Review Suzuki XL6 2019: Ertiga Dengan Konsep Crossover

04/09/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Yes! Generasi XL Suzuki akhirnya terlahir kembali, setelah sebelumnya mati suri di tahun 2006 dengan model Suzuki Escudo XL7, kini nama XL kembali digunakan pada Suzuki Ertiga dengan nama Suzuki XL6 alias Suzuki Ertiga Cross. Bagaimana impresi kami mengenai mobil ini? Simak review Suzuki XL6 berikut ini...

PENGANTAR Suzuki XL6 2019

Gambar menunjukkan Grand Escudo XL7 2006 berwarna perak dilihat dari sisi belakang

Inilah mobil Suzuki pertama yang menyandang nama 'XL', sebuah Grand Escudo XL7

Review Suzuki XL6 2019 - PT Suzuki Indomobil Sales sempat memberi gebrakan di pasar mobil Indonesia dengan memasukkan SUV 7 seater mewah bernama Suzuki Grand Escudo XL7 pada tahun 2002. Mobil tersebut menjadi Suzuki pertama yang menyandang nama XL. XL juga merupakan akronim dari Xtra Large, maklum saja saat itu Suzuki Grand Escudo XL7 ditawarkan sebagai SUV 3 baris pertama dengan mesin yang bongsor pula, yakni 2.500 cc berkonvigurasi V6 untuk unit yang masuk Indonesia.

Gambar Menunjukkan Suzuki XL6 2019

Mengambil basis dari Suzuki Ertiga, Suzuki XL6 siap merebut pasar di kawasa Asia Tenggara

Sayangnya, meski Suzuki Grand Escudo XL7 cukup laris di Amerika, tapi hal yang sama tak terjadi di Indonesia. Selain modelnya aneh, tenaga mesin pas-pasan juga boros BBM. Alhasil Suzuki Indonesia menghentikan penjualan mobil ini di 2006. Set back ke Suzuki XL6. Suzuki XL6 mengambil basis dari Suzuki Ertiga yang notabone adalah LMPV terlaris mereka. Lantas, dengan menggunakan basis mobil laris apakah Suzuki XL6 ini bisa laris? Kita lihat short reviewnya dulu ya.

EKSTERIOR Suzuki XL6 2019

Review Suzuki XL6 2019 : Tampilan Depan

foto tampak depan suzuki xl6 2019

Tampilan depan mobil Suzuki XL6 ini mencoba terlihat berbeda dari Ertiga

Meskipun mengambil basis dari Suzuki Ertiga, namun para insinyur di Suzuki cukup pintar dengan memberikan desain tampilan depan yang berbeda dari Ertiga. Bentuk headlamp dengan bohlam light emitting diode-nya dibuat lebih besar dengan daytime running light di bagian bawahnya. Bentuk lampu depan ini juga senada dengan tarikan garis krom pada grill model honeycomb-nya. Selain itu pihak Maruti Suzuki juga memberikan desain bumper depan yang lebih agresif.

Review Suzuki XL6 2019 : Tampilan Samping

foto tampak samping suzuki xl6 2019

Aura crossover makin terpancar di Suzuki XL6 ini berkat penggunaan aksen hitam pada overfendernya dan roofrails

Suzuki XL6 ini akan diposisikan sebagai crossover yang tampil gagah serta positioning product mobil ini akan di atas Suzuki Ertiga. Tak heran Suzuki memberikan aksen hitam bermotif kulit jeruk pada sekujur bodi samping mobil ini. Namun, yang kami sayangkan adalah pelek berkelir polished black-nya seakan kurang proporsional, seharusya Suzuki menggunakan pelek dengan motif lain agar lebih berbeda. Secara umum tampilan sampingnya masih terasa Ertiga.

Review Suzuki XL6 2019 : Tampilan Belakang

foto tampak belakang suzuki xl6 2019

Tampilan belakang mobil ini masih serupa Ertiga namun dengan tambahan ornamen yang membuatnya tampil gagah

Lanjut ke bagian belakang Suzuki XL6 2019 ini, terlihat jelas bila mobil ini masih serupa dengan mobil yang menjadi basisnya, yakni Suzuki Ertiga. Hanya saja, Suzuki sudah menambahkan beberapa ornamen yang membuat mobil ini tampil lebih gagah. Antara lain desain bumper belakang agresif dengan sedikit aksen hitam pada bagian bawahnya. Tampilan belakang Suzuki XL6 memang jadi lebih gahar, tapi tetap terasa kurang banyak ubahannya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Suzuki XL6 2019

Review Suzuki XL6 2019 : Layout Dasbor & Interior

foto dasbor suzuki xl6 2019

Layout dasbor sedikit mendapat sentuhan kemewahan, begitu juga semua kursinya mendapat aksen hitam

Masuk ke bagian kabinnya, Anda akan sedikit dibuat terpukau dengan layout dasbor Suzuki XL6 2019 yang sedikit mendapat sentuhan kemewahan. Aksen hitam dari luar diteruskan hingga ke bagian interior mobil ini. Dan hal yang sama juga berlaku pada kursinya, kini semua jok dilapis kulit sintetis berwarna hitam. Satu yang menyenangkan adalah kursi baris keduanya kini menjadi model captain seat, lengkap dengan sandaran tangan.

Review Suzuki XL6 2019 : Kabin Depan & Belakang

Gambar menunjukkan layout kursi Suzuki XL6 2019

Apakah aksen hitam ini cukup untuk membuatnya tampil beda?

Sedikit melongok ke kabin bagian belakang dari Suzuki XL6 2019 ini, nuansa hitam mendominasi bagian kabinnya. Dari foto langsung terlihat bahwa setir pun kini dibungkus dengan material kulit sintetis untuk menambah aura mewah dari mobil ini, demikian dengan joknya pada bagian depan dan belakang. Namun, apakah dengan penambahan aksen hitam seperti ini cukup untuk membuat Suzuki XL6 ini tampil beda dan disukai konsumen? We'll see...

>>> Baca juga:

FITUR Suzuki XL6 2019

Review Suzuki XL6 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Suzuki XL6 2019 diposisikan sebagai mobil crossover yang kelasnya lebih tinggi dari Suzuki Ertiga yang menjadi basisnya. Tak heran, seluruh fitur keselamatan khas Suzuki Ertiga varian tertinggi juga sudah diusung oleh Suzuki XL6 2019 ini. Ambil contoh fitur dual SRS airbag, electronic stability program, struktur bodi HEARTECT dan sebagainya. 

Review Suzuki XL6 2019 : Ringkasan Fitur Kenyamanan

Begitu juga dengan fitur kenyamanannya, jok kulit, cruise control dan audio kekinian yang dapat terhubung dengan sistem Apple Car Play dan Android Auto akan menjadi fitur utama pada Suzuki XL6 2019 di tipe termahal yakni Alpha. Sementara untuk fitur di bawahnya yakni Zeta diprediksi akan menggunakan jok kain hitam serta minus cruise control.

 

foto head unit suzuki xl6 2019

Head unit Suzuki XL6 2019 versi India

>>> Review Suzuki Ertiga Diesel 2019, Hanya Bersenjatakan Mesin Potensial?

OPERASI Suzuki XL6 2019

Gambar menunjukkan pilihan mesin untuk mobil Suzuki XL6 2019

Suzuki XL6 2019 diprediksi hanya akan hadir dengan satu pilihan mesin, yakni 1500 cc

Sebelumnya muncul dugaan bila Suzuki XL6 2019 atawa Ertiga Cross ini akan hadir dalam dua pilihan mesin, yakni DDiS 200 berkapasitas 1.300 cc dengan Mild Hybrid System, dan unit berkode K15 berkonvigurasi 4 silinder bensin konvensional. Namun, hasil dari investigasi rekan satu grup kami yakni indianautosblog.com, mobil Suzuki XL6 ini akan menggunakan powertrain berkode K15 SMART HYBRID BS-VI yang mana sistem smart hybrid tersebut adalah yang pertama dijejalkan ke mesin bensin berkode K15 tersebut.

Tabel perbedaan dimensi Suzuki XL6 2019 sama mobil Suzuki Ertiga

Dimensi Suzuki XL6 lebih bengkak bila dibandingkan dengan Suzuki Ertiga

Suzuki XL6 alias Ertiga Cross tampil tak hanya bermodalkan ganti muka depan dan hadir dengan tambahan overfender berkontur kulit jeruk kelir hitam saja. Namun, secara dimensi ia juga berbeda sedikit. Suzuki XL6 2019 ini jadi lebih bengkak, karena ia lebih panjang 5 cm dari Suzuki Ertiga, serta lebarnya lebih bengkak 4 cm dari saudaranya tersebut. Dan tinggi Suzuki XL6 lebih tinggi 1 cm dari Ertiga yang jadi basisnya. Namun berita baiknya, wheelbase tetap sama yakni 2,7 meter lebih sedikit dan radius putarnya tetap 5,2 meter.

>>> Harga Suzuki Karimun Wagon R 2017: City Car yang Kembali Hadir dengan Mempertahankan Desain Nyentrik

KESIMPULAN Suzuki XL6 2019

foto test drive suzuki xl6 2019

Kita tunggu saja kehadiran mobil ini di Indonesia

Meski ubahan yang dilakukan bisa dibilang hanya kosmetik semata, namun mobil ini juga cukup layak ditunggu kehadirannya di Indonesia. Hanya saja, kami berharap apabila Suzuki XL6 2019 ini dijual di Indonesia, ia hadir dengan varian bermesin diesel. Karena pengalaman kami mengetes mobil Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia, ia adalah mobil yang mampu menyenangkan pengemudinya karena torsinya buas dan konsumsi BBM-nya yang irit. Come on, PT Suzuki Indomobil Sales.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil