatan untuk generasi kedua jelas terlihat pada desan grille yang menjadi lebih besar. Grille horizontal dibuat lebih ramping namun lebih lebar dengan garis mengikuti lampu depan serta aksen chrome yang lebih tebal pada bagian atas. Emblem Alpard yang khas masih menghiasi fasia depan mobil ini.

eksterior depan Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna hitam
Eksterior depan Toyota Alphard 2.5 G 2009

Selain grille, perubahan pada lampu depan membuat tampilan baru menjadi lebih segar. Meninggalkan desain kotak yang lekat dengan mobil ‘jadul’, lampu depan sudah dilengkapi dengan teknologi LED. Eksterior depan Toyota Alphard 2.5 G 2009 dilengkapi dengan perubahan pada lampu kabut yang dibuat lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: Eksterior Samping

eksterior samping Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna hitam 
Eksterior samping Toyota Alphard 2.5 G 2009

Jika sebelumnya generasi pertama menghadirkan bentuk yang mengotak, perubahan pada Alphard terlihat dengan desainnya yang menjadi lebih segar dan mendapatkan beberapa kurva membulat di tubuhnya. Dari eksterior samping Toyota Alphard 2.5 G 2009 mendapatkan lekukan pada bagian bawah bodi. Selain itu, akses keluar dan masuk juga menjadi lebih mudah, karena Alphard 2009 sudah dilengkapi dengan electric sliding door.

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: Eksterior Belakang

eksterior belakang Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna hitam 
Eksterior belakang Toyota Alphard 2.5 G 2009

Toyota memberikan beberapa perubahan pada bagian belakang untuk menampilkan kesan yang lebih modern bagi mobil ini. Seperti lampu belakang yang dahulunya memenuhi pintu belakang dibuat lebih kecil dipadukan dengan aksen chrome. Tambahan lainnya hanya berupa estetika, yaitu nama ‘Alphard’ pada bagian kiri dan varian pada bagian kanan yang tak ditemukan pada generasi pertama.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Alphard 2009

Di dalam, kemewahan yang diberikan tak kalah dengan mobil barunya. Meskipun bisa dibilang beberapa fitur yang diberikan masih kalah dibandingkan versi yang lebih anyar. Anda juga bisa meningkatkan atau memberikan penambahan bagi mobil ini, tentu saja dengan merogoh kocek yang lebih dalam.

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: Dashboard

dashboard Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna hitam 
Dashboard Toyota Alphard 2.5 G 2009

Layaknya mobil berusia 10 tahun, masih belum banyak ‘peralatan canggih’ yang ditemukan pada dashboard Toyota Alphard 2.5 G 2019. Pengoperasian beberapa fitur dan sistem infotainment sudah dpaat dilakukan melalui head unit yang telah terintegrasi, sebagaimana pada generasi pertamanya. Dashboard tetap mengenakan dual tone serta aksen kayu pada bagian tengah untuk kesan elegan. Kontrol tengah masih sama seperti model sebelumnya, walaupun varian G masih belum menggunakan aksen kayu pada kontrol tengah.

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: Setir

setir Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna hitam 
Setir Toyota Alphard 2.5 G 2009

Setir polos palang empat khas mobil jadul Toyota menjadi ‘senjata’ bagi Anda untuk mengendalikan mobil ini. Sama seperti dashboard, ada aksen kayu pada bagian atas setir. Memang belum ada tombol multi-fungsi layaknya generasi terbarunya, namun Alphard 2009 sudah dilengkapi dengan fitur Tilt & Telescopic.

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: Kursi

Tak banyak mobil yang bisa mengalahkan Alphard dalam hal kenyamanan serta kesan premium yang diberikan. Berada di kursi baris kedua, Anda bisa merasakan kenyamanan berkat ruang kaki dan ruang kepala yang sangat lega. Toyota pun menghadirkan posisi duduk yang senyaman mungkin. Walau kursi Toyota Alphard 2.4 G 2009 belum dilengkapi dengan pilot seat, hanya captain seat biasa.

kursi Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna beige
Kursi captain seat Toyota Alphard 2.5 G 2009

Bangku baris ketiga juga bisa diatur ketika Anda dan dua penumpang lainnya ada di bagian belakang. Dan karena Alphard lebih menekankan kenyamanan bagi penumpang di belakang, maka tak heran jika posisi mengemudi Alphard justru terasa kurang nyaman. Bahkan ketika Toyota sudah memberikan pengaturan elektrik untuk kursi pengemudi mobil ini.

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: Bagasi

bagasi Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna beige 
Bagasi Toyota Alphard 2.5 G 2009

Mengandalkan kenyamanan penumpang di dalam kabin ternyata mempengaruhi kapasitas bagasi di dalam mobil. Ruang kaki yang lega harus mengorbankan kapasitas bagasi. Tapi bagi Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan, Mudahnya pengaturan kursi di baris ketiga menunjukan kepraktisan mobil ini. Ketika Anda membawa banyak barang bawaan, Anda tinggal menggeser kursi maju-mundur dengan menarik tuas di bagian bawah kursi.

>>> Dapatkan juga review Toyota lainnya di sini:

Fitur Toyota Alphard 2009

Untuk mobil yang diluncurkan pada tahun 2009, Alphard sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih. Mulai dari keyless entry, start-stop button, serta climate control dual zone untuk kenyamanan para penumpang di baris kedua dan ketiga. Tak perlu lagi merasa gerah ketika berada di dalam mobil ini. Penumpang di baris kedua bahkan bisa mengatur temperatur yang diinginkan hingga besarnya hembusan angin.

Alphard juga menghadirkan fitur ‘wajib’ bagi mobil mewah, yaitu panoramic sunroof. Anda bisa membuka atap untuk membiarkan angin masuk ketika Anda sedang berada dalam perjalanan jauh ke luar kota yang sejuk. Ingin memutar musik? Anda bida menggunakan radio, serta fitur AUX, USB, dan fitur yang jarang ditemukan di mobil terbaru saat ini, yaitu pemutar CD serta DVD.

layar pada dashboard Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna hitam 
Fitur dari layar depan Toyota Alphard 2.5 G 2009

Sayangnya, generasi kedua masih belum menawarkan monitor atap bagi penumpang di baris kedua. Selain itu, varian standar juga belum mendapatkan Pilot Seat yang mampu menopang kaki Anda. Meskipun pada baris ketiga sudah dilengkapi dengan headrest untuk kenyamanan penumpang di tengah.

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: Fitur Keselamatan Aktif

Tak perlu khawatir ketika berkendara dengan mobil ini. Selain kenyamanan bagi penumpang, Alphard sudah mendapatkan jaminan keselamatan dengan sistem pengereman ABS dan EBD. Tak lupa Traction Control dan Stability Control untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara dalam kondisi jalan yang licin. Sama seperti generasi sebelumnya, penumpang depan dan belakang juga telah mendapatkan sabuk keselamatan 3-titik.

>>> Jangan Asal Mewah, Perhatikan Tips Lengkap Beli Toyota Alphard 2012 Bekas

Operasi Toyota Alphard 2009

Mendapatkan peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya, mesin Toyota Alphard 2.5 G 2009 menggunakan 2ZA-FE 4-silinder 2.4L yang menghasilkan tenaga puncak hingga 170 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 235 Nm pada 4.100 rpm. Semuanya disalurkan ke roda depan melalui transmisi 7-percepatan Super CVT-i.

Konsumsi bahan bakar sayangnya tidak bisa disandingkan dengan model-model MPV yang lebih muda. Mengingat bodinya yang besar, konsumsi bahan bakar dari mesin 2AZ-FE 2.4L ini disebut berada dibawah kisaran 10 km/liter. Meski secara teoritis, penggerak roda depan memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan penggerak roda belakang.

mesin Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna hitam 
Mesin Toyota Alphard 2.5 G 2009

Salah satu yang patut diperhatikan adalah karena badannya yang besar, mengendarai mobil ini memang tak akan lincah saat berkendara di tengah kepadatan kota. Mengingat Toyota merancang mobil ini dengan mengedepankan kenyamanan penumpang, posisi mengemudi relatif tak terlalu baik meskipun pengaturan kemudi Tilt & Telescopic serta pengaturan tempat duduk cukup mumpuni.

>>> Perhatikan Kondisi Kaki-kaki Saat Beli Toyota Avanza Bekas

Spesifikasi Toyota Alphard 2009

Sekilas, tak banyak perbedaan dari versi G dengan varian lainnya selain fitur yang diberikan. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan spesifikasi Toyota Alphard 2.4 G 2009 berikut ini.

Dimensi Toyota Alphard 2.4 G 2009

Panjang x Lebar x Tinggi

4.840 x 1.830 x 1.905 mm

Jarak Poros Roda

2.950 mm

Mesin Toyota Alphard 2.4 G 2009

Tipe Mesin

2AZ-FE 2.4L 4-silinder

Kapasitas Silinder

2.494 cc

Tenaga Maksimal

170 ps @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

235 Nm @ 4.100 rpm

Transmisi

7-percepatan Super CVT-i

Sistem Penggerak

Front-wheel-drive

Kaki-Kaki Toyota Alphard 2.4 G 2009

Suspensi Depan

McPherson Strut with Torsion Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone with Torsion Bar

Rem Depan/Belakang

Ventilated Discs

Ukuran Ban

215/60 R17

Daftar Harga Toyota Alphard 2009

Mobil ini merupakan salah satu pilihan yang cukup menarik bagi Anda yang memiliki budget Rp300 hingga Rp350 jutaan. Ketika pertama kali dipasarkan, mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp700 jutaan. Tapi harga Toyota Alphard 2.4 G 2009 dalam kondisi bekas ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp280 jutaan hingga Rp340 jutaan.

Kesimpulan Toyota Alphard 2009

Toyota Alphard telah menjelma menjadi salah satu MPV premium yang menegaskan kenyamanan di jalanan dalam penggambarannya sebagai ‘mobilnya para eksekutif’. Dengan harga yang setara mobil Low MPV saat ini, mobil bekas Toyota Alphard 2.5 G 2009 menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk kendaraan Anda beserta keluarga.

mobil bekas Toyota Alphard 2.5 G 2009 berwarna hitam 
Toyota Alphard 2.5 G 2009 bisa menjadi pilihan MPV premium Anda

Tapi ada beberapa hal yang patut diingat ketika membeli mobil ini selain mesinnya yang haus akan bahan bakar dan pajaknya yang masih tinggi; kenyamanan tertinggi di dalam Alphard adalah ketika berada di kursi baris kedua. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan kenikmatan paripurna ketika mengendarai Alphard, pastikan Anda memiliki sopir pribadi.

>>> Simak juga review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Efisiensi Tertinggi MPV Premium Toyota

23/12/2019

Editor rate:

Toyota Alphard Hybrid 2018 merupakan level tertinggi MPV premium Toyota, dengan suntikan motor listrik untuk efisiensi, ramah lingkungan dan kenyamanan terbaik.

Lihat juga

Review Nissan Serena Autech 2016: Pilihan MPV Premium yang Lebih Terjangkau

29/11/2019

Editor rate:

Nissan Serena Autech 2016 bisa menjadi pilihan mobil keluarga premium yang nyaman dengan kabin luas yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Medium MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini menawarkan berbagai kemewahan yang bisa memanjakan Anda di dalam kabin.

Lihat juga

Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Pilihan Menarik Dibanding LCGC Baru?

20/11/2019

Editor rate:

Suzuki Ertiga GL AT 2016 bisa menjadi pilihan mobil keluarga yang nyaman yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Low MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini memiliki kabin yang cukup lapang cocok untuk dibawa di tengah padatnya lalu lintas perkotaan.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Penantang Baru Di Kelas LSUV

13/11/2019

Editor rate:

Inilah varian terbaru dari Mitsubishi Xpander di Indonesia. Mitsubishi Xpander Cross 2019 yang tak hanya menjadi penantang di kelas small MPV, namun juga langsung menantang kelas LSUV. Ia akan bersaing langsung dengan Toyota All New Rush, Daihatsu All New Terios dan Honda BR-V.

Lihat juga

Review Toyota Kijang Innova G 2016

Rp. 255.000.000

15/10/2018

Editor rate:

Kami cukup memahami bahwa pasar Mitsubishi Xpander kini melejit, namun apakah Anda tipikal Value For Money? Jika iya, maka artikel kali ini tepat untuk Anda baca lebih mendalam. Mengapa begitu? Di rentang harga Mitsubishi Xpander baru, Anda sudah bisa mendapatkan satu unit Toyota Kijang Innova dengan fitur yang lebih lengkap dan performa mesin unggulan. Tidakkah ini cukup menggoda? Mari simak pantauan tim Cintamobil.com dalam review Toyota Kijang Innova G 2016.

Lihat juga
back to top