Review Suzuki Ertiga 2019

20/02/2019

Share this post:

Suzuki Ertiga 2019

Editor rate:

Lihat promo

Mendapat sentuhan ringan di 2019, Suzuki Ertiga kini tampil lebih menawan. Bagaimana pendapat kami mengenai Suzuki Ertiga GX 2019?

Review Suzuki Ertiga 2019
Review Suzuki Ertiga 2019
0 Gambar

Pengantar Suzuki Ertiga 2019

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Ertiga 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Tampil Lebih Segar

Harga Terjangkau

Irit BBM Dan Transmisinya Halus

Kekurangan

Tampilan Belakang Bukan Selera Semua Orang

Tenaga Agak Kurang

Tidak Tersedia Telescopic Steering

Review Suzuki Ertiga 2019 - Kehadirannya pertama kali dipamerkan di acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dalam bentuk konsep dengan nama R-III. Dalam singkatan tersebut, R mengartikan Row alias baris kursi dan III menunjukkan jumlah baris kursinya. Tepat pada tahun 2012, PT. SIS akhirnya mengeluarkan versi produksinya dengan nama Ertiga. Sebagai mobil Low MPV keluarga 7-Seaters, kala itu Ertiga menjadi penantang langsung dari Toyota Avanza.

All New Suzuki Ertiga 2018 hadir dengan wajah dan mesin baru

All New Suzuki Ertiga 2018 yang dirilis tahun lalu

Berselang 6 tahun, All New Ertiga akhirnya juga dirilis dengan pembaruan total mulai dari sisi eksterior, interior hingga mesin. Namun, tahun 2019 akhirnya Suzuki Ertiga mendapatkan sedikit penyegaran. Memang tak dipungkiri, “Si duo kembar” yakni Avanza dan Xenia baru, juga diberikan penyegaran yang lumayan banyak pada awal tahun 2019 lalu. Lantas, apakah dengan penyegarann yang dilakukan Ertiga ini mampu untuk menggoyah dua jagoan Sunter itu?

Gambar menunjukkan emblem Ertiga GX 2019

Akhirnya Suzuki Ertiga juga mendapatkan penyegaran di tahun 2019

Eksterior Suzuki Ertiga 2019

Secara desain, tampilan eksterior Suzuki Ertiga 2019 masih sama dengan versi All New tahun lalu. Wajah yang berubah dipadu beberapa sentuhan modern pada bagian eksterior bodinya. Jika dibanding kompetitornya seperti Avanza maupun Mitsubishi Xpander, Ertiga ini memang cenderung lebih kalem.

Review Suzuki Ertiga 2019: Eksterior Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Suzuki Ertiga GX 2019

Sepintas masih terlihat sama saja antara Ertiga sebelum maupun sesudah facelift

Front Grille terlihat masih sama seperti versi All New Ertiga 2018. Menggunakan konsep seperti bergerigi dengan dibalut aksen krom mengkilap serta latar berwarna hitam. Dibanding Xpander atau Avanza 2019 yang memiliki wajah lebih agresif, Ertiga terbaru ini masih sukses membawa aura LMPV generasi pertamanya yang kalem dan tidak berusaha terlihat agresif.

Gambar menunjukkan headlamp Suzuki Ertiga GX 2019

Headlamp Suzuki Ertiga 2019 seperti gabungan antara BMW F30 dengan Kijang Innova Reborn

Desain lampu depan juga terlihat menarik. Selain punya desain tajam pada ujung lampunya, ia juga terlihat keren, sebab terlihat seperti gabungan antara BMW Seri-3 F30 dengan Kijang Innova Reborn. Sayangnya, ia masih menggunakan bohlam lampu jenis Halogen. Untunglah lampu kabut alias foglamp tetap tersedia di tipe GX ini. O ya, as info untuk Ertiga tipe GL yang sudah facelift kini sudah dilengkapi lampu kabut.

Review Suzuki Ertiga 2019: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Suzuki Ertiga GX 2019

Inilah sosok Suzuki Ertiga 2019 terbaru dengan desain pelek baru

Dari samping, yang langsung terlihat berbeda adalah desain peleknya yang kini berubah menjadi lebih sporty. Jika dahulu pelek yang digunakan adalah motif jari-jari dengan warna single tone, kini peleknya diubah oleh PT Suzuki Indomobil Sales menjadi two tone with black polished alloy wheel. Meski ubahannya terkesan sangat minor namun kini tampilan Ertiga GX menjadi lebih menawan daripada sebelumnya.

Gambar menunjukkan Handle pintu Suzuki Ertiga GX 2019

Gagang pintu berlapis krom hanya ada di Ertiga tipe GX

Review Suzuki Ertiga 2019: Eksterior Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Suzuki Ertiga GX 2019

Tak ada ubahan di sisi belakang namun keberadaan Rear Defogger sangat membantu

Salah satu fitur yang sederhana tapi membantu ketika hujan lebat di Suzuki Ertiga GX 2019 ini adalah rear defogger khususnya pada tipeIN GX. Fungsinya terbilang membantu yakni menghangatkan kaca belakang sehingga dapat meminimalisir terjadinya embun, tujuannya agar visibilitas ke belakang mobil dapat lebih terjaga dengan baik.

Gambar menunjukkan stoplamp Suzuki Ertiga GX 2019

Lampu LED ini menyala cantik ketika malam hari

Menurut kami, desain bodi belakangnya sendiri terlihat mengesankan, terutama dari sisi desain lampu. Ketika menyala di malam hari, desain lampu LEDnya membentuk huruf L baik pada sisi kiri dan kanan. Dan ini hanya tersedia pada Suzuki Ertiga tipe GX saja dan Suzuki Ertiga Suzuki Sport. Sayangnya untuk lampu turn signal, maupun lampu mundur semuanya masih menggunakan bohlam halogen biasa.

>>> Artikel terkait:


Interior Suzuki Ertiga 2019

Lantas bagaimana dengan tata ruang interior Suzuki Ertiga 2019? Kini beberapa pernik juga mengalami ubahan, mari kita lihat apa saja yang berubah. 

Review Suzuki Ertiga 2019: Dashboard

Gambar menunjukkan layout dasbor Suzuki Ertiga GX 2019

Dashboard sendiri tidak ada ubahan, hanya kontrol AC kini sudah Auto Climate Control di tipe GX

Dari awal Suzuki All New Ertiga diluncurkan ke Indonesia, desain dashboard-nya memang sudah terasa sangat elegan serta Premium, dan itu bukan pengecualian di Suzuki Ertiga GX facelift ini. Hal ini didasari oleh padu padan warna triple tone yakni hitam pada sisi teratas dalam, dan panel kayu pada panel tengah serta Beige di bagian bawah. Hal inilah yang menjadikannya terasa mewah sekaligus sangat nyaman karena Anda serasa berada dalam kabin mobil mewah.

Review Suzuki Ertiga 2019: Setir

Gambar menunjukkan setir Suzuki Ertiga GX 2019

Kemudi setir juga sudah dilengkapi tombol pengaturan audio

Setir juga tak luput dari esensi mewah dan modern. Menggunakan desain setir tiga palang dengan posisi menyiku pada sisi bawahnya. Adapun aksen kayu disematkan pada sisi terbawah lingkar setirnya yang memberi nuansa klasik namun elegan. Di sisi lain, fitur praktis juga disematkan layaknya tombol pengaturan audio dan konektivitas. Setir ini juga dapat diatur tilt steering tanpa adanya telescopic.

Review Suzuki Ertiga 2019: Pendingin Cup Holder

Gambar menunjukkan pendingin cup holder Suzuki Ertiga GX 2019

Pendingin cup holder ini sangat membantu ketika Anda ingin mendinginkan botol minum Anda

Bagi Anda yang suka minuman dingin, pasti Anda akan sangat menyukai fitur ini. Pasalnya, Anda tinggal letakkan saja botol minuman atau kaleng soft drink di cup holder bagian tengah. Lalu, geser ke kanan tuas untuk membuka lubang sirkulasi yang langsung diambil dari AC mobil. Minuman Anda akan tetap dingin saat Anda berkendara dengan Suzuki Ertiga ini. Tapi, fitur ini hanya tersedia di Suzuki Ertiga tipe GX dan Suzuki Sport ya.

>>> Baca juga:

Fitur Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga 2019: AC Auto Climate Control

Gambar menunjukkan AC Auto Climate Control Suzuki Ertiga GX 2019

AC dengan fitur climate control akan menjaga suhu kabin tetap dingin

Suzuki Ertiga facelift ini, mulai tipe GX sudah dilengkapi dengan pengaturan AC digital dengan fungsi climate control. Jadi, Anda hanya perlu menekan beberapa tombol pada panel tersebut untuk mendapatkan suhu kabin yang Anda inginkan. Kesejukan kabin akan senantiasa terjaga dengan adanya fitur ini. Fitur ini merupakan andalan di Suzuki Ertiga ini, dan satu-satunya di kelasnya.

Review Suzuki Ertiga 2019: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-Car Entertaiment System Suzuki Ertiga GX 2019

Head unit sebenarnya sudah canggih, sayang tidak dilengkapi dengan tweeter

Head unit di Suzuki Ertiga tipe GX 2019 ini sudah mendukung format Apple CarPlay dan Android Auto. Meski untuk kualitas reproduksi suaranya masih kalah dari  para rivalnya, sebab Ertiga tipe GX 2019 ini hanya dibekali dengan 4 speaker saja tanpa disertai tweeter. Secara otomatis, suara vokal atau nada tinggi yang keluar agak kurang jelas. Untunglah, pengaturan staging yang cukup lengkap.

Review Suzuki Ertiga 2019 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display Suzuki Ertiga GX 2019

Multi information displaynya cukup lengkap meski tampilannya biasa saja

PT Suzuki Indomobil Sales juga menyematkan Multi Information Display (MID) pada Suzuki Ertiga tipe GX ini. Informasi yang disajikan juga cukup lengkap, ada konsumsi BBM, jam digital, jarak yang dapat ditempuh berdasarkan sisa bahan bakar di tangki, odometer, trip meter, dan indikator bensin. Meski harus diakui tampilannya biasa saja, namun karena menjadi satu dengan cluster spidometer yang keren abis, tampilan biasa MID nya jadi tersamarkan. 

Review Suzuki Ertiga GX 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan ban dan pelek Suzuki Ertiga GX 2019

Sayangnya ESP hanya tersedia di Ertiga tipe Suzuki Sport

Rem ABS rasanya sudah wajib menjadi standar pada mobil penumpang kekinian, namun uniknya masih ada saja pabrikan yang memproduksi mobil tanpa dilengkapi dengan peranti rem anti mengunci ini. Untunglah, Suzuki Ertiga tipe GX 2019 ini sudah dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System). Modul servo serta selenoid pada sistem ABS akan bekerjasama dengan EBD dalam mengatur tekanan minyak rem ke masing-masing roda, sehingga rem tidak akan mengunci.

>>> Mendengar Masukan Konsumen, Suzuki Hadirkan Fitur Baru Pada Ertiga

Operasi Suzuki Ertiga 2019

Gambar menunjukkan mesin Suzuki Ertiga GX 2019

Mesinnya tak mengalami perubahan apapun, masih sama seperti versi Suzuki All New Ertiga 2019

Karakter dari mesin K15B yang memang sudah dirancang overstroke dari pabriknya memberikan keuntungan tersendiri. Karena semburan torsi sebesar 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga sebesar 104,7 Ps atau sekitar 102,3 Hp di putaran mesin 6.000 rpm mampu menghela Ertiga GX ini dengan baik. Meski figur perolehan torsinya masih lebih tinggi sekitar 200 rpm dari rivalnya Toyota Avanza yang menggunakan teknologi mesin lebih canggih.

Gambar menunjukkan tuas transmisi Suzuki Ertiga GX 2019

Transmisi 4 percepatan milik Ertiga GX ini perpindahan giginya halus

Perpindahan gigi yang dilakukan oleh transmisi konvensional 4 percepatannya tergolong halus, dan mampu menghantarkan tenaga dengan baik ke dua roda depan, sehingga akselerasi mampu dilakukan secara halus. Handlingnya bagaimana? Cukup oke meski tidak bisa dikatakan istimewa, meski feedback yang dihasilkan oleh setir minim, namun putaran setir yang ringan berkat EPS akan lebih membantu Anda sehari-hari.

Spesifikasi Suzuki Ertiga 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Ertiga GX 2019

Mesin Suzuki Ertiga GX 2019

Seri mesin

K15B, 4 Silinder Segaris, DOHC, VVT

Pasokan Bahan Bakar

Multi Point Injection

Tenaga Maksimum

102,3 Hp (104,7 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

138 Nm @ 4.400 rpm

Kapasitas Silinder

1.462 cc

Bore X Stroke

74,0 mm X 85,0 mm

Tipe Transmisi

Otomatis 4 Percepatan, Penggerak Roda Depan

Rangka Suzuki Ertiga GX 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.395 mm X 1.735 mm X 1.690 mm

Jarak Sumbu Roda

2.740 mm

Jumlah Tempat Duduk

7 seat

Radius Putar

N/A

Kapasitas Tangki BBM

45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Ertiga GL 2019

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with coil spring & Torsion Beam with coil spring

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS

Teknologi Safety Sasis

Heartect

Struktur Sasis

Monokok, A-Segment

Pelek

Alloy, 15 inchi

Jenis Ban

Dunlop Enasave, 185/65 R15

>>> Jika Anda tertarik untuk mengetahui model Suzuki terbaru lainnya, Anda bisa klik di sini

Daftar Harga Suzuki Ertiga 2019

Semakin seringnya terdengar berita Suzuki New Ertiga membuat banyak kalangan penasaran inilah daftar harga Suzuki New Ertiga 2019.

Harga Suzuki New Ertiga Baru

Harga Suzuki New Ertiga GA

Rp 196.000.000

Harga Suzuki New Ertiga GL MT

Rp 215.500.000

Harga Suzuki New Ertiga GL AT

Rp 226.000.000

Harga Suzuki New Ertiga GX MT

Rp 231.000.000

Harga Suzuki New Ertiga GX AT

Rp 245.000.000

Harga Suzuki New Ertiga Sport A/T

Rp. 251.500.000

Harga Suzuki New Ertiga Sport M/T

Rp. 241.000.000

>>> Mari update informasi tentang harga dan promo mobil Suzuki di sini

Kesimpulan Suzuki Ertiga 2019

Gambar menunjukkan kesimpulan Suzuki Ertiga GX 2019

Ertiga adalah sebuah produk kebanggaan Suzuki yang dikhususkan untuk menjawab kebutuhan keluarga. Ruang kabin akomodatif ditunjang fitur lengkap menjadi sebuah penawaran menarik untuk menyajikan sebuah kendaraan yang oke bagi masyarakat. Mengingat All New Ertiga baru dirilis pada tahun 2018, versi penyegaran kali ini terbilang cepat. Tak heran, hegemoni Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander di tahun 2019, menjadikan Suzuki harus tetap eksis dengan meningkatkan kenyamanan pada Ertiga. Apakah penyegaran kali ini bisa mencuri perhatian masyarakat?

>>> Jika Anda tertarik membaca review mobil semacam ini, Anda bisa terus memantau situs otomotif terpercaya Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

AUTO 9 MOBIL

DIY Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

Kembar Jaya Motor

Jawa Barat

Review lain

Review Suzuki Karimun GX 2005: Sudah 15 Tahun, Harga Jual Kembalinya Masih (Sangat) Bertahan

06/10/2019

Editor rate:

Suzuki Karimun GX 2005 ini adalah varian tertinggi dari Suzuki Karimun yang dijual di Indonesia. Saat ini harga bekasnya berkisar antara Rp 60 hingga Rp 80 juta tergantung kondisi. Layakkah ia dipinang kini?

Lihat juga

Review Suzuki S-Presso 2019: Mini SUV Suzuki Untuk Anak Muda

04/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Renault Kwid mendapatkan lawan yang sepadan, inilah Suzuki S-Presso mobil yang didaulat sebagai SUV mini dari Suzuki yang siap melawan digdaya Renault Kwid di kelasnya.

Lihat juga

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015: Bagi Yang Ingin Tampil Beda

28/09/2019

Editor rate:

Sebenarnya kami agak menyayangkan mengapa mobil ini tidak dijual lagi oleh PT Suzuki Indomobil Sales. Karena menurut kami, mesin potensialnya dikawinkan dengan girboks sejuta rasio alias CVT sudah sangat pas untuk commuter di dalam kota. Mengapa kami bilang begitu? Untuk mengetahuinya simak Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 berikut ini. Mobil ini jarang ada, namun layak dimiliki bagi yang ingin tampil beda.

Lihat juga

Review Suzuki XL6 2019: Ertiga Dengan Konsep Crossover

04/09/2019

Editor rate:

Yes! Generasi XL Suzuki akhirnya terlahir kembali, setelah sebelumnya mati suri di tahun 2006 dengan model Suzuki Escudo XL7, kini nama XL kembali digunakan pada Suzuki Ertiga dengan nama Suzuki XL6 alias Suzuki Ertiga Cross. Bagaimana impresi kami mengenai mobil ini? Simak review Suzuki XL6 berikut ini...

Lihat juga

Review Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019: Tipe Termahal New Carry Pick Up

21/08/2019

Editor rate:

Inilah tipe tertinggi dari New Carry Pick Up yang dijual di Indonesia. Tipe wide deck ini menawarkan dek yang lebih lega dibanding tipe biasa. Bagaimana impresi kami mengenai mobil Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019? Ikuti terus ulasan mendalam kami mengenai mobil ini.

Lihat juga