Review Suzuki New Baleno 2019

01/02/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,0
Mungkin banyak dari Anda pembaca setia artikel ulasan kendaraan baru mengenai New Baleno. Mengapa Suzuki New Baleno 2019 ini menjadi ber-format hatchback. Padahal dahulu kala Suzuki Baleno sangat identik dengan sedan kecil yang sempat menjadi primadona kawula muda maupun eksekutif muda. Penasaran mengapa demikian? Ikuti terus ulasan kami mengenai New Suzuki New Baleno 2019.

PENGANTAR Suzuki Baleno 2019

Review Suzuki New Baleno 2019Bagi anda yang sempat hidup di medio 1996-an akhir dan pemerhati otomotif, hampir pasti mengenal mobil small sedan andalan pabrikan berlogo S saat itu, yaitu Suzuki Baleno sebagai pengganti Suzuki Esteem yang out of date. Kehadirannya bisa dibilang cukup diterima pasar pada masa itu, bentuknya kompak, mesinnya reliable, dipadu dengan konsumsi bahan bakar yang juga reasonable.

Gambar mobil Suzuki Baleno berwarna merah Generasi Pertama

Ini dia bentuk Suzuki Baleno generasi pertama

Sayangnya saat memasuki awal tahun 2000an. Pasar di Indonesia mulai bergeser, dengan banyaknya varian mobil berjenis MPV membanjiri pasar mobil di Indonesia. Mulai dari KIA Carens, KIA Carnival, Toyota Kijang Krista, serta Hyundai Trajet. Yang tentunya lebih sesuai dengan tipikal masyarakat Indonesia yang suka dengan mobil muat banyak penumpang.

Gambar mobil Suzuki Baleno berwarna biru facelift tahun 2000

Ini adalah Suzuki Baleno yang mengalami facelift di tahun 2000

Bisa jadi kondisi inilah yang membuat PT. Suzuki Indomobil Sales tidak meneruskan penjualan sedan. Terbukti generasi sedan paling akhir yang dijual oleh Suzuki adalah Neo Baleno pada tahun 2008 yang mana mobil tersebut merupakan platform sharing dengan Suzuki SX4 Crossover yang saat itu sukses menyita perhatian publik di tahun kehadirannya pada 2007 silam. Padahal Suzuki Baleno itu bukan mobil yang jelek.

Gambar mobil Suzuki New Baleno Generasi Kedua berwarna silver

Suzuki Baleno generasi kedua lebih membengkak dari generasi pertama

Buktinya di salah satu acara TV Show kenamaan Top Gear, para tamu acara tersebut pasti diminta menggeber sebuah Suzuki Liana yang mana berbasis sama dengan Suzuki Baleno saat hot laps. But wait… kami dari Cintamobil.com sadar kok, di pembahasan kali ini kita akan berbicara banyak tentang Suzuki New Baleno 2019 yang sudah berubah model menjadi hatchback sejak 2017. Bukan sedang membahas Suzuki Ciaz yang kini seolah menjadi penerus Baleno sedan apalagi Suzuki Liana. Namun rasanya enggak afdol, enggak memberi tahu Anda mengenai sedan yang pernah dijual Suzuki.

Suzuki Baleno Generasi Kedua Facelift berwarna silver dilihat dari sisi depan

Desain Suzuki Baleno generasi kedua

Dan akhirnya dengan gagah berani pada tahun 2017 bisa dibilang Suzuki melakukan comeback dengan menjual Suzuki model hatchback setelah terakhir menjual Suzuki Swift di tahun 2005. Bisa dibilang kelas hatchback ini telah cukup lama Suzuki belum memasukkan model terkininya. Memang, Suzuki Baleno belum melakukan facelift kembali sejak 2017, namun tentunya tidak ada salahnya apabila kami melakukan ulasan terhadap New Suzuki Baleno 2019. Berikut ini ulasan lengkap dari tim Cintamobil.com terhadap New Suzuki Baleno 2019 yang baru saja launching di India.

Tampak Suzuki New Baleno 2008 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Suzuki New Baleno hadir di 2008 berbagi basis dengan Suzuki SX4 X-Over

Gambar mobil Suzuki New Baleno Hatchback 2017 berwarna merah dilihat dari sisi depan
Suzuki New Baleno 2017 muncul dengan model hatchback

Gambar mobil Suzuki New Baleno 2019 berwarna biru yang baru launch di India

New Suzuki Baleno 2019 yang baru saja launching di India akan kita bahas lengkap disini

EKSTERIOR Suzuki Baleno 2019

Review Suzuki New Baleno 2019 : Tampilan Depan

Gambar mobil New Suzuki Beleno 2019 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Desain bumper depan New Suzuki Baleno 2019 lebih agresif dari model sebelum facelift

Ubahan paling besar yang ada pada New Suzuki Baleno 2019 ini ada pada bumper depannya yang kini tampil lebih agresif dan menarik. Guratan garisnya semakin tegas yang mencerminkan kesan sporti pada New Suzuki Baleno 2019 ini, ditambah lagi desain rumah foglamp anyar yang membuat tampilannya keren abis. Lampu depannya kini juga dilengkapi dengan DRL (Daytime Running Light).

Review Suzuki New Baleno 2019 : Tampilan Samping

Gambar mobil New Suzuki Baleno 2019 berwarna biru dilihat dari sisi samping

Tampilan samping dari New Suzuki Baleno 2019 ini didominasi dengan tampilan pelek anyar

Tampilan samping dari New Suzuki Baleno 2019 didominasi dengan tampilan model baru dari pelek mobil ini. Kini desain peleknya lebih terlihat segar dengan desain spoke yang lebih presisi serta tetap mengadopsi model two tone color. Jujur, kami lebih menyukai desain peleknya kini, walau rancangannya tidak ada yang dibuat khusus guna mendapatkan efek aerodinamika yang lebih baik.

Review Suzuki New Baleno 2019 : Tampilan Belakang

Gambar mobil New Suzuki Baleno 2019 berwarna biru dilihat dari sisi belakang

Tampilan belakang dari New Suzuki Baleno 2019 ini kini lebih menarik berkat desain lampu anyar

Satu hal lagi yang menyenangkan dari tampilan belakang mobil New Suzuki Baleno 2019 adalah desain lampu anyarnya. Kini di model facelift alias penyegaran ini, New Suzuki Baleno 2019 menggunakan rear combination lamp with LED yang desainnya cantik ketika dilihat dimalam hari, serta terang namun juga tetap hemat daya. Sangat pas dengan karakter sporti New Suzuki Baleno 2019 ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Suzuki Baleno 2019

Review Suzuki New Baleno 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor New Suzuki Baleno 2019

Secara umum layout dasbornya terasa menyenangkan dan cukup solid

Secara umum tampilan dasbor dari mobil New Suzuki Baleno 2019 ini terasa menyenangkan desainnya serta cukup solid seperti khasnya mobil-mobil keluaran Suzuki. Tata letak tombolnya cukup egronomis dan mudah dijangkau oleh tangan pengemudi maupun penumpang depan. Serta, satu hal yang kami suka dari setiap dasbor mobil keluaran Suzuki adalah kualitas dasbornya yang baik dan tidak menimbulkan bunyi yang aneh-aneh ketika digunakan dalam waktu lama.

Review Suzuki New Baleno 2019 : Bagasi

Gambar ruang Bagasi New Suzuki Baleno 2019 dengan 3 koper di dalamnya

New Suzuki Baleno 2019 ini juga sangat cocok untuk keluarga muda, karena bagasinya cukup luas

Bagi Anda seorang suami yang sedang memimpin sebuah keluarga muda dan mencari sebuah kendaraan keluarga, maka New Suzuki Baleno 2019 ini adalah mobil yang tepat untuk Anda. Karena New Suzuki Baleno 2019 ini memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas. Jika Anda membawa tas perlengkapan bayi, stroller, serta barang lainnya, Anda tidak akan kesulitan dalam mengatur barang tersebut oleh karena bagasi New Suzuki Beleno 2019 ini cukup luas.

Review Suzuki New Baleno 2019 : Konvigurasi Jok

Gambar menunjukkan Konvigurasi Jok New Suzuki Baleno 2019

Kelima penumpang dapat duduk dengan nyaman didalam kabin New Suzuki Baleno 2019

Tidak seperti hatchback lainnya yang pernah dijual oleh Suzuki di Indonesia, kini kelima penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman didalam kabin New Suzuki Baleno 2019. Namun yang patut disayangkan adalah hanya empat buah seatbelt alias sabuk pengaman yang proper terdapat diidalam mobil ini. Karena penumpang yang duduk di bangku belakang berposisi di tengah hanya mendapatkan seatbelt 2 titik saja.

>>> Baca juga:

FITUR Suzuki Baleno 2019

Review Suzuki New Baleno 2019 : Tombol Audio Di Setir

Gambar menunjukkan tombol audio di setir New Suzuki Baleno 2019

Di New Suzuki Baleno 2019 Anda tak perlu lepas kemudi Anda ketika ingin mengatur audio atau menjawab panggilan telepon

Berbicara soal fitur, ada satu hal menarik yang akan Anda temukan dibalik kemudi New Suzuki Baleno 2019 ini, karena di mobil yang perakitannya di India dan bekerja sama dengan Maruti ini, Anda tidak perlu melepaskan tangan dari kemudi ketika hendak mengatur audio atau sekadar menjawab panggilan telepon. Karena sudah tersedia tombol fisik di kemudi mobil ini, serta tombol untuk menjawab panggilan telepon.

Review Suzuki New Baleno 2019 : Push Start Button

Gambar menunjukkan fitur  Push Start Button New Suzuki Baleno 2019

Tombol push start stop di New Suzuki Baleno 2019 ini akan mempermudah hidup Anda

Hidup Anda mungkin sudah berat karena banyak hal yang harus dipikirkan, maka Suzuki sudah memikirkannya untuk meringankan beban hidup Anda meski hanya sedikit. Salah satunya adalah pada New Suzuki Baleno 2019 ini terdapat tombol start stop button di New Suzuki Baleno 2019 untuk semakin memudahkan hidup Anda. Asyiknya tombol start stop pada mobil ini juga terkoneksi dengan keyless entry, sehingga Anda tinggal hanya mengantungi saja kuncinya.

Review Suzuki New Baleno 2019 : AC Climate Control Automatic

Gambar AC Automatic Climate Control New Suzuki Baleno 2019

New Suzuki Baleno 2019 ini juga dilengkapi dengan fitur automatic ac climate control

Mobil New Suzuki Baleno 2019 ini juga dilengkapi dengan fitur automatic climate control air conditioner. Anda dapat dengan bebas mengatur seberapa tinggi atau rendah suhu kabin di mobil ini dengan sentuhan ringan jari Anda. Sebuah fitur yang sederhana dan bukan merupakan fitur baru namun sangat berguna dan membantu.

>>> Berbahaya! Berikut Cara Menghadapi Pengemudi Lawan Arus

OPERASI Suzuki Baleno 2019

Tampak Mesin DDiS 190 Diesel Mesin New Suzuki Beleno 2019

Kami sangat merekomendasikan Anda memilih varian bermesin diesel jika New Suzuki Baleno 2019 ini sudah dijual di Indonesia

Di negara asalnya yaitu India, New Suzuki Beleno 2019 ini dilengkapi dengan dua buah varian mesin yaitu mesin 1200 cc bensin yang dikawinkan dengan dua buah pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan atau CVT, serta satu buah pilihan varian New Suzuki Baleno 2019 dengan mesin diesel 1300 cc yang berpasangan dengan transmisi manual 5 percepatan. Walau hanya tersedia dalam format transmisi manual, namun kami lebih menyarankan untuk Anda memilih varian bermesin diesel jikalau mobil ini sudah dijual di Indonesia. Karena torsi yang dihasilkan lebih baik sehingga akan lebih menyenangkan dijalan serta pastinya jauh lebih hemat. Mengapa transmisi otomatis tidak tersedia untuk mesin diesel berkapasitas kecil? Hal itu disebabkan karena belum ada vendor transmisi otomatis macam ZF, Aisin Warner, bahkan sekelas vendor transmisi balap macam Xtrac, Sadev, hingga Ricardo yang mampu menciptakan material transmisi otomatis dengan bahan ekstra kuat namun dijual dengan harga yang murah. Coba Anda tengok mesin diesel dengan kapasitas mesin kecil yang pernah dijual di Indonesia macam Renault Duster, Hyundai i20 Diesel, bahkan sampai Suzuki Ertiga Diesel yang pernah sebentar dijual di Indonesia tidak ada yang dilengkapi dengan transmisi otomatis.

>>> Penelitian: Meskipun Membantu, 97% Fitur Keyless Entry Rentan Diretas

spesifikasi Suzuki Baleno 2019

Berikut ini adalah spesifikasi New Suzuki Baleno 2019.

Mesin New Suzuki Baleno 2019

Seri mesin

DDiS-190 Diesel Engine, DOHC

Bahan Bakar

Diesel

Tenaga Maksimum

74 hp @ 4.000 rpm

Torsi Maksimum

190 Nm @ 2.000 rpm

Kapasitas Silinder

1.248 cc

Bore X Stroke

69.6 mm X 82 mm

Tipe Transmisi

Manual 5 Percepatan

Rangka New Suzuki Baleno 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

3.995 mm X 1.745 mm X 1.510 mm

Jarak Sumbu Roda

2.520 mm

Bobot Kendaraan

985 Kilogram

Radius Putar Minimum

4,9 Meter

Kapasitas Tangki

37 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki New Suzuki Baleno 2019

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Power Steering

Rack & Pinion Electronic Power Steering

kelebihan & kekurangan Suzuki Baleno 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan New Suzuki Baleno 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan New Suzuki Baleno 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin Bertenaga

Tidak Dijual Di Indonesia

Fitur Lebih Lengkap

Membutuhkan Solar Rendah Sulfur

Pelek Lebih Bagus Dari Versi Indonesia

Bentuk Masih Sama Dengan Model Lama

daftar harga Suzuki Baleno 2019

Di Indonesia sendiri, Suzuki Baleno dirilis ke dalam satu varian saja yakni Suzuki Baleno GL. Adapun mobil ini juga dikemas dengan dua pilihan transmisi yakni 5 tingkat percepatan manual dan 4 tingkat percepatan otomatis. Sementara itu, sebagai mobil Hatchback, mobil ini tergolong cukup bertenaga mengingat mesinnya berkapasitas 1.373 cc yang mampu meraih daya maksimum sebesar 6.000 Rpm. Nah, supaya tidak berlama-lama lagi, berikut Cintamobil.com melampirkan daftar harga Suzuki Baleno terbaru 2019 dalam semua tipenya baik dalam kategori baru maupun bekas.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI BALENO BARU

HARGA SUZUKI BALENO BEKAS

Suzuki Baleno GL A/T

IDR. 220.000.000

IDR. 185.000.000

Suzuki Baleno GL M/T

IDR. 281.500.000

IDR. 178.000.000

 

Video Suzuki Baleno 2019

KESIMPULAN Suzuki Baleno 2019

Gambar menunjukkan mobil Suzuki  New Baleno 2019 berwarna biru dilihat dari sisi depan

New Suzuki Baleno 2019 dengan mesin diesel DDiS 190 adalah mobil yang kami sangat rekomendasikan untuk Anda

So, is this car for you? Kami sangat merekomendasikan Anda jika Anda tertarik dengan New Suzuki Baleno 2019 ini adalah varian dengan mesin diesel DDiS 190 karena sangat bertorsi dan akan irit bahan bakar ketika digunakan di jalanan perkotaan yang padat.

>>> Jangan lupa klik sini utnuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil