Review Suzuki Wagon R 2017

28/02/2019

Share this post:

Suzuki Karimun Wagon R 2017

Editor rate:

Lihat promo

Suzuki Wagon R 2017 begitu dicintai rakyat Jepang, meski kecil fitur ia punya fitur sangat lengkap, bahkan fitur yang diusung melewati kelas mobil diatasnya. Penasaran kan bagaimana impresi kami terhadap Suzuki Wagon R 2017? So, silahkan Anda simak ulasan lengkap kami mengenai Suzuki Wagon R 2017, yang merupakan Suzuki Karimun-nya Jepang.

Review Suzuki Wagon R 2017
Review Suzuki Wagon R 2017
0 Gambar

Pengantar Suzuki Karimun Wagon R 2017

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Interior luar biasa lega!

Fitur lengkap & banyak teknologi baru disematkan

Kepraktisan kabin luar biasa

Kekurangan

Tidak dijual di Indonesia

Bila masuk Indonesia dipastikan harganya melambung tinggi

Mesin tidak se-bertenaga rival lain sekelasnya

Gambar menunjukkan tampilan mobil Suzuki Wagon R generasi pertama

Suzuki Wagon R lahir pertama kali pada tahun 1993 dan bentuknya seperti ini

Review Suzuki Wagon R 2017 - Berbicara mengenai Suzuki Wagon R, tentu saja tidak lepas dari mobil yang masuk kelas Kei Car atau Kei Jidosha. Apa itu? Kei Car adalah salah satu kelas di pasar mobil Jepang yang mendapatkan keringanan pajak atau dengan kata lain mobil ringan. Agar Anda mudah untuk memahami apa itu Kei Car, mobil jenis Kei Car ini ibaratnya kalau di Indonesia masuk ke kelas LCGC (Low Cost Green Car). Yang membedakan Kei Car dengan LCGC adalah, Kei Car punya regulasi teknik yang cukup ketat. Diantaranya, mobil Kei Car punya dimensi panjang maksimum 3.400 mm, lebar maksimum 1.480 mm, dan tinggi maksimum 2.000 mm. Hmm... kalau seluruh regulasi tersebut diimplementasikan rasanya Anda akan melihat sebuah gedung atau kardus tinggi yang diberi roda ya. Hahaha...

Gambar mobil Suzuki Wagon R generasi kedua berwarna abu-abu

Inilah Suzuki Wagon R generasi kedua yang tidak pernah masuk Indonesia, mobil ini dijual di jepang mulai tahun 1998 

Tidak hanya regulasi dimensi saja, sektor dapur pacu juga ada batas maksimumnya, yaitu kapasitas silinder maksimum 660 cc dengan tenaga maksimum 64 Hp. Anda bisa bayangkan bagaimana kecilnya kapasitas mesin 660 cc dan harus menghela bodi mobil yang tidak ringan. Maka dari itu, rata-rata dari Kei Car di Jepang sana mengandalkan mesin dengan pasokan udara paksa atau turbocharger. Mobil yang mendapatkan keringanan pajak di Jepang ini memiliki ciri khas khusus, yaitu menggunakan pelat nomor berwarna kuning. Jika Anda pernah ke Jepang dan Anda melihat banyak sekali mobil di jalan raya lalu lalang dengan pelat nomor berwarna kuning, yes itulah mobil Kei Car. Oke cukup membahas apa itu Kei Car, sekarang kita set back masuk pokok bahasan utama yaitu Suzuki Wagon R

Tampak Suzuki WagonR generasi ketiga

Suzuki Wagon R generasi ketiga masih terpengaruh desain kotak ala WagonR generasi pertama

Suzuki Wagon R sendiri hadir pertama kali di Jepang pada tahun 1993, bentuknya sangat kotak dan plek keduplek mirip dengan Suzuki Karimum yang dijual di Indonesia pada tahun 1999. Indonesia sendiri ketinggalan 6 tahun, karena di Jepang pada tahun 1999 Suzuki Wagon R sudah generasi kedua. Disinyalir model Suzuki Karimun di Indonesia 'ketinggalan zaman' saat itu disebabkan studi pihak Suzuki Indonesia yang lama dalam menganalisa pasar, dan juga izin dari prinsipal di Jepang, namun pada kenyataannya Suzuki Karimun di Indonesia mendapat sambutan hangat di Indonesia. Maklum saja, Suzuki Karimun atau WagonR gen pertama saat itu merupakan pionir lahirnya city car di Indonesia. Bila di Jepang pakai mesin turbo, maka di Indonesia pakai mesin F10A persis sama dengan Suzuki Carry.

Tampak Suzuki WagonR generasi keempat

Suzuki Wagon R generasi keempat inilah yang masuk ke Indonesia dengan nama Suzuki Karimun WagonR di tahun 2013

Generasi kedua Suzuki Wagon R sendiri lahir tahun 1998, generasi ketiganya menyusul lima tahun kemudian. Untuk generasi kedua dan ketiga sendiri tidak pernah masuk ke Indonesia. Karena Suzuki Karimun di Indonesia bertahan dari mulai tahun 1999 hingga pertengahan tahun 2006. Baru pada tahun 2007 masuk Karimun Estilo dengan mesin 4 silinder 1.100 cc yang basisnya dari Maruti Suzuki India, di Jepang sendiri juga ada bentuk seperti Suzuki Karimun Estilo dengan nama Suzuki MR Wagon. Sayangnya model ini kurang sukses di Indonesia karena bentuknya yang aneh. Maka tak heran Suzuki Karimun lama atau WagonR generasi pertama di Indonesia harga bekasnya bertahan cukup kuat. Di Jepang sendiri Suzuki Wagon R generasi kedua dan ketiga mendapat gempuran dari merek Jepang lainnya.

Gambar menunjukkan tampilan sisi depan mobil Suzuki Wagon R generasi kelima

Suzuki Wagon R generasi kelima tidak begitu banyak mengalami ubahan dari generasi keempat

Suzuki Wagon R generasi keempat sendiri hadir di Indonesia dengan nama Suzuki Karimun Wagon R pada tahun 2013. Kali ini Suzuki Karimun generasi ketiga (di Indonesia) cukup mendapatkan sambutan meriah di Indonesia, karena masuk dalam skema kelas LCGC. Mesin yang diusung juga lebih modern yaitu K10B dengan injeksi elektronik, berbekal bentuk yang seakan mengingatkan dengan generasi pertamanya, Suzuki Karimun Wagon R ramai jadi perbincangan di pasar mobil Indonesia. Fast forward ke tahun 2017, Suzuki Wagon R meluncur di Jepang, kali ini bentuknya sangat funky, dan kami yakin ketika dijual di Indonesia, mobil ini akan laku dan disukai konsumen Indonesia. Nah, bagaimana pendapat kami mengenai Suzuki Wagon R generasi ter-anyar ini? Berikut review Suzuki Wagon R 2017.

Gambar menunjukkan tampilan depan mobil Suzuki Wagon R generasi keenam

Suzuki Wagon R generasi keenam ini sangat funky dan kami yakin akan disukai konsumen Indonesia apabila dijual disini

Eksterior Suzuki Karimun Wagon R 2017

Review Suzuki Wagon R 2017 : Tampilan Depan & Penjelasan Singkat Tiga Tipe Wagon R

Gambar mobil Suzuki Wagon R FX 2017 berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Tampilan Suzuki Wagon R tipe FX 2017 sangat urban

Anda perlu tahu terlebih dahulu, di Jepang ada tiga tipe Suzuki Wagon R yang berbeda, uniknya tidak hanya tipe-nya saja yang berbeda atau cuman berbeda aksesori saja seperti lazimnya mobil yang dijual di Indonesia. Ketiga Suzuki Wagon R 2017 ini selain beda tipe, tampilan depan atau facia-nya berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini dilakukan karena pada kenyataannya mobil dengan jenis Kei Car ini sangat dicintai rakyat Jepang, sehingga untuk meraup pasar sebanyak mungkin, Suzuki Motor Japan Ltd, membuat tiga tipe yang berbeda. Pada intinya dimensi, spesifikasi maupun mesin yang digunakan masih tetap sama dengan yang kami cantumkan pada boks spesifikasi.

Gambar menunjukkan tampilan depan Suzuki Wagon R 2017 berwarna biru

Tampilan depan suzuki Wagon R 2017 tipe FZ ini begitu sporty dan berkarakter urban banget

Tipe yang paling kami suka dari Suzuki Wagon R 2017 ini adalah tipe menengahnya yaitu FZ, dengan desain lampu depan double layer dan lampu high intensity discharge yang ketika menyala pancaran cahayanya berwarna putih terang. Untuk tipe terendah yaitu Suzuki Wagon R FX 2017 masih menggunakan lampu halogen biasa. Sementara untuk tipe paling atas atau top of the line dari Suzuki Wagon R 2017 adalah tipe Stingray. Tipe ini dijual dengan harga lebih mahal dari tipe lainnya. Pun begitu dengan tampilan depannya yang menyiratkan kesan dewasa lagi elegan. Grill dan lampu depan mobil Suzuki Wagon R tipe Stingray ini sama dengan Suzuki Wagon R tipe FX yaitu mengadopsi lampu HID.

Gambar mobil Suzuki Wagon R Stingray 2017 dilihat dari sisi depan sedang berjalan di jalan Indonesia

Suzuki Wagon R 2017 untuk tiper termewahnya diberi nama Stingray

Review Suzuki Wagon R 2017 : Tampilan Samping & Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Suzuki Wagon R 2017 berwarna biru muda

Meskipun 'muka' nya berbeda-beda, namun tampilan samping dan belakangnya Suzuki Wagon R tetap sama

Melongok ke belang, baik Suzuki Wagon R tipe FX, FZ, dan Stingray tidak mengalami perbedaan bentuk bodi. Ketiga tipe mobil ini sudah mengadopsi stoplamp full LED (Light Emitting Diode) Bisa dibilang yang membedakan hanya logonya saja, oh ya, satu yang kami suka dari tampilan samping Suzuki Wagon R 2017 ini adalah desain pilar B-nya yang seolah 'menipu' mata Anda. Kami yakin, jika tidak ada tuas pintu belakang, Anda akan mengira pintu belakang dari Suzuki Wagon R ini menggunakan model sliding door. Secara umum desain tampilan samping serta tampilan belakang dari Suzuki Wagon R 2017 ini sangat keren.

Gambar 3 mobil Suzuki Karimun R 2017 berwarna merah, hitam, hijau dilihat dari sisi depan

Total tiga ada tiga tipe Suzuki Wagon R yang tampilan 'muka'-nya berbeda-beda

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Suzuki Karimun Wagon R 2017

Review Suzuki Wagon R 2017 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Suzuki Wagon R 2017

Layout dasbor mengingatkan kita kepada desain open cafe ala Honda Freed yang masuk Indonesia tahun 2009

Layout dasbor dari Suzuki Wagon R 2017 sangat keren dan funky, sesuai dengan nafas mobil ini yang dibangun merujuk ke keluarga muda di Jepang. Namun, jika dilihat sepintas desain layout dasbor seperti ini mirip dengan kepunyaan Honda Freed yang masuk ke Indonesia pada bulan Maret tahun 2009, hanya bedanya panel instrumen cluster ada di tengah layaknya Toyota Vios tahun 2003-an. Secara umum kami sangat menyukai desain seperti ini, karena dengan desain dasbor open cafe table seperti ini aura luas sangat terpancar dari layout dasbor Suzuki Wagon R 2017 ini. Oh ya, untuk tipe FX, FZ, dan Stingray hanya berbeda warna dasbor saja.

Review Suzuki Wagon R 2017 : Konvigurasi Jok

Gambar menunjukkan Konvigurasi jok Suzuki Wagon R 2017

Empat penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman di kabin Suzuki Wagon R 2017 ini

Keempat penumpang dapat duduk dengan nyaman, berkat kursi yang suportif dan mampu menyangga badan dengan baik. Anda tidak akan merasa kesempitan di mobil Suzuki Wagon R 2017 ini, hal itu disebabkan oleh panjangnya jarak antara kursi. Desain seperti ini sesuai dengan kemauan konsumen di pasar mobil Jepang, yang mendambakan mobil kompak, lincah, namun juga lega pada bagian dalamnya. 

Gambar menunjukkan Akomodasi yang baik di Suzuki Wagon R 2017

Lihat saja infografik dimensi Suzuki Wagon R 2017 ini, sangat lapang bukan mobil ini?

Review Suzuki Wagon R 2017 : Kepraktisan

Gambar menunjukkan tampilan Kepraktisan Suzuki Wagon R 2017

Kedua kursi belakang dapat dilipat 50:50 dan bisa rata lantai

Bisa dibilang, salah satu kunci suksesnya mobil jenis Kei Car di Jepang adalah kabinnya yang serba bisa dan ini jadi poin jualan utamanya. Lihat saja, meski dimensi mobil ini kecil, namun kepraktisan yang diberikan oleh mobil ini luar biasa. Storage atau tempat penyimpanan hampir ada disemua sisi bangku, serta tidak lupa kursi belakang dari Suzuki Wagon R 2017 ini sangat baik kepraktisannya, karena mampu terlipat rata dengan lantai, serta dapat diatur dengan konvigurasi 50:50.

Gambar menunjukkan Bangku belakang Suzuki Wagon R 2017 dapat dilipat rata

Bangku belakang Suzuki Wagon R 2017

Review Suzuki Wagon R 2017 : Kapasitas Bagasi

Gambar menunjukkan Kapasitas Bagasi Suzuki Wagon R 2017

Kapasitas bagasi dari Suzuki Wagon R 2017 bisa dibilang extraordinary

Satu lagi poin jualan dari Suzuki Wagon R 2017 yang aseli Jepang ini adalah kelegaan bagasinya. Meski dimensi mobil ini panjangnya enggak sampai 3,6 meter dan tingginya tidak sampai 1,6 meter namun bagasi dari mobil ini bisa dibilang extraordinary. Dengan mekanisme pelipatan yang memudahkan proses membawa barang bawaan. Lengkapnya, silahkan lihat gambar yang ada.

Gambar menunjukkan seorang pria yang sedang taruh Koper besar kedalam bagasi Suzuki Wagon R 2017

Anda lihat kan? Koper sebesar itu dapat masuk dengan mudah di bagasi Suzuki Wagon R 2017

>>> Baca juga:

Fitur Suzuki Karimun Wagon R 2017

Review Suzuki Wagon R 2017 : Tombol Audio Di Setir

Gambar menunjukkan tombol audio di setir pada Suzuki Wagon R 2017

Tombol pengatur audio di setir sangat memudahkan untuk mengatur volume audio maupun melakukan seek tuner radio

Tombol pengatur audio yang ada di mobil Suzuki Wagon R 2017 ini sangat memudahkan untuk keperluan mengatur volume audio, melakukan seek tuner radio, mengganti track musik, hingga menjawab panggilan telepon. Semua itu dapat dilakukan dari tombol yang terletak pada sebelah kiri palang setir. Satu yang menyenangkan adalah tombol audio disetir Suzuki ini biasanya enak untuk ditekan karena empuk, dan kami rasa pada Suzuki Wagon R 2017 ini bukanlah suatu pengecualian.

Review Suzuki Wagon R 2017 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Ringkasan fitur keselamatan Suzuki Wagon R 2017

Suzuki Wagon R 2017 diberi fitur keamanan segudang bahkan melebihi kelasnya jika dijual di Indonesia

Setidaknya ada 8 fitur keselamatan utama yang ada pada Suzuki Wagon R 2017 ini, mulai dari auto brake system, line keep assist kamera 360 derajat, rear cross traffic alert, adaptive cruise control, sistem pedestrian safety. hingga sistem radar yang dapat menganalisis kendaraan lain dan membuat Suzuki Wagon R 2017 ini hampir mustahil menabrak. Jika Anda masih dapat menabrak dengan mobil se-aman ini, kami rasa Anda harus kembali ke sekolah mengemudi tingkat dasar.

Gambar menunjukkan Fitur keselamatan 1 Suzuki Wagon R 2017

Suzuki Wagon R 2017 dilengkapi dengan 8 fitur keselamatan utama

Gambar menunjukkan radar dan kamera di Suzuki Wagon R 2017

Ini dia kamera canggih yang ada di Suzuki Wagon R 2017

>>> Informasi Lengkap Tentang Transmisi AGS Suzuki

Operasi Suzuki Karimun Wagon R 2017

Gambar menunjukkan seorang laki-laki sedang Mengemudi mobil Suzuki Wagon R 2017 bersama seorang gadis yang cantik di dalam kota dan luar kota

Suzuki Wagon R 2017 menggunakan mesin 650 cc dengan turbocharger, sehingga tetap asyik dikemudikan

Sesuai dengan regulasi Kei Car di Jepang yang mewajibkan mobil yang masuk dikelas ini tidak boleh lebih dari 660 cc dan tenaga maksimum 64 hp, maka mesin dari Suzuki Wagon R 2017 ini pakai generasi terbaru, yaitu R06A yang merupakan mesin lanjutan dari K6A. Mesin ini memiliki karakter overstroke atau langkah yang dilakukan oleh mesin ketika melakukan satu putaran pembakaran itu lebih panjang daripada diameter silinder pistonnya. Mesin ini juga dilengkapi dengan katup variabel, sayangnya untuk versi R06A dengan sistem induksi udara paksa, katup variabelnya hanya di klep masuk saja (intake) saja, sedangkan untuk versi non turbo sudah keduanya (intake dan exhaust).

>>> Teknologi Mobil Berjalan Sendiri Tanpa Kemudi, GM Berjanji Luncurkan Tahun Ini

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Wagon R 2017.

Mesin Suzuki Wagon R 2017

Seri mesin

R06A, Turbocharged

Jumlah Silinder

3 Silinder

Tenaga Maksimum + Motor Listrik

51,2 Hp (52 Ps) @ 6.500 rpm + 1,2 Hp (3,1 Ps) @ 1.000 rpm

Torsi Maksimum + Motor Listrik

60 Nm @ 4.000 rpm + 50 Nm @ 100 rpm

Kapasitas Silinder

658 cc

Bore X Stroke

64,0 mm X 68,2 mm

Tipe Transmisi

CVT, With Paddle shift

Rangka Suzuki Wagon R 2017

Panjang X Lebar X Tinggi

Sesuai dengan regulasi Jepang, tinggi mobil tidak boleh lebih dari 1.550 mm

Jarak Sumbu Roda

N/A

Berat Kotor

790 Kilogram

Kapasitas Tangki

27 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Wagon R 2017

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with Stabiliser

Sistem Kemudi

Electroniic power-assisted rack and pinion

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Disc

Struktur Sasis

Monokok

Bahan Bodi

Galvanis

Ukuran Pelek

15 Inchi

Pelek

Alloy Wheel, PCD 4 X 100

Ukuran Ban

165/55 R15

>>> Klik sini untuk lanjut baca kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki lainnya

Daftar Harga Suzuki Karimun Wagon R 2017

Suzuki Wagon R 2017 tidak dijual di Indonesia, namun prediksi kami harga jualnya jika masuk Indonesia dalam keadaan off-the road adalah Rp 200.000.000. Kalau berikut pajak dan lain sebagainya dapat tembus lebih dari Rp 270.000.000. Dengan mobil semahal itu apa ada yang mau membeli mobil ini di Indonesia? Namun jangan khawatir, Suzuki Karimun WagonR masih dijual dalam keadaan baru di Indonesia. Berikut daftar harga Suzuki Karimun Wagon R terbaru 2019 yang dijual di Indonesia dalam kategori baru.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI KARIMUN WAGON R BARU 2018

Suzuki Karimun Wagon R GA

IDR. 112.500.000

Suzuki Karimun Wagon R BLIND VAN

IDR. 125.000.000

Suzuki Karimun Wagon R GL

IDR. 126.000.000

Suzuki Karimun Wagon R GL AGS

IDR. 135.000.000

Suzuki Karimun Wagon R GS

IDR. 134.500.000

Suzuki Karimun Wagon R GS AGS

IDR. 143.000.000

Suzuki Karimun Wagon R GS AGS Airbag

IDR. 140.000.000

Suzuki Karimun Wagon R GL AGS Airbag

IDR. 132.500.000

*Harga per tanggal 1 Februari 2019

Kesimpulan Suzuki Karimun Wagon R 2017

Gambar seorang yang sedang berdiri di jalan untuk tunggu mobil Suzuki Wagon R 2017 datang untuk jemput

Dengan segala keunggulannya, layakkah Suzuki Wagon R 2017 Anda miliki?

So, is this car for you? Ya! dan rasanya kami tidak perlu memberikan alasan apapun lagi. 

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Resmi Diluncurkan, Ini Dia Bedanya Suzuki Karimun Wagon R Terbaru dengan Versi Lawas

26/01/2019

Mobil baru

Tidak hanya tampilan, tapi fitur dan sektor performa juga ikut mengalami perubahan dar Suzuki Karimun Wagon R versi lama dan versi terbaru yang diluncurkan di India pada awal 2019 ini

Lihat juga

Suzuki Karimun Wagon R: Sejarah Kei Car Andalan Suzuki di Tiga Negara

25/01/2019

Pasar mobil

Suzuki Karimun Wagon R memiliki sejarah yang menarik di Indonesia. Pasalnya, tidak semua generasi mobil ini sempat datang ke Indonesia. Dikenal sebagai salah satu city car legendaris di Indonesia, bagaimana perjalanan mobil mungil khas Suzuki yang sudah memasuki generasi keenam ini?

Lihat juga

Persaingan Segmen LCGC, Karimun Wagon R Tak Ada Sepersepuluhnya Calya

28/12/2018

Pasar mobil

Toyota Calya terlalu tangguh di segmen LCGC mengungguli seluruh pesaingnya. Bahkan Karimun Wagon R yang jadi andalan Suzuki tak mampu melewati penjualannya meski hanya sepersepuluh.

Lihat juga

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R GS 2017

21/03/2018

Editor rate:

Sejak awal kemunculannya Karimun memang menarik perhatian pecinta otomotif melalui desainnya yang mengotak dan berwujud kecil membuat mobil ini tampil beda dengan yang lain. Seiring berjalannya waktu, Karimun mengalami banyak perubahan yang signifikan dari berbagai sektor. Mobil ini kini hadir dalam wujud Karimun Wagon R GS. Mampukah mobil ini mampu mengulang masa jayanya yang dulu pernah direngkuh? Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R GS 2017.

Lihat juga

Harga Suzuki Karimun Wagon R 2017: City Car yang Kembali Hadir dengan Mempertahankan Desain Nyentrik

Rp 115.500.000

25/10/2017

Editor rate:

Suzuki banyak meluncurkan katalog anyar guna menyongsong sales di tahun 2017 ini. Setelah meluncurkan berbagai varian dari segmen MPV, SUV dan sedan, pabrikan asal Jepang tersebut juga merilis mobil Low Cost Green Car anyar dalam wujud Suzuki Karimun Wagon R. Karimun sendiri sejatinya bukan nama baru dalam industri otomotif. Pasalnya mobil ini sudah memulai debutnya sejak tahun 1999 lalu. Ada apa dengan versi terbaru ini? Simaklah tulisan review Suzuki Karimun Wagon R 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Daftar Harga Suzuki Karimun Wagon R & Promo terbaru Oktober 2020

01/10/2020

Suzuki

Mesin yang irit, ruang kabin yang lega dan harga terjangkau sudah menjadi bagian Suzuki Karimun Wagon R. Inilah daftar harga Suzuki Karimun Wagon R bulan ini.

Lihat juga
back to top