Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013: Pekerja Yang Canggih

05/03/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,5
Suzuki Carry bisa dibilang adalah salah satu mobil yang punya cerita panjang nan legendaris di Indonesia, bahkan di dunia. Di Jepang sendiri, Suzuki Carry dikenal sebagai "light truck". Lalu bagaimana impresi kami terhadap mobil yang sudah lebih dari 40 tahun masa peredarannya dari generasi pertamannya di 1976? Inilah persembahan dari kami sebuah ulasan Suzuki Super Carry Pick-Up 2018, sang generasi penerus legenda.

PENGANTAR Suzuki Carry Pick Up 2013

Gambar menunjukkan tampilan mobil Suzuki ST10 tahun 1976

Inillah Suzuki Carrie Wide yang jadi pembuka jalan Suzuki Carry kekinian

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 - Suzuki Carry merupakan mobil yang memiliki sejarah panjang, di Indonesia saja, kami dari Cintamobil.com sudah pernah membahas mengenai sejarah Suzuki Carry di Indonesia. Berbeda dengan di negara kita, Suzuki Carry di Jepang masuk dalam skema 'LCGC-nya' negara matahari terbit tersebut. Maksudnya, Suzuki Carry JDM (Japan Domestic Market) ini masuk ke kelas Kei Car atau Kei Jidosha. dimana mobil yang masuk kelas ini mendapat keringanan pajak. Mobil yang masuk dikelas ini, ditandai dengan penggunaan pelat nomor berwarna kuning, dan punya dimensi khusus sesuai dengan peraturan di Jepang.

Gambar menunjukkan Perjalanan Suzuki Carry Pick-Up di Indonesia

Ini adalah sejarah perjalanan Suzuki Carry di Indonesia, tanpa menyertakan Suzuki Every alias Suzuki Carry JDM

Suzuki Carry di Jepang sendiri punya sejarah yang panjang sekali. Berkembangnya model light truck ini berawal dari mobil bernama Suzaraito Carrie FB pada tahun 1961. Mobil ini memiliki format mesin depan dengan kapasitas silinder 359 cc, 2 silinder, 2 tak serta dibangun dari basis salah satu mobil terlaris Suzuki pada saat itu, yakni Suzaraito TL 1959. Saat itu rakyat Jepang sangat menyukai mobil ini. Sepanjang jalan perkembangannya Suzaraito Carrie FB menjelma menjadi Suzuki Carrie Wide di tahun 1976. Mobil inilah yang menjadi cikal bakal, Suzuki Carry modern nan kekinian hingga hari ini.

Gambar menunjukkan mobil Suzuraito Carrie FB 1961

Tebak ini mobil apa? Ini adalah sebuah mobil Suzaraito Carrie FB yang dibuat pada tahun 1961

Oke, cukup sudah membahas sejarahnya, mari kita fast forward ke tahun 2013, dimana mobil Suzuki Carry dan Suzuki Super Carry mengalami ubahan major change seperti yang akan kita bahas tuntas kali ini. Hampir 14 tahun kebelakang, atau tahun 1999 nyaris tidak ada improvement berarti pada light truck ini. Suzuki Carry yang merupakan lawan tangguh dari Daihatsu Hijet ini, mendapat ubahan besar lima tahun yang lalu, baik sisi desain tampilan luar serta interior, dari sisi teknis, maupun penambahan varian. Suzuki Carry pick-up sejak 2013 punya dua varian, yaitu Suzuki Carry dan Suzuki Super Carry. 

Gamabr menujukkan tampilan seorang pria sedang membawa barang dan taruh di bak mobil Suzuki Carry Pick-Up 2013

Suzuki Carry mengalami ubahan total di tahun 2013, namun tetap tidak mengubah 'khitah'-nya sebagai light truck sejati

Suzuki Super Carry yang akan kami ulas ini memang ditujukkan untuk konsumen yang mengharapkan sesuatu yang lebih dari Suzuki Carry. Dengan adanya penambahan panjang kabin, serta fitur yang lebih banyak, membuat Suzuki Super Carry ini layak untuk menjadi pilihan light pick up truck kaum urban masyarakat Jepang. Model Suzuki Super Carry yang kami ulas ini masih sama dengan yang keluar tahun 2013, hanya pada tahun 2015 ada sedikit penambahan fitur pemanja untuk pengemudi. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai Suzuki Super Carry 2013

Gambar menunjukkan seorang pria sedang angkat barang dan taruh di bak mobil Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Suzuki Super Carry memiliki kabin sedikit lebih panjang dari Suzuki Carry 'biasa'

EKSTERIOR Suzuki Carry Pick Up 2013

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 : Tampilan Depan

Gambar empat orang sedang berfoto di samping mobil Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Tampilan depan Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini sangat menarik

Tampilan depan Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini unik dan tidak biasa, Anda dapat melihat sendiri bentuknya, kecil, imut, lucu dan menggemaskan. Lampu depan dari Suzuki Super Carry-Pick Up 2013 ini telah menganut bohlam bertipe HID (High Intensity Discharge), juga truk kecil ini sudah dilengkapi dengan sensor parkir depan. Suatu fitur yang tidak akan Anda temui di pick up manapun yang dijual di Indonesia.

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 : Tampilan Samping

Gambar seorang sedang berdiri di samping mobil Super Carry Pick Up Diesel 2013

Kabin ekstra pada Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini membuatnya tampil beda jika dilihat dari samping

Meski spion dari mobil Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini masih menggunakan model teplek konvensional dan tidak dilengkapi dengan fitur electric mirror, namun secara keseluruhan, tampilan samping dari mobil ini terlihat proporsional, karena panjang bak dengan kabin mirip. Kami yakin, jika dijual di Indonesia dan ada yang membeli, Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini akan tampil nyentrik dijalan.

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan seorang sedang ambil barang dari mobil Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Meski ditujukkan sebagai mobil pekerja, namun Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini juga mampu tampil gaya

Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini di Jepang sana memang ditujukkan sebagai mobil pekerja, namun demikian bukan berarti mobil ini enggak mampu tampil gaya. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan membuat mobil ini akan jadi salah satu eye catcher di jalan raya. Sayangnya, PT Suzuki Indomobil Sales tidak memasukkan varian ini ke Indonesia, disinyalir selain faktor harga jual, juga karena adanya perbedaan karakter pasar mobil Indonesia terhadap mobil niaga.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Suzuki Carry Pick Up 2013

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan tampilan Layout dasbor mobil Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Layout dasbor pada Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini sangat fungsional

Layout dasbor yang terpasang di Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini sangat fungsional dan juga sarat fitur yang tidak akan Anda temukan pada mobil pekerja manapun yang dijual di Indonesia. Lihat saja mulai dari panel pintunya sudah dilengkapi dengan sakelar power window, juga tersedia AC dengan pengaturan lengkap, serta banyak sekali tempat penyimpanan yang tersedia.

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 : Posisi Duduk

Gambar seorang sedang duduk di dalam ruang kabin mobil Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Tidak seperti mobil berjenis pick up kebanyakan, posisi duduk di Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini sangat enjoy nan nyaman

Posisi duduk pada mobil Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini sangat enjoy nan nyaman, lagi-lagi kami harus bilang tidak seperti mobil pick up kebanyakan yang dijual di Indonesia. Kabin yang lebih panjang dari varian Carry biasa membuat kursi pengemudi dan penumpang dapat direbahkan sebanyak 40 derajat untuk jok penegmudi, dan 24 derajat untuk jok penumpang. Tentunya, ini memberikan pengaturan yang lebih leluasa bagi pengguna mobil ini.

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 : Ruang Kabin Ekstra

Tampak Ruang penyimpanan ekstra Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Ekstra kabin di Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini memberikan kepraktisan ekstra

Manfaat lain dari adanya kabin ekstra pada Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini adalah memberikan kepraktisan ekstra, Anda dapat meletakkan berbagai macam barang bawaan dengan ukuran ringkas di belakang jok pengemudi maupun penumpang. Hal ini dapat membantu bagi Anda pengguna mobil ini yang sering membawa banyak barang bawaan.

Ruang ekstra di kabin Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Membawa barang menjadi lebih mudah didalam kabin Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini

>>> Baca juga:

FITUR Suzuki Carry Pick Up 2013

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Dual Airbag pada Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Fitur keselamatan mobil ini bukan kaleng-kaleng alias sangat mumpuni

Meski masuk kelas mobil niaga atau light pick up truck, namun Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini memiliki fitur keselamatan yang bikan kaleng-kaleng alias sangat mumpuni. Sebut saja fitur yang biasa ada di mobil kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) seperti dual SRS Airbag, sensor parkir, ABS, EBD, bahkan Hill Start Assist sudah tersedia di mobil niaga ini, luar biasa bukan?

High Tensille Steel pada rangka Suzuki Super Carry Pick-Up 2018

Sensor parkir Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Sensor parkir di sebuah mobil pick up? Kenapa tidak?

Review Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 : Ukuran Dek

Ukuran dek Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Beginilah spesifikasi dek angkut Suzuki Super Carry Pick Up 2013

Meski dilihat dari tampilan sampingnya mobil ini dek angkutnya lebih pendek dari varian Suzuki Carry 'biasa', namun jika Anda lihat spesifikasinya secara seksama, panjang dek kedua mobil ini sama. Hal ini dapat terjadi lantaran pada bagian bawah kabin Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini diberi celah agar barang dengan panjang lebih dari 1 meter dapat diselipkan masuk kebawah extra cabin-nya. Sebuah langkah sederhana namun cerdas.

Dek Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Dengan adanya celah tersebut akan semakin mudah memasukkan berbagai jenis barang panjang ke dek angkut mobil ini

>>> Segmen Pick Up Yang Tak Boleh Diremehkan

OPERASI Suzuki Carry Pick Up 2013

Manuver Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Radius putar kecil, ditambah mesin bertenaga membuat mobil ini menyenangkan diajak commuter city

Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini ditenagai oleh mesin R06A sama persis dengan yang digunakan oleh Suzuki WagonR yang sudah kami bahas secara tuntas dan lengkap. Yang jelas, untuk Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini final gear-nya disesuaikan ulang dan ditambah dengan kopel set untuk menyalurkan tenaga mesin 48,5 Hp atau 50 Ps-nya ke dua roda belakang. Kami belum bisa berbicara banyak mengenai mobil ini karena belum mencobanya langsung dijalan. 

Tuas transmisi otomatis Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Demi kenyamanan pengemudi, mesin tersebut dapat dikawinkan ketiga transmisi yang berbeda, pilihannya ada di boks spesifikasi ya!

>>> Surganya Pick Up Berukuran Besar, dari yang Terburuk dan Terbaik di Pasar Amerika Utara

spesifikasi Suzuki Carry Pick Up 2013

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Super Carry Pick-Up 2013.

Mesin Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Seri mesin

R06A, Variable Valve Timing, Non Turbocharged

Jumlah Silinder

3 Silinder

Tenaga Maksimum

48,5 Hp (50 Ps) @ 6.500 rpm

Torsi Maksimum

63 Nm @ 3.500 rpm

Kapasitas Silinder

658 cc

Bore X Stroke

64,0 mm X 68,2 mm

Tipe Transmisi

AMT 5 Percepatan, Otomatis 3 Percepatan, atau Manual 5 Percepatan

Rangka Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Panjang X Lebar X Tinggi

Sesuai dengan regulasi Jepang, tinggi mobil tidak boleh lebih dari 1.550 mm

Jarak Sumbu Roda

N/A

Berat Kotor

740 Kilogram

Kapasitas Tangki

34 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Suspensi Depan & Belakang

MacPhersons Strut & Leaf Spring with Torsion Beam

Sistem Kemudi

Electrionic power-assisted rack and pinion

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum, with ABS, EBD, Brake Hold

Struktur Sasis

N/A

Struktur Bodi

Galvanis

Pelek

Steel, Ring 12 Inch

PCD Pelek

4 X 100

Jenis dan Ukuran Ban

Radial, 145/80 R12

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil pick up lainnya di sini

kelebihan & kekurangan Suzuki Carry Pick Up 2013

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Kabin sangat praktis

Tidak dijual di Indonesia

Fitur keselamatannya lengkap

Mesin kalah tenaga dari Daihatsu Hijet

Daya angkutnya patut diacungi jempol

Jika masuk Indonesia pasti harganya sangat mahal

daftar harga Suzuki Carry Pick Up 2013

Suzuki Super Carry Pick-Up 2013 yang diulas ini tidak dijual di Indonesia, namun berikut daftar harga Suzuki Carry Pick Up terbaru 2013 dari segala tipenya.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI CARRY PICK UP BARU

Suzuki Carry Pick Up Wide Deck Non Torii

Rp. 134.000.000

Suzuki Carry Pick Up Wide Deck With Torii

Rp. 134.000.000

Suzuki Carry Pick Up CH

Rp. 96.500.000

Suzuki Carry Pick Up Flat Deck Non Torii

Rp. 133.000.000

Suzuki Carry Pick Up Flat Deck CH Non Torii

Rp. 96.500.000

Suzuki Carry Pick Up Flat Deck With Torii

Rp. 133.000.000

*Harga Per Tanggal 1 Februari 2019

Video Suzuki Carry Pick Up 2013

KESIMPULAN Suzuki Carry Pick Up 2013

Kesimpulan ulasan Suzuki Super Carry Pick-Up 2013

Lantas, dengan segala kelebihannya layakkah ia untuk dimiliki?

So, is this car for you? Sayang sekali mobil imut ini tidak dijual di Indonesia, padahal jika dijual kami sangat menyarankan Anda untuk membeli mobil ini, selain tampil gaya karena berbeda dijalan dengan mobil pick up pada umumnya, juga ada nilai heritage tersendiri mengendarai mobil ini dijalan.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

  • Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

    Setelah beberapa waktu lalu kami mengulas mengenai Toyota Hilux Invincible 50 2018, kini saatnya kami mengulas Toyota Hilux Black Rally ...

  • Review Mitsubishi Triton 2019

    Mitsubishi Triton generasi terbaru baru saja diluncurkan di Bangkok, Thailand. Segala halnya dibuat mempesona mulai dari performa, interior ...

  • Review Isuzu D-Max 2019

    Pertemuan antara konsep modern dengan Hi-Lander berpintu empat, itulah Isuzu D-Max 2019. Kapabilitas Off-Road dengan keanggunan kendaraan ...

  • Review Nissan Titan XD Pro 4X 2019

    Selain Navara, Nissan juga memiliki produk unggulan barkategori Pick-Up Truck yakni Nissan Titan XD Pro 4X 2019. Kemampuannya melibas medan ...

  • Review DFSK Supercab Diesel 2017

    Nama Dongfeng Sokon atau DFSK mungkin masih terasa asing bagi pasar otomotif Indonesia, tetapi mereka sebenarnya sudah hadir di Indonesia ...

Cari review mobil