Review Suzuki Ciaz 2015, Mencoba Taklukkan Pasar Dengan Mesin 1.400cc

11/05/2018

Share this post:

Suzuki Ciaz 2015

Editor rate:

Lihat promo

Meski pasar sedan masih terlihat lesu dengan ramainya produk Multi Purpose Vehicle (MPV), nampaknya PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai mencoba peruntungannya menghadirkan Suzuki Ciaz di tahun 2015 lalu. Pertanyaan besarnya, mampukah produk sedan terbaru besutan Suzuki ini menjadi raja di kategori sedan Compact? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita bedah segala keunggulannya lewat review Suzuki Ciaz 2015.

Review Suzuki Ciaz 2015, Mencoba Taklukkan Pasar Dengan Mesin 1.400cc
Review Suzuki Ciaz 2015, Mencoba Taklukkan Pasar Dengan Mesin 1.400cc
0 Gambar

Pengantar Suzuki Ciaz 2015

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Ciaz 2015 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior tampil mewah dengan banyaknya ornamen krom di setiap sisinya

Performa mesin terasa sangat irit bahan bakar dibanding banyak kompetitornya

Harganya paling terjangkau di antara beberapa sedan Compact lainnya

Kekurangan

Mesinnya masih menggunakan 1.4 Liter, berbeda dengan kebanyakan kompetitornya yang menggunakan 1.5 Liter

Fitur pada interior masih tergolong standar dan belum cukup atraktif

Akan lebih baik rasanya, jika PT. SIS memberikan opsi bodi trim lainnya seperti tipe GL atau GX sehingga calon peminatnya dapat memilih fitur terbaik

Review Suzuki Ciaz 2015 - Jika melihat geliat kompetitor seperti Toyota Vios serta Honda City, nampaknya performa Suzuki Ciaz tidak dapat diremehkan. Pasalnya produk sedan berstandar global ini, memiliki harga paling terjangkau daripada kedua kompetitornya.

Tampilan Suzuki Ciaz 2015 terlihat atletis dan mewah di berbagai sisinya

Tampilan Suzuki Ciaz 2015 memadukan racikan mesin irit bahan bakar

Hal menarik lainnya juga dapat dirasakan dari racikan mesin yang tertanam pada Suzuki Ciaz. Selain menawarkan kapasitas 1.4 Liter, performa mesinnya terbilang paling irit bahan bakar berkat hadirnya teknologi Multipoint Injection.

Tentu bagi Anda yang menginginkan kendaraan sedan Compact dengan harga terjangkau serta performa mesin irit bahan bakar, rasanya Suzuki Ciaz bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda. Terlepas dari itu semua, bagaimana penampilan bodi luarnya? Apakah cukup mengesankan? Berikut kita simak, review Suzuki Ciaz 2015 lebih mendalam.

Eksterior Suzuki Ciaz 2015

Kita mulai review Suzuki Ciaz 2015 dengan lihat bagian eksterior dulu. Membahas masalah desain eksterior Suzuki Ciaz, nampaknya panjang bodi di angka 4.490 mm menjadikan tampilannya lebih atletis. Jika dibandingkan dengan dimensi bodi Toyota Vios yang berada di angka 4.425 mm serta Honda City sebesar 4.442 mm, terlihat Suzuki Ciaz menampilkan dimensi bodi terpanjang dari kedua kompetitornya. Tak lepas dari itu, data tersebut tentu akan menunjukkan akan suasana kabinnya yang tampil lebih lapang dan terasa lega.

  • Eksterior Depan

Sisi depannya akan tertata rapi dengan formasi Front Grille berlapis krom serta lampu Halogen Projector di kedua ujungnya. Performa penerangannya juga terbilang mumpuni dengan dikemasnya Sporty Fog Lamp yang tersemat di bawah lampu depannya. Tak lupa pesona modern juga dapat terasa kuat dari bemper depan mengusung 3 garis horizontal.

Eksterior depan Suzuki Ciaz 2015 menggunakan fitur sporty layaknya Fog Lamp berlapis krom

Fascia depan Suzuki Ciaz 2015 menggunakan Halogen Projector dan Sporty Fog Lamp

  • Eksterior Samping

Melirik bodi sampingnya, Anda akan disuguhkan desain garis tegas yang membujur dari sisi depan hingga ke bagian belakangnya. Pesona mewah juga dapat terasa dari ornamen krom yang disematkan pada Door Handle serta sisi bawah kaca sampingnya. Hal senada juga ditemui dari desain pelek elegan yang disematkan pada ban berukuran 195/55 R16.

Eksterior samping Suzuki Ciaz 2015 mengusung tampilan bodi atletis dengan pelek berdesain sporty yang disematkan pada ban berukuran 195/55 R16

Bodi samping Suzuki Ciaz 2015 menggunakan pelek berdesain sporty

  • Eksterior Belakang

Bodi belakangnya juga tak lepas dari aura mewah dengan lampu berukuran besar yang menyeruak hingga ke sisi samping bodinya. Tak hanya itu saja, panel Chrome List yang menyatukan kedua buah lampunya, mampu menyampaikan pesan elegan.

Eksterior belakang Suzuki Ciaz 2015 dikemas menarik dengan lampu belakang berukuran besar yang menyeruak hingga ke sisi samping bodinya

Desain bagian belakang Suzuki Ciaz 2015 menggunakan lampu berukuran besar

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Suzuki Ciaz 2015

Sudah puas dengan eksterior ya? Sekarang kita akan review Suzuki Ciaz 2015 lebih dalam lagi. Ruang interior Suzuki Ciaz dikemas tegas dan elegan dengan balutan warna hitam serta abu-abu. Tak mau kalah dengan kompetitornya, kabin Suzuki Ciaz 2015 akan dikemas dengan beragam fitur istimewa.

  • Dashboard

Di bagian dashboardnya akan tertata rapi dengan desain minimalis namun sporty. Di sisi tengah akan dikemas panel audio standar berlampu Orange serta fitur Air Conditioner (AC) di bagian bawahnya.

Dashboard Suzuki Ciaz 2015 menggunakan banyak fitur unggul sehingga Anda dan seluruh dapat terhibur selama menempuh perjalanan

Panel dashboard Suzuki Ciaz dikemas dengan panel audio serta fitur AC

Tak hanya itu, di posisi teratas akan terdapat dua Blower AC yang mampu menyejukkan seluruh ruang kabinnya. Menariknya, tombol sekelas Push Button System sudah dikemas pada Suzuki Ciaz. Sehingga Anda dapat menyalakan kendaraan dengan sensasi modern nan futuristik.

  • Setir

Melirik model setir Suzuk Ciaz 2015, nampaknya desain masih terlihat cukup standar dan minimalis. Dengan mengawinkan desain berpalang tiga serta tombol praktis layaknya Switch Audio, dirasa mampu memberikan kenyamanan berkendara bagi Anda.

Setir Suzuki Ciaz 2015 sudah dikemas dengan fitur praktis seperti Audio Steering Switch yang mampu mengatur alur musik dari panel Head Unit-nya

Kemudi setir Suzuki Ciaz 2015 dibekali fitur pengaturan audio

  • Kursi

Supaya aura mewah dan minimalis terasa kental di ruang kabinnya, kursinya sudah dilengkapi balutan material kulit berkualitas. Wheelbase di angka 2.650 mm juga mampu memberikan ruang kaki lapang pada mobil sedan berkapasitas 5 orang ini.

Kursi Suzuki Ciaz 2015 menggunakan balutan mewah seperti material kulit berkualitas

Kursi Suzuki Ciaz dibalut material kulit berkualitas

  • Ruang Bagasi

Hal senada nampaknya juga dapat ditemui pada ruang bagasi Suzuki Ciaz yang memiliki kapasitas 495 Liter. Dengan kata lain, ruang bagasinya mampu menampung 3 hingga 4 tas berukuran besar. Cocok untuk Anda yang memiliki kegiatan bisnis aktif baik dalam kota maupun luar kota.

Ruang Bagasi Suzuki Ciaz 2015 mampu menampung barang bawaan berjumlah banyak sehingga mampu memenuhi beragam kebutuhan Anda

Ruang bagasi Suzuki Ciaz mampu menampung banyak tas berukuran besar

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Suzuki Ciaz 2015

Terlepas dari itu semua, fitur Suzuki Ciaz juga terbilang cukup lengkap meski terkesan standar.

  • Fitur Keselamatan

Dari fitur keselamatan Suzuki Ciaz misalnya, Anda akan disuguhkan fitur Dual SRS Airbag di bangku depannya. Sehingga keselamatan berkendara Anda menjadi lebih terjamin. Adapun rangka bodi yang digunakan terbilang unggul dengan Total Effective Control Technology (TECT) yang mampu memberikan performa halus meski terjadi benturan.

Fitur keselamatan Suzuki Ciaz 2015 dibekali Dual SRS Airbags yang mampu meminimalisir potensi cidera ketika terjadi kecelakaan

Suzuki Ciaz 2015 dibekali fitur keselamatan Dual SRS Airbags

  • Fitur Hiburan

Di sisi hiburan, Suzuki Ciaz sudah mengusung panel audio standar yang mampu mengoperasikan musik serta radio. Seperti apa yang sudah dikatakan sebelumnya, fitur Push Button System juga mampu menunjang sensasi berkendara futuristik ketika menyalakan mesinnya. Tak berhenti di situ saja, fitur praktis seperti Keyless Entry sudah dihadirkan pada mobil sedan besutan Suzuki ini.

Fitur Hiburan Suzuki Ciaz 2015 mengandalkan panel Head Unit berkualitas serta tombol Start Stop System

Fitur hiburan Suzuki Ciaz 2015 mengandalkan panel audio standar

>>> Klik di sini untuk membaca ulasan lengkap pesaingnya yakni Honda City 2015

Operasi Suzuki Ciaz 2015

Sistem operasi Suzuki Ciaz menggunakan mesin berkode K14B bersilinder 4 segaris berkonfigurasi VVT. Memboyong kapasitas 1.373 cc, mampu membawa Suzuki Ciaz meraihh daya puncak di angka 92 PS setara 6.000 Rpm. Kemampuannya di jalanan kota juga diimbangi dengan torsi maksimum sebesar 130 Nm atau 4.000 Rpm. Tenaga yang dihasilkan nantinya akan diproses menggunakan dua pilihan transmisi meliputi 5 tingkat percepatan manual atau 4 percepatan otomatis.

Mesin Suzuki Ciaz 2015 menggunakan 1.373 cc yang mampu meraih daya puncak di angka 92 PS kisaran 6.000 Rpm

Mesin Suzuki Ciaz menggunakan kapasitas 1.373 cc berdaya 92 PS

>>> Simaklah review mobil Suzuki lainnya dengan klik sini

Spesifikasi Suzuki Ciaz 2015

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Ciaz 2015.

SPESIFIKASI SUZUKI CIAZ 2015

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.490 mm x 1.730 mm x 1.475 mm

Jarak Poros Roda

2.650 mm

Jarak Pijak Depan

1.495 mm

Jarak Pijak Belakang

1.505 mm

Jarak Terendah

160 mm

Radius Putar Minimum

5,4 m

MESIN

Tipe Mesin

K14B DOHC VVT 16 Valve 4 In-Line

Jumlah Silinder

1.373 cc

Daya Maksimum

92 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

130 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum, Leading dan Trailing

Ukuran Ban

195/55 R16

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

42 Liter

Daftar Harga Suzuki Ciaz 2015

Tak lupa Cintamobil.com juga melampirkan daftar harga Suzuki Ciaz di tahun 2018 ini. Akan terdapat dua pilihan transmisi yang berdampak terhadap harganya.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI CIAZ BARU (OTR)

Suzuki Ciaz 1.4 A/T

IDR. 291.800.000

Suzuki Ciaz 1.4 M/T

IDR. 281.700.000

Kesimpulan Suzuki Ciaz 2015

Jika melihat sisi terbaik dari aspek harga serta performa mesinnya yang irit bahan bakar, rasanya mobil sedan Suzuki Ciaz 2015 ini mampu tampil terdepan daripada kompetitornya. Sayangnya fitur pada kabinnya masih tergolong standar dan kurang menghibur. Seandainya pihak PT. SIS mampu memberikan varian trim lainnya dengan menawarkan fitur interior lengkap dan atraktif, diprediksi mobil sedan Suzuki Ciaz akan menjadi pilihan terbaik dari beragam aspeknya.

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Suzuki Swift 2013: Penyegaran City Car yang Fun to Drive

24/12/2018

Editor rate:

Setelah mengeluarkan generasi ketiga pada September 2010, Suzuki memberikan beberapa peningkatan dan sedikit perubahan tampilan untuk Suzuki Swift 2013. Disebut lebih 'fun to drive', Suzuki membuat Swift menjadi mobil perkotaan sesungguhnya.

Lihat juga

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018

05/11/2018

Editor rate:

Memberikan tampilan yang lebih sporty, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan varian terbaru dari Suzuki Ignis. Diluncurkan di salah satu Mall di Jakarta 26 Januari awal tahun ini, Suzuki Ignis Sport Edition 2018 datang menyapa konsumen Indonesia.

Lihat juga

Review Suzuki Vitara 2019

24/10/2018

Editor rate:

Tahun ini adalah tahun yang penting bagi Suzuki karena menandai 30 tahun papan nama Vitara. Sejalan dengan peringatan tersebut, Suzuki Vitara 2019 mendapatkan sejumlah desain baru, fitur, serta pembaharuan spesifikasi. Perusahaan Jepang tersebut menyebutkan bahwa Vitara 2019 akan menjadi Suzuki yang paling canggih secara teknis hingga saat ini.

Lihat juga

Review Suzuki Swift 2019

30/09/2018

Editor rate:

Suzuki Swift adalah produk Hatchback berdesain Compact yang sudah mulai dijual sejak tahun 2005 di Indonesia. Disayangkan, Suzuki Swift sudah menghentikan penjualannya pada tahun 2017 lalu. Namun kabar terbaru yang kami himpun, generasi ketiga Suzuki Swift sudah diluncurkan di beberapa negara. Apakah Indonesia mendapatkan Suzuki Swift 2019? Simak jawabannya dalam review Suzuki Swift 2019.

Lihat juga

Review Suzuki Ignis GL 2018

10/09/2018

Editor rate:

Memiliki kesibukan yang padat di kota besar, membuat masyarakat perkotaan butuh kendaraan yang lincah namun tetap stylish dan modern. Peluang akan kebutuhan tersebut mampu di tangkap dengan baik oleh Suzuki, dan langsung mengeluarkan Suzuki Ignis sang Urban SUV.

Lihat juga
back to top