Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

17/04/2019

Share this post:

Suzuki Karimun Wagon R 2017

Editor rate:

Lihat promo

Suzuki Karimun adalah salah satu pionir mobil perkotaan alias city car di Indonesia. PT Indomobil Suzuki selaku APM sebelum PT Suzuki Indomobil Sales memasukkan varian ini ke Indonesia pada tahun 1999, dan langsung mendapat sambutan luar biasa. Lantas bagaimana impresi kami mengenai facelift terakhir dari Suzuki Karimun Wagon R 2017? Simak ulasan kami hingga tuntas.

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017
Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017
0 Gambar

Pengantar Suzuki Karimun Wagon R 2017

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Irit, Lincah

Performa Baik

Durabilitas Suzuki Telah Teruji

Kekurangan

Tidak ada ABS, EBD, apalagi BA

Tidak ada wiper belakang

Model sudah mulai uzur

Gambar menunjukkan Tampak Suzuki Karimun GX 2005 SL410R

Suzuki Karimun kotak generasi pertama ini semakin diburu pada pasar mobil bekas, akankah Wagon R bernasib sama?

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 - Bicara Suzuki Karimun seolah enggak ada habisnya, mobil yang pertama kali diperkenalkan di bumi pertiwi Indonesia pada tahun 1999 ini punya sejarah panjang di dunia permobilan, tidak hanya di negeri kita saja namun juga di dunia. Sayang sekali, varian Suzuki Karimun yang masuk je Indonesia saat itu sudah ketinggalan satu generasi. Tahun 1999 di Jepang sana, Suzuki Wagon R (Karimun-nya Jepang, red) sudah masuk gen-2. Hal ini disinyalir karena disebabkan studi pihak Suzuki Indonesia yang lama dalam menganalisa pasar mobil di Indonesia, selain itu juga untuk mendapatkan izin dari prinsipal di Jepang  tidak mudah, namun pada kenyataannya Suzuki Karimun generasi pertama di Indonesia mendapat sambutan hangat di pasar mobil Indonesia.

Gambar mobil Suzuki Karimun Wagon R 1.1 2007 berwarna ungu dilihat dari sisi depan

Inilah Suzuki Karimun Estilo 2007, ia dirakit di India serta didaulat sebagi generasi penerus dari gen Karimun kotak

Meski saat itu publik masih skeptis, apa iya mobil dengan desain kotak dan bentuknya jauh dari aerodinamis ini dapat diterima dengan baik di pasar? Tapi kenyataan berkata lain, Suzuki Karimun diterima dengan sangat baik di pasar mobil Indonesia. Hal ini disebabkan lantaran mesin F10A yang bandel dikombinasi power steering elektrik serta bentuk boxy Karimun gen-1 membuat ruang kabin lega dan menyenangkan saat dinaiki. Cerita sukses ini bertahan selama 9 tahun lamanya sebelum pihak Suzuki menelurkan Suzuki Karimun Estilo di 2007 yang berbasis pembuatan di India. Banyak suara kekecewaan terhadap mobil ini, lantaran meski mesinnya lebih besar 100 cc, namun bentuknya yang aneh serta kualitas buatannya dinilai jauh berkurang dari Karimun generasi pertama.

Gambar mobil Suzuki Karimun Estilo facelift 2011 berwarna abu-abu

Suzuki Karimun Estilo mengalami penyegaran pada tahun 2011 namun tetap saja Karimun kehilangan cita rasa awalnya

Anehnya meski banyak menuai kritik oleh pecinta Suzuki Karimun, namun Suzuki tetap meneruskan Karimun gen Estilo ini hingga tahun 2012, setelah sebelumnya mendapatkan penyegaran di tahun 2011. Suzuki Karimun mendapatkan mesin anyar K10B 3 silinder 998 cc. Mesin potensial ini masih digunakan hingga Suzuki Karimun Wagon R 2017 yang kali ini kita akan bahas. Akhirnya Suzuki Karimun berubah total pada tahun 2013, PT Suzuki Indomobil Sales menambahkan nama belakang Wagon R, namun jangan salah, meski nama yang diusung sama dengan nama di Jepang-nya, tapi mobil ini masih berbasis rakit di India. Nama Wagon disarikan bentuk mobil ini menyerupai wagon (mengkotak) serta huruf R diambil dari makna Rekreasi. 

Gambar menunjukkan mobil Suzuki Karimun Wagon R 2013 berwarna hijau dilihat dari sisi depan

Bentuk Suzuki Karimun Wagon R yang lahir di Indonesia tahun 2013 seakan jadi pengobat rindu pecinta Karimun generasi pertama

Kembalinya bentuk mengkotak yang seakan telah menjadi icon Suzuki Karimun sontak mendapatkan pujian serta decak kagum dari para penggemarnya. Prestasi yang ditorehkan oleh Suzuki Karimun Wagon R model ini pun tak main-main, ia langsung menyabet beberapa penghargaan bergengsi dari media di Indonesia. Mobil Suzuki Karimun Wagon R ini masuk dalam skema baru pemerintah Indonesia mengenai mobil murah, yakni LCGC yang merupakan akronim dari Low Cost Green Car. Suzuki lantas membuat strategi untuk Suzuki Wagon R tersebut mengikuti lima elemen kebijakan LGCC yang dijuluki "S.U.P.E.R.", sebuah akronim untuk "Spacious, Useful, Practical, Efficient, and Reasonable" (Lega, Bermanfaat, Praktis, Irit, dan Layak). Inilah pendapat kami mengenai Suzuki Wagon R facelift 2017

Gambar mobil  Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Inilah Suzuki Karimun Wagon R yang mengalami penyegaran tahun 2017 dan masih dijual hingga hari ini

Eksterior Suzuki Karimun Wagon R 2017

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 : Tampilan Depan

Gambar mobil Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Secara umum tampilan depan dari mobil ini tak berubah banyak dari Suzuki Karimun Wagon R sebelum penyegaran

Secara umum, memang tampilan depan dari mobil Suzuki Karimun Wagon R facelift 2017 ini tak banyak mengalami ubahan dari Suzuki Karimun Wagon R sebelum facelift. Bentuk bumper depan masih sama dengan sebelum mengalami penyegaran, hanya saja kelir grill depan sedikit dibedakan aksen warnanya. Namun hal tersebut tidak terlalu signifikan. Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 ini pun belum dilengkapi dengan foglamp dan juga lampu utamanya masih halogen biasa.

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 berwarna abu-abu

Pelek menjadi menu utama ubahan pada Suzuki Karimun Wagon R 2017 ini

Pelek adalah sajian utama dari tampilan eksterior samping Suzuki Karimun Wagon R facelift 2017 ini. Pelek palang dengan desain 5 spoke tebal yang membosankan kini diganti dengan model star shape berukuran sama yakni 13 inchi. Meski tidak ada unsur elemen pembantu aerodinamika pada pelek mobil ini, namun ketika mobil berjalan serta pelek sudah berputar ia terlihat menarik untuk dilihat.

Gamabr menunjukkan Ban dan pelek Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Pelek alloy dengan model star shape berukuran 13 inchi jadi pembeda antara Wagon R facelift dengan pre facelift

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang Suzuki Karimun Wagon R 2017 saat bagasi terbuka

Tak ada yang baru pada tampilan belakang Suzuki Karimun Wagon R 2017 ini

Secara umum tidak ada sesuatu yang baru pada tampilan belakang Suzuki Karimun Wagon R 2017, semuanya masih sama mulai dari bentuk pintu, desain stoplamp, hingga ornamen pendukung seperti lis-lis krom dan sebagainya. Namun, ada baiknya Suzuki menambahkan wiper belakang untuk Suzuki Karimun Wagon R untuk memperbaiki visibilitas pandangan ke belakang.

>>> Baca juga:


Interior Suzuki Karimun Wagon R 2017

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 : Layout Dasbor

Tampak Layout dasbor Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Ubahan terbesar pada layout dasbor Suzuki Karimun Wagon R 2017 adalah pada head unitnya yang kini terintegrasi

Secara umum, layout dasbor dari Suzuki Karimun Wagon R facelift 2017 ini sebenarnya masih sama saja dengan sebelum facelift. Hanya saja, kini tampilan dasbornya jadi lebih segar karena dikombinasikan dengan warna baru. Baik dari garis-garis desain, hingga tata letak tombol semua sama. Yang baru pada layout dasbor Suzuki Karimun Wagon R 2017 adalah head unitnya yang kini mengusung model head unit terintegrasi, tak lagi terpisah semacam head unit aftermarket.

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 : Konvigurasi Jok

Gambar menunjukkan Konvigurasi Jok mobil Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

5 orang dapat duduk dengan nyaman didalam mobil ini, sayangnya hanya empat orang yang dapat headrest

Sudah menjadi tradisi Suzuki dalam membuat mobil yang ukurannya mini namun berkapasitas maksi. Sejak Suzuki Karimun generasi pertama, Karimun sudah menyajikan akomodasi yang baik. Sebanyak 5 orang penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman didalam kabin mobil ini, sayangnya hanya empat orang yang dapat headrest. Begitu pula dengan seatbelt-nya, hanya empat orang yang bisa pakai seatbelt 3 titik, sedangkan 1 orang pakai seatbelt 2 titik.

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 : Bagasi 

Tampak Bagasi Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Bagasi merupakan salah satu kelebihan di Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Kapasitas bagasi merupakan salah satu kelebihan dari Suzuki Karimun sejak generasi pertama, dan untuk Suzuki Karimun Wagon R facelift 2017 bukanlah suatu pengecualian. Hal ini disebabkan karena bentuk mengkotak dari Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 ini yang seakan mampu memaksimalkan daya angkut dari mobil ini. Apalagi, juga ada pilihan aksesoris cargo net yang membuat barang bawaan tidak mudah tercecer. 

Gambar menunjukkan Aksesoris Cargo Net Di Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Aksesoris cargo net membuat barang bawaan tidak mudah tercecer

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Suzuki Karimun Wagon R 2017

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Ringkasan fitur keselamatan Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Fitur keselamatan sudah cukup oke, hanya saja kurang satu fitur krusial yakni rem dengan sistem ABS

Dari standar pabriknya, sebenarnya fitur yang disuguhkan pada mobil Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 ini sudah mencukupi, sudah ada SRS Airbag, child lock, seatbelt 3 titik untuk keempat penumpang termasuk pengemudi, serta power window. Hanya saja, untuk mobil yang dijual pada tahun 2019, rasanya Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 kurang satu fitur krusial, yakni sistem pengereman anti mengunci alias ABS (Anti-lock Braking System).

>>> Informasi Lengkap Tentang Transmisi AGS Suzuki

Operasi Suzuki Karimun Wagon R 2017

Gambar menunjukkan bagian Mesin Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Mesin K10B yang tertanam di bonnet Suzuki Karimun terasa bertenaga namun juga irit konsumsi bahan bakar

Mesin Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 adalah unit potensial dengan kode mesin K10B. Mesin 3 silinder ini memiliki performa yang baik, dan juga irit bahan bakar. Torsi yang dihasilkan dari mesin mungil ini adalah 90 Nm pada putaran mesin serendah 3.500 rpm serta tenaga puncak di 65,5 Hp atau sekitar 68 Ps pada kitiran 6.200 rpm. Mesin ini menyalurkan tenaganya ke dua buah roda depan dengan transmisi manual 5 percepatan sebagai penghantar tenaga. Kombinasi ini membuat mobil Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 ini enak digunakan pada rute perkotaan maupun stop and go di jalan yang padat. Sayangnya meski mesinnya terasa bertenaga namun perpindahan giginya terasa kaku dan sepertinya rasa perpindahan gigi yang kaku ini sudah jadi khas beberapa mobil Suzuki.

>>> Mau membeli mobil Suzuki Karimun Wagon? Klik sini untuk melihat daftar semua mobil Suzuki Karimun Wagon dijual dengan harga terbaik

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017.

Mesin Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Seri mesin

K10B, 3 Silinder Segaris, DOHC

Pasokan Bahan Bakar

Multi Point Injection

Tenaga Maksimum

65,5 Hp (68 Ps) @ 6.200 rpm

Torsi Maksimum

90 Nm @ 3.500 rpm

Kapasitas Silinder

998 cc

Bore X Stroke

73,0 mm X 79,5 mm

Tipe Transmisi

Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Depan

Rangka Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Panjang X Lebar X Tinggi

3.600 mm X 1.475 mm X 1.670 mm

Jarak Sumbu Roda

2.400 mm

Jarak Pijak Antar Roda Depan / Belakang

1.295 mm / 1.290 mm

Radius Putar

4,6 m

Kapasitas Tangki

35 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with coil spring & 3 Link Rigid with coil spring

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

N/A

Teknologi Safety Sasis

Side Impact Beam, Crumple Zone

Struktur Sasis

Monokok, A-Segment

Pelek

Alloy 13 inchi

Jenis Ban

GT Radial Champiro ECO, 145/80 R13

Daftar Harga Suzuki Karimun Wagon R 2017

Makna dari huruf “R” pada Suzuki Karimun Wagon R, lebih merujuk kepada “Reborn” atau terlahir baru dari Suzuki Karimun yang dipasarkan tahun 1999 silam. Tentu akan banyak sekali hal-hal baru dalam mobil ini baik dari eksterior, interior dan dapur pacunya. Pada versi terbarunya, mobil ini ditawarkan ke dalam dua pilihan yakni Suzuki Karimun Wagon R GL sebagai versi standar dan Suzuki Karimun Wagon R GS sebagai versi tertingginya. Hal yang cukup unik pada mobil ini adalah hadirnya sistem transmisi Auto Gear Shift (AGS) yang digadang-gadang sebagai teknologi terbaru yang ditawarkan oleh pihak Suzuki. Nah, berikut daftar harga Suzuki Karimun Wagon R terbaru 2019 baik dalam kategori baru maupun bekas.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI KARIMUN WAGON R BARU

Suzuki Karimun Wagon R GA

IDR. 112.500.000

Suzuki Karimun Wagon R BLIND VAN

IDR. 125.000.000

Suzuki Karimun Wagon R GL

IDR. 126.000.000

Suzuki Karimun Wagon R GL AGS

IDR. 135.000.000

Suzuki Karimun Wagon R GS

IDR. 135.000.000

Suzuki Karimun Wagon R GS AGS

IDR. 143.000.000

*Harga per tanggal 1 April 2019

>>> Harga Suzuki Karimun Wagon R April 2019

Kesimpulan Suzuki Karimun Wagon R 2017

Gambar mobil Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 serta beberapa fitur di dalamnya

Apakah mobil Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 ini layak Anda gunakan sehari-hari?

Jika Anda mencari sebuah mobil untuk kebutuhan commuter sehari-hari didalam kota yang padat, dan Anda enggak bermasalah jika harus menggunakan transmsisi manual, maka Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017 ini merupakan mobil yang layak Anda gunakan untuk menunjang kegiiatan mobilitas Anda sehari-hari.

>>> Klik sini untuk lanjut memebaca artikel review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015, Siapa Bilang Blind Van Harus Gendut Dan Boxy?

05/04/2019

Editor rate:

Mungkin Anda pernah melihat sosoknya di jalanan Indonesia? Bukan, mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015 ini bukanlah hasil modifikasi bengkel tertentu, namun mobil ini secara resmi diproduksi dan dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales untuk pasar fleet.

Lihat juga

Review Suzuki Wagon R 2017

28/02/2019

Editor rate:

Suzuki Wagon R 2017 begitu dicintai rakyat Jepang, meski kecil fitur ia punya fitur sangat lengkap, bahkan fitur yang diusung melewati kelas mobil diatasnya. Penasaran kan bagaimana impresi kami terhadap Suzuki Wagon R 2017? So, silahkan Anda simak ulasan lengkap kami mengenai Suzuki Wagon R 2017, yang merupakan Suzuki Karimun-nya Jepang.

Lihat juga

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: Mungil dan Minimalis, Namun Padat di Dalam

08/04/2019

Editor rate:

Generasi keempat dari car kei Mitsubishi akhirnya mulai dipasarkan di negara asalnya. Mitsubishi eK Wagon 2019 yang baru saja dipasarkan 28 Maret lalu mendapatkan berbagai perubahan eksterior dan penambahan teknologi baru milik Mitsubishi.

Lihat juga

Review Ford Fiesta 2019

28/11/2018

Editor rate:

Baru-baru ini Sebastian Ogier dan Julien Ingrassia minggu lalu membuat harum nama Ford. Karena diakhir kerjasamanya, Ogier menjadi juara dunia event World Rally Championship 2018. Hal tersebut menjadi benang merah kami dalam mereview Ford Fiesta 2019. Sensasi tunggangan juara dunia World Rally Championship.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Touring Sports 2019

13/09/2018

Editor rate:

Kurangnya antusias konsumen untuk Toyota Auris di Eropa membuat Toyota gerah. Salah satu cara untuk memperbaikinya yaitu mematikan nama Auris dan menggantinya dengan Corolla. Dengan itu, Toyota Corolla Touring Sports siap mencoba peruntungannya di Benua Biru tahun 2019 mendatang.

Lihat juga
back to top