Review Suzuki Vitara 2019

24/10/2018

Share this post:

Suzuki Vitara 2019

Editor rate:

Lihat promo

Tahun ini adalah tahun yang penting bagi Suzuki karena menandai 30 tahun papan nama Vitara. Sejalan dengan peringatan tersebut, Suzuki Vitara 2019 mendapatkan sejumlah desain baru, fitur, serta pembaharuan spesifikasi. Perusahaan Jepang tersebut menyebutkan bahwa Vitara 2019 akan menjadi Suzuki yang paling canggih secara teknis hingga saat ini.

Review Suzuki Vitara 2019
Review Suzuki Vitara 2019
0 Gambar

Pengantar Suzuki Vitara 2019

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Vitara 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan luar yang lebih tampan

Lebih aman dengan berbagai sistem keselamatan aktif baru

Menghasilkan buangan lebih bersih

Lebih hemat bahan bakar dan efisien

Kekurangan

Torsi lebih rendah

Belum terlihat peningkatan signifikan pada kenyamanan

Review Suzuki Vitara 2019Suzuki Vitara generasi keempat telah secara resmi menerima facelift pertengahan siklus pertama. Beri salam kepada Vitara 2019 yang lebih berani dan lebih berteknologi tinggi tahun depan. Sekalian untuk memperingati peringatan 30 tahun Vitara, Suzuki telah memberikan revisi desain halus, mesin baru, dan teknologi keamanan standar baru sebagai bagian dari facelift Suzuki Vitara 2019 yang ringan.

Gambar yang menunjukan mobil lawas Suzuki Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara 2.4 yang masih dijual di Indonesia

Suzuki Vitara adalah SUV kompak yang diproduksi oleh Suzuki dalam empat generasi sejak 1988. Model generasi kedua dan ketiga dikenal sebagai Suzuki Grand Vitara. Sedangkan di Jepang dan sejumlah pasar lainnya, semua generasi telah menggunakan nama Suzuki Escudo. Kembara Vitara ini hadir pada tahun 1993 sebagai alternatif karena mobil penggerak 4x4 pada Vitara terasa mahal.

Seri aslinya dirancang untuk mengisi slot di atas Suzuki Jimny, dengan generasi pertama dikenal sebagai Suzuki Sidekick di Amerika Serikat dan Santana 300 di Spanyol. Di Jepang sendiri dijual sebagai Mazda Proceed Levante. Generasi kedua diluncurkan pada tahun 1998 diperbarui dengan generasi ketiga pada tahun 2005. Saat ini, Suzuki Vitara adalah buahan generasi keempat yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 silam.

Gambar yang menunjukan desain mobil baru Suzuki Vitara 2019

Suzuki Vitara 2019 direncanakan untuk diluncurkan tahun depan

Tahun ini, pada kuartal I 2018, Suzuki Grand Vitara hanya terjual 8 unit. Sebuah facelift memang diperlukan untuk menggaet lebih banyak pembeli. Bagaimana perubahannya kali ini? Cintamobil.com akan mengulik review Suzuki Vitara 2019 yang kemungkinan besar akan menghampiri Indonesia tahun depan.

Eksterior Suzuki Vitara 2019

Perubahan paling jelas terlihat pada bagian eksterior Suzuki Vitara 2019. Desain velg baru tersedia, dengan gril depan serta bumper bawah didesain ulang. Mendapatkan tampang lebih sangar dibandingkan versi terdahulunya, facelift ini menegaskan keinginan Suzuki menonjolkan kemampuan sangar Vitara dengan eksterior yang tangguh.

Review Suzuki Vitara 2019​: Eksterior Depan

Gambar yang menunjukan bagian depan Suzuki Vitara 2019

Eksterior depan Suzuki Vitara 2019

Hilang sudah gril V yang melengkung seperti pada Grand Vitara yang tersedia di Indonesia. Diganti dengan enam gril balok, meskipun masih menggunakan desain ‘V’ yang terlihat lebih besar. Bumper bawah juga tampak lebih besar menyaring banyak udara untuk efisiensi tenaga serta tak bisa dipungkiri, eksterior depan Suzuki Vitara 2019 memiliki tampilan depan lebih modern.

Review Suzuki Vitara 2019​: Eksterior Samping

Gambar yang menunjukan bagian samping Suzuki Vitara 2019

Eksterior samping Suzuki Vitara 2019

Eksterior samping Suzuki Vitara 2019 juga mendapatkan perubahan yang membuatnya terlihat lebih modern. Jika sebelumnya bagian sisi dibiarkan tanpa aksen, sekarang mendapatkan side skirt yang senada dengan sisi depan. Garis samping juga diubah, menjadikan aksen yang lebih tegas.

Review Suzuki Vitara 2019​: ​Eksterior Belakang

Gambar yang menunjukan bagian belakang Suzuki Vitara 2019

Eksterior belakang Suzuki Vitara 2019

Jika sebelumnya bagian belakang memiliki lampu lampu belakang yang berjajar dengan lampu sen, eksterior belakang Suzuki Vitara 2019 mengubahnya menjadi desain lebih modern dimana kedua lampu belakang terpisah pintu bagasi dan bagian samping. Not bad, masih menarik dibandingkan versi saat ini.


Interior Suzuki Vitara 2019

Untuk menarik konsumen, ruang interior yang nyaman adalah keharusan, terlebih bagi SUV yang akan dibawa ke berbagai kondisi jalan. Inilah yang dijelaskan oleh interior Suzuki Vitara 2019. Panel instrument bagian atas menggabungkan material sentuhan lembut untuk kualitas tambahan serta kluster instrument memiliki desain baru dengan tampilan informasi pusat berwarna.

Review Suzuki Vitara 2019​: ​Dasbor dan Kemudi

Interior disegarkan dengan aksen perak pada doorpads, konsol tengah dan dasbor.  Namun keterikatan emosional Suzuki pada swith lama yang masih belum hilang dan dibawa ke seluruh model, bahkan lintas benua. Dasbor Suzuki Vitara 2019 tampil lebih simpel dengan berbagai tambahan fitur untuk sistem infotainment.

Gambar yang menunjukan dasbor dan kemudi Suzuki Vitara 2019

Dasbor dan kemudi Suzuki Vitara 2019

Kemudi Suzuki Vitara 2019 masih mengandalkan setir palang tiga andalannya. Masih terlihat nyaman dan khas Vitara. Perbedaannya adalah lebih banyak tombol fitur yang diberikan untuk memudahkan pengaktifan fitur serta berbagai sistem infotainment lain. Dan desain ulang kluster infotainment menampilkan berbagai teknologi baru. Kluster instrument mendapatkan tampilan multi informasi berwarna dan area di atas kluster instrument mendapatkan bantalan lunak.

Review Suzuki Vitara 2019​: ​Kursi

Tidak ada detail penting terhadap perubahan kursi Suzuki Vitara 2019. Namun bisa dipastikan jika Suzuki memberikan kenyamanan kelas atas bagi Vitara. Untuk lebih jelasnya, Cintamobil.com akan memberikan informasi lebih lanjut bagi Anda.

Fitur Suzuki Vitara 2019

Gambar yang menunjukan fitur blind spot Suzuki Vitara 2019

Fitur Blind Spot Monitor pada Suzuki Vitara 2019

Lebih penting lagi, Suzuki menggambarkan Vitara yang diperbaharui ini sebagai “Suzuki yang paling canggih secara teknis hingga saat ini". Mulai dari berbagai fitur infotainment, hingga fitur keselamatan aktif yang membuat facelift Vitara 2019 lebih aman dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Fitur Suzuki Vitara 2019 yang patut dipertimbangkan adalah Blind Spot Monitor yang bisa dilihat pada spion kendaraan.

Review Suzuki Vitara 2019​: ​Fitur keselamatan aktif

Gambar yang menunjukan pengendaraan Suzuki Vitara 2019

Dual Sensor Brake Support meningkatkan pengamanan berkendara Vitara 2019

Fitur paling penting meliputi Dual Sensor Brake Support yang menggantikan Radar Brake Support generasi saat ini. Radar Brake Support hanya bergantung pada radar gelombang millimeter, sedangkan Dual Sensor Brake Support menggunakan keduanya, kamera monocular dan radar laser. Suzuki juga menambahkan deteksi pejalan kaki ke fungsi pengereman untuk mencegah tabrakan. Fitur keselamatan aktif juga termasuk Lane Departure Warning and Prevention, Traffic Sign Recognition, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

Operasi Suzuki Vitara 2019

Pembaruan yang lebih kentara bisa dirasakan pada sistem operasi Suzuki Vitara 2019 yang akan tersedia dengan mesin bensin Boosterjet turbo bermuatan 1.0 liter dan 1.4 liter. Mesin ini telah diperkenalkan dalam model S-Cross spesifikasi internasional akhir tahun lalu dan akan menggantikan mesin bensin 1.6 liter.

Gambar yang menunjukan mesin Suzuki Vitara 2019

Mesin 1.0 liter Boosterjet Suzuki untuk Vitara 2019

Suzuki mengklaim bahwa mesin Boosterjet memberikan daya dan torsi lebih besar, lebih efisien, serta menawarkan emisi yang lebih rendah. Mesin 1.0 liter akan memberikan daya sebesar 108 dk dan mesin 1.4 liter masih digunakan dengan keluaran yang sama, 138 dk dan torsi maksimal 220 Nm. Dalam penghematan bahan bakar, mesin Boosterjet Vitara 1.0 liter dengan transmisi manual diklaim rata-rata 44 mpg dan skala emisi CO2 pada 121g/km.

Spesifikasi Suzuki Vitara 2019

Suzuki memang belum meluncurkan Suzuki Vitara di seluruh dunia, tapi Cintamobil.com menunjukan spesifikasi Suzuki Vitara 2019 yang mungkin akan diluncurkan di Indonesia tahun depan.

Dimensi Suzuki Vitara 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

A/N

Wheelbase

A/N

Mesin Suzuki Vitara 2019

Tipe mesin

1.0 liter dan 1.4 liter Boosterjet

Tenaga maksimum

108 dk dan 138 dk

Torsi maksimum

220 Nm

Transmisi

Otomatis untuk 5 dan 6 percepatan, serta opsi manual tersedia

Kaki-kaki Suzuki Vitara 2019

Suspensi depan/belakang

A/N

Rem

Dual Sensor Brake Support

Velg

17 Inci

Daftar Harga Suzuki Vitara 2019

Bersaing dengan Honda HR-V dan Nissan Juke, di Jerman harga Suzuki Vitara 2019 mulai dari € 18.650 atau setara dengan Rp 334 jutaan. Sedangkan versi saat ini, Suzuki Grand Vitara 2.4 dijual dengan harga Rp 367 juta untuk wilayah Jabodetabek.

>>> Dapatkan harga terbaru mobil Suzuki lainnya hanya di sini

Kesimpulan Suzuki Vitara 2019

Tak seperti di Indonesia, Suzuki Vitara mendapatkan kesuksesan penjualan terbaik Suzuki di Inggris sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dan menjadi model terpopuler Suzuki di Negeri Ratu Elizabeth. Facelift Vitara juga akan menawarkan berbagai pembaruan desain, dua warna baru, serta ketersediaan teknologi baru dan peralatan keamanan canggih untuk meningkatkan penjualan di semua pasar.

Gambar yang menunjukan pengemudian Suzuki Vitara 2019

Suzuki Vitara 2019 mendapatkan tampilan lebih gagah dan tampan

Untuk bersaing dengan SUV baru yang bertebaran di Tanah Air tahun depan, Suzuki Vitara 2019 sepertinya mengandalkan tampilan baru dan mesin yang lebih efisien untuk tenaga yang lebih besar. Jika dibandingkan dengan versi lama, tentu saja Vitara 2019 terlihat lebih baik. Namun jika dibandingkan dengan mobil baru dari merek lain, Vitara masih belum menawarkan kekuatan berarti. Tapi tak ada yang bisa memprediksi permintaan pasar. Masih harus kita tunggu bagaimana Vitara masuk ke Indonesia tahun depan.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top