Review Suzuki Hustler 2018: Kandidat Mobil LCGC Suzuki Terbaru?

22/09/2019

Share this post:

Suzuki Hustler 2018

Editor rate:

Lihat promo

Merasa tak puas dengan Jimny yang sensasional di tahun 2018, Suzuki Global akhirnya memunculkan Suzuki Hustler Tough Wild. Tampilan luar unik bercampur Retro, sukses mendapat perhatian masyarakat internasional. Apalagi pihak Suzuki mengklaim bahwa Kei Car satu ini bisa melahap medan Semi Off Road sekalipun. Penasaran? Mari kita simak review Suzuki Hustler 2018.

Review Suzuki Hustler 2018: Kandidat Mobil LCGC Suzuki Terbaru?
0 Gambar

Pengantar Suzuki Hustler 2018

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Hustler 2018 di bawah ini.

Review Suzuki Hustler 2018 - Sejatinya jika para pembaca pernah menghadiri acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, tentu sudah pernah melihat sosoknya. Kala itu, Suzuki Hustler sangat menarik perhatian pengunjung karena desainnya ikonik, berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya.

Suzuki Hustler 2014 sempat diperkenalkan di ajang IIMS dalam bentuk mobil konsep

Suzuki Hustler sebelumnya sempat dipamerkan di acara IIMS 2014

Tapi hingga kini, Suzuki Hustler tampak tak dijual juga untuk pasar Tanah Air. Mungkin, banyak orang berpersepsi bahwa Hustler kurang disukai. Menampik hal tersebut, Davy J. Tuilan selaku Managing Director 4W PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) sempat menuturkan bahwa regulasi di Indonesia berbeda, komponen Hustler rakitan Jepang tidak cocok dalam persyaratan. Semisal kaca mobilnya tidak setebal mobil-mobil Indonesia, padahal soal ketahanan kacanya bisa diadu. Sedangkan aturan Indonesia mensyaratkan bahwa kaca mobil harus tebal bukan menilai dari segi ketahanan.

Bagaimana kelanjutan nasibnya? Di pertengahan tahun 2018 lalu, sosoknya mendapatkan ubahan menarik yang dinamai Suzuki Hustler Tough Wild. Punya tampilan lebih segar, ruang interior dikemas cukup centil dan punya performa mesin cukup mumpuni. Nah, di kesempatan kali ini, Cintamobil.com akan membahasnya dalam review Suzuki Hustler 2018.

Suzuki Hustler 2018 hadir dengan beberapa pembaruan menarik khususnya dari segi fitur

Suzuki Hustler Tough Wild yang dirilis di tahun 2018 lalu

Eksterior Suzuki Hustler 2018

Tampaknya, Suzuki mulai ingin merambah kesan Retro pada mobil-mobil terbarunya. Sama seperti desain eksterior Suzuki Hustler 2018 dan juga Jimny. Bahkan, karakteristiknya benar-benar terasa berbeda akibat penggunaan warna Two-Tone.

Review Suzuki Hustler 2018: Eksterior Depan

Lampu utamanya yang berbentuk bulat, sukses memperkuat tema Retro-nya. Apalagi, lampu tersebut sudah terintegrasi dengan lampu sein, dilengkapi pelipis manis beraksen krom. Sekilas melihat wajah depannya, kami jadi teringat Fiat 500x atau MINI Countryman.

Eksterior Depan Suzuki Hustler 2018 punya lampu utama menarik yang menggunakan desain bulat

Centil, menggemaskan dan bergaya Retro, sukses tersampaikan dari wajah depannya

Yang jelas, Hustler 2018 tampak mencolok berkat Emblem namanya yang tertancap pada Grille berukuran minimalis. Menariknya lagi, kami juga menemukan adanya dua lampu kabut pada bempernya.

Review Suzuki Hustler 2018: Eksterior Samping

Kei Cars satu ini mengadopsi langsung bodi dari Suzuki Wagon R. Terkesan mengkotak namun dibalut tema Retro serta atap yang lebih gagah. Fender pun begitu, tampak berisi selayaknya mobil SUV.

Eksterior Samping Suzuki Hustler 2018 punya Fender tampak berisi sehingga menampilkan kesan maskulin

Desainnya cukup unik, menggunakan desain Two-Tone Colour berbeda, merambah di beberapa sisinya

Kami juga terpesona seketika melihat warna atapnya yang berbeda dari warna dasar bodi, menerapkan tema Two-Tone memberi kesan centil. Begitu juga pada sisi Pillar C, Handle pintu dan pelek berukuran 15 inci, dibalur warna hitam.

Review Suzuki Hustler 2018: Eksterior Belakang

Merambah sektor buritan, kaca belakangnya berbentuk kotak, lengkap dengan Wiper berukuran imut. Benar-benar menggemaskan jika melihatnya secara sekilas. Begitu juga soal lampunya yang punya desain modern namun tetap mempertahankan ukuran minimalis.

Eksterior belakang Suzuki Hustler 2018 dihias apik dengan Emblem bertuliskan Tough Wild, sukses menyampaikan identitasnya

Emblem bertuliskan Tough Wild tersemat apik pada bodi belakangnya

>>> Editor's Pick:


Interior Suzuki Hustler 2018

Tema Retro ternyata tak hanya berhenti pada sisi eksterior saja, nyatanya interior Suzuki Hustler 2018 juga menerapkan kombinasi lebih atraktif pada kabinnya.

Review Suzuki Hustler 2018: Dashboard

Sisi dashboard mendapat kombinasi tiga warna yakni hitam, Pale Blue dan sedikit sentuhan Silver di beberapa sisi. Cukup eksotis menurut kami, sedap dipandang dan tidak mudah bosan.

Dashboard Suzuki Hustler 2018 dikemas cukup futuristik dengan kombinasi warna seger

Meski punya harga terjangkau tapi suasana kabin benar-benar terasa elegan dan kental akan nuansa Retro

Unsur menariknya adalah kabin terasa lega meski bodi luarnya terkesan Compact. Fitur-fitur juga tampak lengkap mulai dari panel Head Unit Touchscreen, pengaturan AC dan tuas transmisi. Yap, penempatan transmisi mirip-mirip dengan Daihatsu Sigra atau Toyota Calya.

Review Suzuki Hustler 2018: Kursi

Boleh dibilang, tiap-tiap kursinya mirip kopi Cappucino. Menerapkan kombinasi dua warna hitam dan coklat, memperkuat aroma klasik pada kabinnya. Tak kalah menarik adalah sandaran kepala yang sudah disematkan di keempat kursinya.

Kursi Suzuki Hustler 2018 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Setiap kursi dirancang dengan ruang kaki cukup lega, menyamankan setiap penumpang

>>> Baca juga:

Fitur Suzuki Hustler 2018

Dari halaman resminya, fitur Suzuki Hustler 2018 tidak dijelaskan secara rinci. Namun yang menarik perhatian kamu justru pada fitur 360 Camera yang disematkan pada bemper depan, dua kaca spion dan Door Handle belakang. Fungsinya tergolong menarik memudahkan pengendara saat melakukan parkir.

Fitur spesial lainnya adalah teknologi Nanoe pada fitur AC, diklaim memberi kualitas udara lebih sehat bagi seluruh penumpang. Udara dinginnya disemburkan lewat empat blower pada sisi dashboard. Langkah inovatif Suzuki yang sejatinya kami harapkan juga dihadirkan pada mobil-mobil Indonesia.

Fitur Suzuki Hustler 2018 dilengkapi dengan 360 Camera dan AC yang terintegrasi teknologi Nanoe sehingga punya kualitas udara lebih sehat

Fitur penyejuk AC dilengkapi Nanoe Technology, inovatif dan kami berharap bisa diaplikasikan pada mobil-mobil Suzuki di Indonesia

>>> Simak pula mobil-mobil besutan Suzuki terbaru lainnya di sini

Operasi Suzuki Hustler 2018

Diklaim dari Suzuki, Hustler punya kemampuan cukup mumpuni untuk area perkotaan dan di luar perkotaan. Transmisi pun menggunakan CVT, cukup spesial untuk mobil berukuran Compact seperti Hustler. Tak hanya itu saja, dikatakan pula bahwa sistem pengereman sudah dirancang sedemikian rupa supaya bisa melaju di area perbukitan serta area bersalju.

Cuplikan iklan Suzuki Hustler Tough Wild di Jepang

Padahal operasi mesin Suzuki Hustler 2018 hanya menggunakan mesin tiga silinder berkapasitas 660 cc. Mungkin untuk jalanan landai atau Semi Off road, Hustler masih mampu melaju santai. Tapi untuk urusan Off Road, rasanya kami masih agak ragu. Kami pun berharap bisa menjajalnya lebih dulu apabila Hustler diluncurkan di Indonesia.

>>> Jangan lupa untuk mengintip mobil mungil dan menarik lainnya di sini

Kesimpulan Suzuki Hustler 2018

Di negara asalnya, harga Suzuki Hustler 2018 dibanderol di kisaran Rp. 120 jutaan hingga Rp. 180 jutaan. Cukup murah, bukan? Bahkan bisa masuk ke dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC). Tapi jangan terburu-buru menyimpulkan, mengingat Suzuki Indonesia pasti mengambil jalan impor alias Completely Built Up (CBU) lebih dulu. Tentu jika itu diberlakukan maka harganya bisa melonjak naik akibat pajak dan biaya lainnya, diprediksi mencapai Rp. 250 jutaan. Bagaimana pendapat Anda? Apakah cukup menarik apabila Suzuki Hustler Tough Wild masuk ke Indonesia?

>>> Ikuti terus review mobil terlengkap dan terbaru hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

AUTO 9 MOBIL

DIY Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

Kembar Jaya Motor

Jawa Barat

Review lain

Review Mitsubishi eK Wagon 2019: Mungil dan Minimalis, Namun Padat di Dalam

08/04/2019

Editor rate:

Generasi keempat dari car kei Mitsubishi akhirnya mulai dipasarkan di negara asalnya. Mitsubishi eK Wagon 2019 yang baru saja dipasarkan 28 Maret lalu mendapatkan berbagai perubahan eksterior dan penambahan teknologi baru milik Mitsubishi.

Lihat juga

Review Honda S660 2016

28/11/2018

Editor rate:

Penerus Honda S600 dalam mobil kei Honda akhirnya datang dalam bentuk Honda S660 2016. Model mungil ini mendapatkan penampilan pertamanya dalam mobil konsep yang tampak funky pada Tokyo Motor Show 2013. Bahkan mencapai status produksi massal dalam waktu kurang dari dua tahun mungkin yang pertama, bahkan untuk Honda.

Lihat juga

Review Nissan Dayz 2019

21/04/2019

Editor rate:

Bisa dibilang ini adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia-nya Jepang. Maklum saja, di negara matahari terbit tersebut mobil jenis Kei Car seperti ini begitu favorit dan menjadi kendaraan terlaris di sana. Lantas bagaimana pendapat kami mengenai kembaran Mitsubishi Ek yang sebelumnya telah kami bahas? Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Nissan Dayz 2019.

Lihat juga

Review Daihatsu Copen 2014 Indonesia

30/01/2018

Editor rate:

Daihatsu Copen 2014 merupakan coupe keluaran pabrikan Jepang, Daihatsu, guna mendobrak pasar Indonesia. Mobil dengan desain premium ini memang ditargetkan untuk kalangan menengah ke atas karena harga yang ditawarkan hampir menyentuh setengah miliar rupiah. Harga yang ditawarkan Dahatsu untuk seri Copen 2014 memang tergolong cukup kompetitif jika dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran pabrikan Eropa dan Amerika. Berikut ini review Daihatsu Copen 2014 Indonesia.

Lihat juga

Spesifikasi Daihatsu Sirion 2013

10/02/2018

Editor rate:

Daihatsu Sirion merupakan sebuah mobil compact yang didesain utuk wilayah perkotaan yang padat. Merk Sirion sendiri merupakan nama yang digunakan oleh Daihatsu untuk pasar eksport dari beberapa kendaraannya seperti Daihatsu Boon dan juga Daihatsu Storia. Untuk pasar Indonesia sendiri, Daihatsu Sirion diperkenalkan pada tahun 2013 dan masih diproduksi hingga saat ini. Apa saja kelebihan dari mobil minimalis ini? Berikut ini adalah spesifikasi Daihatsu Sirion 2013.

Lihat juga