Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Terlihat Mewah dengan Harga Bersahabat

19/02/2019

Share this post:

Suzuki Ertiga 2016

Editor rate:

Lihat promo

Setelah memperkenalkan versi facelift dari Ertiga, Suzuki juga mengungkapkan varian termewah dari lini produk MPV dengan Suzuki Ertiga Dreza 2016 pada Januari 2016 lalu. Meskipun hanya sementara, Ertiga Dreza menjadi salah satu pilihan bagi konsumen yang menginginkan MPV 7 seater dengan tampilan mewah namun harga bersahabat.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Terlihat Mewah dengan Harga Bersahabat
Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Terlihat Mewah dengan Harga Bersahabat
0 Gambar

Pengantar Suzuki Ertiga 2016

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Ertiga 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin cukup handal di kelasnya

Bagian interior mendapatkan fitur yang terbilang lengkap

Harga yang lebih murah dengan fitur yang tak kalah

Kekurangan

Mesin masih memakai tipe lama

Kurangnya fitur keselamatan dan keamanan dibandingkan generasi terbaru

Tidak ada yang menarik dari desain interior yang tampak biasa

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016Suzuki Ertiga merupakan MPV 7 tempat duduk yang dikembangkan Suzuki, namun memiliki saudara kembar dari Maruti Suzuki di India. Dibangun pada platform subkompak Swift, generasi pertama Ertiga mendapatkan rebadged sebagai Mazda VX-1 di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, sejak November 2016, Ertiga juga dirakit dan dijual di Malaysia sebagai Proton Ertiga. Sedangkan generasi kedua dirilis di Indonesia pada Mei 2018 tanpa versi berlogo Mazda.

generasi pertama Suzuki Ertiga berwarna hitam

Generasi pertama Suzuki Ertiga yang dikeluarkan tahun 2012

Menariknya, Suzuki memperkenalkan Suzuki Ertiga Dreza 2016 sebagai varian terbaru dan paling tinggi untuk Ertiga pada masanya. Diperkenalkan tepat pada 8 Januari 2016, desas-desus tentang kehadiran varian baru Ertiga sebenarnya sudah diberitakan sejak akhir tahun 2015. Kehadiran mobil baru ini merupakan jawaban Suzuki terhadap hadirnya Toyota New Avanza Veloz dan Honda Mobilio RS yang menjadi varian termewah untuk kelas low MPV.

Dengan nama Dreza, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan bahwa mobil ini merupakan versi ‘dandanan’ dari generasi baru New Ertiga. Dengan perubahan wajah yang mendapatkan berbagai penambahan dan penyegaran tampilan, baik di luar maupun di interior. Beberapa penambahan juga dilakukan untuk meningkatkan fitur keselamatan dan teknologi dalam mobil.

model baru Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna hitam

Tampilan baru Suzuki Ertiga Dreza 2016

Perubahan yang sebagian besar didominasi oleh dandanan luar menjadi salah satu pembeda mobil ini dibandingkan Ertiga lainnya. Namun untuk lebih jelasnya, mari kita simak review Suzuki Ertiga Dreza 2016 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Suzuki Ertiga 2016

Dengan tampilan depan yang mendapatkan perubahan dibandingkan versi facelift, desain eksterior Suzuki Ertiga Dreza 2016 mendapatkan bagian depan yang berbeda. Untuk tampilan sporty dan modern, perubahan dari depan hingga belakang mendapatkan berbagai aksen krom. Lalu perubahan apa saja yang diberikan oleh Suzuki?

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Eksterior Depan

tampilan depan Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna hitam

Tampilan depan Suzuki Ertiga Dreza 2016

Bumper depan serta gril depan baru dengan aksen krom memberikan kesan lebih sporty. Suzuki juga mendapatkan lampu utama yang telah dirancang untuk lampu LED sedangkan desain lampu kabut yang disimpan dalam bezel mengusung warna krom metalik ditanamkan untuk bagian bumper depan. Gril bawah pada eksterior depan Suzuki Ertiga Dreza 2016 juga mendapatkan konsep baru yang lebih besar jika dibandingkan dengan desain sebelumnya.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Eksterior Samping

tampilan samping Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna hitam

Tampilan samping Suzuki Ertiga Dreza 2016

Dibandingkan dengan desain sebelumnya, tidak ada perubahan yang berarti jika melihat sisi samping mobil ini. Tetapi desain side guard dipadukan dengan garnish side pada bagian samping bawah menegaskan aura kemewahan dari eksterior samping Suzuki Ertiga Dreza 2016. Ditambah velg alloy dengan warna krom metalik menghiasi bagian samping.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Eksterior Belakang

tampilan belakang Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna hitam

Tampilan belakang Suzuki Ertiga Dreza 2016

Menuju bagian belakang, tampak desain buritan yang menghiasi tampilan facelift dari New Ertiga yang sebelumnya diperkenalkan. Dengan lampu belakang yang dibikin dibuat hingga samping serta wiper belakang untuk memberikan visibilitas tinggi. Tampilan krom juga sudah diberikan pada garnish pintu bagasi, kaca bagian bawah dan bumper belakang. Tidak ada yang berbeda pada eksterior belakang Suzuki Ertiga Dreza 2016, hanya saja emblem ‘Dreza’ yang membedakannya dengan tampilan biasa Ertiga lainnya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Suzuki Ertiga 2016

Desain mewah tidak hanya diberikan pada bagian luar, namun masuk pada bagian kabin dan interior mobil ini. Sedangkan menilik interior Suzuki Ertiga Dreza 2016 mendapatkan lebih banyak perbaikan. Mulai dari panel kayu, peningkatan pada dasbor dan kursi belakang, dan beberapa hal yang sebelumnya tidak ditemukan pada varian Ertiga lainnya.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Dasbor

dasbor Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna beige

Dasbor Suzuki Ertiga Dreza 2016

Perubahan paling signifikan pada bagian dalam bisa Anda dapatkan pada dasbor terlihat dengan bertambahnya luas layar infotainment menjadi sistem layar sentuh 9 inci. Sedangkan untuk menambahkan desain mewah dari mobil ini, dasbor Suzuki Ertiga Dreza 2016 juga dilengkapi dengan tambahan speaker tweeter serta panel instrumen kayu dan audio baru.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Kemudi

kemudi Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna hitam

Kemudi Suzuki Ertiga Dreza 2016

Tidak ada yang berubah dari bagian kemudi mobil ini, namun setidaknya pengemudi bisa sedikit terbantu dengan beberapa tombol fitur bantuan. Meskipun tidak mendapatkan banyak tombol bantuan, kemudi Suzuki Ertiga Dreza 2016 palang tiga hanya mendapatkan beberapa tombol pada sebelah kiri kemudi untuk membantu Anda menambah dan mengurangi volume.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Kursi

kursi Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna hitam

Kursi Suzuki Ertiga Dreza 2016

Interior mendapatkan jok kursi dual warna yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya untuk mendapatkan tampilan yang lebih mewah dan kenyamanan yang lebih tinggi. Tidak semuanya sempurna, masih ada beberapa orang yang menyebutkan bahwa baris ketiga dari kursi Suzuki Ertiga Dreza 2016 kurang nyaman dan kurang praktis untuk ditempati.

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Bagasi

bagasi Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna hitam

Bagasi Suzuki Ertiga Dreza 2016

Tidak ada spesifikasi resmi tentang seberapa besar kompartemen belakang yang diberikan oleh Suzuki. Namun bagasi Suzuki Ertiga Dreza 2016 juga dibantu dengan sistem kursi baris ketiga dengan split 50:50 yang bisa dilipat untuk menambahkan ruang penyimpanan. Ruang kompartemen juga dibuat besar untuk menampung berbagai barang bawaan, terlebih ketika Anda membawa hingga 7 orang di dalam mobil.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Suzuki Ertiga 2016

Kelebihan fitur Ertiga Dreza juga tidak hanya pada tampilannya. Jika dibandingkan dengan tampilan sebelumnya, head unit Audio Video Navigation (AVN) memiliki berbagai fitur yang tak kalah dibandingkan generasi saat ini. Sudah mendapatkan konektivitas Bluetooth, USB, Wi-Fi, dan beberapa fitur lain, layanan standar mobil ini meliputi navigasi, resolusi HD, dan sistem pengoperasian Android yang sudah kompatibel dengan Android dan iOS. Untuk varian tertinggi Ertiga ini, tampilannya layar sentuh tidak terkesan murahan, terlebih dari segi respons layar sentuh dan beberapa fitur yang ditawarkan.

Salah satu yang paling menarik perhatian untuk fitur Suzuki Ertiga Dreza 2016 adalah kembali hadirnya sistem keamanan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD). Pasalnya, teknologi yang mempermudah pengemudi ini sudah dihilangkan pada Ertiga facelift setelah sebelumnya dipasang pada Ertiga generasi pertama. Selain itu, fitur keselamatan bisa dibilang sama dengan generasi pertama, meskipun Suzuki baru memberikan fitur keselamatan yang lebih lengkap pada All New Ertiga.

sistem infotainment Suzuki Ertiga Dreza 2016 dari layar 9 inci

Sistem infotainment 9 inci yang diberikan pada Suzuki Ertiga Dreza 2016

Review Suzuki Ertiga Dreza 2016: Fitur Keselamatan Aktif

Selain kembalinya fitur ABS dan EBD pada versi baru dari mobil ini, fitur keselamatan aktif Suzuki Ertiga Dreza 2016 juga dilengkapi dengan airbag ganda, side impact beam, serta child proof rear door lock untuk pintu belakang dan dilengkapi keyless entry dan immobilizer. Namun sayangnya, mobil ini masih belum menyertakan fitur start and stop button.

Operasi Suzuki Ertiga 2016

Untuk bagian dapur pacu, Suzuki masih mempercayakan mesin lawas K14B berkapasitas 1.373 cc yang juga digunakan untuk Ertiga versi sebelumnya. Mesin ini nantinya akan digantikan oleh K15B yang lebih bertenaga dan kuat. Tetapi untuk saat ini, sistem operasi Suzuki Ertiga Dreza 2016 sudah mampu menghasilkan 90 tarikan daya kuda pada perputaran 6.000 rpm dengan 130 Nm untuk torsi maksimal pada 4.000 rpm dikawinkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

mesin Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna hitam

Mesin Suzuki Ertiga Dreza 2016

Bisa dibilang, salah satu kekuatan mesin ini adalah tenaganya yang impresif namun tetap dengan efisiensi bahan bakar. Dengan kompresi 10:1, mesin dengan teknologi Variable Valve Timing (VVT) dan didukung oleh Multi Point Injection (MPI) dipadukan dengan teknologi Metal Timing Chain serta Drive Wire Technology untuk menghasilkan tarikan mesin yang halus namun memberikan kekuatan yang cukup untuk menarik tujuh orang di dalamnya.

>>> Suzuki Kembangkan Mesin Generasi Terbaru Untuk Ertiga Diesel, Akankah Masuk Indonesia?

Spesifikasi Suzuki Ertiga 2016

Untuk generasi pertama, bisa dibilang tidak ada perubahan rangka maupun mesin pada mobil ini. Tetapi jika dibandingkan dengan All New Ertiga yang baru, spesifikasi Suzuki Ertiga Dreza memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Lihat lagi desain dan spesifikasi detail Ertiga Dreza 2016 di bawah ini.

Dimensi Suzuki Ertiga Dreza 2016

Panjang x Lebar x Tinggi

4.325 mm x 1.685 mm x 1.698 mm

Jarak Sumbu Roda

2.740 mm

Jarak Pijakan Depan

1.480 mm

Jarak Pijakan Belakang

1.490 mm

Ground Clearance

185 mm

Berat Kosong

1.195 kg (A/T) – 1.185 kg (M/T)

Mesin Suzuki Ertiga Dreza 2016

Tipe Mesin

K14B

Volume Silinder

1.373 cc

Tenaga Maksimal

90 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

130 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi

Manual 5 Percepatan atau Otomatis 4 Percepatan

Sistem Bahan Bakar

Multipoint Injection

Kaki-Kaki Suzuki Ertiga Dreza 2016

Sistem Kemudi

Rack and Pinion Power Steering

Suspensi Depan

McPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Leading / Training Drum

Ukuran Ban

185/65 R15

Daftar Harga Suzuki Ertiga 2016

Memang, saat ini Suzuki sudah memutar haluan dengan memperkenalkan All New Suzuki Ertiga dan menghentikan produksi Ertiga Dreza. Tetapi jangan salah, masih ada mobil bekas Ertiga Dreza yang dijual di pasar mobil bekas di Tanah Air. Setelah sebelumnya harga Suzuki Ertiga Dreza 2016 dijual mulai dari Rp 219,9 juta untuk mobil baru, Anda masih bisa mendapatkan Ertiga Dreza keluaran 2018 dengan harga mulai dari Rp 183 jutaan untuk mobil dengan kondisi yang masih terawat. Sedangkan untuk keluaran 2016, Anda sudah bisa mendapatkan mobil ini dengan harga Rp 130 hingga 140 jutaan.

>>> Mari klik sini untuk update harga dan promo mobil Suzuki Ertiga terlengkap

Kesimpulan Suzuki Ertiga 2016

Meskipun dalam beberapa aspek, Suzuki Ertiga Dreza 2016 sudah kalah bersaing dengan versi anyar, tetapi jika dibandingkan dengan All New Suzuki Ertiga, bisa dipastikan pelayanan yang diberikan Suzuki tak kalah dengan saudaranya yang lebih baru. Tentu saja dengan harga yang lebih murah. Bahkan jika Anda bisa mencari, Anda bisa mendapatkan mobil tahun 2018 yang masih terawat dengan harga hingga beberapa puluh juta lebih mudah dibandingkan harga barunya.

mobil baru Suzuki Ertiga Dreza 2016 berwarna hitam

Desain mewah yang diberikan pada Suzuki Ertiga Dreza 2016

Tentu saja, beberapa hal sudah diperbaiki oleh Suzuki untuk kendaraan yang diperkenalkan tahun lalu tersebut. Mulai dari tenaga dan torsi yang lebih besar hingga fitur keamanan yang lebih lengkap. Meskipun secara rangka, rem maupun suspensi, Ertiga Dreza memiliki fitur dan komponen yang sama dengan All New Ertiga. Tentu saja, semuanya kembali pada pilihan Anda.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Bakal Ada World Premiere di IIMS 2019, Apa Itu Suzuki Ertiga Cross?

02/02/2019

Event - Promosi

5 menit

Salah satu yang menarik dari pameran IIMS 2019 adalah bahwa di pameran otomotif bergengsi itu bakal ada peluncuran perdana mobil baru alias world premiere. Santer dikabarkan pula Suzuki Ertiga Cross menjadi kandidat terkuat mobil baru tersebut. Benarkah demikian?

Lihat juga

Spesifikasi Mazda VX-1 2016

22/02/2018

Editor rate:

Mazda VX-1 2016 merupakan mobil MPV besutan Mazda yang mendapat facelift untuk menarik minat masyarakat akan sebuah mobil MPV yang elegan dan mumpuni. Walaupun mobil ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan Suzuki Ertiga, namun Suzuki Ertiga lebih populer dibandingkan dengan Mazda VX-1. Walaupun begitu Mazda tidak menyerah dan terus berinovasi agar bisa menarik minat masyarakat. Apa saja kelebihan mobil ini? Spesifikasi Mazda VX-1 2016 terlengkap bisa bâc di bawah ini.

Lihat juga

Spesifikasi Daihatsu Xenia 2016

12/02/2018

Editor rate:

Sebagai sebuah produk sister car generasi pertama antara Daihatsu dan Toyota, Daihatsu Xenia merupakan salah satu produk yang cukup laris yang dimiliki oleh pabrikan mobil ini. Di tahun 2015, Daihatsu mengeluarkan All New Daihatsu Xenia dengan melakukan sedikit perombakan di bagian eksterior. Berikur ini adalah spesifikasi Daihatsu Xenia 2016.

Lihat juga

Review Toyota Avanza Transmover 2016

13/12/2018

Editor rate:

PT. Toyota Astra Motor membuka kelas baru untuk berkiprah di light commercial vehicle. Sebelum kehadiran para pesaingnya, praktis Toyota melenggang sendirian. Seperti apa pendapat kami mengenai Toyota Avanza Transmover ini?

Lihat juga

Review Toyota Kijang Innova G 2016

Rp. 255.000.000

15/10/2018

Editor rate:

Kami cukup memahami bahwa pasar Mitsubishi Xpander kini melejit, namun apakah Anda tipikal Value For Money? Jika iya, maka artikel kali ini tepat untuk Anda baca lebih mendalam. Mengapa begitu? Di rentang harga Mitsubishi Xpander baru, Anda sudah bisa mendapatkan satu unit Toyota Kijang Innova dengan fitur yang lebih lengkap dan performa mesin unggulan. Tidakkah ini cukup menggoda? Mari simak pantauan tim Cintamobil.com dalam review Toyota Kijang Innova G 2016.

Lihat juga