Review Tesla Cybertruck 2020: Truk Revolusioner Tesla Bergaya Cyberpunk!

28/11/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Elon Musk tak henti-hentinya mengejutkan penggemar otomotif di seluruh dunia. Dan kali ini, ada Tesla Cybertruck 2020 yang memukau penggemarnya di Los Angeles Auto Show. Desainnya yang unik dan klaim anti peluru menjadi fitur menarik dari salah satu mobil revolusioner milik Tesla ini.

PENGANTAR Tesla Cybertruck 2020

Review Tesla Cybertruck 2020 - Tesla memang dikenal sebagai salah satu produsen otomotif yang pertama kali masuk ke era mobil listrik. Berawal dari komentar Elon Musk tentang keinginannya memproduksi truk yang berbeda dari semua truk yang pernah dipasarkan  Setelah sedan hingga SUV, Tesla Cybertruck 2020 pun akhirnya diperkenalkan sebagai model keempat dalam jajaran Tesla.

mobil baru Tesla Cybertruck 2020 berwarna putih 
Tampilan perdana Tesla Cybertruck 2020 yang unik

Layaknya kendaraan bertema fiksi ilmiah dalam Blade Runner maupun trilogi Back to the Future, Tesla meluncurkan interpretasinya tentang truk pick up elektrik ini. Tampilannya berbeda dengan truk kebanyakan. Bak mobil cyberpunk, tidak ada lekukan seperti mobil biasa. Hanya ada sudut-sudut tegas.

Bukan Elon Musk namanya jika tak mampu menghadirkan fitur-fitur menarik dalam mobil produksinya. Truk pick up elektrik ini mampu menampung hingga enam orang, diklaim anti peluru (baik bagian bodi maupun kaca), dan memiliki ground clearance yang bisa disesuaikan dengan suspensi adaptifnya.

pemesanan Tesla Cybertruck 2020 pada laman resmi Tesla 
Tesla sudah membuka keran pemesanan dalam laman resminya

Musk pun mengajak media dan beberapa orang untuk mencoba berkendara setelah peluncurannya di kantor pusat SpaceX, di Hawthorne, California. Dengan lebih dari 200.000 unit sudah dipesan sejak penampilan perdananya, mari kita simak review Tesla Cybertruck 2020 di bawah ini.

EKSTERIOR Tesla Cybertruck 2020

Cybertruck menggunakan konstruksi unibody (disebut exoskeleton) sebagai kebanyakan mobil penumpang, bukannya konstruksi bodi yang ditemukan pada truk pick up. Menggunakan panel bodi baja stainless seri 30x dengan tebal 3 mm. Karena itu, panel hanya dapat ditekuk dalam garis lurus, menghasilkan desain berbentuk segitiga yang unik.

Review Tesla Cybertruck 2020: Eksterior Depan

Kesan unik bisa dirasakan ketika melihat eksterior depan Tesla Cybertruck 2020 ini. Tidak ada aksen lekukan hingga grille seperti kebanyakan mobil konvensional lainnya. Tentu saja ketika bertenaga baterai, grille depan yang diperlukan untuk masuknya udara ke dalam mesin tidak lagi diperlukan. Bisa dilihat dari model Tesla lainnya.

 tampilan depan Tesla Cybertruck 2020 berwarna putih
Tampilan depan Tesla Cybertruck 2020

Hanya ada lampu depan yang memanjang dari sisi ke sisi, layaknya helm RoboCop, tanpa adanya lampu kabut maupun sein. Kap depan dibuat lurus tanpa ada lekukan. Bukan lagi garis-garis tegas, namun seluruh dimensi kendaraan mendapatkan sudut-sudut tegas. Praktis hanya bumper bawah berwarna kontras menjadi pelengkap tampilan (benar-benar) futuristik dari mobil ini.

Review Tesla Cybertruck 2020: Eksterior Samping

Dilihat dari samping, dimensi Cybertruck sangat berbeda dibandingkan truk pada umumnya. Kesan segitiga bisa dirasakan ketika melihat eksterior samping Tesla Cybertruck 2020. Sedangkan dimensinya pun dibuat lebih kompak dan lebih rendah dibandingkan Ford F-150 yang menjadi raja truk pick up di Amerika.

tampilan samping Tesla Cybertruck 2020 berwarna putih 
Tampilan samping Tesla Cybertruck 2020

Keunikan lainnya adalah Musk mengklaim paduan stainless steel pada tubuh Cybertruck sangat kuat dan disebut tahan peluru. Dalam persentasi pertamanya, dia memukul pintu samping dengan palu. Meskipun jendela mobil retak ketika dilempar batu. Musk berdalih hal ini terjadi karena pukulan palu pada bodi samping menyebabkan kaca kehilangan efek lenturnya.

Review Tesla Cybertruck 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Tesla Cybertruck 2020 berwarna putih 
Tampilan belakang Tesla Cybertruck 2020

Desain bilah lampu belakang yang unik pun menjadi pembeda dibanding truk pick up lainnya. Meskipun seperti sedan, namun mobil ini sejatinya adalah truk pick up dengan bak belakang yang tertutup layaknya atap rumah. Namun Anda bisa membuka bak belakang dengan kapasitas hingga 2,8 m3 dan ruang kargo sepanjang 2 meter.

>>> Dapatkan berbagai review dan informasi terbaru Tesla di sini

INTERIOR Tesla Cybertruck 2020

Keuntungan menggunakan motor listrik dibandingkan mesin bensin adalah banyaknya ruang yang bisa dihemat pada kabin. Baru akan diproduksi beberapa waktu mendatang, kemungkinan besar masih ada perubahan untuk interior Tesla Cybertruck 2020.

Review Tesla Cybertruck 2020: Dashboard

Meskipun sangat sedikit detail yang tersaji pada mobil ini, beberapa gambar menangkap tampilan dashboard Tesla Cybertruck 2020. Tampilannya masih polos. Tetapi dari gambar yang tersaji, Cybertruck dilengkapi layar sentuh 17 inci berorientasi lanskap, berbeda dengan versi portrait yang ditemukan pada model Tesla lainnya.

dashboard Tesla Cybertruck 2020 berwarna hitam 
Tampilan dashboard Tesla Cybertruck 2020

Sistem hiburannya diprediksi akan menghadirkan evolusi sistem infotainment Tesla. Mengingat masih ada waktu sebelum produksinya dipasarkan, besar kemungkinan Cybertruck akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak terbaru dari Tesla.

Review Tesla Cybertruck 2020: Setir

Hampir sama dalam versi konsepnya, setir dengan bentuk persegi panjang masih bertahan ketika diluncurkan kali ini. Tapi ada banyak hal yang bisa berubah hingga Cybertruck akan diproduksi beberapa waktu lagi. Kemungkinan setir Tesla Cybertruck 2020 akan mendapatkan konfigurasi multi fungsi terbaru.

Review Tesla Cybertruck 2020: Kursi

kursi Tesla Cybertruck 2020 berwarna hitam 
Kursi Tesla Cybertruck 2020

Bagian paling menakjubkan dari interior adalah kabinnya yang lapang jika dibandingkan dengan dimensi keseluruhannya. Kabin mendapatkan ruang yang cukup untuk enam orang penumpang meskipun hanya menggunakan dua baris kursi. Seperti yang terlihat, baris pertama bisa menampung hingga tiga orang, dimana kursi di bagian tengah bisa dilipat dan menjadi armrest untuk pengemudi dan penumpang depan.

Review Tesla Cybertruck 2020: Bak

bak belakang Tesla Cybertruck 2020 berwarna putih 
Keunggulan bak Tesla Cybertruck 2020 yang kokoh

Penyimpanan di belakang mirip dengan bak truk pick up konvensional dengan 2 meter panjang dan mengikuti dinding samping yang miring. Satu hal yang menarik adalah mobil ini memiliki pilihan ATV listrik yang terdapat pada opsi pembelian. Anda bisa membuka bak belakang dan menaikkan ATV sekaligus mengisi baterainya dengan colokan yang sudah tersedia pada dinding samping. Ada Camp Mode, dimana bak belakang bisa dijadikan sebagai tenda ketika Anda sedang mengajak mobil ini berpetualang di alam liar.

>>> Berita terbaru tentang Tesla bisa Anda dapatkan di sini

FITUR Tesla Cybertruck 2020

Meskipun masih banyak fitur lain yang belum diungkapkan Musk, namun Cybertruck dipastikan akan menggunakan suspensi self-leveling yang mengkompensasi beban variabel. Sehingga memudahkan Anda ketika membawa beban berat. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk membuat ground clearance lebih rendah maupun lebih tinggi.

Fitur Tesla Cybertruck 2020 lainnya termasuk inverter daya untuk memasok listrik 120-volt dan 240-colt, memungkinkan penggunaan alat-alat listrik tanpa generator portable. Termasuk kompresor udara untuk menyalakan alat pneumatik, mengisi daya ATV pada bak belakang, hingga menghidupkan kompor listrik yang disediakan dalam Mode Camp.

mode Camp Tesla Cybertruck 2020 berwarna putih 
Tesla Cybertruck memiliki kompor listirk dalam Mode Camp

Cybertruck disebut mampu menahan peluru kaliber 9 mm. Semua varian juga akan mendapatkan perangkat standar Tesla Autopilot dan memiliki berbagai perangkat keras untuk pengoperasian full-otonom. Bahkan setelah peluncurannya, Tesla menerima pre-order dengan opsi fitur ‘full self-driving” seharga $7.000 (hampir Rp100 juta).

>>> Wah, Sekarang Anda Bisa Nonton Youtube dan Netflix di Entertainment System Tesla

OPERASI Tesla Cybertruck 2020

Bodinya terkesan berat? Jangan salah, Musk menyebutkan bahwa Cybertruck mampu melaju dari keadaan diam hingga 100 km/jam hanya dalam 2,9 detik untuk varian tertinggi. Kecepatan yang bahkan mengalahkan SUV bahkan sedan sekalipun. Kemampuannya berbeloknya mengesankan, disebutkan layaknya “berbelok seperti menggunakan rel”.

Untuk sekelas truk besar, Cybertruck memiliki kemampuan menarik yang mengagumkan, diklaim mampu menarik beban hingga 6.350 kg. Badannya yang berat mampu mengusung beban hingga 1.587 kg untuk semua perlengkapan Anda. Angka-angka ini mengalahkan kemampuan Ford F-150 yang menjadi saingannya di Negara Paman Sam.

rangka Tesla Cybertruck 2020 berwarna putih 
Rangka Tesla Cybertruck 2020 yang terbuat dari baja stainless

Mesin Tesla Cybertruck 2020 mirip dengan yang digunakan pada Tesla Model S dan Model X. Bersama motor belakang induktif dan magnet permanen Model 3 di depan untuk varian menengah. Versi lainnya menggunakan sistem penggerak roda belakang dengan motor tunggal (Single Motor), atau tiga motor (Tri-Motor) dengan satu motor di as roda depan dan dua di belakang.

Dengan tiga versi yang ditawarkan, beberapa perbedaan bisa ditemukan. Misalnya varian tertinggi Tri-Motor mampu melaju sejau 800 kilometer dalam sekali pengisian baterai. Meskipun data spesifikasinya belum diungkap, Motortrend menyebutkan bahwa Cybertruck mampu mengeluarkan tenaga 800 daya kuda dan torsi 1.355 Nm untuk membawa tubuhnya yang berat.

>>> Mari Kita Bongkar dan Lihat Bagian dalam Kemudi Tesla Model 3

spesifikasi Tesla Cybertruck 2020

Terbagi menjadi tiga varian utama, ada beberapa perbedaan spesifikasi Tesla Cybertruck 2020 untuk masing-masing variannya. Beberapa detail masih belum terungkap, tetapi sebagian besar sudah dijelaskan dalam persentasi pertamanya di Los Angeles Auto Show 2019.

Model

Single-Motor

Dual-Motor

Tri-Motor

Dimensi Tesla Cybertruck 2020

Panjang x Lebar x Tiinggi

5.885 x 2.027 x 1.905 mm

Jarak Poros Roda

3.807 mm

Ruang Kargo

2.800 liter

Panjang Kargo

2.000 meter

Ground Clearance

400 mm

Kapasitas Tarikan

3.400 kg

4.550 kg

6.350 kg

Kapasitas Beban

1.600 kg

Mesin Tesla Cybertruck 2020

Tipe Mesin

Motor listrik

Tenaga Maksimal

~ 800 hp

Torsi Maksimal

~ 1.355 Nm

Jarak Motor Listrik

400 km

480 km

800 km

Percepatan 0-100 km/jam

6,5 detik

4,5 detik

2,9 detik

Kecepatan Tertinggi

175 km/jam

195 km/jam

210 km/jam

Sistem Penggerak

Rear-wheel-drive

All-wheel-drive

All-wheel-drive

Kaki-Kaki Tesla Cybertruck 2020

Suspensi Depan/Belakang

Self-Leveling

Tipe Ban

N/A

Rem

N/A

kelebihan & kekurangan Tesla Cybertruck 2020

Bahkan ketika pertama kali dipresentasikan, kaca yang diklaim anti pecah ini pun retak ketika dilempati batu. Selain itu, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Tesla Cybertruck 2020 milik Elon Musk.

Kelebihan

Kekurangan

Bertenaga listrik dengan jarak tempuh jauh dibandingkan

Desainnya yang unik mungkin bukan selera semua orang

Ruang kabin besar dan lapang

Beberapa klaim masih dipertanyakan

Memiliki daya angkut dan daya tarik yang besar

Masih belum banyak detail fitur tersedia

daftar harga Tesla Cybertruck 2020

Meskipun dengan desain yang berbeda dibandingkan truk pick up lainnya, Cybertruck langsung mendapatkan perhatian yang diinginkan Musk. Pemesanan sudah bisa dilakukan sejak saat ini. Bahkan, lebih dari 200.000 unit Cybertruck telah dipesan dengan pengiriman dimulai pada akhir 2021. Sedangkan harga Tesla Cybertruck 2020 terbagi menjadi tiga, yaitu.

Model

Harga

Cybertruck Single Motor

$39.900 (sekitar Rp565 jutaan)

Cybertruck Dual-Motor

$49.900 (sekitar Rp703 jutaan)

Cybertruck Tri-Motor

$69.000 (sekitar Rp985 jutaan)

Video Tesla Cybertruck 2020

Selain peluncuran perdananya pada Los Angeles Motor Show 2019, Tesla pun sudah menunggah video Tesla Cybertruck 2020 pada akun YouTube resminya. Video berdurasi 35 detik tersebut menunjukkan desain unik Cybertruck ketika dibawa berkendara di jalanan gurun Amerika.

KESIMPULAN Tesla Cybertruck 2020

Tesla Cybertruck 2020 adalah perpaduan antara mobil listrik dengan kemampuan towing yang mengesankan serta desain unik khas Cyberpunk. Tampilannya tampak seperti kendaraan versi film fiksi ilmiah Hollywood dengan sudut-sudut tegas tak berlekuk. Fitur yang ditawarkan masih misterius, walaupun Musk menyebutkan ada teknologi ‘self-driving” dipersiapkan untuk mobil ini.

mobil baru Tesla Cybertruck 2020 berwarna putih di jalanan 
Tesla Cybertruck disebut menjadi desain baru truk pikap

Dalam penjelasannya, Musk menyatakan Tesla kemungkinan akan menawarkan “Cybertruck yang lebih kecil”. Masih banyak perubahan yang mungkin dilakukan oleh Tesla terhadap Cybertruck ketika diproduksi nantinya. Mengingat tampilannya yang eksentrik dan jauh dari kata “truk pick up konvensional”, Cybertruck bisa menjadi salah satu truk produksi paling unik yang pernah ada.

>>> Simak review lain yang tak kalah menariknya di Cintamobil.com

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil