Review Tesla Model X 2019: SUV Premium Mewah Ramah Lingkungan

27/09/2019

Share this post:

Tesla Model X 2019

Editor rate:

Lihat promo

Tesla Model X menjadi salah satu suksesor SUV bertenaga listik di industri otomotif. Kenyamanan dan hadir tanpa emisi menjadi keunggulannya.

Review Tesla Model X 2019: SUV Premium Mewah Ramah Lingkungan
Review Tesla Model X 2019: SUV Premium Mewah Ramah Lingkungan
0 Gambar

Pengantar Tesla Model X 2019

Mari kita simak spesifikasi Tesla Model X 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur dan teknologi sangat berkelas

Kabin sangat lapang

Desain pintu sayap elang sangat membantu

Desain interior yang nyaman dan elegan

Kekurangan

Pintu elektrik terbuka dengan lambat

Sistem Autopilot belum sepenuhnya teruji

Review Tesla Model X 2019Tesla Model X merupakan SUV mewah berukuran sedang dibuat oleh produsen mobil asal Amerika Serikat, Tesla, Inc. Kendaraan ini cukup unik menggunakan pintu sayap elang, tidak menggunakan desain pintu mobil pada umumnya. Model X dikembangkan dari platform sedan berukuran penuh Tesla Model S.

Selain itu, SUV ini digerakan oleh daya listrik murni seratus persen listrik. Tesla Model X mampu menempuh jarak hingga 505 KM dalam sekali pengisian daya penuh. SUV mewah ramah lingkungan ini kini tengah menjadi trendsetter kendaraan ramah lingkungan.

Gambar menunjukkan desain Logo Tesla Model X 2019

Logo Tesla Model X 

Tesla memperkenalkan Model X sebagai SUV yang memiliki semua keunggulan Tesla. Mulai dari profil depan yang sangat simple, tampilan dalam memamerkan layar sentuh berukuran besar, bahan interior berkualitas tinggi, hingga desain futuristik penuh gaya. Setelah pertama kali peluncuran selama satu tahun penuh di pasar, Model X menjadi mobil listrik terlaris di dunia pada 2016. Simak ulasannya dalan review Tesla Model X 2019 berikut ini.

Eksterior Tesla Model X 2019

Review Tesla Model X 2019: Eksterior Depan

Gambar menunjukkan desain bagian depan mobil Tesla Model X 2019 Hitam

Bagian depan Tesla Model X 2019

Eksterior depan Tesla Model X 2019 terdapat headlamp berteknologi LED dengan cahaya yang optimal menyerupai mata yang menatap tajam. Selain itu grille depan Tesla Model X 2019 dibuat dengan cukup modern dan elegan. Semakin sempurna dengan adanya huruf T logo dari Tesla. Sedangkan bagian belakang Tesla Model X 2019 dibekali juga lampu LED rear taillights dan high-mounted LED stop lamp yang dibuat dengan bentuk modern dan futuristik.

Review Tesla Model X 2019: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan sebuah mobil Tesla Model X 2019 berwarna hitam dilihat dari sisi samping

Bagian samping Tesla Model X 2019

Eksterior samping Tesla Model X 2019 dibangun untuk efisiensi dengan desain tampak berbeda dari mobil lainnya. Terlebih model pintu ikonik sayap elang Model X membuat SUV ini makin tampak mencolok. Falcon-Wing Doors sebenarnya cukup bermanfaat. Desainnya memungkinkan pintu terbuka tanpa khawatir menabrak mobil yang diparkir, atau sisi dinding di garasi Anda.

Review Tesla Model X 2019: Eksterior belakang

Gambar menunjukkan sebuah mobil Tesla Model X 2019 berwarna hitam dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang Tesla Model X 2019

Eksterior belakang Tesla Model X 2019 memiliki desain yang tidak seperti SUV pada umumnya, lampu belakang Tesla Model X dengan desain tipis disandingkan dengan tempat pengisian untuk mobil ini. Untuk melengkapi eksterior belakang, terdapat spoiler dengan bibir pintu belakang yang tidak begitu tinggi.

>>> Mungkin Anda ingin membaca:


Interior Tesla Model X 2019

Review Tesla Model X 2019: Layout Dasbord

Gambar menunjukkan desain bagian interior mobil Tesla Model X 2019

Interior Tesla Model X sangat mewah dengan layar sentuh 17 inci

Di dalam kabin Anda disuguhkan oleh sistem infotainment layar sentuh berukuran 17 inci cukup besar mendominasi dasbord Tesla Model X 2019 dan kulit imitasi membungkus semuanya dari kursi hingga panel pintu. Memaksimalkan desain minimalis dan futuristik pada bagian depan. Anda tidak akan menemukan banyak tombol atau kontrol pada dasbor karena semuanya kontrol berpusat pada layar sentuh super besar tersebut.

Review Tesla Model X 2019: Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian kursi dari mobil Tesla Model X 2019

Kursi Tesla Model X 2019 dibuat dengan bahan terbaik

Poin utama interior Tesla Model X 2019 adalah rasa ruang yang cukup lapang dengan kursi yang dibuat dengan bahan terbaik. Model X terasa sangat besar, penumpang kursi belakang tidak mungkin merasa sempit, membuat Model X ini menjadi saingan yang sangat kompetitif di segmennya.

Model X dibangun juga untuk memberikan pengalaman interior paling nyaman yang pernah ada dengan penyimpanan terbaik di kelasnya, tempat duduk didesain untuk hingga tujuh orang dewasa. Opsi konfigurasi tujuh kursi Tesla Model X 2019 hadir standar dengan kursi belakang dapat dilipat rata untuk menghasilkan ruang kargo yang maksimum.

Review Tesla Model X 2019: Stir Kemudi

Gambar menunjukkan desain bagian Setir dari mobil Tesla Model X 2019

Tidak banyak tombol pada Stir Tesla Model X 2019

Begitu mudahnya mengendalikan fitur mobil pada Tesla Model X 2019. Pengemudi tidak perlu melepaskan stir untuk bisa menyusaikan kendaraan sesuai keinginan. Hal itu tentunya membuat aura modern dari kabin mobil ini sangat terasa. Desain setir mobil juga dibuat modern dan cukup nyaman serta pas ketika digenggam oleh tangan. Pengaturan setirnya didukung dengan tilt steering dan telescopic steering.

Review Tesla Model X 2019: Bagasi

Gambar menunjukkan desain bagian Bagasi Tesla Model X 2019 dan bagasinya cukup Besar

Ruang bagasi Tesla Model X 2019

Model X menawarkan ruang penyimpanan interior terbaik. Kursi belakang dapat lipat rata untuk menghasilkan ruang kargo yang maksimum. Masih kurang? Jika umumnya bagian depan mobil diisi dengan mesin, Anda jangan terkejut jika membukanya, Anda bisa menggunakan bagian depan menjadi ruang bagasi tambahan untuk perjalanan Anda. Anda bisa membawa sepeda, kereta bayi, bahkan bahan makanan yang bisa Anda konsumsi ke dalam bagasi Tesla Model X 2019.

>>> Baca juga:

Fitur Tesla Model X 2019

Review Tesla Model X 2019: Fitur

Gambar menunjukkan Fitur pada mobil Tesla Model X 2019

Head unit 17 incI pada Tesla Model X 2019 menjadi pusat kontrol 

Masuk ke dalam Tesla Model X 2019 Anda akan terpana oleh layar sentuh berukuran besar yang berfungsi mengendalikan hampir semua fungsi fitur kendaraan. Walaupun terlihat mengesankan dan sepertinya ide yang fantastis, mungkin Anda membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan sistem lain, terutama jika Anda terbiasa dengan tata letak yang lebih konvensional.

Konektivitas adalah titik kuat layar besar fitur Tesla Model X 2019; instal aplikasi Tesla pada ponsel cerdas Anda dan Anda dapat mengontrol berbagai fungsi, termasuk pintu pembuka jarak jauh, kontrol iklim dan bahkan lampu utama dan klakson. Aplikasi ini juga menunjukkan berapa sisa jarak jangkauan energi baterai mobil Anda.

Review Tesla Model X 2019: Fitur Keamanan

Gambar menunjukkan fitur otonom pada mobil Tesla Model X 2019

Tesla Model X 2019 didukung fitur Autopilot

Tesla Model X 2019 merupakan SUV teraman yang pernah ada. Dibangun dari bawah hingga atas sebagai kendaraan listrik, bodi, sasis dan teknologi baterai yang mendukung menimalisir cidera jika terjadi kecelakaan bagi pengendara. Setiap unit Model X hadir standar dengan fitur keselamatan aktif paling canggih. Melalui fitur Navigate on Autopilot memungkin SUV ini berpindah lajur di jalan secara otomotis dengan mode Autopilot. Selain itu dengan fitur Emergency Braking dapat mendeteksi objek di depan mobil dan secara otomatis menerapkan rem untuk mencegah terjadinya benturan.

Selain itu fitur Keamanan Tesla Model X 2019 menjadikan SUV ini menjadi yang pertama mencapai peringkat keamanan bintang 5 dari NHTSA (Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat) pada setiap kategori, subkategori dan perlindungan dampak kecelakaan samping yang luar biasa.

>>> Teknologi Baru Tesla Bisa Pesan Suku Cadang Sendiri Langsung ke Diler

Operasi Tesla Model X 2019

Gambar menunjukkan Soket pengisian daya pada mobil Tesla Model X 2019

Soket pengisian daya Tesla Model X 2019

Sistem Operasi Tesla Model X 2019 didukung dengan baterai yang cukup besar untuk menutupi jarak berkendara hingga 325 mil. Sementara itu Tesla juga menyediakan Varian berkinerja tinggi dengan jarak jangkauan 289 mil dan diklaim mampu berlari dari nol hingga 60 mph waktu 3,5 detik. 

Selain itu SUV listrik ini dapat mengisi daya di rumah melalui koneksi 240V atau 120V dengan waktu pengisian akan lebih lama. Tetapi mungkin lebih nyaman bagi pemilik, sehingga Tesla menawarkan juga pemasangan peralatan pengisian di rumah pelanggan untuk opsi pembelian khusus pasar AS.

>>> Mari Kita Bongkar dan Lihat Bagian dalam Kemudi Tesla Model 3

Spesifikasi Tesla Model X 2019

Tesla Model X 2019 ini diimpor tanpa ada pengurangan spesifikasi dari negara asalnya. Jadi semua kemewahan dan teknologi canggih seperti aslinya. Selain itu, mari kita lihat spesifikasi Tesla Model x 2019 SUV tujuh kursi ini.

Dimensi Tesla Model X 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

5.036 mm x 1.999 mm x 1.684 mm

Jarak Poros Roda

2.965 mm

Berat

2.330 kg

Kapasitas Bagasi

2.492 liter

Mesin Tesla Model X 2019

Tipe Motor

75.0 kWh

Tenaga Maksimal

329 dk

Torsi Maksimal

525 Nm

Jarak Tempuh (Baterai)

325 mil

Percepatan (0-100 km/jam)

5.2 detik

Kecepatan Tertinggi

210 km/jam

Sistem Penggerak

All-Wheel-Drive

Kaki-Kaki Tesla Model X 2019

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

Multi-links

Ban

20 Inci

Daftar Harga Tesla Model X 2019

SUV ini diimport langsung dari AS oleh Prestige Motorcars untuk pasar Indonesia. Dengan semua keunggulan, kenyaman dan kelas yang berbeda. Harga Tesla Model X 2019 dibandrol untuk varian terendah Rp 3M off the road dan varian tertinggi mencapai Rp 4,4 M off the road.

Kesimpulan Tesla Model X 2019

Kehadiran Tesla Model X 2019 menjadi gebrakan baru segmen SUV untuk kendaraan listrik di Indonesia. SUV ini bisa melaju tanpa mengeluarkan satu pun asap dan emisi CO2 bisa menjadi perhatian pemerintah untuk mendorong menyediakan infrastruktur pengisian daya listik. Kenyamanan serta desain yang futuristik dan mewah juga menjadikan mobil ini cocok bagi mereka yang berjiwa elegan. Meski begitu, mobil ini sayangnya masih dibandrol cukup mahal. 

Gambar sebuah mobil Tesla Model X 2019 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Tesla Model X 2019 dengan tampilan sangat elegan

>>> Jangan lupa klik sini untuk mendapatkan mobil impian Anda

Rahmat Fajar Nugraha
Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Prestige Motor

DKI Jakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Tesla Model Y 2019: Penantang Baru SUV Kompak Bertenaga Listrik

24/03/2019

Editor rate:

CEO Tesla, Elon Musk membuat drama baru setelah meluncurkan kendaraan terbaru, Tesla Model Y 2019 yang telah lama ditunggu-tunggu. SUV kompak yang meminjam beberapa sentuhan Model 3 yang lebih dahulu populer diprediksi mampu menyaingi penjualan mobil listrik Tesla lainnya.

Lihat juga

Review Tesla Model 3 2019

25/09/2019

Editor rate:

Pada tahun 2017 kemarin, Tesla memperkenalkan Model 3 yang diklaim sebagai mobil sedan listrik termurah. Meski termurah di jajaran lini mobil Tesla, mobil ini juga diklaim menawarkan sensasi berkendara menarik berpadukan kemewahan dan kecanggihan mobil jaman kini. Review Tesla Model 3 2019 bisa dilihat di bawah ini.

Lihat juga

Review Land Rover Defender 2019: Teknologi Baru Rasa Lama

11/09/2019

Editor rate:

Salah satu kendaraan bersejarah besutan Land Rover adalah Defender. Sayangnya, model ini sudah dihentikan pada tanggal 29 Januari 2016. Kabar paling menggembirakan adalah model bersejarah ini akan diciptakan kembali dalam bodi yang lebih modern. Bagaimana informasi selengkapnya? Mari kita simak review Land Rover Defender 2019.

Lihat juga

Review Nissan Juke 2019: Kembalinya Sang Raja

05/09/2019

Editor rate:

All-New Nissan Juke akhirnya memunculkan taringnya di panggung Eropa pada bulan September 2019. Tak tanggung-tanggung, generasi terbaru Nissan Juke akan memulai debut Global-nya di lima kota Eropa sekaligus. Bagaimana dengan Indonesia? Berikut review Nissan Juke 2019.

Lihat juga

Review Jeep Wrangler JL Sahara Unlimited 2019: Varian Menengah Yang Tetap Menggoda

03/08/2019

Editor rate:

PT Hascar International Motor akhirnya memperkenalkan Jeep Wrangler JL Sahara Unlimited yang merupakan varian menengah dari jajaran Jeep Wrangler JL. Meski popularitasnya tak ‘segagah’ varian Rubicon, namun varian Sahara tetap menggoda dengan sosok yang lebih kalem dan elegan layaknya sebuah kendaraan 4x4 perkotaan.

Lihat juga
back to top