Review Suzuki Ertiga 2018

21/04/2018

Share this post:

Suzuki Ertiga 2018

Editor rate:

Lihat promo

Suzuki Ertiga merupakan salah satu MPV yang sangat laris di Indonesia. Hingga Februari 2018 Suzuki Ertiga mampu mencatatkan penjualan hingga 676.000 unit baik secara domestic di Indonesia dan India maupun untuk ekspor ke lebih dari 70 negara. Ada apa yang menarik dari Suzuki Ertiga 2018 ini? Simaklah review Suzuki Ertiga 2018 di bawah ini.

Review Suzuki Ertiga 2018
Review Suzuki Ertiga 2018
0 Gambar

Pengantar Suzuki Ertiga 2018

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Ertiga 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Desain baru lebih segar

Kabin lebih luas

Rangka ringan dan kokoh

Mesin baru

Kekurangan

Bodi yang besar, sekilas seperti Innova

Gambar 4 orang sedang berdiri di sebelah kiri dan sebelah kanan mobil Suzuki Ertiga 2018 berwarna abu-abu

Launching Suzuki Ertiga 2018

Review Suzuki Ertiga 2018 - Di awal kemunculannya, Suzuki Ertiga telah mendulang kesuksesan, bahkan hingga saat ini masih bagus reputasinya, memanfaatkan momentum  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, PT. Suzuki Indomobil Motor memperkenalkan Suzuki Ertiga 2018. Eksistensi ertiga memang harus di pertahankan, karena Suzuki pun tidak ingin begitu saja tergeser dari segmen MPV yang mampu memberikan kontribusi penjualan 30% dari keseluruhan pasar otomotif Indonesia. Ada apa yang menarik dalam desain kali ini? Silahkan sobat-sobat cintamobil.com simaklah review Suzuki Ertiga 2018 di bawah ini.

Eksterior Suzuki Ertiga 2018

Untuk mulai review Suzuki Ertiga 2018, kita membahas desian eksterior dulu ya. Secara keseluruhan bagian eksterior Suzuki Ertiga 2018 ini memiliki desain yang cukup menarik, jauh lebih elegan dan juga memberikan kesan kuat dan tajam.

  • Sisi depan

Gambar Bumper Depan Suzuki Ertiga 2018 berwarna abu-abu

Bagian Depan Suzuki Ertiga 2018

Bumper depan memiliki perubahan cukup signifikan, grille yang terlihat halus dengan paduan kombinasi aksen hitam dank rom. Penggabungan antara lower grille dan fog lamp untuk moncong yang lebih tinggi dan juga lebih lebar yang memberikan kesan tajam dan berani. Atap mobil yang juga sengaja dibuat lebih tinggi agar penumpang tengah dapat merasakan ruang kepala yang luas bahkan untuk penumpang dewasa dengan tinggi 170cm pun masih nyaman.

  • Sisi samping

Gambar mobil Suzuki Ertiga 2018 berwarna abu-abu dilihat dari sisi samping

Bagian Samping Dengan Garis Baru Yang Modern

Bagian samping tidak bisa di lupakan, pasalnya bagian samping juga mendapat desain baru, tampilan garis nan modern di tampilkan. Garis bahu yang sangat dinamis sangat serasi dengan bodi Ertiga terbaru, yang semakin mengekspresikan kekuatan dan keanggunan. Atap yang dibuat lebih rendah di bagian belakang untuk memberikan tampilan lebih sporty dan aerodinamis.

  • Sisi belakang

gambar bagian belakang mobil Suzuki Ertiga 2018 berwarna coklat tua

Bagian belakang terlihat lebih gaya dan sporty

Di bagian belakang terdapat desain garis yang dibuat mengalir secara dinamis dengan menciptakan tampilan lebih gaya dan sporty dari belakang. Lampu LED kombinasi yang lebih besar terintegrasi dengan garnish belakang untuk tampilan sisi belakang yang lebih lebar namun tetap enak di lihat.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Suzuki Ertiga 2018

Kita lanjutkan review Suzuki Ertiga 2018 dengan membahas desain interiornya. 

  • Kabin

Gambar ruang kabin mobil Suzuki Ertiga 2018

Kabin Dengan Keluasan Yang Cukup Untuk 7 Penumpang

Bodi Suzuki Ertiga 2018 lebih panjang 130 mm dari sebelumnya, alhasil kabin bertambah luas dan memastikan kaki dan kepala tidak akan langsung meyentuh kabin atau kursi depannya. Berkat luasnya kabin, di baris ke tiga pun tidak dibuat sangat sempit, dimana disediakan banyak ruang kaki.

  • Dashboard

Gambar bagian Dashboard mobil Suzuki Ertiga 2018 dengan banyak fitur yang bagus di dalamnya

Dashboard Suzuki Ertiga 2018

Perubahan juga ada dalam sisi dashboard Suzuki Ertiga, aksen pola kayu besar yang membungkus panel interior, steering wheel dan trim pintu memberikan kesan elegan dan mewah. Pengukiran dashboard secara dinamis akan memanjakan mata penggunanya. Kemudahan menyentuh layar ada pada system audionya, sehingga tidak kesulitan dalam mengatur panel audio Ertiga. Dengan bloetooth dapat dengan mudah menghubungkan smartphone dengan layar atau audio mobil Suzuki  Ertiga 2018. Tampilan speedometer dan juga tachometer backlit sengaja dibuat mewah agar memperkuat kesan elegan Suzuki Ertiga.

  • Kursi

Kursi Baris Pertama Suzuki Ertiga 2018 dengan jok berwarna krem

Kursi Dengan Paduan Warna Beige Yang Cantik

Seperti biasa Suzuki Ertiga memiliki kapasitas penumpang 7 orang dewasa, yang istimewa dari Suzuki Ertiga 2018 kali ini memiliki kabin yang jauh lebih luas. Dengan kabin yang luas ini memberikan kepastian dalam hal kenyamanan. Kenyamanan dinilai dari kursinya, yang pertama adalah warna kabin dan kursi sangat serasi, warna beige memberikan kesan segar dan modern pada Ertiga 2018. Walaupun berisiko cepat kotor, tetapi warna jok mobil dan kabinnya begitu enak dipandang. Kursi di dalam kabin Suzuki Ertiga 2018 menampilkan padding baru yang disempurnakan untuk kenyamanan yang lebih baik. Pada baris kedua memiliki bantalan dan desain pegas yang secara signifikan meningkatkan kenyamanan berkendara. Fleksibilitas kursi baris kedua cukup baik, kursi dapat di lipat ke atas atau ke bawah, bahkan ketika kursi baris kedua ditarik ke belakang. Untuk pengemudi, kursi bisa ditinggikan hingga 60 mm, sehingga dapat menyesuaikan dengan tinggi si pengemudi. Baris ketiga kursi dapat di bagi atau dilipat dengan porsi 50:50 dan dapat di lipat hampir rata, guna dapat memberikan ruang bagasi yang lebih luas lagi.

  • Bagasi

Gambar ruang Bagasi Suzuki Ertiga 2018 dengan sebuah ruang yang cukup bagus dan luas

Ruang bagasi sebesar 199 liter

Ketika papan bagasi diturunkan, Ertiga terbaru ini dapat memberikan ruang bagasi sebesar 199 liter, dan ketika papan bagasi digunakan masih tersisa 153 liter. Suzuki Ertiga terbaru memiliki bagasi yang lebih luas 40 liter dibandingkan sebelumnya. Pada Suzuki Ertiga 2018, papan bagasinya dapat dilipat dengan porsi 50:50, dengan ini akan memberikan kebebasan pengguna dalam menyesuaikan area bagasi untuk situasi apapun.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Suzuki Ertiga 2018

  • Fitur pendukung

Banyak Slot Penyimpanan

Fitur Penunjang Dari Suzuki Ertiga 2018

Dalam Suzuki Ertiga terbaru dapat kita temukan dengan mudah holder botol minum di kantong pintu baris pertama dan kedua. Ada pula port USH dan AUX input, serta aksesori outlet daya di konsol tengah baris pertama dan konsol belakang baris kedua. Serta ada pula keyless push start system, AC untuk baris kedua dan ketiga.

  • Fitur keamanan

Keselamatan Cukup Baik Dari Ertiga 2018

Adanya penyempuranaan dari Platform HEARTECT yang meningkatkan kekuatan bodi bagian bawah. Bentuknya ini dapat menyebarkan energy dengan lebih efisien untuk keamanan ketika ada benturan dan bobotnya lebih ringan sehingga konsumsi bbm  irit dan performa mesin bisa lebih maksimal. Lalu ada sensor parkir mundur yang pasti sangat berguna, immobilizer, alarm, SRS Airbag, ABS, EBD, ISOFIX dll.

>>> Untuk tahu spesifikasi mobil Suzuki dan bisa menilai kualitas sendiri, silahkan klik sini

Operasi Suzuki Ertiga 2018

  • First Impresi

Hal yang pertama penulis rasakan adalah kepastian akan bertambah luasnya dimensi Suzuki Ertiga. Kita bisa merasakan kenyamanan dengan keluasan kabin pada setiap kursi di baris pertama, kedua dan juga ketiga. Selain itu ketika masuk ke dalam kabinnya, kesan utama yang dirasakan adalah nyamaan, paduan warna beige dari warna kabin dan juga kursinya memberikan sensasi relaks bagi penulis. Pada baris kedua, paduan kursi yang lembut dan juga empuk sangat membuat enak posisi duduk. Spesial ke baris ketiga, masih cukup ruang kepala dan kaki, namun jika orang dewasa dengan tinggi di atas 175 cm disarankan untuk duduk di baris kedua saja, karena masih akan kesulitan untuk duduk di baris ketiga.

  • Mesin

Gambar bagian mesin mobil Suzuki Ertiga 2018 memakai mesin model K15B

Mesin Suzuki Ertiga Terbaru

Dapur pacu Suzuki Ertiga 2018 memiliki mesin 1.5L dengan tipe mesin K15B. Mesin ini di klaim Suzuki lebih bertenaga dan efisien bahan bakar. Mesin K15B ini lebih besar tenaga dan juga torsinya dari mesin sebelumnya K14B. Mesin tersebut juga menghasilkan lebih sedikit bising, dan getaran, untuk berkendara yang lebih tenang. Output dari mesin berkapasitas 1.5L ini adalah 77 kW pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 138 Nm pada 4.400 rpm.

>>> Klik sini untuk lihat mobil-mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia serta banyak promosi yang menarik lainnya

Spesifikasi Suzuki Ertiga 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Ertiga 2018 yang cintamobil.com dapat dari pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2018 (IIMS). 

Spesifikasi Suzuki Ertiga 2018

Mesin

K15B

Jumlah silinder

4

Jumlah katup

16

Kapasitas mesin (cc)

1.500 cc

Tenaga maksimum

77 @6000 rpm

Torsi maksimum

138 Nm @4.400 rpm

Dimensi

P x L x T

4.395 mm x 1.735 mm x 1.690 mm

Jarak sumbu roda

2.740 mm

Rangka

Sistem kemudi

Rack & Pinion

Rem (depan / belakang)

Ventilated disc / Drum, leading and traling

Suspensi (depan / belakang)

MacPherson strut with coil spring / Torsion beam with coil spring

Ukuran ban

185/65 R15

Daftar Harga Suzuki Ertiga 2018

Harga Suzuki Ertiga 2018

Harga Suzuki New Ertiga 2018

New Ertiga GA

Rp 193.000.000

New Ertiga GL MT

Rp 211.500.000

New Ertiga GL AT

Rp 222.000.000

New Ertiga GX MT

Rp 223.000.000

New Ertiga GX AT

Rp 233.500.000

New Ertiga GX ESP MT

Rp 228.000.000

New Ertiga GX ESP AT

Rp 238.500.000

>>> Cari informasi harga terkini dan program promosi Suzuki Ertiga 2018 di sini!

Kesimpulan Suzuki Ertiga 2018

Secara keseluruhan, Suzuki Ertiga 2018 memiliki perubahan yang boleh dikatakan hampir menyeluruh. Perubahan itu nampaknya tidak mengecewakan para pecinta otomotif dan juga orang-orang yang ingin membeli mobil MPV dalam waktu dekat.Keluasan kabin menjadi hal yang utama, dan juga hadirnya mesin baru menjadikan Ertiga lebih menarik dari hal tenaga dan juga efisiensi bahan bakar. Soal kenyamanan sudah sangat baik, dan juga keamanan cukup lengkap. Jika ingin info lengkap seputar harga Suzuki Ertiga 2018, nantikan selengkapnya hanya di cintamobil.com.

Metodius Getan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

First Impression Suzuki Swift Strong Hybrid 2018

11/08/2018

Editor rate:

Di ajang GIIAS 2018 kali ini terdapat sedikit kejutan dari Suzuki. Suzuki membawa beberapa mobil konsep tidak hanya Jimny, tetapi juga Suzuki Swift yang sudah mengusung konsep hybrid. Kami akan memberikan impresi pertama kami terhadap mobil ini.

Lihat juga

Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

20/06/2018

Editor rate:

Embusan kabar mengenai kehadiran Suzuki Jimny 2019 terus terkuak akhir-akhir ini, mulai dari foto Spyshot, brosur hingga sekelumit informasi dari website resminya. Nah, belum lama ini, Suzuki Global menghadirkan spesifikasi dan fitur lengkapnya. Berikut ini adalah review Suzuki Jimny 2019.

Lihat juga

Review Dan Test Drive Suzuki All New Ertiga GX 2018: Bersenjata Makin Lengkap

29/06/2018

Editor rate:

Di tengah-tengah kritik terhadap pengurangan fitur Suzuki Ertiga 2018, Cintamobil.com melakukan test drive varian teratas GX. Simak terus untuk review selengkapnya

Lihat juga

Profil Suzuki APV Luxury 2014, Perlawanan Terakhir APV

14/06/2018

Editor rate:

Suzuki APV yang sudah malang melintang dari 2005 silam kali ini mendapat penyegaran yang cukup mencolok meskipun hanya tipe tertingginya yang diberi perubahan. Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 menjadi ajang perkenalan mobil multifungsi ini. Berikut ini profil Suzuki APV Luxury 2014.

Lihat juga

Profil Suzuki Every Plus 2003, “Prototipe” Suzuki APV

11/06/2018

Editor rate:

Suzuki Every Plus masuk sekitar pada tahun 2003 dan hanya dijual sampai tahun 2004. Meski sejatinya masih satu keluarga dengan Carry, Suzuki Every 2003 berbeda dengan versi pickup dengan beberapa perubahan di bagian kaki dan transmisi. Berikut ini adalah profil Suzuki Every Plus 2003.

Lihat juga
back to top