Review Tesla Model Y 2019: Penantang Baru SUV Kompak Bertenaga Listrik

24/03/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
CEO Tesla, Elon Musk membuat drama baru setelah meluncurkan kendaraan terbaru, Tesla Model Y 2019 yang telah lama ditunggu-tunggu. SUV kompak yang meminjam beberapa sentuhan Model 3 yang lebih dahulu populer diprediksi mampu menyaingi penjualan mobil listrik Tesla lainnya.

PENGANTAR Tesla Model Y 2019

Review Tesla Model Y 2019Dalam presentasi Tesla Model Y 2019 yang baru saja diperkenalkan, Elon Musk berbicara tentang sejarah Tesla serta pengembangan kendaraan listrik. Seperti jangkauan mobil yang lebih jauh, ruangan yang lapang di dalam kendaraan, serta keamanan dan kecepatan berkendara di studio desain Tesla yang terletak berdekatan dengan fasilitas SpaceX.

perkenalan pertama Tesla Model Y 2019 berwarna biru

Tesla Model Y baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu

Model Y menandai entri keempat dari lini produk mobil listrik Tesla yang perlahan-lahan mulai tumbuh, atau yang keenam jika dihitung dari versi Roadster dan truk semi-listrik yang baru. Mobil baru ini juga melengkapi rencana model SEXY dari Elon Musk. Meskipun Model E akhirnya ditukar menjadi Model 3 karena pertikaian dengan Ford, menjadikannya “S3XY”. Bukanlah nama yang buruk, walaupun terlihat seperti anak alay di Indonesia.

Mungkin aspek yang paling menarik dari Model Y adalah, pada akhirnya, Tesla memiliki persaingan yang nyata dari pembuat mobil lain. Seperti SUV BEV (Battery Electric Vehicle) milik Jaguar serta mobil listrik Audi dan Hyundai yang akan diproduksi tahun ini. Jadi setelah beramai-ramai bermain di SUV konvensional, bisa dibilang 2020 akan menjadi awal persaingan baru kendaraan keluarga bertenaga listrik.

Tesla Model Y 2019 berwarna biru

SUV kompak baru dari Tesla, Model Y

Keinginan Tesla untuk mengeluarkan semua lini produk bertenaga listrik akhirnya hampir menjadi kenyataan. Namun sebelum itu, mari kita lihat apa saja yang diberikan oleh mobil ini. Simak review Tesla Model Y 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Tesla Model Y 2019

Meskipun disebut sebagai Model X yang lebih murah dan lebih kecil, namun tidak ada tanda-tanda Model X pada eksterior Tesla Model Y 2019. Yang bisa Anda lihat adalah SUV yang mirip dengan sedan Model 3 milik Tesla. Tentu saja, Musk mengungkapkan bahwa Model Y diambil dari Model 3 yang sudah lebih dulu dikenal dan sukses di pasaran.

Review Tesla Model Y 2019: Eksterior Depan

tampilan depan Tesla Model Y 2019 berwarna biru

Tampilan depan Tesla Model Y 2019

Untuk kendaraan dengan mesin listrik tentu saja tidak diperlukan gril yang lebar. Bisa kita lihat dari eksterior depan Tesla Model Y 2019 mirip dengan karakter di film animasi Cars. Mirip dengan yang terlihat pada lini produk Tesla lainnya, tampilan front end yang mulus menegaskan desain futuristik Model Y. Hanya ada sedikit gril pada bagian bawa dan lekukan tepat di bagian bawah lampu kabut. Dari depan hingga belakang, eksterior luar disebut mengandalkan desain yang mulus untuk menambah aerodinamika kendaraan.

Review Tesla Model Y 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Tesla Model Y 2019 berwarna biru

Tampilan samping Tesla Model Y 2019

Dilihat dari samping, bak pinang dibelah dua dengan Model 3. Perbedaannya hanya terdapat pada tinggi pilar C dan desain pada jendela pintu belakang. Eksterior samping Tesla Model Y 2019 juga dilengkapi dengan pelek 20 inci standar, namun Anda juga bisa mendapatkan versi 18 inci dan 19 inci. Konfigurator online Model juga menegaskan arah perusahaan untuk menghapus semua aksen krom dari bagian luar kendaraan dan memiliki “penghapusan krom” sebagai penawaran standar.

Review Tesla Model Y 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Tesla Model Y 2019 berwarna biru

Tampilan belakang Tesla Model Y 2019

Tampilan buritan juga langsung diambil dari saudara sedannya. Bisa dilihat bagaimana lampu belakang tepat dengan desain pintu bagasi pada eksterior belakang Tesla Model Y 2019 merupakan pahatan langsung dari Model 3. Perbedaannya terlihat pada pintu bagasi yang lebih tinggi untuk mengakomodir ruang kargo yang lebih besar. Rear diffuser dibuat lebih tinggi untuk menegaskan desain SUV dari Model Y.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Tesla Model Y 2019

Ukuran yang lebih besar memberikan kesan SUV pada mobil ini. Mengingat sebagian besar bagian luar dan dalam berbagi desain yang sama dengan Model 3. Bagian dalam dibuat lebih lapang, memberikan desain SUV kompak pada umumnya. Jika dibandingkan dengan Model X, sepupunya yang lebih premium, interior Tesla Model Y 2019 adalah “versi yang lebih kecil dan jauh lebih murah dari Model X”.

Review Tesla Model Y 2019: Dasbor

dasbor Tesla Model Y 2019 berwarna hitam

Dasbor Tesla Model Y 2019

Memakai platform yang sama dengan Model 3, dasbor Tesla Model Y 2019 juga mendapatkan pembagian yang sama. Layar berorientasi horizontal yang berisi semua fungsi utama kendaraan, seperti sistem infotainment, HVAC, pengaturan kendaraan dan sejenisnya, menghiasi dasbor, mirip dengan sistem antarmuka yang ditemukan pada sedan Model 3.

Review Tesla Model Y 2019: Kemudi

kemudi Tesla Model Y 2019 berwarna hitam

Kemudi Tesla Model Y 2019

Kemudi tiga palang dibuat mulus tanpa ada banyak tombol dan pengaturan, hanya ada dua tombol pada bagian kiri dan kanan kemudi.  Mungkin beberapa waktu lagi Anda tidak perlu lagi memegang kemudi Tesla Model Y 2019. Pasalnya Elon Musk menyebutkan bahwa Tesla sedang mempersiapkan teknologi swakemudi pada mobil ini, membuat Anda bisa mengerjakan pekerjaan lain dibandingkan menyetir. Apakah mengendarai mobil menjadi lebih menyenangkan tanpa menyetir?

Review Tesla Model Y 2019: Kursi

kursi Tesla Model Y 2019 berwarna putih

Kursi Tesla Model Y 2019

Model Y juga memiliki pengaturan serta tampilan kursi yang hampir sama dengan versi sedannya. Meskipun begitu, kursi Tesla Model Y 2019 bagian depan memberikan ketinggian yang diharapkan pada sebuah SUV. Dengan opsi 7 kursi, yang baru dari Model Y adalah kursi baris kedua dan ketiga, dimana Tesla mengungkapkan bisa menampung 7 orang dewasa.

Review Tesla Model Y 2019: Bagasi

ruang dalam Tesla Model Y 2019 berwarna hitam

Bagasi Tesla Model Y 2019

Dalam perkenalannya, Tesla mengungkapkan bagian bagasi yang lebih besar dibandingkan Model 3. Tesla sudah menambahkan video dalam laman web-nya yang memperlihatkan interior model Y dengan kursi terlipat dengan total ruang bagasi Tesla Model Y 2019 1.868 liter, menunjukan bahwa mobil ini memiliki ruang yang cukup untuk membawa barang-barang belanjaan sehari-hari. Tentu saja jika Anda tidak mengangkut orang dalam jumlah yang banyak.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Tesla Model Y 2019

Seperti Tesla pada umumnya, Model Y terhubung dengan aplikasi Tesla untuk mengontrol fungsi dan pengaturan tertentu dari jarak jauh, termasuk mengunci dan membuka kunci pintu, fitur panggilan Tesla dan pelacakan lokasi. Fitur Tesla Model Y 2019 yang mungkin bisa digunakan adalah Autopilot. Dimana Musk mengatakan kemampuan swakemudi akan hadir sekitar tahun ini. Jika regulator setuju, maka kendaraan ini akan cukup aman untuk mendapatkan fitur tersebut. Musk menyebutkan hanya perlu peningkatan perangkat lunak untuk memberikan kemampuan itu.

sistem infotainment Tesla Model Y 2019 berlayar putih

Fitur baru yang dimasukan ke dalam Tesla Model Y

Review Tesla Model Y 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Seperti setiap Tesla, Model Y dirancang untuk menjadi kendaraan yang teraman di kelasnya. Dengan pusat gravitasi yang rendah, struktur tubuh yang kaku, serta zona crumple yang besar memberikan perlindungan yang tak tertandingi. Masih dalam masa produksi, belum ada kejelasan tentang fitur keselamatan aktif Tesla Model Y 2019 yang akan ditawarkan.

OPERASI Tesla Model Y 2019

Berbagi 75% komponen dengan Model 3 mengindikasikan Model Y memiliki baterai dan motor yang sama. Menurut Musk, Model Y mampu menempuh 0-100 km/jam hanya dalam 3.5 detik, kekuatan yang cukup tinggi dibandingkan SUV kompak lain. Ia menyebutkan sistem operasi Tesla Model Y 2019 mampu menempuh 482 kilometer dalam sekali pengecasan. Versi yang lebih rendah akan sedikit lebih lambat, disebut akan datang pada 2021 mendatang.

rangka bagian dalam Tesla Model Y 2019 berwarna putih

Mesin dan motor dalam Tesla Model Y 2019

Menurut konfigurator Tesla, Model Y akan menggunakan penggerak roda belakang. Motor ganda dalam varian Long Range akan mendapatkan jarak tempuh 450 kilometer, kecepatan tertinggi 217 km/jam, dan percepatan 0-100 km/jam dalam 4.8 detik. Sedangkan varian Performance akan mendapatkan jangkauan baterai yang sama, namun bisa melaju hingga 240 km/jam dalam percepatan 3.5 detik.

spesifikasi Tesla Model Y 2019

Elon Musk belum menjelaskan dengan detail spesifikasi detail mobil ini, meskipun sudah memperkenalkannya beberapa waktu lalu. Namun dilihat dari situs resmi Tesla, berikut spesifikasi Tesla Model Y 2019 yang akan dijual mulai dari 2020 mendatang.

Dimensi Tesla Model Y 2019

Tipe

Standard Range

Performance

Long Range AWD

Long Range RWD

Panjang x Lebar x Tinggi

A/N

A/N

A/N

A/N

Maksimum Bagasi

1.868 liter

Mesin Tesla Model Y 2019

Tipe Baterai

Standar

Long Range

Long Range

Long Range

Jangkauan

370 kilometer

450 kilometer

450 kilometer

482 kilometer

Percepatan (0-100 km/jam)

5.9 detik

3.5 detik

3.8 detik

5.5 detik

Kecepatan Tertinggi

193 km/jam

241 km/jam

217 km/jam

209 km/jam

Sistem Penggerak

Rear-Wheel-Drive

Dual Motor All-Wheel Drive

Dual Motor All-Wheel Drive

Rear-Wheel-Drive

Kaki-Kaki Tesla Model Y 2019

Pelek

18 inci atau 19 inci

20 inci

18 inci atau 19 inci

18 inci atau 19 inci

kelebihan & kekurangan Tesla Model Y 2019

Tak banyak yang bisa dilihat dari mobil ini, karena Tesla juga baru menunjukan sistem baterai dan bagian dalam mobil ini. Namun begitu, lihat lagi kelebihan dan kekurangan Tesla Model Y 2019 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

SUV kompak bertenaga listrik dengan harga yang relatif murah

Masih belum ada kejelasan tentang sistem keamanan

Jangkauan yang lebih jauh dibandingkan pesaingnya

Sistem swakemudi yang belum pasti

Desain futuristik dengan kelegaan ruang kabin khas SUV

 

daftar harga Tesla Model Y 2019

Ada empat varian yang diharapkan mulai dipasarkan pada musim gugur 2020, yaitu varian Standar, Long Range AWD dan RWD, serta Performance. Perbedaan konfigurasi dan spesifikasi membedakan harga dan kesenangan mengendarai sesuai kebutuhan Anda. Harga Tesla Model Y 2019 yang sudah diluncurkan di Amerika yaitu,

Varian

Harga

Model Y Standard

$ 39.000 (sekitar Rp 554 Jutaan)

Model Y Long Range RWD

$ 47.000 (sekitar Rp 669 Jutaan),

Model Y Long Range AWD

$ 51.000 (sekitar Rp 726 Jutaan)

Model Y Performance

$ 60.000 (sekitar Rp 850 Jutaan)

Video Tesla Model Y 2019

Bagi Anda yang ketinggalan perkenalan Model Y, Tesla sudah menayangkan video Tesla Model Y 2019 dengan Elon Musk sebagai pembicara saat pertama kali mobil ini diungkapkan beberapa waktu lalu. Untuk lebih lengkapnya, lihat dalam video di bawah ini.

KESIMPULAN Tesla Model Y 2019

Setelah Model X, Tesla mulai masuk dalam segmen yang sedang digemari banyak orang, yaitu SUV kompak. Dengan harga yang lebih rendah dari Model X, bisa dibilang Tesla Model Y 2019 ditargetkan untuk segmen menengah ke atas. Beragam teknologi juga sudah dilampirkan, meskipun belum terlalu detail. Dan salah satu kekuatan mobil ini adalah jarak tempuh yang lebih baik dibandingkan pesaingnya.

Tesla Model Y 2019 berwarna merah sedang melaju di jalanan

Selain biru, Tesla Model Y 2019 juga diperkenalkan dalam warna merah

Saat ini, masih belum ada kejelasan apakah Tesla akan membawa mobilnya ke Indonesia. Dengan infrastruktur kendaraan listrik dan peraturan yang masih belum jelas, sepertinya sedikit kemungkinan Tesla membawa mobilnya Tanah Air. Tetapi jangan berkecil hati dulu, pemerintah Indonesia yang siap menyempurnakan rancangan peraturan kendaraan listrik dipercaya membawa beberapa model baru ke Tanah Air. Semoga saja kita bisa menemukan mobil Tesla dan kendaraan listrik lainnya melaju dengan bebas di jalanan perkotaan.

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil