Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Varian Baru Dengan Tampilan Sporty

25/03/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,5
Tidak lama dari kehadiran Suzuki Ertiga facelift pada bulan Februari, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebulan kemudian meluncurkan varian baru dari MPV andalannya ini, Suzuki Ertiga Sport. Sebagai varian tertinggi, apa saja perubahannya? Berikut review Suzuki Ertiga Sport 2019 dari Cintamobil.com.

PENGANTAR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 - Pertarungan di kelas Low MPV pada awal tahun 2019 tidak berhenti dengan kehadiran facelift dari beberapa pabrikan seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Melihat ada peluang pada segmen keluarga muda yang berjiwa sporty, PT SIS meluncurkan Suzuki Ertiga Sport sebagai varian tertingginya dengan ubahan yang fokus pada eksterior dan interior. Meskipun pada varian bertransmisi otomatis ada beberapa fitur baru yang dihadirkan oleh Suzuki.

Suzuki Ertiga sendiri sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2012 sebagai kompetitor baru di kelas Low MPV. Setelah 6 tahun eksis di dunia otomotif, memasuki tahun 2018 Suzuki memperkenalkan generasi baru dengan ubahan menyeluruh. Meski masih menggunakan basis yang sama namun tampilan All New Ertiga yang diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 tersebut mempunyai tampilan berbeda total dari pendahulunya.  

Pada awal tahun 2019 ini, kompetisi Low MPV kembali memanas dimana para agen pemegeng merek (APM) meluncurkan facelift atau minor change dimulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, hingga Honda Mobilio. Bahkan kehadiran Nissan Livina yang memakai basis sama dengan Mitsubishi Xpander turut meramaikan pertarungan panas di tahun politik ini. Suzuki pun merespon dengan meluncurkan Suzuki Ertiga Sport yang diyakini ada peluang untuk menggarap pasar ini. Ada cukup banyak ubahan pada eksterior dan interior serta fitur baru. Untuk lebih jelasnya berikut review Suzuki Ertiga Sport 2019 dari Cintamobil.com.    

EKSTERIOR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Eksterior Depan

Ada cukup banyak ubahan pada tampilan depan Suzuki Ertiga Sport 2019

Tampilan depan Suzuki Ertiga Sport 2019 membuatnya terlihat jauh berbeda dari varian GX

PT SIS memaparkan bahwa ubahan paling banyak pada Suzuki Ertiga Sport 2019 fokus pada eksterior dan interior. Seperti pada tampilan depan yang disematkan Front Upper & Lower Grille beraksen krom yang membuatnya terlihat cukup mewah. Sedangkan pada bagian grille sendiri meggunakan motif desain yang berbeda dari varian GX dan warna hitam membuatnya terlihat eksklusif.

Desain gril Suzuki Ertiga Sport 2019 berbeda dari varian GX

Gril dan garis krom di sekeliling membuat tampilan Suzuki Ertiga Sport 2019 berbeda

Melirik sedikit ke bawah, pada bagian bumper Suzuki Ertiga Sport mempunyai day-time running light (DRL) LED baru dengan motif seperti bumerang di kanan dan kiri. Satu hal yang membuat kami suka dengan ubahan tampilannya adalah front under spoiler baru dengan aksen berwarna silver di tengah dan sisi kiri-kanan. Dipadu dengan warna hitam membuat Suzuki Ertiga Sport lebih terasa aura sporty. Sebagai tanda, Suzuki menyeatka emblem Suzuki Sport di tengah bumper.

Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Eksterior Samping

Tidak banyak perbedaan dari tampak samping Suzuki Ertiga Sport 2019

Suzuki Ertiga Sport 2019 pada tampilan sampingnya tidak banyak perbedaan

Pada bagian samping, Suzuki Ertiga Sport tidak terlihat banyak perubahan. Ubahan paling terlihat adalah motif pelek yang berbeda dari varian GX. Terlihat aksen krom lebih mendominasi namun tetap dengan motif two tone. Ukuran pelek tetap mengandalkan diamter 15 inci berprofil ban 185/65. Ubahan lainnya yang hadir pada Suzuki Ertiga Sport 2019 adalah side under spoiler yang menjadi satu paket body kit khusus. Tepat di bagian belakangnya kembali disematkan emblem Suzuki Sport yang menjadi label varian tertinggi dari Suzuki.

Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Eksterior Belakang

Aura sporty cukup terasa pada bagian belakang Suzuki Ertiga Sport 2019

Bagian belakang Suzuki Ertiga Sport 2019 ada cukup banyak perubahan yang membuatnya terlihat sporty

Saat beralih ke bagian belakang, sekilas Suzuki Ertiga Sport 2019 tampak sama dengan varian GX. Namun bila diperhatikan, ada beberapa aksesori baru yang membuat Low MPV ini terlihat semakin sporty. Seperti hadirnya Rear Upper Spoiler baru dengan desain seperti burung mengepakkan sayapnya. Tidak hanya spoiler bagian atas, Suzuki Ertiga Sport 2019 juga mempunyai spoiler bawah bumper dengan desain baru untuk menguatkan kesan sporty. Adapun fitur kamera belakang kini dihadirkan oleh SIS dimana sebelumnya pada varian GX hanya celah untuk konsumen memasang sendiri. Untuk lampu belakang masih sama  dengan varian GX.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Dashboard & Setir

Dasbor Suzuki Ertiga Sport 2019 didominasi warna hitam

Warna hitam mendominasi sekaligus menjadi pembeda untuk Suzuki Ertiga Sport 2019 dengan varian lainnya

Masuk ke kabinnya, SIS coba memperkuat aura sporty melalui warna hitam yang mendominasi. Mulai dari dasbor hingga setir pun berwarna hitam. Meskipun desain keeluruhan tidak ada perbedaan dengan varian GX. Namun pemilihan warna hitam pada Suzuki Ertiga Sport 2019 ini memberi keuntungan untuk konsumen karena tidak cepat kotor. Berbeda dengan warna krem atau beige di varian GX akan muda terlihat kotor dalam beberapa tahun. Terlebih bila Anda sering membawa anak-anak dan sering makan dalam perjalanan.

Desain setir Suzuki Ertiga Sport 2019 sama dengan varian GX

Meski memiliki desain Suzuki Ertiga Sport 2019 warna hitam mendominasi dengan aksen kayu gelap

Kesan mewah coba dimunculkan oleh Suzuki melalui motif kayu gelap pada dasbor yang dibuat seolah menyambung ke door trim. Aksen kayu ini sebenarnya sudah jarang ditemukan pada Low MPV masa kini. Beberapa anggapan yang menyebut motif kayu ini membuat kabin mobil terlihat ‘tua’. Tapi menurut kami warna kayu gelap ini bisa menjadi eksklusif dibandingkan para kompetitornya saat ini yang lebih memilih warna merah atau perak. Sayangnya bagian setir terasa agak kosong karena tombol yang dihadirkan hanya untuk mengoperasikan MID dan sistem audio. Adapun untuk fitur-fitr seperti DRL, kontrol traksi dan sensor parkir disematkan oleh Suzuki di area kanan dasbor tepat dibalik setir.

Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Jok

Berbahan fabric dan warna hitam pada jok Suzuki Ertiga Sport 2019

Jok Suzuki Ertiga Sport 2019 menggunakan warna hitam namun masih menggunakan bahan fabric

Kabin Suzuki Ertiga Sport 2019 mampu menapung 7 orang penumpang. Mempunyai wheelbase 2.740 mm, ruang kaki di semua baris jok terasa cukup akomodatif. Busanya pun cukup tebal sehingga nyaman ketika diduduki. Namun sayangnya, SIS masih menggunakan bahan fabric, yang membuat noda lebih mudah membekas. Padahal sebagai varian tertinggi, selayaknya jok pada Low MPV ini sudah memakai material kulit untuk menambah kenyaman juga kemewahan.

>>> Baca juga:

FITUR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Fitur Berkendara

Suzuki Ertiga Sport 2019 sudah dilengkapi fitur DRL

Fitur DRL menjadi salah satu fitur baru pada Suzuki Ertiga Sport 2019

Setelah sempat absen pada varian GL dan GX, Suzuki kembali mengadopsi fitur ESP (Electronic Stability Program) pada Ertiga Sport 2019. Fitur ini cukup banyak diminati oleh konsumen terdahulu yang membuat Low MPV ini lebih stabil ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi. Sama seperti ubahan di bulan Februari, fitur Assist Grip Foldable tetap dipertahankan pada baris pertama dan kedua. Sementara baris ketiga menggunakan Fixed Assist Grip agar penumpang tetap nyaman ketika melalui jalan yang rusak.

Tombol untuk mengaktifkan fitur pada Suzuki Ertiga Sport 2019

Beberapa fitur pada Suzuki Ertiga Sport 2019 bisa dinon-aktifkan mellaui tombol-tombol ini

Fitur berkendara lainnya yang tidak kalah penting adalah ABS (anti-lock braking system), EBD (electronic brake force distribution) dan kontrol traksi. Seluruh fitur tersebut membuat berkendara semakin aman dan nyaman ketika dalam kecepatan tinggi. Rangka bodi Heartect diklaim bisa meminimalisir benturan dan memberi sensasi berkendara lebih nyaman. Satu fitur yang hadir hanya di varian transmisi otomatis adalah Hill Hold Control (HHC). Fitur ini menahan laju mobil saat berada di tanjakan atau turunan.

Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Fitur Kenyamanan

Suzuki Ertiga Sport 2019 menggunakan head unit layar sentuh yang sama dengan varian GX

Head unit pada Suzuki Ertiga Sport 2019 menggunakan layar sentuh dengan ukuran 6,8 inci dengan beragam konektivitas

Fitur hiburan yang disajikan pada Suzuki Ertiga Sport 2019 cukup lengkap dengan head unit layar sentuh berukuran 6,8 inci dengan fitur koneksi bluetooth yang bisa dikoneksikan ke smartphone Anda. Head unit ini sama seperti yang digunakan pada varian GX. Layar sentuh ini menghadirkan menu standar seperti radio (FM dan AM) juga pemutar musik digital yang bisa dikoneksikan melalui slot USB, Aux-in dan Bluetooth. Fitur lainnya yang juga hadir pada head unit Suzuki Ertiga Sport 2019 ini adalah mirroring dengan smartphone sehingga Anda.

>>> Siap-siap, Suzuki Ertiga Varian Tertinggi Bakal Meluncur Tidak Lama Lagi

OPERASI Suzuki Ertiga 2019

Mesin Suzuki Ertiga Sport 2019 masih sama

Bagian mesin Suzuki Ertiga Sport 2019 tidak ada perbedaan ataupun ubahan 

Diantara ubahan yang ada seperti eksterior, interior dan beberapa fitur baru, Suzuki Ertiga Sport 2019 masih mengandalkan mesin yang sama berkode K15B berteknologi DOHC VVT. Berkapasitas 1.462 cc, tenaga yang dihasilkan mencapai 104,7 Ps pada 6.000 rpm. Sementara untuk torsinya mencapai 138 Nm di 4.400 rpm. Ada dua pilihan transmisi yang disediakan yakni manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

>>> Tampil serba hitam, Suzuki Ertiga Black Edition diluncurkan di Filipina

spesifikasi Suzuki Ertiga 2019

Penasaran seperti apa info spesifikasi Suzuki Ertiga Sport 2019? Silakan cek informasinya berikut ini.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

Tipe Mesin

K15B, DOHC, VVT

Isi Silinder

1.462 cc

Tenaga Maksimum

104,7 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

138 Nm / 4.400 rpm

Transmisi

Manual 5-peercepatan / Otomatis 4-percepatan

Spesifikasi Bodi Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

P x L x T

4.470 x 1.735 x 1.690 mm

Wheelbase

2.740 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

Rem Depan / Belakang

Disc Brake / Drum

Velg

185/65 R15

kelebihan & kekurangan Suzuki Ertiga 2019

Seperti apa kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga Sport 2019 menurut sudut pandang Cintamobil.com? Silakan cek informasi tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain berbeda dengan varian GX yang membuatnya terlihat sporty

Bahan fabric yang digunakan pada jok membuatnya kurang sempurna mengingat ini adalah varian tertinggi

Pemilihan kabin berwarna hitam membuatnya tidak cepat terlihat kotor mengingat ini adalah mobli keluarga

Tidak adanya mode berkendara baik ECO maupun Sport

Kembalinya fitur ESP ditambah HHC (khusus otomatis) membuat berkendara menjadi lebih aman dan nyaman

 

daftar harga Suzuki Ertiga 2019

Ada dua varian yang ditawarkan oleh PT SIS untuk Suzuki Ertiga Sport 2019 dengan perbedaan hanya pada transmisi manual dan otomatis. Pada varian manual harga yang dibanderol Rp 241 juta dengan selisih harga Rp 11,5 juta dengan varian GX. Begitu juga dengan pilihan transmisi otomatis, harga Rp 251,5 juta membuat selisih harganya sama. Menariknya, pilihan warna yang disediakan oleh Suzuki hanya tiga yakni putih, hitam, dan abu-abu.

Varian Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

Harga

Suzuki Ertiga Sport 2019 M/T

Rp 241.000.000

Suzuki Ertiga Sport 2019 A/T

Rp 251.500.000

>>> Klik sini untuk simak informasi tentang harga dan promo mobil Suzuki lainnya

Video Suzuki Ertiga 2019

KESIMPULAN Suzuki Ertiga 2019

Cukup banyak emblem Suzuki Ertiga Sport 2019

Salah satu hal yang membedakan Suzuki Ertiga Sport 2019 adalah emblem pada beberapa aksesori

Pertarungan segmen Low MPV yang sangat ketat pada awal tahun 2019 membuat para pabrikan mengeluarkan jurus-jurus andalannya. Langkah PT SIS menghadirkan varian baru Suzuki Sport, untuk menggaet keluarga muda atau berjiwa muda cukup tepat. Mengingat pada Suzuki Ertiga dahulu ada varian Dreza yang cukup banyak peminatnya. Meski hanya fokus pada ubahan kosmetik, menurut kami ubahannya terlihat berbeda dan membuat konsumen bisa melirik ke varian baru ini. Kembalinya fitur ESP juga menjadi senjata ampuh pada Suzuki Ertiga Sport 2019 untuk melawan para kompetitornya. Sayangnya beberapa fitur yang menurut kami cukup penting tidak dihadirkan seperti mode berkendara. Meski diklaim Suzuki Ertiga mempunyai performa yang irit bahan bakar tapi akan lebih menarik bila tersedia mode Eco .

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Mahmudi Restyanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil